Outdoor Learning Bagi Anak

Jumat, 17 Juni 2022

manfaat outdoor learning bagi anak


Hari Rabu, tanggal 15 Juni 2022 adalah jadwal untuk melakukan kegiatan di luar ruangan atau  outdoor learning bagi anak Taman Kanak-kanak atau TK di sekolah anak saya.

Kegiatan perdana setelah pandemi melanda Indonesia dan dunia pada umumnya. Baru kali ini kegiatan tersebut terealisasi. Padahal tahun-tahun ajaran sebelumnya kegiatan dilakukan setiap awal tahun. Baik bagi anak Paud maupun TK.

Lokasi yang dipilih pihak sekolah untuk beraktivitas di luar kelas adalah Jatim Park 2 yang berada di kota Batu, Jawa Timur. Kebetulan anak kedua belum pernah berkunjung kesana. 


Manfaat outdoor learning bagi anak

Metode belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Apalagi jika pembelajaran tersebut ditujukan untuk anak-anak. Pembelajaran di kelas kadang membuat anak bosan dan jenuh, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kurang optimal.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya pembelajaran di luar kelas, yaitu :

  1. pikiran menjadi jernih
  2. sistem pembelajaran lebih menyenangkan
  3. sistem pembelajaran lebih kreatif
  4. sistem pembelajaran lebih nyata dengan obyek yang dapat dilihat secara langsung
  5. murid mengenal dunia nyata lebih luas

 

Kelemahan outdoor learning bagi anak

Setiap hal mempunyai kelemahan dan kelebihan. Tak terkecuali untuk pembelajaran di luar kelas atau outdoor learning.

Berikut kelemahannya :

  1. Murid kurang fokus, karena banyaknya obyek yang dapat mengalihkan perhatian
  2. Pengelolaan murid lebih sulit, karena fokus berkurang
  3. Waktu lebih banyak tersita
  4. Munculnya minat murid yang semu. Seolah-olah tertarik tetapi ternyata belum tentu
  5. Guru lebih intensif saat mengajar


Jatim Park 2

Pukul enam pagi kami bersiap untuk berangkat ke Jatim Park 2 yang terletak di Jl. Oro-oro Ombo nomer 9, Temas, Kecamatan Batu, Jawa Timur 65315. Jatim Park 2 merupakan wahana bermain dengan paket lengkap.

Rute menuju Jatim Park 2 mudah dituju, karena banyak petunjuk yang mengarahkan ke lokasi. Wahana yang terletak di dataran tinggi kota Batu memiliki hawa yang sejuk, sehingga nyaman untuk melakukan kegiatan.

Harga tiket masuknya sekitar Rp. 140.000, berlaku untuk tiket terusan (Jatim Park 2-Batu Secret Zoo-Eco Green Park). Namun, kami sudah membayar paket untuk anak dan satu pendamping. Sehingga kami tidak perlu antri. Pembelian tiket dilakukan oleh pihak sekolah.


Fasilitas Jatim Park 2

Fasilitas yang ada diantaranya :

  1. Batu secret zoo
  2. Masjid
  3. Beberapa food corner
  4. Beberapa toilet yang tersebar
  5. Ruangan menyusui
  6. Lokasi untuk foto dengan binatang
  7. Kolam bermain air
  8. Aneka wahana bermain
  9. Persewaan e-bike 
  10. Museum satwa
  11. Hotel

Menurut saya dengan banyaknya fasilitas yang tersedia, saya bisa betah seharian dari pagi hingga jam operasional berakhir.


Antusiasme Bagas 

Sejak awal masuk lokasi Bagas antusias melihat aneka hewan yang ada. Dia melihat satu persatu dan menanyakan apa nama hewan yang dilihatnya. Segera mencari sosok hewan yang dimaksud papan nama. Saya pun harus sigap membacanya, karena Bagas belum lancar membaca.

"Mana Bu hewannya?" tanyanya berulang kali, jika belum menemukan hewan yang dimaksud.

Lokasi yang sangat luas membuatnya kelelahan dan ingin menyewa e-bike. Mengingat harga sewa yang cukup merogoh kocek dalam, yaitu Ro. 150.000 selama kurang lebih 3 jam, jurus rayuan pun saya kerahkan agar dia tidak menyewa e-bike.

kesan mengikuti outdoor learning


Kesan Bagas

Bagas senang sekali karena bisa melihat langsung hewan-hewan ciptaan Allah. Selama ini hanya melihatnya dari buku ataupun di televisi atau ponsel pintar.

Hewan yang dapat dilihat ada ribuan jenisnya. Kebanyakan Bagas belum pernah melihatnya. Namun, tidak semua jenis hewan dilihatnya dari dekat, karena sudah kelelahan.

"Kapan-kapan kesini lagi ya, nginep di hotelnya juga, ya," pintanya.

"Ya, mas minta dan doa pada Allah yang maha segalanya," jawab saya. Diskusi pun berlanjut dengan dialog iman, siapa yang menciptakan hewan, bagaimana wujud hewannya dan masih banyak lagi. 


Penutup

Outdoor learning bagi anak yang diadakan pihak sekolah anak saya sesuai dengan temanya yaitu "Dengan bertadabur alam mencetak generasi qur'ani yang ahli fikir dan ahli dzikir". Anak dapat melihat langsung kebesaran Allah melalui hewan dan keindahan alam yang diciptakanNya. Selain itu anak juga bersenang-senang dengan permainan yang ada.


Referensi

https://www.websitependidikan.com/2016/07/manfaat-pembelajaran-di-luar-kelas.html?m=1

https://www.nativeindonesia.com/jatim-park-2/


Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih