Rekam Jejak Mentor Kelas Blog Dasar

Senin, 13 Juni 2022

rekam jejak mentor kelas blog dasar



Saya lupa kapan tepatnya mengenal Mbak Nia, panggilan akrab mentor kelas blog dasar, Karunia Sylviany Sambas. Walaupun kami belum pernah bertemu di dunia nyata, tetapi saya merasa akrab dengannya. Mungkin karena seringnya saya berinteraksi dengannya.

Beberapa hal yang tidak saya pahami tentang blog, cuzz langsung tanya mbak Nia. Kelas blog dasar yang diselenggarakan Perkasa Creative Writing atau PCW telah lama berakhir. Namun, kami masih terhubung dalam WhatsApp Grup Blogger PCW. O iya PCW ini salah satu komunitas menulis di Indonesia.

Alumni kelas blog dasar tergabung dalam grup ini. Sependek yang saya tahu mentor kelas blog dasar PCW masih diampu oleh Mbak Nia. Saat ini sudah sampai batch tiga, lo. Produktif ya, nona yang satu ini. 


Profil Mentor Kelas Blog Dasar

Mungkin belum banyak yang tahu jika narablog keren ini juga bertugas sebagai salah satu tenaga kesehatan di sebuah Rumah Sakit di Tanjung Balai. Beliau masih bisa menyempatkan diri untuk berkarya di bidang kepenulisan.

Sebelumnya saya mengenal mbak Nia sebagai penulis cerita anak bukan sebagai narablog atau mentor kelas blog dasar. Karyanya tentang cerita anak telah banyak dimuat di media massa.

Tak cukup disitu, mbak Nia juga merekam jejaknya di dunia blogging dengan menjadi juara di berbagai lomba. Selain sebagai mentor kelas blog dasar, mbak Nia juga pernah membimbing saya di kelas blog lanjutan. 


Kelas Blog Dasar

Saya adalah seorang dengan tipe belajar visual dan kinestetik. Sehingga untuk mempelajari sesuatu hal saya membutuhkan praktek langsung. 

Materi kelas blog dasar yang diselenggarakan PCW mengajarkan dari hal cara pembuatan blog hingga mengubahnya menjadi blog TLD. Semuanya dibimbing mbak Nia. Baik secara chat langsung di grup maupun chat pribadi.

Menurut saya tahapan yang paling susah adalah saat mengubah blog yang gratisan menjadi blog TLD. Tahapan yang panjang dan rumit, juga membutuhkan ketelitian.

Untungnya ya mentornya sabar. Tutorial yang diberikan saya ikuti setahap demi setahap hingga akhirnya blog saya berubah menjadi blog TLD atau blog Top Level Domain. Yippee senang dong pastinya.


Blogger PCW

Menjadi narablog atau bloger dibutuhkan proses yang panjang dan lama. Untuk menjaga semangat ngeblog maka dibentuklah WhatsApp Grup blogger PCW.

Di grup ini banyak hal yang kami lakukan, diantaranya : 

  1. Blogwalking, yaitu saling berkunjung ke blog teman yang ikut BW dan meninggalkan komentar.
  2. Page View,  yaitu saling berkunjung  ke blog teman yang ikut PV dan mengklik link yang terdapat di post yang didaftarkan. 
  3. Menginformasikan jika ada lomba blog
  4. Menginformasikan jika ada event terkait blog
  5. Menginformasikan jika ada peluang untuk mendapatkan job ngeblog
  6. Berbagi tips terkait blog
  7. dan masih banyak lagi lainnya.

Penutup

Masih panjang perjalanan saya untuk menjadi profesional blogger. Dibutuhkan kesabaran dan kemauan kuat untuk belajar dan belajar lagi. Tumbuh dan berkembang bersama blog. Contoh nyata telah diberikan mentor kelas blog dasar kesayangan.

Blog Rekam Jejak Sang Pemimpi telah memiliki banyak pengikut. Blognya pun mudah dikenali Google. Terbukti dengan nilai DA, PA dan Domain Rating (DR) yang tinggi. Bukti ketekunan dan semangat belajar yang tinggi dan praktek ilmu yang telah diperoleh.

Hal inilah yang membuat saya terpacu, karena ada contoh nyata yaitu mbak Nia. Teruslah menginspirasi dan berkarya mbak Nia. Kutunggu rekam jejakmu berikutnya. Selamat berkarya dan menebar benih kebaikan.

27 komentar

  1. Wah, cerita yg menarik bgt.. saya telusuri beberapa internali link didalam artikel bagaimana komunitas blog tersebut berdiri & feed yg didapatkan..

    Oiya klo boleh sharing cara utk bergabung boleh nih mbak.. memperbanyak relasi & referensi blog2 kita..

    Trimakasih terlah berbagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bergabung di grop blog PCW, ikut kelasnya dulu kak, diskusinya random di sana dari berbagi info job, PV, BW macem-macem sih kak
      btw ada pembukaan kelas blog dasar batch 4

      Hapus
  2. Saya pengen ikutan dong Kakak 🤩 gimana nih caranya, koq gak ditulis di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabung ke grup wag Blogger PCW kak? ikut kelas blog yang diadakan PCW dulu kak. Kami yang tergabung disana dulunya adalah peserta kelas blog yang diadakan PCW

      Hapus
  3. Menarik banget ceritanya kak! Akupun masih newbie banget dalam hal ini. Boleh sharing juga kak infonya untuk bergabung dengan komunitas blogger lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kak belajar bareng, saya juga masih belajar kok
      kalau mau gabung wag blogger PCW ikut kelas blog yang diadakan PCW dulu kak

      Hapus
  4. Semangat terus ngeblog nya kak. Saya sendiri baru ngeblog 3thn terakhir, selalu belajar otodidak soal domain, hosting, seo, plugin, dan kawan-kawannya. Tapi alhamudulillah semua lancar dan aman terkendali hingga udah punya 3 blog sekarang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap, saya masih cupu banget ini, perlu banyak belajar

      Hapus
  5. Ini komunitas apa, Mbak? Apakah terbuka untuk umum? Bagaimana cara gabungnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. komunitas Blogger PCW kak, pesertanya dulu pernah ikut kelas blog PCW

      Hapus
  6. senang banget pasti ya Mbak, bisa ikut kelas yang mentornya ramah dan sabar seperti Mbak Nia, pasti semua pesertanya jadi nyaman belajar dan semangat untuk bisa praktik semua materi yang diberikan :)

    BalasHapus
  7. keberadaan komunitas dan relasi sesama blogger emang penrting banget untuk seorang blogger ya, krusial sih menurut saya. btw kepo nih dengan komunitas PCW, pengen gabung dong, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. komunitas bagi saya untuk menjaga semangat kak dan sharing info
      jika ingin gabung blogger PCW, ikut kelas blog yang diadakan PCW dulu kak

      Hapus
  8. menjadi blogger memang asyik sih, apalagi klo menikmati prosesnya, dari yang awal memulai dengan domian gratisan ke domain berbayar hingga membeli hosting dll, dari yang sekedar hobi untuk menulis hingga bisa menjadi ladang untuk mengisi rekeking

    BalasHapus
  9. MashaAllah, memang mentor itu perlu yaa ketika kita memulai sesuatu, apalagi mentor yang tepat dan ahli dibidangnya

    BalasHapus
  10. kalau untuk saya sih iya kak

    BalasHapus
  11. Memiliki komunitas atau ekosistem perbloggeran itu penting supaya silaturahmi antar teman blogger terus terjalin. Karena bagaimanapun juga blogger gak boleh berpuas diri, harus terus ngilmu dari teman blogger yang lainnya.

    BalasHapus
  12. Wah. Keren kak. Blogger yang mau berbagi dengan yang lainnya. Jadi inspirasi buat yang lainnya nih. .

    BalasHapus
  13. Mengikuti kelas blog dasar memang akan meningkatkan semangat ngeblog dengan baik

    BalasHapus
  14. Menyenangkan sekali kalau saat ngeblog punya mentor. Apalagi yang baik hati dan ga pelit ilmu. Dulu saya terjun bebas aja dan trial error. Kalau ingat kok agak lelah juga. Sekarang malah pengen cari mentor.

    BalasHapus
  15. Menjadi bloggee itu self healing sih buat saya apalagi dengan berkomunikasi dan ketemu dengan sesama blogger. And yess peranan komunitas itu emang penting untuk blogger, selain ajang silaturahmi juga mendapat ilmu dan job

    BalasHapus
  16. Baru tau deh komunitas blogger PCW. Cara masuknya gimana? Pingin ikut gabung deh

    BalasHapus
  17. Belajar ngeblog itu emang butuh ketelitian. Kalau mentornya sabar maka kitanya jadi makin asyik belajar. Keren banget mentornya, Kak. Saya juga beberapa kali bersua lewat chat dengan beliau.

    BalasHapus
  18. Baru tahu panggilannya Mbak Karunia itu Mbak Nia ya. Baca ulasan ini jadi lebih kenal dengan beliau yang selain terjun sebagai blogger juga sudah banyak menelurkan buku ya khususnya buku anak.

    BalasHapus
  19. Rekam jejak akan diingat sepanjang masa oleh orang lain. Karenanya ciptakan rekam jejak positif yang membawa banyak manfaat buat orang lain. Semangat mbak. Saya juga masih pemula kok.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih