Yuk Cari Tahu Manfaat SEO On Page!

Rabu, 22 Juni 2022

 

yuk cari tahu manfaat seo on page

Konon katanya SEO On Page dapat meningkatkan traffic blog, arena blog dikenali oleh mesin pencari. Bagi saya yang termasuk blogger pemula tentu saja penasaran akan hal ini, secara SEO ini sering berseliweran. Daripada penasaran, yuk cari tahu manfaat SEO On Page!

Saya melakukan beberapa hal agar pengunjung blog saya meningkat, diantaranya saya melakukan blog walking dalam komunitas tertentu yang memang mengadakan agenda khusus tersebut. Selain itu saya menginformasikan link tulisan saya di blog ke media sosial yang saya miliki.

Jika saya tidak melakukan dua agenda tersebut, kemungkinan kecil orang berkunjung ke blog saya. Orang yang tidak mengenal saya tentunya tidak mengenal blog saya. Hal ini akan berbeda jika mengunakan SEO On Page. 

Mesin pencari akan mengenali blog saya jika ada orang asing yang mencari informasi dengan kata kunci tertentu. Mesin pencari sudah mengenali blog saya, sehingga dengan mudah akan mengarahkan orang asing tersebut ke blog saya.

Murid siap, guru datang. Ketika saya sudah siap belajar SEO, alhamdulillah dapat rezeki belajar di Blogspedia bersama coach super kece Marita Ningtyas. Yuk, kenal lebih dekat dengan SEO on Page.


Kenal Lebih Dekat dengan SEO

SEO akronim dari Search Engine Optimization. Terjemahan bebasnya sih optimasi mesin pencari. Salah satu mesin pencari yang jamak dipakai orang adalah Google. 

SEO merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang. Namun, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Wajar, kan, karena sesuatu hal perlu proses untuk menghasilkan sesuatu.

Ada beberapa teknik SEO yang dapat diterapkan pada blog Sobat Dy, yaitu :

White SEO

Teknik SEO dengan cara murni atau jujur dan tidak dicampur dengan cara manipulasi algoritma atau menggunakan tools.

Black SEO

Teknik SEO dengan cara cepat memanipulasi algoritma agar artikel mencapai page one di mesin pencari dengan cepat. namun, Cara ini tidak bertahan lama. Jika mesin pencari mengenali kecurangan ini, link artikel akan cepat hilang. Tidak hanya itu, bahkan seluruh artikel dapat hilang semua. Serem kan.

Grey SEO

Grey atau abu-abu merupakan perpaduan dari hitam dan putih. Maka teknik ini merupakan gabungan kedua teknik di atas, yaitu teknik white dan teknik black.


Nah, Sobat Dy akan memilih yang mana? Kembali ke pribadi masing-masing ya, sudah tahu kan resikonya. Kalau saya, yang lurus-lurus aja deh, teknik white. Tak mengapa lama, karena memang semua hal membutuhkan proses. Jangankan blog, mie instan juga memerlukan proses, kan sebelum kita dapat menikmatinya?


Mengenal Kaidah SEO On Page

SEO on page yaitu elemen yang berkaitan langsung dengan blog kita. Diantaranya kualitas konten, struktur konten, kecepatan halaman, dan internal link. Ibarat bangunan, SEO on page adalah pondasinya. Jika SEO on page rapuh, maka blog akan mudah runtuh pula.

Ada 13  tips SEO on page, yaitu :

Judul

Lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan pada artikel. Jika tidak melakukan riset, paling tidak tentukan kata kuncinya dan letakkan pada judul. Pastikan karakter judul tidak lebih dari 55 karakter, agar judul tidak terpotong dalam tampilan page Google. Dua hal inilah yang mendukung artikel di blog SEO friendly. 

Contoh judul yang menggunakan kata kunci ada pada artikel Rekam Jejak Mentor Kelas Blog Dasar. Artikel ini merupakan challenge yang diberikan mentor kesayangan mbak Karunia. Kata kunci yang digunakan adalah mentor kelas blog dasar.

Permalink

Permalink adalah link url artikel blog. Pastikan meletakkan kata kunci di permalink dan pastikan tidak lebih dari 75 karakter. Perhitungannya dimulai dari huruf 'H' pada https hingga huruf terakhir judul, contohnya https://www.dyahkusumautari.com/2022/06/mentor-kelas-blog-dasar.html

Deskripsi

Aktifkan dulu meta deskripsi di dashboard setting agar kolom deskripsi penelusuran muncul. Letakkan juga kata kunci pada deskripsi, pastikan tidak lebih dari 155 karakter ya. Contohnya: Karunia Sylviany Sambas adalah seorang pemimpi yang merekam jejaknya di berbagai bidang. Salah satunya adalah sebagai mentor kelas blog dasar

Paragraf pertama

Kata kunci juga diletakkan di paragraf pertama agar mudah dikenali Google. Terserah Sobat Dy mau disusun seperti apa kalimatnya.

Stop cara jadul penulisan keyword

Google sudah pintar kok, sehingga kata kunci tidak perlu lagi ditebalkan atau dimiringkan. Konon kata kunci ditebalkan atau dimiringkan adalah cara lama. Jadi bye-bye cara lama. Kecuali ada permintaan dari klien untuk melakukan hal tersebut.

Paragraf akhir

Sama seperti pada paragraf awal, kata kunci diletakkan juga di paragraf terakhir. Hal ini juga vertujuan agar mudah dikenali Google.

Jumlah kata

Berapa jumlah kata yang diminta Google? Apakah 300 kata? Ataukah 500 kata? Ataukah semakin panjang semakin baik? Setiap mastah SEO mempunyai pendapat yang berbeda-beda.

Namun, berapapun jumlah kata yang digunakan, pastiken artikel yang kita buat mengandung jawaban yang dicari pembaca, berdasarkan kata kunci yang digunakan pembaca. Tidak seperti kemasan makanan ringan yang kemasannya saja besar, tetapi isinya sedikit.

Optimalkan Paragraf

Tidak bertele-tele dalam menuliskan kalimat. Saat ini banyak pembaca yang menggunakan ponsel, sehingga jika kalimat yang digunakan panjang akan membuat pembaca lelah membacanya.

Satu paragraf dapat terdiri 2-3 kalimat pendek. Hindari kalimat pasif dan kalimat majemuk. Jika terpaksa menggunakan kalimat majemuk, maka cukup satu kalimat majemuk saja dalam satu paragraf.

Heading

Pemakaian heading harus urut dari H1 (judul utama), H2 (judul), H3 (sub judul) dan tidak loncat-loncat. Dalam salah satu heading harus diletakkan kata kunci.

Optimasi gambar

Optimasi gambar, dimulai dari penamaan gambar. Saat memberi nama gambar, gunakan tanda penghubung dan kata kunci yang berhubungan sesuai riset. Contoh : mentor-kelas-blog-dasar. Alt  dan title gambar juga sebaiknya diisi menggunakan kata kunci yang terkait sesuai dengan riset yang dilakukan sebelumnya

Link pada artikel

Pada artikel ada dua link, yaitu link internal (link di dalam blog) dan link eksternal (link di luar blog). Contoh eksternal link adalah link yang diberikan klien atau link pada artikel lain di luar blog lita.

Gunakan LSI Keyword

LSI keyword maksudnya adalah kata kunci terkait yang telah ditentukan. Kata kunci ini dapat disebar di heading, alt, gambar,  ataupun paragraf.

Share di media sosial

Sebetulnya ini untuk menguatkan link building. Hal ini bertujuan untuk menguatkan social signal.

Inspeksi URL

Setelah artikel diterbitkan. Lakukan inspeksi URL melalui google search console. Hal ini bertujuan agar artikel segera dikenali mesin pencari

 

Mengenal Kaidah SEO Off Page

Sedangkan SEO off page meningkatkan nilai blog dan juga menaikkan rankingnya di mesin pencari. Biasanya SEO off page berhubungan Domain Authority (DA) dan Domain Rtaing (DR). Dengan kata lain SEO off page terkait pencitraan blog.

Beberapa kaidah SEO Off Page, yaitu :

Rajin share ke media sosial

Untuk mmberikan signal bahwa blog kita ada

Pahami link building

Link building bisa dilakukan sesama blogger. Saling bertukar link. Guest post juga dapat dilakukan untuk membangun link


Manfaat SEO On Page

Practice make perfect atau dengan kata lain berlatih akan membuatnya sempurna. Jika Sobat Dy rajin berlatih menggunakan SEO, maka akan terlihat manfaatnya pada blog kita. Tahapan yang dilakukan memang banyak dan membutuhkan usaha lebih. Namun, jika sudah tampak hasilnya, maka hal tersebut sangat membahagiakan. Seiring waktu tumbuh dan berkembang dan berkembang bersama blog

Umumnya seseorang menulis blog agar bermanfaat untuk orang lain. Oleh karena itu dengan adanya penggunaan SEO On Page pada blog kita, maka blog akan semakin bermanfaat karena pembaca dapat dengan mudah menemukan blog kita.

Semoga langkah-langkah di atas dapat dilakukan rutin, sehingga artikel dalam blog kita dapat dengan mudah dikenali Google dan manfaat SEO On Page dapat dirasakan dan dibuktikan. Selamat mencoba. Tulis di kolom komentar ya pengalaman Sobat Dy dalam menggunakan SEO On Page.


22 komentar

  1. kadang ada yang terlewat kalau sedang menerapkan kaidah seo on page tuh 😄 tapi semoga makin banyak baca artikel teman-teman, makin ingat 13+ tipsnya.. terimakasih mbaa

    BalasHapus
  2. Aakkk senangnyaaana Dyah merangkum hal² penting terkait optimasi SEO

    MAKASIIII aku jadi belajar banyaakkkk dari blog ini

    BalasHapus
  3. Saya pribadi banyak belajar tentang SEO dan Digital dari Mentor pribadi alias suami sendiri. yang kebetulan memang udah jadi blogger dari dulu. Btw, Thanks ya mba udah nambah wawasan saya tentang SEO dari sudut pandang lain.

    BalasHapus
  4. Yap ketika kita mulai konsisten ngeblog penting banget tahu kaidah SEO baik on page atau off page ya karena kita sudah mulai profesional menerima placement di mana klien pasti berharap dari link yang tertanam di blog kita akan menaikkan rank-nya. Makasih mbak tipsnya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih rangkuman tentang SEO on Page, Mbak Dyah. Sudah menerapkan beberapa dari ini meski belum optimal.

    BalasHapus
  6. Tulisannya serasa ngegelitik saya yg masih blm paham, semoga bisa segera belajar dan terus berkembang ya mbakk. .

    BalasHapus
  7. Saya masih harus banyak belajar terkait SEO. Terima kasih banyak Mbak sudah berbagi tips, sangat bermanfaat banget nih. Beberapa juga kayaknya harus ada yang mulai diterapkan. Bertahap.

    BalasHapus
  8. Masih terus mempelajari SEO ini. Karena selama ini modal nulis doang, teknisnya sering terabaikan. Hiks, Makasih sharing-nya:)

    BalasHapus
  9. Pas banget tadi saya ikut webinar seo dengan Kak Annisa di BloggerTalks. Ilmunya semua mirip
    Saya senang bisa mendapatkan ulasannya lagi disini

    BalasHapus
  10. Mulai belajar nerapin SEO pada artikel. Makin lama sih waktu yang dibutuhkan buat post satu artikel tapi worth lah

    BalasHapus
  11. Saya masih belajar terus nih tentang SEO. Artikel yang bagus Mba, penjelasannya mudah dipahami sama pemula kayak saya.

    BalasHapus
  12. sbnrnya sy jg msh belajar SEO nih. Tp pake SEOnya kalau ikut lomba sj

    BalasHapus
  13. kalau aku kadang menulis lagi rajin SEOnya tapi seringnya sih enggak mbak..hahah, paling modal YOAST plugin wordpress aja yang diingatkan kurang apa kurang apa hehe

    BalasHapus
  14. Dasar dasar SEO seperti ini wajib diketahui oleh para blogger ya mbak
    Agar blog nya bisa mendatangkan traffic yg banyak dgn menulis konten yang SEO friendly

    BalasHapus
  15. Kalau pake platform blogspot memang harus sedikit kerja keras buat SEO nya karena dikerjakan manual. Kalo pake WP kayanya ada plug in SEO nya ya kalo ga salah

    BalasHapus
  16. waaa terima kasih mbaaaak, dapet banyak insight, beberapa sudah dicoba diterapkan tapi emang butuh telaten ya mbak

    BalasHapus
  17. Dengan memahami dan terus melakukan serta praktek menulis dengan hal-hal yang bisa dioptimasi oleh mesin pencarian di google, memang membutuhkan waktu yang cukup lama yaa.. Mengingat banyak elemen yang harus dipenuhi.

    Tapi semoga blogger terbiasa dengan memerhatikan elemen-elemen penting di atas agar optimal dalam hal SEO.

    BalasHapus
  18. Wah ada black dan grey SEO ya ternyata. Itu mereka lakukan kecurangannya gimana ya? Mending yang aman-aman saja sih saya. Lurus-lurus aja, rezeki Tuhan yang atur. Hahaha. Makaci udah sharing ilmunya, Mbak. Berguna buat newbie kayak saya.

    BalasHapus
  19. Saya yang masih newbi ini rasanyaa lemot banget kalau sudah ngomongin SEO. Semaangat belajar pokoknya

    BalasHapus
  20. www.lokasaga.com25 Juni 2022 15.50

    Padat, singkat dan mencerahkan mba Dyah, siap - siap mempraktikkan nih biar gak ketinggalan🙏

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas tulisannya mba! Meskipun sudah berkali-kali belajar, tulisan seperti ini selalu bisa menjadi pengingat sebagai keharusan di setiap tulisan blog

    BalasHapus
  22. Makasii sharingnya mbak dy

    So so beneficial.. alhamdulilah akhirnya dapet Insight baru.. hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih