Tumbuh dan Berkembang Bersama Blog

Selasa, 25 Januari 2022

tumbuh dan berkembang bersama blog


Izinkan Untuk Tidak Sempurna

Tersentil kata-kata salah satu mentor blog kesayangan Mbak Widya yang beliau post di Instagram miliknya. Izinkan dirimu TIDAK SEMPURNA. Satu tips yang diberikan Mbak Widya, sadari bahwa 'tak harus sempurna'. Terima bahwa sebagai pemula, wajar jika melakukan kesalahan atau kekonyolan. Kita tak harus bersaing pada tema tertentu dengan orang lain. Cukup berkompetisi dengan diri sendiri. Bandingkan diri saat ini dengan diri sendiri di masa lalu. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

Terinspirasi dengan tulisan orang lain, tetapi tidak terintimidasi, yang akhirnya menyurutkan smeangat untuk tetap menulis dan produktif. Nikmati prosesnya. Kualitas tulisan maupun tampilan blog perlu dibentuk dan dibangun. Asal setia pada prosesnya, bukan hal yang tidak mungkin akan berhasil suatu saat nanti. Bukankah intan terbentuk dari proses pemanasan suhu tinggi yang lama dan tekanan terus menerus. Berbeda dengan arang yang terbentuk dari proses pembakaran yang singkat tanpa adanya suhu dan tekanan yang tinggi.

Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu penyebab resolusi ngeblog yang pernah dibuat tahun yang lalu hanya menjadi sekedar resolusi tanpa aksi nyata, karena semangatnya semakin lama semakin melemah. Kali ini saya harus lebih memacu diri. Proses yang panjang untuk memiliki blog berdomain telah saya tuliskan di sini.


Aksi yang Dilakukan

Aksi yang saya lakukan kali ini merupakan bagian dari resolusi ngeblog yang saya tuliskan beberapa waktu yang lalu, yang membedakannya adalah kali ini saya berusaha lebih keras lagi untuk mewujudkannya.


Latihan menulis

Saya berusaha menikmati proses menulis dan menurut saya menulis itu nikmat, selain menjadi salah satu proses self healing dan me time saya, saya dapat menuangkan isi kepala dan isi hati yang belum bisa dilakukan. Mungkin suatu saat apa yang saat ini hanya masih sebatas ide di kepala dapat diwujudkan, entah oleh saya sendiri maupun oleh orang lain, seperti yang dilakukan oleh Kartini. Beliau kerap berkirim surat kepada sahabat penanya, Estella dan Abendanon.

Menulis tidak lagi hanya sekedar curhatan, tetapi mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat diambil hikmahnya. Tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan saat itu juga, tetapi dituliskan kemudian diendapkan, selanjutnya diolah menjadi tulisan cantik yang nantinya dapat dinikmati banyak orang.

Ibarat sebuah teko, dia tidak akan mengalirkan air jika tidak diisi terlebih dulu, begitu halnya dengan otak. Salah satu cara untuk menambah wawasan dan wacana untuk menulis adalah dengan membaca. Saya memaksakan diri untuk membaca setiap hari, tidak wajib untuk menamatkan satu buku, cukup mulai dari beberapa lembar, sehingga terbentuk menjadi kebiasaan. Minimal saya bisa berbagi dengan membuat resensi buku yang saya baca. Bismillah, semoga dimudahkan untuk berbagi melalui tulisan dan rajin posting minimal sekali seminggu.


Blog walking

Blog waking merupakan salah satu cara untuk mencari inspirasi tulisan teman-teman blogger dan belajar hal baru untuk mempercantik blog milik kita. Pilihan tema yang diulas oleh teman blogger kadang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya dan kita dapat belajar hal baru dari tulisan tersebut.

Selain itu, kita dapat mengunjungi dan mempelajari teknik tulisan teman yang menjadi juara lomba blog. Sehingga tulisan tersebut dapat diamati dan dimodifikasi. Bukan ditiru persis ya karena itu namanya plagiarisme dan ini tidak etis.


Bergabung dengan komunitas blogger

Saya bergabung dalam salah satu komunitas blogger di Indonesia, yaitu Ngeblog dari IIDN.  Komunitas yang disediakan IIDN untuk mewadahi blogger pemula seperti saya yang ingin menjadi blogger profesional. Komunitas yang dikelola melalui WAG.

Manfaat yang diperoleh jika bergabung dengan komunitas blogger adalah dapat berkonsultasi jika menemui kendala atau blog menjadi bermasalah. Teman-teman blogger tidak pelit ilmu untuk berbagi dan mencari solusi bersama. 

Umumnya komunitas blogger akan mengadakan blog walking dengan ketentuan tertentu. Setiap anggota yang mencantumkan link blog yang ingin dikunjungi diwajibkan untuk mengunjungi blog teman yang terdapat dalam daftar tersebut. Bagaimana jika tidak mengunjungi blog teman yang terdapat dalam daftar, maka anggota tersebut akan mendapatkan hukuman dengan cara tidak diperkenankan untuk mengikuti periode blogwalking berikutnya dan wajib menyelesaikan blog walking pada daftar periode sebelumnya yang diikuti anggota tersbeut.


Serunya Bergabung WAG Ngeblog Dari Nol

ngeblog dari nol


Banyak informasi yang diperoleh sejak saya bergabung komunitas tersebut, salah satunya adalah materi kelas ngeblog dari nol yang disematkan dideskripsi grup sehingga mudah diakses anggota grup. Selain itu di deskripsi grup juga dicantumkan ketentuan blog walking kelas Ngeblog Dari Nol. Mengapa disematkan di deskripsi grup, agar anggota grup dapat dengan mudah mengaksesnya.

Penulis yang baik berawal dari pembaca yang baik, hal itulah yang berulang kali diingatkan oleh Mbak Widya. Bagaimana dapat menjadi seorang penulis yang handal jika karya tulisnya hanya asal-asalan dibuat. Apapun jenis tulisannya tetap memerlukan riset.

Beberapa informasi untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai blogger dapat diperoleh di grup ini, diantaranya life instagram di IG IIDN. Materi yang pernah dibahas adalah Ngeblog Dari Nol Mengenal Berbagai Peluang Blog, Ngeblog Dari Nol Mencari dan Mengolah Ide Tulisan. Selain itu informasi tentang lomba blog yang bekerjasama dengan IIDN juga diperoleh di grup ini. 

Program blog walking diadakan setiap minggu sekali dan dapat diikutioleh 25 blogger. Ada penanggungjawab setiap minggunya yang akan memantau berjalannya blog walking ini, termasuk blog yang dapat didaftarkan dalam blog walking. 

Menurut saya bergabung bersama komunitas dapat belajar bersama untuk melatih konsistensi dan mencari lingkungan yang saling mendukung sehingga semangat ngeblog tetap terjaga.


Blogging Goals 2022

Walaupun masih baru menjajaki blog secara serius, saya mempunyai target untuk rutin post tulisan di blog seminggu sekali, entah karena mengikuti lomba atau tulisan bebas yang ingin saya bagi pada pembaca. Selain itu ingin mendapatkan penghasilan dari blog dan di awal tahun ini blog saya sudah menghasilkan rupiah. Bukan jumlah yang saya targetkan saat ini, minimal dapat saya gunakan untuk membiayai domain untuk periode berikutnya. Semoga dari niat yang sederhana dapat berdampak besar, khususnya bagi saya. Karena sesungguhnya saya tumbuh dan berkembang bersama blog


Penutup

Blog adalah sebuah perjalanan panjang. Semangat naik turun merupakan hal yang wajar. Menepi sejenak untuk beristirahat tak mengapa asal tidak berhenti. Proses yang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Itulah mengapa saya berusaha untuk bergabung dalam sebuah komunitas blogger, selain untuk meningkatkan kapasitas diri, juga untuk memperoleh informasi yang terkait blog dan menjaga semangat untuk ngeblog. 

Yuk bergabung dalam komunitas blogger, karena ilmu tentang blog tidak ada habisnya, sehingga kita akan terus belajar sepanjang masa. Namun manfaatnya menembus batas usia.


10 komentar

  1. Buat saya pun ngeblog akan jadi proses yang panjang. Kalau lihat blog-blog kawan lain yang sudah keren banget, selalu berusaha mencari inspirasinya, bukan jadi terintimidasi, supaya makin berkembang, jangan malah ngelokro.. Semangat bertumbuh bareng, Mbak.. 🤚🏽

    BalasHapus
  2. Semangat bertumbuh bareng, sobat, semoga kita bisa menjadi perumpamaan untuk menjadi sebuah intan. kelak akan indah dan banyak menghasilkan kebermanfaatan. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, yuk mbak belajar bareng untuk menebar manfaat

      Hapus
  3. Jujur saya ikut terinspirasi dengan tulisan mbak Dyah yang selalu bersemangat dalam ngeblog. Bersyukur masih berada dalam komunitas positif yang selalu saling support.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, terima kasih mbak
      komunitas yang positif akan mendongkrak kita untuk ikut positif, yuk mbak saling support

      Hapus
  4. ya mba dyah setuju banget sama tulisanya yang enak dibaca ini. Yup nikamti prosesnya karena hasil pasti tidak akan berkhianat. Jadi yang penting action y mba Dyah. Salam semangat mba, heeee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saling support yuk mbak, ngeblog itu perjalanan panjang

      Hapus
  5. Ketika mengizinkan diri menjadi tidak sempurna, itu artinya kita akan terus membuka diri untuk bertumbuh, ya, Mba. Saya selalu senang bisa ikutan kelas Mba Wid. Penuh motivasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Nia
      mbak juga slah satu inspirator sy lo, di tengah jadwal yang padat ngeblognya juga keren, terima kasih ya mbak

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih