Aku Wariskan Moral Bagi Anakku

Senin, 27 Juni 2022

 

Resensi Buku Aku Wariskan Moral Bagi Anakku

-Hari ini mungkin kita sudah mulai memikirkan apa yang dapat kita wariskn ke pada anak-anak kita. Tidak ada salahnya bagi kita untuk berpikir tentang warisan tersebut. Namun, pastikan dalam deretan catatan warisan tersebut tertulis warisan warisan moral atau karakter.- Aku Wariskan Moral Bagi Anakku


Itulah sebagian blurb yang tertulis di bagian belakang buku Aku Wariskan Moral Bagi Anakku. Menurut saya kata-kata yang terdapat dalam blurb benar adanya. Moral adalah hal yang terpenting yang dapat kita wariskan pada anak cucu, karena itulah salah tugas kita sebagai kalifah di muka bumi ini. Itulah hal yang mendasari mengapa saya ingin membaca dan menulis resensinya. 

"Sesungguhnya sesuatu yang paling berat timbangannya adalah budi pekerti yang agung." Hadits

Sebetulnya saya membeli buku ini satu paket dengan buku lainnya. Bertahap nanti saya coba buat resensinya ya. Beberapa buku ini dulu rencananya sebagai bekal mendidik anak, tetapi ada saja yang membuat saya urung membaca. Semoga buku ini tetap bermakna walaupun dibaca saat ini.


Spesifikasi Buku

Judul : Aku Wariskan Moral Bagi Anakku

Penulis : Miftahul Jinan

Jumlah Halaman : 158

Penerbit : Filla Press

Cetakan : Mei 2009

ISBN : 9794222690

Jenis buku : Nonfiksi - Parenting 


Ada Apa Dengan Moral?

"Kita dapat mewariskan apa saja dari harta yang berupa rumah, tanah, mobil, saham, deposito, perusahaan dan lain-lain. Namun, pastikan dalam  setiap hal yang kita wariskan terdapat nilai atai moral yang menyertainya. Tanpa nilai atau moral yang kita wariskan kepada anak-cucu, maka harta yang kita berikan justru akan menjadi fitnah bagi mereka di kemudian hari."

Banyak lo kisah tentang beberapa hartawan yang usai mewariskan hartanya, justru menjadi alasan sengketa diantara mereka. Sedangkan, bagi mereka yang mewariskan harta dengan wujud pendidikan moral dan kompetensi bagi anak-cucu, hartanya dapat lebih berkembang dan lebih banyak memberi manfaat bagi sekitarnya.

Beberapa contoh tokoh yang mewariskan moral adalah :

Umar bin Abdul Azis

Beliau mewariskan moral ketakwaan dan taaffuf (menahan untuk menerima bantuan dari orang lain). Moral inilah yang akhirnya dapat menjamin anak cucunya hidup dalam kebenaran dan mempunyai harga diri yang tinggi.

Kennedy

Rose Kennedylah yang meletakkan moral mulia yaitu melayani publik adalah tradisi keluarga terhormat. Dalam sebuah pertemuan keluarga rutin ada semacam sosialisasi moral. Bapak ibu mereka mengajarkan bahwa politik adalah jalan lurus melayani masyarakat.

Suku Synqithy di Mauritania

Suku yang terletak di pantai Atlantik, Afrika Barat ini memiliki budaya unik, yaitu mereka membiasakan anak-anak kecil menghafalkan Al Qur'an, hadits, syair-syair dan ilmu-ilmu agama.


Moral apa saja yang perlu dijadikan wadah anak sehingga ia mampu menjalani hidupnya dengan wadah tersebut? Ustadz Anis Matta dalam bukunya Membentuk Karakter Cara Islam menyebutkan beberapa karakter yang perlu ditanamkan pada anak adalah cinta kebenaran, kekuatan kehendak, kesabaran, rasa kay, naluri sosial, cinta manusia, kedermawanan dan kemurahan hati.




Penutup

Bagaimana Sobat Dy? Sudahkah menentukan apa yang akan kita wariskan untuk anak cucu nantinya? Apapun itu, pastikan sesuai dengan visi misi keluarga kita. Setiap keluarga itu unik, tidak sama antara satu dan yang lainnya.








Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih