Pegiat Literasi, Salah Satu Pahlawan Masa Kini

Rabu, 30 November 2022

   

pegiat literasi salah satu pahlawan masa kini

Sobat Dy, bulan November adalah bulan yang istimewa, lo, karena pada bulan tersebut ada beberapa hari nasional yang diperingati oleh masyarakat Indonesia. Diantaranya, tanggal 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan dan tanggal 25 November yang diperingati sebagai Hari Guru.

Ada dua kesamaan dalam dua hari nasional tersebut, yaitu pahlawan. Baik pahlawan maupun guru, keduanya adalah pahlawan. Bukankah guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa?

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani.

Jika dulu saat penjajahan, pahlawan adalah seseorang yang mengangkat senjata dan dengan gagah berani melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Sedangkan saat ini Indonesia telah merdeka, apakah pahlawan itu masih ada? Tentu saja pahlawan itu masih ada.


Pahlawan Masa Kini

Walaupun tidak lagi mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan seperti dulu, pahlawan masa kini tetaplah ada. Namun, dalam bentuk yang berbeda, karena masanya pun berbeda. Selain guru, masih ada beberapa pahlawan lain yang berjuang dengan cara dan tujuannya masing-masing. Pada dasarnya semua orang dapat menjadi pahlawan.

Zaman sekarang dengan semangat yang sama dengan pahlawan zaman dulu, semua orang dapat menjadi pahlawan dengan cara sederhana dan dapat dimulai kapan pun.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi pahlawan :

1. Peduli terhadap sesama anak bangsa

Saling menolong kepada sesama yang membutuhkan


2. Semangat berkarya membangun ekonomi

Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, sehingga nantinya dapat membangun perekonomian negara.


3. Mengutamakan persatuan dan kesatuan tanah air

Tidak saling menghujat, tidak memfitnah dan tidak melakukan tindakan kekerasan bahkan melakukan aksi teror yang dapat berakibat memecah belah persatuan. 

langkah menjadi pahlawan


Pegiat Literasi, Salah Satu Sosok Pahlawan Masa Kini

Walaupun Indonesia telah merdeka selama 77 tahun. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan. Salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang telah dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Rendahnya minat baca di Indonesia juga menjadi salah satu kendala untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mumpuni menyambut Indonesia Emas 2045. Berdasarkan data statistik UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sebesar 0,001 persen sehingga menempatkan Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara dengan literasi rendah.

Hal ini memacu beberapa pahlawan literasi yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Beberapa pahlawan literasi tersebut adalah 

1. Kuda Pustaka Gunung Slamet

Sosok Ridwan Sururi layak menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Pria berusia 43 tahun tersebut menyusuri jalanan terjal di lereng Gunung Slamet bersama kudanya yang diberi nama Luna.

Di punggung Luna diletakkan sebuah kotak untuk meletakkan buku-buku untuk para pembacanya. Menurut Ridwan, dengan berkeliling desa akan memudahkan siapa saja untuk memperoleh bahan bacaan, sehingga dapat menambah wawasan.

Dilansir dari Kompas.com, data dari Kementerian Pendidikan menyatakan bahwa angka melek huruf meningkat 96 persen pada tahun 2013. Namun, provinsi Jawa Tengah berada di posisi tertinggal ketiga dari bawah. Sekitar satu juta jiwa masih buta huruf, terutama di daerah pedesaan.

Koleksi buku yang dibawa Ridwan berkeliling berdasarkan donasi dari donatur. Usaha Ridwan Sururi dan kuda Luna perlahan membuahkan hasil. Usaha yang telah dilakukannya dapat mengatasi rendahnya minat baca pada masyarakat lereng gunung Slamet.

Kisah ini sempat menjadi perhatian dunia, bahkan kantor berita Inggris BBC juga menuliskan kisah inspiratif Ridwan Sururi.

luna kuda pustaka


2. Becak istimewa Mbah Topo

Fransiskus Xaverius Sutopo yang akrab dipanggil Mbah Topo telah berusia lebih dari 70 tahun. Namun, beliau tampak bugar dengan semangatnya yang tinggi untuk menyebarkan kebaikan.

Cara unik yang dipilihnya adalah menyulap becaknya menjadi perpustakaan berjalan. Becak tersebut tidak hanya menjadi sarananya untuk menjemput rezeki, tetapi juga untuk mewujudkan visinya untuk mensukseskan program Gerakan Indonesia Gemar Membaca.

Penumpang becaknya seolah-olah dimanjakan dengan koleksi bacaan yang ada. Beliau juga meminjamkan koleksi bukunya kepada siapapun yang ingin meminjamnya. 

Koleksi buku miliknya berasal dari koleksi pribadi dan sumbangan dari beberapa donatur. Ragam buku yang disediakan mulai dari buku rohani, motivasi, biografi, novel hingga majalah.

Ide Mbah Topo untuk mendesain perpustakaan becak dimulai sejak 2012 silam walaupun beliau telah menarik becak setelah setahun pensiun dari Kodim 0374 Kota Yogyakarta tahun 2003.

Pada tahun 2017, becak Mbah Topo dinobatkan sebagai becak dnegan desain terbaik oleh Dinas Perhubungan Yogyakarta.

becak istimewa



3. Perpustakaan keranjang jamu

Muhamad Fauzi, pria asli Sidoarjo ini adalah penjual jamu keliling. Ide uniknya adalah keranjang jamunya tidak hanya digunakan untuk menampung botol ramuan tradisional, tetapi juga berisi buku.

Buku tersebut sengaja disewakannya kepada pembaca yang mayoritas merupakan buruh di daerah Sidoarjo. Beberapa jenis buku yang disewakan  mulai dari agama, kesehatan, politik, hingga komik.

Tak tanggung-tanggung koleksi bukunya mencapai sekitar 7.000 buku. Pembaca dapat meminjam bukunya untuk dibawa pulang secara gratis hingga dua pekan. Menurutnya tidak semua warga bisa ke perpustakaan, sehingga dialah yang harus menjemput bola.

Saat ini Fauzi juga memiliki sebuah yayasan pendidikan dengan nama Yayasan Bustanul Hikmah dan membuka PAUD, TK dan SD gratis untuk warga yang tidak mampu. Sedangkan bagi warga yang mampu, diajak untuk swadaya dengan nominal Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000.

perpustakaan keranjang jamu


Penutup

Dari beberapa kisah pegiat literasi di atas mempunyai latar belakang yang sama, yaitu kepedulian mereka terhadap sesama anak bangsa, yaitu untuk mencerdaskan masyarakat. Pahlawan tidak hanya mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, tetapi mereka berjuang dengan apa yang dimilkinya.

Masyarakat yang cinta literasi akan mewujudkan masyarakat yang informatif, menuju sumber daya mumpuni menyongsong Indonesia Emas 2045.

Yuk, menjadi pahlawan masa kini dengan cara yang kita bisa. Salah satu caranya dapat juga dengan menjadi pegiat literasi.


Referensi

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/11/10/sekelumit-kisah-para-pahlawan-literasi-dari-pelosok-negeri

www.wikipedia

www.indonesiabaik.id

https://dishub.jogjaprov.go.id/

https://www.kompasiana.com/




Read More

Suami yang Tidak Bertanggung Jawab Dalam Cerita Lelakiku

Jumat, 25 November 2022

Suami yang Tidak Bertanggung Jawab Dalam Cerita Lelakiku


Pertemuan dengan mbak Aulia saat kopdar IIDN di Surabaya beberapa waktu lalu, membuat saya tertarik untuk menerima ajakannya untuk membuat antologi berdasarkan kisah nyata. Tema antologi tersebut adalah tentang penghianatan yang dilakukan oleh orang terdekat.

Entah orang terdekat tersebut pasangan, teman atau saudara. Intinya lingkup terdekat dengan kita. Rasa penasaran ingin menantang diri menulis cerita pendek versi dewasa, membuat saya mengambil kesempatan tersebut.

Selama ini hanya menulis cerita anak dan artikel umum atau artikel parenting saja. Ingin tahu rasanya tantangan menulis cerita pendek untuk orang dewasa. 

Sedangkan untuk ceritanya saya menggunakan pengalaman seseorang, tentu saja saya meminta izin beliaunya terlebih dahulu. Setelah mendapat izin barulah saya mencoba menulis. Akhirnya saya membuat cerita dengan judul Lelakiku, cerita tentang suami yang tidak bertanggung jawab.


Suami yang Tidak Bertanggung Jawab Dalam Cerita Lelakiku

Judul bukunya adalah Unboxing Soulmate. Sebetulnya antologi bersama mbak Aulia dalam Unboxing Soulmate kali ini adalah yang pertama kali saya lakukan sebelum antologi Di Batas Logika. 

Namun, saya baru menuliskannya di blog setelah cerita Merengkuh Maaf dalam antologi Di Batas LogikaTidak perlu panjang lebar lagi ya, berikut cerita yang saya dlam antologi Unboxing Soulmate, dengan judul Lelakiku


Di keheningan malam lelah menyapanya. Ditemani secangkir teh hangat yang masih mengeluarkan asapnya, Leni duduk di sudut ruangan. Sinar lampu yang temaram seolah menunjukkan bahwa penghuni rumah telah terlelap berselimut dinginnya malam.

Manik hitam itu tertuju pada sosok lelaki yang beranjak dewasa, yang terlelap di kursi panjang tak jauh dari tempatnya duduk. Lelaki itu masih mengenakan baju olahraga bertuliskan nama tim basket dengan nomor di bagian punggungnya. “Fajar terlalu lelah mungkin, biarlah dia beristirahat dulu,” gumamnya dalam hati.

Perlahan Leni melangkah mendekati anak lelaki satu-satunya itu. Dipungutnya tas dan perlengkapan yang tadi dibawa Fajar saat sekolah dan berlatih basket. Dibelainya rambut ikal itu dan diguncangnya tubuh kekar Fajar, “Fajar, mandi dulu , bersihkan diri nak. Mama sudah siapkan makan malam kesukaanmu,” tutur Leni kemudian.

“Capek sekali ya Mas?” tanya Leni pada putra semata wayangnya memecah keheningan malam.

“Iya Bu, lumayan lha ini tadi, lawannya jago-jago,” jawab Fajar sambil mengunyah makan malamnya. Makan malam yang cukup larut.

Leni hanya memandangi putranya sambil tersenyum, “Bahagiaku sederhana, melihatmu makan dengan lahap, melihatmu bahagia, aku pun bahagia,” gumam Leni dalam hati.

Rambut ikal dan badan tegap itu mengingatkan Leni pada sosok yang telah lama tidak ditemuinya. Entahlah mengapa tiba-tiba sosok itu muncul dalam ingatan yang telah lama ingin dikuburnya. Sosok yang tak pernah muncul sejak beberapa tahun yang lalu. “Apa Dia tidak merindukan Fajar, darah dagingnya sendiri?”tanya Leni dalam hati.

“Mama kenapa melamun? Ingat Papa ya? Sudahlah Ma, lupakan saja. Papa juga tidak pernah menengok kita,” ujar Fajar memecah keheningan.

“Kok Mas begitu menuduhnya?” ujar Leni berusaha mengelak.

“Mas enggak kangen sama Papa?” tanya Leni penasaran.

“Aku lihat dari tadi Mama melamun, biasanya Mama ingat Papa kalau seperti itu. Aku enggak kangen Papa sih,” ujar Fajar berusaha mengelak dari sorot mata Leni.

“Hmm sedikit sih, tapi kalau ingat apa yang dilakukan Papa ke kita, jadi enggak kangen lagi,” ujar Fajar kemudian mengklarifikasi.

“Ya sudahlah, sudah malam Mas, istirahat dulu, lanjutkan tidurnya lagi. Besok kita akan pergi ke Kediri, mengantar Akung dan Uti,” ujar Leni mengakhiri pembicaraan yang sepertinya tak berkesudahan.

Tanpa banyak berkomentar Fajar membereskan peralatan makannya dan beranjak ke kamarnya.


****


“Sayang, ini untuk kamu,” ujar Pras dengan senyum manisnya sambil menyodorkan sebatang cokelat favorit Leni.

“Waaa, terima kasih ya Mas, kok tahu sih kalau Aku suka ini?” tanya Leni dengan senyum yang ceria dan mata berbinar pada Pras.

“Ya tahu lah, Mas kan tahu isi hati Leni saying,” ujar Pras sejurus kemudian. Pras tahu bagaimana cara meluluhkan hati Leni.

Sosok lelaki tinggi tegap, berambut ikal legam dengan mata yang bulat dan sedikit kumis yang terpasang di bagian atas bibirnya pasti akan membuat wanita terkesima. Itulah Pras, pria yang mampu memikat hati Leni, seorang wanita sederhana berkerudung yang ramah namun pemalu. Pras selalu bersikap manis baik pada Leni maupun pada orang tua Leni.

Kedatangan Pras selalu dinanti di akhir minggu, maklum pengusaha muda yang selalu tampil dengan gaya metroseksual itu sibuk dengan bisnisnya. Tak lama setelah masa perkenalan, Pras meminang Leni, tentu saja niat baik itu disambut dengan baik oleh keluarga Leni. Restu kedua orang tua Leni pun mereka dapatkan.

Pernikahan pun berlangsung dengan sederhana, atas permintaan kedua belah pihak. Namun hal itu tak mengurangi kegembiraan Leni dan Pras. Leni dengan kebaya brokat putihnya tampak anggun. Sedangkan Pras mengenakan baju koko, jas berwarna hitam dan peci hitam, tampak gagah dan tampan.


***


“Sayang, Aku pergi dulu ya. Rencananya dua hari ini mau survey dengan pak Bowo. Kamu masih ingat Pak Bowo kan?” tanya Pras malam itu.

“Besok pagi Aku harus berangkat. Sayang enggak apa-apa kan sendiri di rumah?” selidik Pras.

“Iya enggak apa-apa, nanti kalau jenuh sendirian, boleh kan Aku pulang ke rumah ibu?” ijin Leni, untuk menghindari prasangka buruk, Lnei selalu minta ijin suaminya jika hendak keluar rumah.

“Iya enggak apa-apa,” jawab Pras pendek. Sepeninggal Pras dinas ke luar kota, Leni pun asyik berberes kamar kostnya yang baru ditinggali satu bulan ini.

Dua hari telah berlalu, namun Pras tak kunjung pulang. “Sayang, Aku belum bisa pulang ya, urusannya belum selesai nih,” ujar Pras dari seberang. Ahh akhirnya Pras menghubungi Leni, setelah satu bulan ini menghilang tanpa kabar. Ponsel Pras pun tak dapat dihubungi.

“Mas, baik-baik aja?” Tanya Leni cemas.

“Iya baik-baik aja. Sayang enggak perlu khawatir. Aku baik-baik aja kok di sini,” jawab Pras berusaha menenangkan Leni istrinya. Leni pun menceritakan kegiatannya selama ini.

Sebelum pembicaraan di ponsel itu berakhir, Leni memberanikan diri untuk bertanya, “Mas, uang belanja habis. Mas kapan pulang? Mas sudah lama enggak pulang.”

“Mas juga sedang kesulitan dana di sini. Sudah dulu ya Sayang. Assalammu’alaikum,” jawab Pras tanpa memberikan Leni kesempatan untuk berbicara.

“Ada apa ya dengan Mas? Sebelumnya Dia tidak pernah seperti ini,” tanya Leni dalam hati, tanpa tahu siapa yang akan menjawab kegundahan itu.


***


“Sayang, ada dana enggak? Aku perlu tambahan dana nih untuk mengembangkan usahaku,” tanya Pras saat mereka berdua menikmati makan malam. Makan malam yang cukup mewah bagi Leni, yang selama ini sering ditemani mie instan. Selain karena uang belanja yang diberikan tidak cukup dan jarang, Pras pun sering meninggalkan Leni sendirian di rumah kostnya. Padahal Leni dalam kondisi hamil anak pertama mereka, yang seharusnya ditunjang dengan makanan bergizi demi janin yang sedang tumbuh dalam rahimnya.

“Hasil penjualan sepeda motor sebelumnya, sudah habis kah Mas?” selidik Leni hati-hati.

“Itu kan untuk proyek yang sebelumnya, ini lain lagi. Minggu depan Aku berangkat lagi ya. Ada peluang lagi, semoga kali ini berjodoh,” ujar Pras tanpa mempedulikan kebingungan Leni.

“Aku kan mau melahirkan Mas akhir bulan ini, Mas pergi berapa lama?” tanya Leni dengan wajah mengiba. Walaupun sakit hati dengan sikap Pras selama ini, Leni juga ingin ditunggu suaminya saat melahirkan nanti.

“Aku enggak lama kok perginya, paling hanya seminggu. Jadi nanti masih bisa menemanimu saat melahirkan,” ujar Pras yang berusaha meyakinkan Leni.

Entahlah rasa ragu itu pun tetap muncul di hati Leni, mengingat Pras yang selama ini jarang pulang. “Ya sudahlah terserah,” gumam Leni dalam hati.

“Semoga Dia berubah setelah bayi ini lahir nanti, mungkin Dia akan insyaf dan sadar akan kewajibannya,” gumam Leni sambil mengelus lembut perutnya yang cukup besar.


***


Bayi mungil yang didambakan Leni itu pun lahir. Rambut yang ikal, berkulit bersih, pipi yang gembul, badan yang tegap, membuat orang yang memandangnya ingin menggendong dan memeluknya. Bayi itu diberi nama Fajar, nama yang diberikan orang tua Leni untuk cucu pertamanya. Dan seperti dugaan Leni sebelumnya Pras baru hadir setelah sepuluh hari kelahiran Fajar, Pras tidak menemani Leni saat berjuang melawan maut.

Kondisi keuangan keluarga dan sikap Pras yang seolah tidak peduli dengan Leni dan putra mereka Fajar, membuat Leni akhirnya memutuskan untuk bekerja. Pras semakin jarang pulang dengan alasan bisnis, namun tidak ada hasil yang dibawa pulang, bahkan harta benda mereka pun sudah habis untuk modal usaha Pras.

“Leni, ada surat dari kepolisian untuk Pras,” ujar Pak Arta, ayah Leni, saat Leni memasuki pintu rumah setelah pulang dari kantornya.

“Ada di meja tamu,” ujarnya kemudian.

“Polisi? Ada apa Yah?” tanya Leni penuh selidik.

Bagai disambar petir, dengan wajah memerah dan penuh tanya Leni membuka amplop cokelat itu. Leni terduduk lemas setelah membaca isi surat itu. “Ada apa Len?” tanya Ayah Leni.

“Pras dipanggil dengan tuduhan penipuan Yah,” tangis itu pun sudah tak terbendung lagi, Leni menangis di bahu ayahnya. Ayah :eni pun hanya terdiam, beliau tidak menyangka bahwa menantunya sudah melakukan penipuan.

“Ayah, seandainya Leni mengajukan cerai bagaimana?” tanya Leni meminta pertimbangan ayahnya.

“Leni sudah tidak tahan Ayah, Pras sungguh keterlaluan. Dia tidak pernah memberi nafkah, bertindak kasar pada Leni dan Fajar. Sekarang berurusan dengan Polisi pula.” Tangis Leni pun semakin keras.

“Akhir-akhir ini pun terror dari orang-orang yang Leni tidak kenal pun untuk menagih hutang semakin sering. Fajar sampai ketakutan. Ayah tahu kan?” ujar Leni meminta persetujuan ayahnya.

“Ayah tahu nak,” ujar Ayah Leni sambil memeluk Leni.

Ibu Leni pun menangis sesenggukan, bulir air mata pun mengalir dari sudut mata wanita tua itu. “Mungkin ini yang terbaik buatmu Nak? Daripada kamu menderita dengan Pras,” ujar bu Arta sambil memeluk Leni.

---


Penutup

Demikian cerita yang saya tulis berdasarkan kisah nyata. Perihal nama dan lokasi semuanya juga hasil imajinasi saya. Tidak ada kesamaan tokoh dan lokasi.

Hikmah cerita di atas adalah seseorang yang tampaknya baik belum tentu baik. Sebuah pernikahan adalah hal yang sakral dan hendaknya dijaga oleh kedua belah pihak. Seorang suami bertanggungjawab terhadap istri dan anaknya.

Read More

Launching Asus Zenfone 9, Smartphone Mungil Yang Powerful

Rabu, 16 November 2022

  

launching asus zenfone 9

Hai, adakah yang menantikan kehadiran smartphone mungil, tetapi powerful? Emang ada? Ada dong. Saya bisikin ya, namanya Asus Zenfone 9. Masih ingat kan dengan seri sebelumnya? Nah kali ini Asus melakukan launching Asus Zenfone 9 pada tanggal 17 November 2022.


Asus Zenfone 9, Smartphone Mungil Yang Powerful

Biasanya smartphone yang compact itu harus berkompromi dengan fitur dan performa. Namun, hal ini tidak terjadi pada Asus Zenfone 9. Smartphone yang mungil dan ergonomis ini memiliki fitur-fitur yang powerful.

Salah satu keunggulan Zenfone 9 adalah adanya kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade. Bagi Sobat Dy yang senang mengabadikan berbagai aktivitas dengan kamera tentunya akan senang dengan adanya teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang digunakan pada kamera utama.

Teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization akan menjaga kamera rekaman bebas blur dan guncangan, lo. Bahkan saat Sobat Dy bergerak.Setiap gerakan akan dipantau oleh fitur ini, selanjutnya posisi lensa akan menyesuaikan secara real time.

Video dan foto yang dihasilkan kamera utam Zenfone 9 akan super smooth, bebas goyangan, tak ubahnya video dan foto profesional.

Ibarat pepatah kecil-kecil cabe rawit  dapat menggambarkan smartphone berukuran panjang kurang dari 14,8 dan lebar kurang dari 7 cm. Bernagai fitur dan teknologi digunakan untuk mendukung aktivitas Sobat Dy yang sibuk dengan banyak agenda.

Smartphone mungil ini hadir dengan empat pilihan warna baru, yaitu Moonlight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Konsep ringkas yang diusung memudahkan Sobat Dy membawanya kemana saja. Sobat Dy juga tidak perlu bingung membawa kantong tambahan yang akan merepotkan. Cukup dengan kantong atau saku yang telah ada di pakaian yang Sobat Dy gunakan.


asus zenfone 9


Launching Asus Zenfone 9

Apakah Sobat Dy sudah tidak sabar ingin memiliki Asus Zenfone 9? Saksikan launching resmi di Indonesia pada tanggal 17 November 2022 melalui siaran langsung di kanal YouTube dan Facebook Asus Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Sobat Dy juga akan mempunyai kesempatan untuk memiliki dua unit Asus Zenfone 9 secara cuma-cuma. Pastikan Sobat Dy hadir dan mengikuti acara peluncuran resmi tersebut ya.

Bagi Sobat Dy yang tidak sempat mengikuti acara launching Asus Zenfone 9 tidak perlu khawatir ketinggalan informasi tentang spesifikasi fitur Asus Zenfone 9. Saya akan menuliskannya lebih lengkap lagi di artikel berikutnya. So stay tune ya.

Read More

Inner Strength Biskuat Academy 2022, Ciptakan Pemain Sepak Bola Berprestasi dan Berkarakter

Selasa, 15 November 2022

Inner Strength Biskuat Academy 2022


Euforia Piala Dunia 2022 sudah terasa beberapa waktu terakhir. Tak lama lagi gelaran Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar selama 29 hari.

Laga pembuka akan dilakukan di Stadion Al Bayt, Al Khar oleh tim nasional Qatar melawan tim nasional  Ekuador pada tanggal 20 November 2022. Sedangkan finalnya akan dilaksanakan tanggal 18 Desember 2022. 

Kapan ya tim nasional Indonesia ikut berlaga di laga bergengsi tingkat dunia ini? Yuk, berdoa bersama-sama supaya tim nasional Indonesia dapat berlaga di kancah persepakbolaan bergengsi ini.

Namun, tahukah Sobat Dy bahwa tim nasional Indonesia juga pernah lo tampil dalam Piala Dunia FIFA tahun 1938 dengan nama Hindia Belanda. Kok namanya bukan Indonesia? Karena saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda, sehingga menggunakan nama Hindia Belanda. Selain itu Indonesia juga merupakan negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia, lo.


Piala Dunia 2022

Ajang Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar akan diikuti oleh 32 negara ini terbagi dalam delapan kelompok. Ke 32 negara tersebut mengirimkan tim nasionalnya untuk bertanding di acara akbar ini.

Kali ini Piala Dunia tidak digelar di pertengahan tahun seperti biasanya, tetapi di akhir tahun. Hal ini terkait letak geografis dan cuaca di Qatar. 

Musim panas yang terjadi di pertengahan tahun biasanya terjadi cuaca ekstrem hingga 40 derajat Celcius. Bisa dibayangkan bagaimana gerahnya suhu udara di sana bukan. Apalagi jika pertandingan bola dilaksanakan di tengah teriknya udara.

Akhirnya diputuskan untuk mengalihkan gelaran Piala Dunia 2022 pada bulan November yang sudah memasuki musim dingin. Dilansir dari Kompas.com (22.09.2022), salah satu cara pemerintah Qatar untuk menyiasati teriknya udara adalah dengan menggunakan pendingin ruangan di dalam stadion.

Pendingin ruangan akan menjaga suhu di tribun pada kisaran 21-22 derajat Celcius. Semua stadion yang akan digunakan dalam turnamen Piala Dunia 2022 akan dilengkapi dengan pendingin ruangan kecuali Stadium 974.

Berikut peserta Piala Dunia 2022 yang akan digelar sejak 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022 :

Grup A : Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda.

Grup B : Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales.

Grup C : Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia.

Grup D : Prancis, Australia, Denmark, Tunisia.

Grup E : Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang.

Grup F : Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia.

Grup G : Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun.

Grup H : Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan.

Sobat Dy, sudah meentukan belum tim jagoannya?


Tim Nasional Indonesia

Semua anggota FIFA, sebuah badan yang mengatur sepak bola dunia, berhak mengikuti Piala Dunia FIFA. Saat ini ada 211 negara yang menjadi anggota FIFA dan masing-masing diberikan kode negara.

Apakah tim nasional Indonesia masuk dalam anggota FIFA? Tentu saja Indonesia merupakan salah satu anggota FIFA dengan kode negara IDN. 

Tim nasional Indonesia adalah tim yang mewakili Indonesia dalam ajang sepak bola internasional. Tim nasional ini dikendalikan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dulunya hanya tim senior pria yang diperbolehkan mengikuti kompetisi sepak bola internasional. Namun, saat ini sejumlah kompetisi sepak bola internasional seperti Piala Asia, Piala AFF, Sea Games hingga Piala Dunia menerapkan beberapa kategori pemain yang akan berlaga bersama timnya.

Kini kompetisi tersebut terbagi menjadi beberapa kategori yang digelar khusus untuk pemain level muda, yaitu kategori U-16, U-19 dan U-23. Arti huruf U di depan angka adalah "Under" yang artinya di bawah. Sedangkan angka menunjukkan usia pemain.

Sehingga pemain yang masuk dalam kategori tersebut harus memenuhi syarat yang ditentukan, yaitu berusia di bawah 16, 19 atau 23 tahun.

Coach Aji adalah salah satu pelatih sepak bola yang telah melatih anak Indonesia dan diantaranya berhasil menjadi tim nasional. Profesi yang dilakukannya lebih dari 35 tahun.

Beliau melatih puluhan anak dan menemukan inner strength anak didiknya, hingga mereka yakin bahwa di dalam diri mereka ada kekuatan yang baik dari dalam diri mereka sendiri. Sebuah kekuatan sehingga mereka bisa menendang lebih jauh dan dalam pertandingan yang lebih besar.


Di atas adalah sebuah video inspirasional BISKUAT ACADEMY. Sebuah video singkat yang menginspirasi Generasi Tiger dari dalam diri mereka. 

Video dengan durasi satu menit ini menceritakan bagaimana seorang pelatih dapat membuat perubahan. Bayangkan bagaimana jika banyak pihak seperti guru, orang tua dan masyarakat bekerja sama untuk mengembangkan olahraga sepak bola sekaligus mengembangkan karakter positif pada anak.

Setelah melihat video tersebut ada pertanyaan yang mengganjal bagi saya. Apa hubungan inner strength dan Biskuat Academy yang muncul di akhir video? Yuk, kita cari tahu bersama agar tidak penasaran lagi.


Inner Strength

Setiap anak unik, mereka terlahir dengan potensinya masing-masing, baik di bidang akademik maupun non akademik. Oleh karena itu orang tua perlu menanamkan pentingnya kekuatan dalam diri anak untuk mendorong potensi yang ada semakin berkembang.

Pada acara diskusi panel Biskuat #Generasi Tiger yang diadakan tanggal 27.09.2021. Seto Mulyadi atau lebih akrab dipanggil Kak Seto, psikolog anak dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menyampaikan karakter anak sangat menentukan keberhasilan anak dalam mengembangkan potensinya.

Menurut beliau, inner strength yang membentuk karakter anak mempunyai banyak wujud. Masing-masing dapat mendorong potensi anak, tidak hanya dalam aspek akademik saja. Sehingga dalam mendidik anak, orang tua tidak disarankan untuk mengisi kepala anak dengan hafalan saja, tetapi juga memberikan dukungan dalam membangun inner strength yang dimiliki anak.

Inner strength atau kekuatan baik dari dalam adalah kekuatan mental yang tercerminkan oleh kekuatan karakter yang ada pada setiap anak. Setiap anak membutuhkan dukungan penuh dari orang tua dengan cara mengenali minat dan bakat khusus yang dimiliki anak-anaknya. Kekuatan baik ini dapat dikembangkan melalui pengembangan potensi anak dalam bidang olahraga, seperti olahraga sepak bola.

Seperti dalam video inspirasional di atas, sekelompok anak yang tidak percaya diri, rendah diri dan cita-citanya mengecil. Kemudian mereka bertemu dengan seorang pelatih yang membuat mereka menemukan kekuatan baik dalam diri mereka sehingga mereka lebih percaya diri untuk meraih cita-citanya menendang lebih jauh dalam pertandingan yang lebih besar.


Biskuat

Biskuat

Biskuat adalah produk unggulan Mondelez yang terbuat dari susu dan gandum. Selain itu Biskuat juga dilengkapi 9 vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B12, D, dan E dan 6 mineral, yaitu kalsium,magnesium, besi, fosfor, seng dan yodium untuk mendukung kekuatan yang baik dari dalam diri setiap anak.

Tak heran rasa biskuat yang gurih jadi favorit anak-anak, termasuk ketiga anak saya, lo.

Biskuat tersedia dalam dua varian, yaitu cokelat dan original. Kemasan yang disediakan pun bervariatif dengan berbagai ukuran, yaitu kemasan 7,6 gram, kemasan 22,8 gram, kemasan 60,8 gram, dan kemasan 121,6 gram.

Sobat Dy dapat memperolehnya di toko atau warung dekat rumah, minimarket, swalayan dan di marketplace. Kemasan yang kecil pas untuk bekal anak sekolah. Sedangkam kemasan besar dapat digunakan sebagai teman untuk berbincang santai bersama anggota keluarga.


BISKUAT ACADEMY 2022

Biskuat merupakan salah satu brand unggulan Mondelez International yang memiliki tujuan mulia untuk menciptakan anak-anak yang tidak hanya berprestasi. Namun, juga memiliki kekuatan baik dari dalam (inner strength) yang tercermin dari karakter positif anak.

Biskuat mendorong anak Indonesia untuk berprestasi tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga di bidang olahraga melalui program Biskuat Academy. Selain itu anak juga dapat mengembangkan kekuatan dari dalam dan mencapai mimpinya melalui Biskuat Academy.

Biskuat Academy telah diadakan sejak 2019. Saat itu diadakan secara luring dan diikuti oleh 9.600 peserta. Namun, adanya pandemi Biskuat Academy dilakukan secara online sejak 2020 dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak dari tahun ke tahun.

biskuat academy dari tahun 2019-2022

Biskuat Academy 2019

Diadakan secara offline dan diikuti sekitar 9.600 peserta. Kegiatan yang dilakukan adalah  lomba sepak bola, latihan bersama pemain nasional.


Biskuat Academy 2020

Diadakan secara online dan diikuti lebih dari 12.000 peserta. Kegiatan yang dilakukan adalah sekolah bola online, press conference, tiga bintang Garuda sebagai Ambasador.


Biskuat Academy 2021

Diadakan secara online dan diikuti lebih dari 27.000 peserta. Kegiatan yang dilakukan adalah sekolah bola online, school visitation, dan grand prizenya adalah latihan bersama Evan Dimas.


Biskuat Academy 2022

Diadakan secara online dan diikuti lebih dari 50.000 peserta. Kegiatan yang dilakukan adalah sekolah bola online, workshop guru olahraga, school visitation, grand prizenya kesempatan memenangkan kunjungan atau tur ke stadion sepak bola di eropa.

Tahun 2022 adalah tahun keempat Biskuat Academy kembali hadir, sebagai bentuk konsistensi untuk mengembangkan keahlian yang dibutuhkan generasi muda agar dapat menjadi pemain sepak bola andal dan mendukung kekuatan baik dari dalam seperti berani, percaya diri, baik hati dan tangguh. 

Melalui olahraga sepak bola,  anak dapat mengembangkan inner strength nya sehingga menjadi anak yang Berani, tidak takut mengambil keputusan dan bekerja sama dengan tim. Baik hati, suportif dan tetap rendah hati terhadap lawan yang kalah. Tangguh, siap menghadapi berbagai lawan dan tangguh dalam menerima kekalahan, dan Percaya diri, mempunyai rasa keyakinan yang tinggi untuk dapat melakukan yang terbaik.

inner strength pemain sepak bola


Tahun 2022 Biskuat Academy kembali mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan. Riset, dan Teknologi dan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menggali potensi sepak bola anak Indonesia melalui Sekolah Bola Online dan melakukan inisiatif baru untuk pengembangan kompetensi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di seluruh Indonesia.

Banyak pengalaman berharga untuk pengembangan diri yang dapat diperoleh anak saat mengikuti Biskuat Academy 2022, diantaranya :

  1. Belajar teknik sepak bola dari pelatih bersertifikasi UEFA  yaitu Coach Timo Scheunemann.
  2. Belajar langsung dari Tim Nasional Indonesia.
  3. Kesempatan memenangkan tur ke stadion sepak bola di eropa dan ratusan hadiah lainnya dengan mengikuti persyaratan yang telah ditentukan.
  4. E-certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik yang ditandatangani oleh Kemendikbud Kemenpora untuk finalis.

manfaat ikut biskuat academy 2022



Zaskia Adya Mecca, selebritis dan Mom Influencer juga mengajak orang tua lainnya untuk melihat Biskuat Academy sebagai kesempatan untuk mendukung potensi sepak bola anak. Menurutnya kegiatan Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022 menjadi salah satu kesempatan terbaik untuk pengembangan karakter sekaligus menggali potensi anak-anaknya.

Mengikuti jejak Zaskia yang mendaftarkan putrinya untuk mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy, saya pun juga mendaftarkan putra saya Bagas ke Sekolah Bola Online atas permintaannya. 

Kebetulan masih ada beberapa kelas yang masih dapat diikuti karena masih ada jadwal kelas hingga akhir Desember 2022. Selain itu, saat ini Bagas sedang senang belajar bermain sepak bola juga. Sehingga saya pun menyetujui permintaannya untuk mengikuti Biskuat Academy.

Selain memberikan pengalaman baru dengan sekolah bola, harapan lainnya adalah agar terbentuk karakter positif, diantaranya berani, tangguh, percaya diri, dan baik hati.

Bagaimana cara mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022?

1. Membeli Biskuat kemasan khusus, salah satu paket berikut berlaku untuk semua rasa, yaitu  :

  1. 1 Biskuat 121,6 gram
  2. 1 Biskuat 60,8 gram
  3. 2 Biskuat 22,8 gram
  4. 2 Biskuat 7,6 gram
Temukan kode unik di belakang kemasan.


2. Daftar melalui Whatsapp ke nomer 0812-1222-5919 dengan mengirimkan pesan dan mengikuti instruksi  yang diberikan melalui chat.


3. Ikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy dan kesempatan memenangkan hadiahnya.

cara daftar sekolah bola online
Dengan mendaftar sekolah bola online BISKUAT ACADEMY 2022, maka peserta akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan tur stadion bola internasional dan hadiah lainnya.

hadiah biskuat academy 2022


Ada tujuh Kelas Bola Online yang diadakan kali ini, yaitu 25 September 2022, 9 Oktober 2022, 23 Oktober 2022, 9 November 2022, 27 November 2022, dan 18 Desember 2022. Grand Final akan diadakan tanggal 22 Januari 2023. Yuk, daftarkan ananda untuk mengikutinya.

Penutup

Setiap anak istimewa dan memiliki potensi tak terbatas melebihi apa yang terlihat oleh mata seperti prestasi di bidang akademis. Namun, juga kekuatan baik dari dalam (inner strength) yang tercermin dari karakter positif anak.

Peran orang tua sangat berarti untuk menanamkan pentingnya kekuatan dalam diri anak untuk mendorong potensi yang ada semakin berkembang. Salah satu cara untuk mengembangkan kekuatan baik dari dalam adalah dengan mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022.

Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022, ciptakan pemain sepak bola berprestasi dan berkarakter. Dukung sepak bola Indonesia hingga suatu saat dapat tampil dalam laga piala dunia lagi.


Referensi

Biskuat Academy 2022 - Press Release

www.biskuatacademy.com

www.wikipedia.org

www.bola.okezone.com

www.travel.kompas.com

Read More

Apa Saja Kelebihan Infinix Note 8?

Minggu, 13 November 2022

infinix note 8


"Sayang mau pakai Infinix lagi enggak?" tanya pak suami saat mencari informasi spesifikasi smartphone untuk menggantikan smartphone sebelumnya.

"Ya enggak apa-apa, asal sesuai antara budget dan kebutuhan sih," jawab saya yang hanya mempunyai dana secukupnya untuk pengadaan smartphone.

"Apa kelebihan Infinix sampai milih Infinix lagi?" tanya saya yang memang tidak terlalu paham spesifikasi smartphone. Biasanya saya hanya menyampaikan saya butuh smartphone yang seperti apa yang mendukung aktivitas saya dan yang penting dana yang tersedia. 

Hehehe maklumlah menteri keuangan di rumah kan saya. Jadi saya yang menganggarkan budget untuk belanja dan pengelolaan keuangan lainnya.

"La HPnya dibuat macem-macem gitu, RAMnya gede, memorinya gede, layarnya juga lega, yang penting sesuai sama dana yang ada," jawab suami saya.

Betul juga sih yang disampaikan suami, setelah berdiskusi dan mempertimbangkan beberapa hal. Akhirnya pilihan jatuh pada Infinix Note 8.

Aktivitas saya sehari-hari banyka tergantung pada smartphone dibandingkan laptop, karena saya termasuk emak-emak yang mengoptimalkan smartphone untuk berbagai aktivitas. 

Grup WA yang saya ikuti juga banyak, bukannya sok sibuk sih, tetapi memang kebutuhan dan kewajiban. Ada grup wali murid, grup kelas. Anak saya tiga jadi tinggal dikalikan saja untuk kebutuhan sekolah anak. Selain itu ada grup pekerjaan, ini masih terbagi lagi untuk operasional, grup departmen, grup manajemen. 

Ada lagi grup belajar. Kok grup belajar? Yup saya juga masih ingin berkembang supaya saya tetap sehat waras asal tidak mengganggu aktivitas saya sebagai ibu dan istri, itu syarat dari pak suami. 

Syukurlah Pak Suami mendukung apapun kegiatan saya, asal saya tahu batasnya. Oleh karena itu beliau tahu saya butuh smartphone atau laptop dengan spesifikasi yang seperti apa. 

Laptop yang saat ini saya pakai pun merupakan pilihan pak Suami untuk mendukung saya supaya lebih mudah ngeblog dan menulis. Namun, smartphone juga mendukung saya untuk ngeblog, menulis, desain dan riset. Sobat Dy sudah tahu kan  mengapa saya memilih blog dan menulis selain untuk menghabiskan jatah 20.000 kata per hari?


Infinix Note 8

Sobat Dy pernah dengar istilah "Ada Harga Ada Barang" kalau bahasa jawanya "Ono Rego Ono Rupo"? Istilah yang jamak kita dengar bukan. Namun, saat suami membelikan Infinix Note 8 dua tahun yang lalu istilah tadi tidak terlalu terasa.

spesifikasi infinix note 8


Beneran lo, saat itu harganya kisaran dua jutaan, tapi saya cukup puas dengan spesifikasi yang ditawarkan. Alhamdulillah hingga saat ini smartphone ini telah banyak mendukung aktivitas saya, baik sebagai ibu, pekerja maupun individu.

Penasaran ya seperti apa spesifikasinya? Yuk ah kepoin langsung spesifikasinya

Rilis : November 2020

Layar : IPS LCD 6,95 inchi

Chipset : mediatek helio G80 (12nm)

GPU : Mali G52 MC2

RAM : 6 GB

Memori Internal : 64 GB, 128 GB

Memori Eksternal : microSDXC (slot khusus)

Kamera belakang : 64 MP + 2 MP + 2 MP + A1 Lens

Kamera depan : 16 MP + 2 MP

Baterai : Non-removable Li-Po 5200 mAh

Warna : Abu-abu, Biru, Hijau


Kelebihan Infinix Note 8

Setelah mengetahui spesifikasinya, Sobat Dy penasaran kan apa saja kelebihan Infinix Note 8, disimak yuk.

Ukuran layar yang lebar

layar infinix note 8


Layar dengan dimensi 6,95 inchi menurut saya sudah cukup lebar. Puas melihatnya. Layarnya penuh hingga bagian tepi samrtphone. Konon layar seebsar ini merupakan salah satu layar terlebar pada industri smartphone.

Saya merupakan penderita miopy atau rabun jauh, sehingga saya membutuhkan layar yang lebar agar tampilannya dapat dilihat utuh. Selain itu, ukuran layar yang lebar dapat membantu meningkatkan pengalaman menonton lebih imersif.

Resolusi HD Plus (720 x 1640 piksel) dan kerapatan piksel sebesar 258  ppi merupakan spesifikasi yang dipilih Infinix. Selain itu lapisan Corning Gorilla Glass digunakan untuk mencegah agar layar tidak mudah tergores.

Kecerahan layar dapat dipilih hingga 480 nits dan memberikan kontras warna 1500:1. Aspek rasio layar berada pada angka 20,5:9.

Dengan layar yang selebar ini mendukung saya lebih nyaman untuk menggunakannya. Kadanga saya juga menggunakan multi window untuk memudahkan melakukan pekerjaan . Sehingga saya menjadi lebih produktif.


Performa gaming yang bagus di kelasnya

Walaupun saya tidak menggunakan smartphone untuk bermain game. Namun, Sobat Dy dapat menggunakannya untuk bermain game, lo, karena smartphone ini nyaman digunakan untuk bermain game.

Infinix Note 8 telah mengantongi SoC dari Media Tek yang lanyak digunakan untuk bermain game. Gamer dapat menggunakan Infinix untuk mengoptimalkan bermain game tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Infinix menggunakan Helio G80 yang mengusung manufaktur 12 nm. Helio G80 ini sudah menggunakan dua inti ARM Cortex A75 berkecepatan 2 GHz yang diiringi dengan dua inti ARM Cortex A55 1,8 GHz.

Sementar pada pengolah grafisnya terdapat Mali G52 MC2, yang siap mendorong game agar tampil dengan performa dan grafis terbaiknya.


Speaker ganda

Infinix Note 8 hadir dengan dua stereo speaker yang dapat menghasilkan suara yang lebih seimbang kiri dan kanan dan lebih menggelegar. 

Ada empat mode penyuaraan yang menggunkaan penyetelan DTS yang dpaat menyesuaikan kegiatan yang kita lakukan, baik main game, menonton film, mendengarkan musik.


Kapasitas baterai besar

Infinix menggunakan baterai dengan kapasitas 5.200 mAh, sehingga mempunyai ketahanan sekitar satu hari lebih untuk pemakaian normal. Sobat Dy, tidak perlu khawatir jika penggunaan baterai cepat habis.


Pengisian daya yang cepat

Selain daya tahan baterai yang cukup lama, Infinix jugan menggunakan port pengisian daya USB tipe C dan pengisian dilakukan dengan cepat. Infinix juga dilengkapi dengan pengisian daya Dual Engine yang dapat mengurangi suhu perangkat sebanyak 8 derajat celcius ketika melakukan pengisian.


Kamera utama 64 MP + Dual punch hole

Infinix yang dilengkapi dangan kamera utama 64 MP sehingga dapat menjadi sarana untuk mengabadikan momen dengan kualitas yang bagus. Selain kamera utama, Infinix juga menyediakan tiga lensa lainnya yang menggunakan resolusi 2 MP. Satu lensa makro, satu lensa kedalaman dan satu sensor AI bersama tambahan Quad Flash Light.

Tidak cukup sampai di situ, Infinix juga menyediakan pengaturan Dual Punch Hole yang terdiri dari satu lensa utama 16 MP dan satu lensa kedalaman 2 MP pada bagian layar agar hasil selfie lebih bagus.


Memori internal dan RAM Besar.

Memori internal 64 GB, 128 GB dan RAM 6 GB dapat menampung beragam file besar seperti TV series dan koleksi foto.

Infinix juga menyediakan penambahan kartu eksternal pada slot Non Hybrid, tersedia tiga slot terpisah yang dpat menampung dua kartu SIM dan satu micro SD hingga kapasitas2 TB.


Desain elegan

Tampilan desain bodi belakangnya elegan dengan tema potongan berlian. Modul kamera yang diletakkan pada pojok kiri atas dengan bentuk persegi. Tulisan Infinix diletakkan di bagian kiri bawah . Ada tiga varian warna yang disediakan yaitu Grey, Blue , dan Green. Saya memilih warna grey.


Penutup

Bagaimana Sobat Dy, tentang smartphone pilihan saya? Kelebihan Infinix Note 8 sudah sampaikan. Selain harganya yang terjangkau sekitar 2 jutaan spesifikasi yang disediakan cukup lengkap. Enggak rugi deh menggunakan Infinix Note 8. Sudah dua tahun lo saya menggunakannya.

Bagaimana dengan smartphone yang digunakan oleh Sobat Dy, bagaimana spesikasinya? Apakah Sobat Dy berminat untuk mencoba Infinix Note 8 seperti saya? Yuk cerita di kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Referensi 

www.carisinyal.com

Read More

Kandungan Wardah Renew You Menutrisi Kulit Wajahku

Jumat, 11 November 2022

wardah renew you


"Halah mbak, ngapain to pakai skincare segala. Kalau saya pakai yang alami saja. Cukup pakai pelembab, sabun muka. Kadang-kadang saya pakai masker juga sih," celetuk seorang ibu pada ibu yang duduk di sebelahnya, saat pertemuan wali murid beberapa waktu yang lalu. 

Bukannya mencuri dengar sih, kebetulan saja mereka berdua ada di depan saya dan ngobrolnya asyik dan cukup terdengar oleh telinga saya. Saya yang mendengarkan saat itu hanya tersenyum dalam hati saja.

Saya jadi penasaran, sebetulnya ibu di depan saya ini mengerti atau tidak ya skincare itu apa?  Produk yang disebutkan beliau tadi juga merupakan beberapa rangkaian produk skincare bukan? Apakah yang beliau maksud tadi serangkaian perawatan di dokter atau salon kecantikan yang dimaksud dengan skincare, ya? Bisa jadi sih.

Seperti ibu yang tadi saya ceritakan, saya juga menggunakan skincare untuk menutrisi kulit wajah saya. Pilihan saya jatuh pada Wardah Renew You, karena kandungan Wardah Renew You dapat menjaga kesehatan kulit wajah saya. 


Tentang Wardah 

Tak kenal maka kenalan. Kenalan dulu yuk dengan kosmetik halal asli Indonesia ini. Wardah merupakan salah satu produk PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI). Nurhayati Subakat, wanita berdarah Minang ini merupakan Pendiri dan   sekaligus Komisaris PT. PTI.

Wardah diperkenalkan tahun 1995 dan telah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI. Wardah merupakan pelopor produk kecantikan bersertifikat halal.

Wardah tidak hanya mempunyai serangkaian produk skincare, tetapi juga ada produk lain diantaranya perawatan tubuh atau bodycare, perawatan rambut atau haircare dan make up. 

Wardah menyediakan berbagai macam produk untuk perawatan diantaranya UV Shield Series, Crystal Secret, Nature Daily, Lightening, Perfect Bright, Hydra Rose, C Defense, Acnederm, dan Renew You.

Saya memilih Renew You beberapa tahun terakhir ini. Mengapa saya memilih series dengan dominan warna ungu ini? karena kandungan bakuchiol. Hmm ... apalagi ya itu. Yuk ah, lanjut lagi bahas bakuchiol.


Kandungan Wardah Renew You

Yuk enggak perlu basa-basi lagi, diintip apa saja kandungan Wardah Renew You. Hati-hati bintitan, lo. Kandungan utamanya adalah bakuchiol, SPF 35 PA+++, Niacinamide, Peptide Matrixl, Instant Bluring Formula.

Kenalan dengan bakuchiol dulu yuk yang merupakan penyusun khas Wardah Renew You. Bakuchiol merupakan kandungan skincare yang berasal dari ekstrak tumbuhan Psoralea corylifolia. Ekstrak tumbuhan ini telah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional di Cina dan India.

Banyak produk skincare yang menggunakan bakuchiol sebagai kandungan utamanya karena banyak manfaat yang diberikan, diantaranya meningkatkan elastisitas kulit tanpa membuat kulit kering dan iritasi, mencegah keriput dan garis halus.

Bakuchiol aman digunakan setiap hari, termasuk bagi pemilik kulit sensitif. Selain itu bakuchiol juga dinilai aman untuk digunakan bagi ibu hamil, lo. Bakuchiol juga disebut sebagia alternatif retinol karena fungsinya yang mirip.


kandungan wardah renew you


Manfaat Bakuchiol Untuk Kulit Wajah

Setelah mengetahui apa itu bakuchiol, saya bisikin manfaatnya di kulit wajah yuk.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Tanda-tanda penuaan ditunjukkan dengan adanya garis-garis halus dan kerutan yang disebabkan rusaknya kolagen dan elastin pada kulit. Elastin dan kolagen memberikan struktur pendukung untuk kulit dan membantu menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

Bakuchiol pada Wardah Renew You dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara memberi tahu sel-sel kulit untuk beregenerasi dan memproduksi kolagen sehingga mengurangi tampilan  garis halus dan kerutan pada kulit.

Bakuchiol membuat kulit  terlihat kenyal dan lebih muda sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan.

 

Meratakan warna kulit

Paparan sinar matahari merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata. Bakuchiol dapat meratakan warna kulit karena dapat menembus kulit untuk membantu mengurangi munculnya bintik hitam atau area hiperpigmentasi.


Mendukung regenerasi sel kulit

Sel kulit membutuhkan waktu untuk regenerasi sekitar 28-42 hari. Proses regenerasi kulit merupakan siklus alami penggantian sel kulit. Faktor ini dipengaruhi oleh usia.

Regenerasi kulit pada bayi memerlukan waktu 14 hari dan pada remaja membutuhkan waktu 28 hari. Sedangkan pada orang dewasa membutuhkan waku  28-42 hari dan 84 hari untuk orang dnegan usia di atas 50 tahun.

Bakuchiol akan mengirimkan sinyal ke sel untuk menginformasikan bahwa sudah waktunya untuk melakukan penggantian sel dan meningkatkan produksi kolagen. Regenerasi kulit yang lebih baik dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan tidak kusam. 


Mengobati jerawat

Bakuchiol memiliki efek anti-inflamasi sehingga cukup efektif untuk jerawat ringan sampai sedang. Efek anti-inflamasi dapat mengurangi noda hitam dan membuka pori-pori wajah.

Selain itu, bakuchiol juga dapat mengurangi aktivitas 5 alfa reduktase dalam kelenjar sebaceous yang menyebabkan lebih sedikit penyumbatan dan berpotensi mengurangi produksi minyak.


Membantu menenangkan kulit

Bakuchiol dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit dari dalam ke luar dengan cara mempromosikan pergantian sel dan regenrasi sel yang sehat.


Menghaluskan tekstur kulit

Bakuchiol dapat membantu mempercepat pergantian sel sehingga dapat menghaluskan tekstur kulit. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat dinding pori-pori wajah.


Rangkaian Produk Wardah Renew You

Setelah mengenal manfaat kandungan utamanya, tentunya Sobat Dy ingin tahu apa saja sih rangkaian produk Wardah Renew You.

Facial Wash

Produk pembersih wajah dengan formula non-soaps, sehingga kulit wajah akan terasa lembut. Formula AHA yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk membersihkan, melembapkan, mengangkat sel kulit mati, menyegarkan, dan mencerahkan kulit wajah.

Setelah menggunakan facial wash, kulit muka rasanya segar dan kenyal, kadang saya suka menepuk-nepuk pipi saya sendiri.


Tonner Essence

Tonner Essence dengan tekstur water based toner cepat meresap dan oil essence yang terdispersi dalam micro-droplets yang terasa lembut di kulit

Toner Essence telah teruji klinis dapat menghidrasi, menghaluskan tekstur kulit, merawat elasisitas dan membuat kulit terasa kencang dalam 4 minggu pemakaian.


Intensive Serum

Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum mengandung bahan aktif yang berfungsi  untuk mengatasi sepuluh tanda penuaan. Bahan aktif tersebut adalah ekstrak steam cell Apel yang berfungsi untuk membantu melindungi sel-sel kulit yang paling berharga, skin steam cell dalam melawan penuaan dini.


Day Cream

Wardah Renew You Day Cream mengandung komponen utama yaitu Bakuchiol dan Peptide Matrixyl TM dapat menghaluskan tekstur kulit dan menjaga elastisitas dan kekencangan kulit selama empat minggu pemakaian. 

Kandungan SPF 35 PA+++ dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam dan garis halus. Kandungan Niacinamide dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit.


Night Cream

Night Cream membe, rikan perlindungan pada wajah bahkan saat tidur. Komponen penyusunnya adalah 5 Botanical Extract untuk membantu proses eksfoliasi kulit dan menstimulasi pemmbaharuan sel, Peptide dapat menstimulus pembentukan kolagen.

Kulit wajah pun terasa kencang, tampak lebih cerah, dan tampil lebih muda.


Sleeping Mask

Sleeping mask merupakan masker gel wajah overnight multifungsi yang mennyegarkan sekaligus membantu melawan dan memperlambat tanda-tanda penuaan.


Eye Cream

Wardah Renew You Anti Aging Eye Cream mengandung bahan aktif Apple (Malus domestica) Phyto Cell Extract, 3D-Nutriplex Ative, Vitamin B3, dan Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk menyamarkantanda-tanda penuaan di area mata, kerutan, garis-garis halus, kulit kering, kantung mata, noda hitam dan warna kulit yang kusam.


Penutup

Kandungan Wardah Renew You dapat menutrisi kulit wajahku tanpa harus melakukan perawatan intensif  di klinik kecantikan. Rangkaian perawatannya lengkap mulai dari facial wash hingga sleeping mask.

Selain itu bahan penyusunnya pun aman digunakan oleh ibu hamil. Saya sudah cukup lama menggunakan Wardah Renew You, alhamdulillah cocok, karena pemakaian skincare tergantung jenis kulit pengguna.

Selain pemilihan skincare yang cocok dengan jenis kulit, pola makan juga perlu dijaga agar kesehatan terjaga, termasuk kesehatan kulit wajah. 

Sobat Dy ingin mencoba kandungan bakuchiol? Yuk gunakan Wardah Renew You series. Buktikan sensasinya. Selamat mencoba.


Referensi

www.wardahbeauty.com

Read More