The Big Leap, Tak Perlu Takut Bermimpi

Selasa, 14 Juni 2022

  

the big leap, tak perlu takut bermimpi

Tak perlu takut bermimpi. Pada dasarnya setiap orang mempunyai mimpi, tetapi tidak semua orang berani mewujudkannya. Itulah pesan yang saya dapatkan dari buku ini.

Resensi buku ini saya peroleh dari Pak Santoso. Salah satu santri tallent mapping Jawa Timur. Grup yang berisi para praktisi tallent mapping,. Mungkin hanya saya yang kurang aktif. Saya masih menggunakannya untuk diri sendiri dan keluarga, belum ke sekitar.

Saya terdampar di grup tersebut karena pernah mengikuti pelatihan tallent mapping dan mengikuti tes tallent mapping lengkap. Terdampar yang menyenangkan.

Beruntungnya berada di grup tersebut karena akan memperoleh info terkini dari Abah Rama maupun praktisi lainnya. Banyak praktisi yang  yang tergabung dan event yang mereka adakan bagus-bagus, lo.

Saluran milik Si Kutu Buku ini berisi resensi aneka jenis buku. Umumnya buku yang diresensi adalah buku motivasi dan pengembangan diri. Tidak hanya buku bahasa Indonesia, tetapi juga buku dengan bahasa Inggris.


Spesifikasi Buku

Judul Buku : The Big Leap, Conquer Your Hidden Fear and Take Life To The Next Level

Penulis : Gay Hendricks.

Penerbit: HarperOne

Tahun terbit : 2009

Ukuran : 18,5 .cm x 25,8 

Jenis : Buku motivasi

Bahasa : Inggris


 


Insight yang diperoleh

Buku ini membahas bagaimana Sobat Dy mengubah perspektif soal hidup dan tidak membiarkan ketakutan menguasai Sobat Dy.

Hidup kita ditentukan oleh sikap hidup, tantangan yang diambil dan alasan yang dibuat. Mungkin sebagian dari kita memiliki mimpi yang tidak pernah diwujudkan, karena alasan yang dibuat terus menerus.

Kadang ketakutan pada hal yang tidak diketahui dan ketakutan akan perubahan yang membatasi kita. Sedangkan, untuk menjalani kehidupan yang luar biasa. Tidak ada yang pernah menjanjikan bahwa hidup ini akan mudah. 

Keindahan hidup akan  terjadi saat  Sobat Dy berusaha keras meraih sesuatu hal yang yang diinginkan dan mendapatkannya dengan susah payah.


Tiga hal menarik dari buku The Big Leap


Ketakutan Menjadi Versi Terbaik

Jika Sobat Dy membayangkan bahwa bahagia itu adalah tidak ada keluhan tentang apapun  sepanjang hari. Sepertinya pola pikir tersebut perlu diperbaiki.

Setiap orang mempunyai pendapat sendiri tentang bahagia. Namun, seringkali menolak untuk bahagia. Jika ditelusuri lagi ternyata ada sebuah ketakutan yang mendasarinya.

Banyak hal yang mempengaruhi terwujudnya sebuah mimpi. Namun, diri kita sendiri yang menahan diri untuk mencapai apa yang kita inginkan dalam mewujudkannya. 

Kita mungkin takut mencapai potensi diri yang maksimal. Mengapa? Karena jika kita mencapainya maka tidak akan ada lagi alasan jika impian kita tidak menjadi kenyataan. 

Mungkin Sobat Dy mempunyai mimpi yang disimpan sendiri. Tidak menyampaikan mimpi tersebut kepada orang lain,karena tampaknya tidak realistis, di luar jangkauan, tidak mungkin diwujudkan.

Pada beberapa peristiwa, diri kita sendiri yang menahan untuk mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup. kita ternyata mempunyai batasan imajiner tentang bagaimana sebuaj hidup yang bahagia. Apabila kita nyaris mendekati batasan tersebut, maka kita cenderung menahan diri.

Hal ini terjadi tidak hanya untuk mewujudkan mimpi, tetapi juga untuk meraih potensi diri yang maksimal.

Menurut Hendricks, hal ini berkaitan dengan ketakutan dalam mewujudkan mimpi dan meraih potensi diri yang maksimal.

Empat penghalang tersembunyi yang berdasarkan rasa takut. Hal yang tanpa disadari kita percayai sehingga menahan potensi diri kita.

Feeling Fundamentally Flawed

Sebuah pemikiran bahwa kita tidak dapat mengembangkan potensi diri seutuhnya, karena ada hal mendasar yang salah dengan diri kita.

Disloyalty and abondenment

Sebuah pemikiran bahwa kita tidak dapat meraih sukses yang lebih besar lagi, karena akan berakhir sendirian. Tidak setia dengan keyakinan di awal dan meninggalkan seseorang dari masa lalu.

Feeling that more success brings a bigger burden.

Sebuah pemikiran bahwa kita tidak dapat mengembangkan potensi pribadi. Mengapa? Karena merasa akan menjadi beban yang lebih besar daripada sekarang.

The crime of outshining

Sebuah pemikiran tentang mengembangkan potensi diri sepenuhnya, maka kita akan membuat orang lain terlihat buruk.

Mencari zona jenius

Apakah kita pernah bekerja dengan fokus hingga lupa waktu? Tanpa menyadarinya bahwa telah menghabiskan berjam-jam untuk mengerjakannya.

Temukan zona serius kita agar hidup kita berubah. Ada empat zona yang perlu kita ketahui, yaitu

Zona of incompetence

Merupakan zona yang terdiri dari aktivitas yang tidak kita kuasai dengan baik, sebaiknya delegasikan pekerjaan ini kepada orang lain yang lebih berkompeten. Dapat juga dilakukan dengan cara kreatif untuk mengatasinya.

Zona of competence

Merupakan zona yang terdiri dari aktivitas yang kita kuasai dengan baik, tetapi juga dapat dikerjakan oleh orang lain. Akhirnya berhenti pada tahap ini dan tidak berusaha mengeksplorasi dirinya.

Zona of excellence

Merupakan zona yang terdiri dari aktivitas yang dapat dilakukan dengan sangat baik. Seorang yang ahli dalam bidang tersebut, tetapi tidak memberikan kebahagiaan.

Menjadi ahli adalah hal yang baik. Namun, di sisi lain, ini adalah jebakan yang membuat kita berhenti untuk mengembangkan potensi unik kita dengan maksimal.

Zona of genius

Merupakan zona yang terdiri dari semua aktivitas yang memberikan kebahagiaan dan merupakan potensi unik diri kita. Jika kita melakukan hal ini, tidak hanya kesuksesan yang diraih tetapi juga kebahagiaan.

Bagaimana cara menemukan zona genius, buat daftar pertanyaan sebagai berikut :

  1. Aktivitas apa yang saya suka lakukan
  2. Pekerjaan apa yang saya suka lakukan, tetapi tidak seperti bekerja
  3. Pekerjaan yang memberikan kepuasan saat melakukannya

Tidak semua orang mempunyai zona jenius. Namun jika Sobat Dy terus menerus mencarinya, tidak menutup kemungkinan menemukan apa yang dicari.


Tips Menjalani Hidup yang Utuh

Setiap orang mempunyai waktu yang sama, yaitu 24 jam. Maka mulailah untuk mengatur waktu yang telah dimiliki. Fokus pada hal yang bisa dikendalikan dan tidak perlu mengkhawatirkan hal yang tidak dapat dikendalikan.

Tidak menunda pekerjaan, karena hanya akan memindahkan masalah. Berhenti mengeluh, karena mengeluh hanyalah kegiatan membuang waktu.


Penutup

Yuk, raih mimpi tak perlu takut akan apapun. Kita adalah jiwa yang bebas, tidak ada yang dapat membatasi kita.

Gay Hendricks telah merangkumnya dalam buku The Big Leap, bahwa tak perlu takut bermimpi. Wujudkan mimpimu, walaupun bagi Sobat Dy tidak mungkin. 

Selamat mewujudkan mimpi.











29 komentar

  1. Bagus ya bukunya. Aku suka quote ini "Keindahan hidup akan terjadi saat Sobat Dy berusaha keras meraih sesuatu hal yang yang diinginkan dan mendapatkannya dengan susah payah." Aku sedang mrs ktkutan utk mmutuskn sesuatu saat ini, ulasan ini mmbuatku hrs berani

    BalasHapus
  2. Kerennn bukunya... Seringkali musuh terbesar kita meraih sukses dan mewujudkan mimpi memang diri sendiri ya kak. Semoga saya bisa belajar untuk terus semangat meraih mimpi mimpi.

    BalasHapus
  3. Benar kata Mba Dyah, banyak cara untuk mewujudkan sebuah mimpi, tetapi diri kita sendiri yang menahannya. Seperti rasa takut yang merubah tatatan kehidupan rumah tangga, misalnya.

    Banyak dari ibu-ibu rumah tangga mengubur mimpinya demi tercipta keluarga yang harmonis. Padahal keluarga akan tetap berjalan harmonis kalau kita siap menerima resiko dari mengejar mimpi tersebut dan akan terbiasa dengan ritmenya. Yuk, jangan takut meraih mimpi di usia yang tak muda. Semangat ;)

    BalasHapus
  4. Bagus dan bermanfaat sekali kak tulisannya. Kita harus selalu semangat untuk terus mewujudkan mimpi dan jangan pernah takut untuk selalu mencoba.

    BalasHapus
  5. bener banget mbak, mimipi juga harus dibangun ya mbak.

    BalasHapus
  6. Ketakutan ketika disadari dan diterima bisa membuat kita lebih kenal dengan diri. Yang ujungnya akan tahu mimpi kita ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  7. kita tidak bisa mengendalikan pikiran, namun kita bisa mengendalikan seutuhnya reaksi atas apa yang kita pikirkan.

    BalasHapus
  8. Buku nya menginspirasi banget yaaa. Membuat diri tidak takut lagi menghadapi byk hal

    BalasHapus
  9. Udah download video nya tapi belum nonton๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  10. Baru baca resensinya aja udah sebagus ini. Jdi tahu klo ketakutan selama ini jika dipahami dengan benar² pasti ada gunanyan

    BalasHapus
  11. Bukunya pasti bagus,mimpi itu sesuatu yang dibangun diri sendiri

    BalasHapus
  12. Wahhh asyik nih ada rekomendasi buku yg insightful bangettt
    Mau baca juga ahhh.

    BalasHapus
  13. Wah bagus banget bukunya ya Mbak, sangat memotivasi. Jadi tertarik juga untuk membaca buku ini.

    Terima kasih untuk rekomendasi dan ulasannya yang super lengkap.

    BalasHapus
  14. Makasih ya bun, kata kata motivasinya sama kayak yg diberikan suami saya, soalnya saya orangnya gampang overthingking,gara gara kebanyakan mikir, jadi terbengkalai tugas yang di depan mata, membayangkan sesuatu, yg gak bisa ak kendalikan

    BalasHapus
  15. Yes! Yes! Yes! Membaca ini aku seperti mendapat suntikan semangat lo, Mbak Dy.

    Poin dari kesemuanya adalah jangan pernah takut untuk memulai sesuatu hal yang kita bisa, kita mampu dan kita harus mau. Begitu ya Mbak?

    BalasHapus
  16. Bukunya pasti keren nih. Aku ambil poin penting disini jangan takut memukai sesuatu dan mari membangun mimpi

    BalasHapus
  17. Benar banget, Mbak. Kita jangan takut bermimpi. Kita punya mimpi jangan disimpan sendiri. Mari wujudkan.

    BalasHapus
  18. Belum pernah baca buku ini, kayaknya menarik ya soal talent mapping ini. Ini lebih ke psikologi pengembangan diri ya berarti.

    BalasHapus
  19. Dari review ini kayaknya menarik bukunya. Betul sekali musuh terbesar untuk meraih mimpi itu seringkali ya diri kita sendiri

    BalasHapus
  20. Mimpi adalah kunci untuk kita menaklhukkan dunia. Eh benar ndak ya. Ingat zamqnq Laskar Pelangi. Berawal dari sana juga mulai berani melebarkan sayap sebagai penjelajah tempat. Ketakutan pergi terhempas begitu saja. Jadi lebih berani.

    Salh satu hal yang menguatkan adalah membaca buku, dengan buku kita jadi lebih terbuka walau dari rumah saja.

    BalasHapus
  21. Keren banget bukunya, jadi mau baca juga deh

    BalasHapus
  22. Buku yang inspiratif ya mba
    Membuat kita terus semangat dan tidak takut untuk bermimpi

    BalasHapus
  23. dapat insight baru tentang Empat penghalang tersembunyi dan zona jenius, ma syaa Allah bisa diterapkan

    BalasHapus
  24. Aku jadi ingat buku Talent Mapping-nya Abah Rama.
    Serunya setelah memahami diri kita kebutuhannya apa, maka kita akan lebih percaya diri mengembangkan bakat tersebut dan mengembangkannya dalam skills lain yang bisa mendukung skill utama.

    BalasHapus
  25. Keren bukunya mbak. kontenya pun menarik. buku yang diulas pun sangat menarik

    BalasHapus
  26. Bukunya sangat memotivasi ya. Benar juga mengeluh hanya menghabiskan waktu. Akam lebih baik memang kalau kita hanya fokus pada apa yg bisa kita kendalikan

    BalasHapus
  27. Kayaknya aku harus baca buku ini, soalnya lagi dimasa 'entah' yang suka bikin galau. Makasih resensinya, keren!

    BalasHapus
  28. Buku yang menarik, sepertinya blm ada terjemahannya ya?

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih