Perjalanan Memiliki Blog Top Level Domain (TLD)

Kamis, 20 Januari 2022

sahabat hosting


Saya mengenal dunia blog sebetulnya sejak 2015. Saat itu hanya untuk mencatat perkembangan anak-anak, mengumpulkan resep masakan dan untuk mengumpulkan tugas perkuliahan di salah satu komunitas perempuan.

Namun saat itu saya masih menggunakan blog gratis atau belum TLD. Ya karena belum merasa penting untuk ngeblog jadinya saya hanya asal aja melakukan aktivitas ngeblog. Membuat blog karena tertarik melihat teman yang mengumpulkan tugasnya menggunakan blog. Seiring waktu keinginan untuk ngeblog dengan serius tumbuh semakin besar. 

Akhir 2020 saya mengikuti kelas blog, tetapi semangat ngeblog masih naik turun. Resolusi 2021 untuk rajin ngeblog hanya sekedar impian. Saat itu saya masih melatih konsistensi diri untuk menulis, tetapi tidak di blog. 

Baiklah sudah saatnya saya serius dalam dunia blog, tidak hanya berangan-angan atau berandai-andai. Saat murid siap, guru datang. Kali ini saya lebih siap daripada sebelumnya. Saat yang hampir bersamaan ada buku Ngeblog Dari Nol yang diluncurkan dan Kelas Blog Dasar yang dimentori oleh Karunia Sambas. Bismillah berusaha mewujudkan mimpi agar tidak hanya sekedar menjadi impian.

Mengapa saya ingin serius dalam dunia blog? Karena saya ingin meninggalkan jejak melalui tulisan. Salah satunya adalah dengan menuliskan segala hal yang ingin saya bagi. Tentu saja hal yang bermanfaat dan baik menurut saya. Jika hal tersebut juga bermanfaat untuk orang lain saya ikut bahagia

Selain itu saya ingin tetap produktif di masa tua nanti setelah pensiun. Produktif tidak hanya bekerja di kantor kan? Namun, bisa dari mana saja, asal menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Sisi lainnya juga mendapatkan cuan dari ngeblog. Siapa yang tidak mau jika pekerjaan tambahan ini menghasilkan cuan? Mau kan?


Pembuatan Blog 

Sebelumnya saya hanya menggunakan blog gratis dari blogger.com. Saya juga membandingkan dengan wordpress. Setelah mencari info, salah satunya dengan bertanya kesana kemari, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan platform blogspot dibandingkan platform lain. Mengapa? Karena menurut saya saat itu, blogspot lebih mudah.

Baik Buku Ngblog Dari Nol maupun Kelas Blog Dasar yang saya ikuti, semuanya mengajarkan tahapan membuat blog dari awal. Diajarkan setahap demi setahap, mulai membuat akun google dan berlanjut hingga jadilah sebuah blog. 

Berkenalan dengan berbagai fitur yang ada di dashboard, mengisi setiap tahapan yang diperlukan. Mentor saya, mbak Karunia pun sabar menjawab pertanyaan dan membantu peserta hingga blog yang diinginkan jadi. Namun, tidak semua peserta kelas membuat blog baru. Ada juga yang tetap menggunakan blog lama. Sedangkan saya memilih untuk membuat blog baru. Ingin ada sesuatu yang beda.  


Blog Top Level Domain (TLD)

Saat Kelas Blog Dasar akan dimulai, kami sudah diinformasikan bahwa salah satu tujuan kelas ini adalah praktik langsung membuat blog berdomain, sehingga kami diminta menyiapkan akun google dan dana sebesar Rp. 145.000 atau Rp. 50.000 untuk biaya pembelian domain melalui Sahabat Hosting. Saya pun telah menyiapkan sejumlah dana untuk membuat domain

Kok ada dua harga? Apa bedanya? Jika domain yang digunakan menggunakan .com, biayanya Rp. 145.000. Jika domain menggunakan .my.id maka biayanya Rp. 50.000. Apa beda keduanya? Perbedaanya di jangkauan pembaca, jika domain .com jangkauannya global ke seluruh dunia sedangkan untuk domain.my.id jangkauannya Indonesia. Harga tersebut cukup terjangkau, kalau tidak salah saat itu ada diskon. Semakin dimudahkan langkah saya untuk memiliki blog berdomain.

Awalnya saya galau akan keputusan, apakah saya ingin mempertahankan blog lama yang sudah berisi beberapa post ataukah membuat blog baru. Pilihan pun jatuh pada membuat blog dan akun email baru, karena akun email lama sudha penuh. Mulai lagi dari nol, seperti kertas kosong yang siap ditulis. Menuliskan banyak kisah dengan harapan kisah tersebut menginspirasi.

Mentor saya, mbak Karunia dengan sabar membimbing untuk membuat domain. Tutorial dari sahabat hosting untuk mengubah blogspot menjadi domain sendiri pun diberikan dan dipantau tahapan yang sudah dilalui peserta kelas. Serasa punya pembimbing sendiri, lo.

   

Sahabat Hosting

Easy, reliable, secure adalah tagline Sahabat Hosting yang dipercaya lebih dari 2500 pemilik domain. Sebuah platform Hosting Murah, tetapi tidak murahan karena fitur yang disediakan Sahabat Hosting dapat membuat website mempunyai performa optimal, aman dan mudah digunakan.

fitur sahabat hosting
fitur Sahabat Hosting

Platform didukung oleh Enterprise SSD

Performa website secepat kilat dengan cloud hosting terbaik di kelasnya.


User friendly control panel

Sahabat Hosting menggunakan control panel kekinian yang mudah digunakan bagi pemula untuk mengembangkan website. Cocok untuk saya yang baru di bunia blog.

99,9% uptime guarantee

Service Level Agreement (SLA) Sahabat Hosting adalah 99,9% mencakup uptime layanan dan koneksi jaringan.


Advanced security

Membuat website menjadi terpercaya dengan sertifikat keamanan kelas dunia.

produk sahabat hosting
produk Sahabat Hosting


Dengan beberapa fitur yang disediakan Sahabat Hosting, platform ini menawarkan beberapa produk yaitu Cloud Hosting, WordPress Hosting, Domain Register, Web Design. Hal menarik lainnya adalah Sahabat Hosting memberikan jaminan 30 hari uang kembali jika tidak puas dengan layanan yang telah diberikan. Namun, sejauh ini pengalaman saya menggunakan Sahabat Hosting, saya belum menemukan kekecewaan. 

Pelayanan yang diberikan cepat dan mudah untuk dilakukan. Selain pembelian domain saya juga dibantu untuk membuat design blog saya yang kalem. Ehem tgidak mengapa kan memuji blog sendiri. Saya ingin segera mempunyai design web yang cantik, oleh karenanya saya meminta bantuan Uda Endo dari Sahabat Hosting untuk mendesign blog saya dan saya puas dengan hasilnya.


Penghasilan Pertama dari Blog

Hadiah ulang tahun saya tahun 2021 adalah memiliki blog berdomain terwujud sudah. Berbekal itu saya mengikuti sebuah lomba kampanye keju asli cek dari KRAFT. Saat itu niat saya hanya menguji keberanian diri mengikuti lomba. 

Saya baca berulang kali persyaratan yang diminta dan mengikutinya. Alhamdulillah saya termasuk 70 peserta tercepat yang mengumpulkan dan tulisan saya sesuai dengan ketentuan lomba. Penghasilan pertama yang saya peroleh dari blog. Hal ini semakin menguatkan saya untuk terus ngeblog.

lomba blog


Penutup

Ternyata ngeblog itu asyik, lo. Apalagi jika menghasilkan cuan. Yuk, buat blog dan membuat domain melalui Sahabat Hosting. Tetap produktif dari mana saja.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba blog Sahabat Hosting. Ikutan yuk, lumayan lo dapat cuan dari side hustle.




52 komentar

  1. Sama kak, aku juga jadi makin semangat buat ngeblog. Biar nanti pas tua masih bisa terus nulis di blog. Jadi inget dengan blogger perempuan yang biasa dikenal Bunda Yati, seingetku waktu masih usis 60an gitu masih aktif ngeblog bahkan aktif ikut event juga. Salut banget aku sama beliau. Kalau sekarang, aku kurang tau kira-kira masih update atau ngga

    BalasHapus
  2. Aku sendiri juga pakai hosting. Ngeblog pakai hosting itu lumayan banget karena blog bisa dikelola sendiri semaksimal mungkin. Bahkan kontributor pun bisa masuk untuk menambah-nambah artikel kita lewat tombol login yang kita buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget, sangat membantu untuk sy yg newbie ini

      Hapus
  3. Ilmu daging nih ka.. baru pertama nih aku terjun didunia blog.. dulu sih sudah tau kalo blog emang menjanjikan..tapi cuman belom mengarah ke sana.. makasih ya ka ilmu nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog memang menjanjikan dan sy sudah membuktikannya, tapi sy belum fokus ke mencari cuan sih, masih fokus latihan nulisnya, ikut lomba juga untuk mneguji nyali da melatih nulis

      Hapus
  4. Saya juga lebih tertarik pakai blogger sih dibanding wordpress atau lainnya, karena lebih mudah. Kalo saya mulai ngeblog dari 2014, beda setahun lah ya. Lalu beli domain di 2015 sampai sekarang masih rajin ngeblog, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy dulu ngeblognya asal kak, akhir tahun lalu mulai serius belajar, barengan beli buku dan ikut kelas, akhirnya masuk komunitas

      Hapus
  5. barakallah mbak dyah, semoga semakin semangat ya ngeblognya. apapun tujuan ngeblognya, semoga semakin bermanfaat dan menimba cuan wan wan wan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, terima kasih mbak Shafir, ikut jejak mbak Shafira nih sy

      Hapus
  6. Selamat Mbak. Nggak ada ruginya kok belom domain. Rajin ikut lomba atau job nulis. Insyaallah balik modal. Hehe.. terlepas dari itu yang penting rajin nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pak guru, iya pak yang penting latihan nulisnya, dapat cuan atau menang lomba itu bonus, dan menjadi penyemangat sih

      Hapus
  7. Nulis-nulis tuh bikin ketagihan lho...Apalagi di blog sendiri, bebas, bisa langsung publish, engga tergantung editor. Semangaaat, semoga blognya makin menghasilkan yah...

    BalasHapus
  8. Dapat insight baru dari artikel mba: "ngeblog di masa tua".. bisaan mikir sampai sana.. hehe

    BalasHapus
  9. Waah senengnya ya, sudah mendapatkan cuan dari ngeblog. Iya sih Blog Mbak Dyah bagus, kalem. Makin semangat ngeblog nih Mbak.

    BalasHapus
  10. Sy udah ngeblog dari lama tp baru" ini serius buat ngeblog lagi

    BalasHapus
  11. Sama-sama bersemangat untuk ngisi lembaran kertas putih kosong, yaa, mbaak...semoga bisa semakin meningkatkan kualitas diri kita. Thankyou for sharing.

    BalasHapus
  12. Saya pun.. pingin punya jejak yang bermanfaat, Mbak.
    Semoga semangatnya menular dan melaju bersama-sama. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  13. Ada beberapa teman blogger juga yg hobi nulis, sharing tapi tidak begitu mengejar side hustle-nya. Mungkin istilahnya udah curhat aja udah plong gitu ya๐Ÿ˜. Whatever sah-sah saja apapun itu alasan dan tujuan setiap blogger๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    BalasHapus
  14. Dulu waktu saya SMP saya pikir blog adalah tempat untuk curhat dengan bentuk tulisan. Sekarang saya malah menyalurkan hobi sekaligus mencari penghasilan tambahan di blog, hehe

    BalasHapus
  15. sama mbak, q juga baru tahu klo ternyata ngeblog itu asyik, apalagi klo sudah berdomain ya tampilannya menarik. Gimana gak semangat coba, baru ngeblog aja udah dapat cuan dari lomba kemaren, wah...q juga jadi makin semangat nih nulisnya, knp gak dri dulu ya q ketemu blog ini,jadinya gak ada yg hilang dri tulisan q sebelumnya, semangat ngeblog kita mbak ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

    BalasHapus
  16. Saya masih maju mundur nih Mba: mau TLD atau tetap blog gratisan. Suami juga mempertanyakan, beneran bisa dapat penghasilan dari blog? Khawatir sudah beralih ke TLD, malah belum juga menghasilkan karena kalah saing.

    BalasHapus
  17. wah keren bgt nih mba dyah sudah kece badai tampilan blognya. mmm jd pengen beli di sahabat hosting..kuuy akh.

    BalasHapus
  18. Keren banget mbak berani bikin TLD. Aku masih maju mundur banget nih karena konsisten nulis masih nol.

    BalasHapus
  19. Salah satu goalsku tahun ini kaya Mba Dyah, blogku beralih dari gratisan ke TLD. Semoga aku mantap dan bisa tercapai punya blog TLD seperti mba. Aamiin.

    BalasHapus
  20. Sahabat hosting emang jadi sahabat kita semua, ya, Mba. Kerasa banget kemudahan blogging dari pelayanan yang mereka berikan. Semangat buat kita, Mba :)

    BalasHapus
  21. Wah ternyata blog memang banyak manfaatnya, selama inipun saya masih meraba-raba heheh nulis masih belum konsisten juga. Keren banget ini sharingnya,.

    BalasHapus
  22. Salah satu alasanku ngeblog, karena ingin menebar manfaat, walau receh, ke orang-orang. Sama kita, Mbak.

    BalasHapus
  23. Bagiku ngeblog adalah hobi. Rasanya sangat menyenangkan bila hobi kita akhirnya menghasilkan. Semangat ngeblog nya ya, Kak...

    BalasHapus
  24. Wah wah wah.... IIDN hebat semua nih. Sy masih butuh waktu nulis yg konsisten juga intens. Hebat semuanya... Maasyaa Allaaaahh

    BalasHapus
  25. Salam kenal mba, saya domisili Surabaya nih tetanggaan sama Sidoarjo. MasyaAllah memang dari blog kalau sudah bisa menghasilkan. Semoga bisa terus berproses di dunia blogger ya mba

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu kalau ada Blog Top Level Domain, jadi makin semangat ngeblog kalau gini .. makasih ya mbak infonya

    BalasHapus
  27. Tetap semangat kakak, semoga semakin banyak hal baik yang bisa dibagi

    BalasHapus
  28. masyaallah.. semoga makin manfaat dan bersemangat menghasilkan cuan hehe, btw sy jadi pengen jg bikin domain di sahabat hosting nih

    BalasHapus
  29. masya Allah memang banyak pertimbangan untuk men TLD kan blog hehhe. tapi kalo blog sudah TLD tuh semacam ada dorongan lho buat bisa berkembang dg blog kita ..sukses ya mbak ngeblognya. mantap nihikut event shabat hosting

    BalasHapus
  30. Saya juga butuh perjuangan menyakinkan hati buat beli domain, awalnya kepaksa karena masuk kelas yang blognya harus TLD tapi makin kesini menikmati banget walau ribet dengan segala atributnya
    Semoga makin semangat untuk mbak dyah ya, tulisan mbak dyah juga keren-keren banget sih

    BalasHapus
  31. wow udha lama juga ngeblognya ya kak dan bisa bercuan sebagai bloger pada akhirnya. semoga terus konsisten ya kak. saya belum jadi sahabat hosting nih, ada rencana untuk blog kedua nanti

    BalasHapus
  32. Wah selamat ya Mbak Dyah,, sudah punya blog TLD, makin semangat dong ngeblognya ya,, apalagi dari hasil menang lomba blog kejuasik kemaren pula ya,, sip deh ^^

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah ya kak, semenjak upgrade blog emang perlu domain. Agar lebih terpercaya lagi

    BalasHapus
  34. Wah membacanya seperti tersulut api semangat buat ganti blog TLD tapi kayaknya belum deh.atau tepatnya mau menyelami dunia blog lebih dalam dulu .karena nge blog baru mulai akhir tahun kemarin.semangat semuanya ๐Ÿ’ช.semoga tetap bisa memberikan artikel bermanfaat seperti ini๐Ÿ˜‰.

    BalasHapus
  35. Langkah awal sekali yg harus dilakukan bagi pemula seperti saya apa kak? Dl saat kuliah sekitar tahun 2010 sdh punya blog karena tugas kuliah jg, tp skrg sdh lupa akunnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buat akun lagi aja, pakai yang gratis aja dulu, ada banyak kelas blog dasar dengan biaya terjangkau yang bisa diikuti
      bisa juga mulai dengan buku ngeblog dari nol dari IIDN
      ada juga blogspedia yang bisa dikunjungi untuk belajar
      gabung komunitas bloger untuk menambah pengetahuan dan keahlian
      ngeblog itu seru banget lo, banyak hal yang harus dipelajari dan haus akan ilmu lagi dan lagi

      Hapus
  36. Langkah awal sekali yg harus dilakukan bagi pemula seperti saya apa kak? Dl saat kuliah sekitar tahun 2010 sdh punya blog karena tugas kuliah jg, tp skrg sdh lupa akunnya.

    BalasHapus
  37. Aku dulu awalnya juga berat mengeluarkan uang buat bayar domain, hosting, Dan template premium mbak. Tapi amazing ternyata belum ganti tahun semua sudah terbayar Lunas dengan berbagai job yang didapat ya

    BalasHapus
  38. Semoga setelah berganti domain ke TLD, ngeblognya makin semangat dan dapet cuan lebih banyak lagi ya mbak..

    BalasHapus
  39. Yeay! Kalo udah dapet sekali, InsyaAllah bakal disusul yang lainnya lagi, Kak. Semangat menebar kebaikan lewat tulisan buat kita. Kalo menghasilkan cuan, ya itu berkah yang menyertai. :D

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah ya kak. Menulis bisa menjadi ladang cuan. Semoga rejekinya selalu dilancarkan melalui tulisan ya kak

    BalasHapus
  41. Wah panjang juga perjalannya ya mbak. Akhirnya nemu hosting yang bagus ya. Selamat

    BalasHapus
  42. cukup panjang dan berliku ya mba pengalamannya....semoga ke depannya semakin keren yah mba dyah dan tentunya semakin memberikan manfaat baik untuk mba dyah maupun pembaca blognya mba dyah... ikut senang membaca pengalaman menulis blognya mba dyah nih....

    BalasHapus
  43. abis baca ini jadi semangat ngeblognya siapa tau ini sumber cuan yang besar nantinya

    BalasHapus
  44. hii mbaa... thank you for sharing infonya, aku jadi yakin untuk ke TLD dari blog gratis karena pengen upgrade diri plus kemampuan dan ambil di sahabathosting. Arahan setelahnya pun , aku mengikuti apa yang kamu shar.

    Aku bener2 terinspirasi dengan setiap artikel yang kamu up ttg dunia per blog an .
    Semoga selalu bisa memberikan inspirasi di setiap artikel yang di up yaa.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih