Belajar Blog Bersama Buku Ngeblog Dari Nol

Minggu, 12 Juni 2022

 

ngeblog dari nol

Buku Ngeblog dari Nol ini merupakan salah satu solusi di saat saya ingin serius ngeblog akhir tahun lalu. Oleh karena itu saya ingin mengulas buku ini agar sobat Dy juga mengetahui bahwa buku ini sesuai untuk narablog pemula seperti saya.  

Sebetulnya saya sudah mengenal blog cukup lama, kalau tidak salah sejak tahun 2015. Namun, saat itu hanya iseng dan pemasaran saja. Saat ini blognya banyak sarang lab-laba karena jarang dikunjungi, hehehe. Siapakah yang sama seperti saya?

Setelah beberapa waktu, ah coba belajar blog lagi yang lebih serius. Namun, saya harus mulai dari mana ya? Bingung lagi. Mulailah jari ini berselancar di dunia maya untuk mencari informasi tentang blog, komunitas blog, kelas blog. Apapun yang terkait blog. 

Saat berselancar di Facebook, netra ini membaca bahwa salah komunitas wanita yang besar di Indonesia sedang membuka PO untuk buku Ngeblog dari Nol. Potongan harga yang diberikan pun lumayan. Wah, pucuk dicinta ulam tiba, nih. Segera saya menghubungi nomer salah satu marketingnya. Tak lama setelah masa PO berakhir, buku pun dapat saya genggam.


Spesifikasi Buku

Judul Buku : Ngeblog Dari Nol, Panduan Lengkap Belajar Blogging Untuk Pemula

Penulis : Widyanti Yuliandari, Alfa Kurnia, Nunu Amir dan kontributor lainnya

Jumlah Halaman : 181

Penerbit : Wonderland Publisher

Cetakan : September, 2021

Jenis buku : Non fiksi


Tim penulis

Buku Ngeblog Dari Nol disusun oleh tiga penulis yang merupakan narablog terkenal. Dua diantaranya adalah mentor saya saat mengikuti kelas ngeblog dari nol. Selain itu ketiganya juga pengurus inti Ibu-ibu Doyan Nulis, sebuah komunitas penulis perempuan yang cukup besar di Indonesia.

Widyanti Yuliandari

Ketua umum Ibu-ibu Doyan Nulis. Narablog yang telah memenangkan banyak lomba blog. Pengampu beberapa kelas terkait blog. Juri beberapa lomba blog.

Alfa Kurnia

Salah satu tim divisi blog di Ibu-ibu Doyan Nulis. Narablog yang telah memenangkan lomba blog.

Nunu Amir

Bersama dengan kak Alfa dalam tim divisi blog. Seorang aparatur sipil negara di kementerian koordinator bidang perekonomian.

Ketiga penulis ini mengampu beberapa bab dalam buku.


Daftar Isi

Ada delapan bab yang mendukung isi buku ini. Setiap babnya membahas detail apa yang perlu diketahui seseorang tentang blog. 

Pada halaman terakhir dilengkapi juga dengan contoh tulisan berbagai topik dan inspirasi berbagai jenis dan topik tulisan.

Berikut daftar isi buku :

  1. Why blogging
  2. Step by step membuat blog
  3. Membangun konten blog untuk blogger pemula
  4. Tips ngeblog untuk pemula
  5. Berbagai cerita, jatuh bangun bloger pemula
  6. Blog berbayar atau gratisan
  7. Memilih Hosting andalan
  8. Memilih niche blog

Hikmah yang diperoleh

Kerjasama penulis yang mengisi buku ini tergambar baik. Terlihat di daftar isi bahwa setiap penulis menulis bab yang mereka kuasai. Misalnya mbak Alfa menulis bab satu yang berisi mengapa ngeblog. Mulai definisi, manfaat hingga kelebihan blog dijelaskannya. Tidak mudah untuk menjadi narablog, tetapi seru, menurut pendapat saya.

Selanjutnya dijelaskan juga tahapan membuat blog dan bagaimana membangun kontennya. Mbak Wid, menjelaskan secara detail tentang hal ini. DIjelaskan juga cara membuat outline, mengembangkannya menjadi tulisan, self editing.

Supaya tetap semangat ngeblog dan tidak berhenti di tengah jalan, ada tips ngeblog juga dari penulis. Apakah menjadi narablog akan mulus? Simak dulu jatuh bangunnya, karena pada dasarnya semua itu membutuhkan perjuangan dan proses. Tidak ada yang instan.

Bagi yang bingung mau isi blog dengan artikel yang seperti apa, di buku ini juga diberikan contoh niche blog dan narablog yang menggunakan niche tersebut. Ada beberapa blogger yang berbagi, yaitu Lusiana, Deddy Huang, Ditya Pandu Akhmadi, Wijatnika almarhum, Caroline Adenan.

Sebetulnya saya juga masih bingung untuk memilih hosting andalan, karena di buku ini hanya dijelaskan tentang hosting yang baik seperti apa. Wajar kan ya, tidak ada promosi untuk hosting. Untuk mencari tahu, sobat Dy bisa bertanya dengan teman-teman narablog yang sudah lebih paham tentang hal ini.


Penutup

Menurut saya buku ini layak dan menjadi panduan bagi siapa pun yang ingin serius di dunia blog. Tahapan untuk membuat blog dijelaskan secara detail dan runut. Untuk menjadi ahli tentu saja membutuhkan proses. Membuat blog tidak sesulit yang dibayangkan kok. 

Coba aja dulu, tidak perlu dibayangkan apalagi sampai terbawa mimpi. Selamat mencoba.










1 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih