Tentang Saya

 

dyah kusumastuti utari

Assalammu'alaikum,

Selamat datang di rumah maya Dyah Kusumastuti Utari, sebuah rumah yang saya impikan sejak beberapa waktu yang lalu. Namun, baru akhir tahun 2021 saya berani mewujudkan rumah ini. Sebuah rumah yang akan menorehkan mimpi dan jejak digital, tempat saya berbagi asa, rasa dan manfaat lain bagi saya yang mungkin juga bermanfaat bagi teman-teman.

menulis adalah bekerja untuk keabadian

Seperti quote Pramoedya Ananta Toer bahwa "Orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk kebadian." Selain menulis di blog, saya juga menulis bersama di beberapa teman di buku antologi dan masih berusaha untuk menulis buku solo dan menulis di media digital maupun media fisik.


Tentang Saya 

Dyah Kusuma adalah nama pena yang saya gunakan. Kusuma dalam Kamus Besar Bahasa indonesia mempunyai arti bunga mempunyai arti bunga. Bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang berwarna indah dan harum baunya. Harapannya semoga blog ini bermanfaat untuk teman-teman juga selain untuk diri saya sendiri tentunya. Seperti bunga yang warna dan bentuknya menyenangkan untuk dilihat. Selain itu harum bunga, menyenangkan untuk dihirup.

Saya adalah seorang ibu penuh waktu dengan tiga orang putra putri yang tinggal di Sidoarjo dan bekerja di ranah publik sebagai staf di sebuah perusahaan manufaktur di Surabaya. Latar belakang pendidikan saya adalah Kimia, Universitas Airlangga, Surabaya. Saat itu Kimia masih tergabung dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sejak semester 5 saya mencoba belajar menjadi assisten dosen, yang bertugas mendampingi mahasiswa saat melakukan praktikum.


Tentang Menulis 

Sejak beberapa tahun terakhir, saya mulai menemukan asyiknya menulis. Selain untuk self healing, menulis bagi saya untuk meninggalkan jejak pada anak cucu. Karena menulis merupakan salah satu cara saya untuk healing, maka waktu untuk menulis saya acak, tidak ada waktu khusus untuk menulis. 

Menulis juga untuk mengikat ilmu yang telah diperoleh, baik ilmu dari hasil membaca buku, mengikuti perkuliahan ataupun ilmu yang diperoleh dari kehidupan. Hidup akan terus memberikan pelajaran hingga ajal menjemput.

Jika teman-teman ingin berinteraksi lebih jauh dengan saya, dapat menghubungi saya di melalui menu kontak.  Selanjutnya jika berkenan melihat karya yang telah dihasilkan selain blog, teman-teman dapat mengunjungi menu karya.


Tentang Blog

Judul Blog

Blog saya berjudul Cerita Dyah Kusuma - Jejak Perjalanan Seorang Ibu. Filosofinya adalah karena saya seorang ibu yang ingin menceritakan proses saya selama menjadi ibu. Tidak ada sekolah menjadi ibu. Namun, banyak tanggung jawab dan peran yang dilakukan seorang ibu.

Berdasarkan dari buku yang pernah saya baca, yaitu Ibuku adalah Sekolah Terbaikku, ada 13 peran yang dilakukan oleh ibu. Diantaranya adalah ibu sebagai pengajar, dokter, pengelola keuangan, koki, dan masih banyak lagi. Selama proses tersebut tentunya akan ada banyak cerita yang akan saya bagi kepada teman-teman. Mungkin hal yang akan saya bagi tersebut sesuatu yang remeh bagi seseorang, tetapi juga bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi seseorang.

Logo Blog

logo blog ragam cerita dyah kusuma


Logo tersebut menggambarkan seorang wanita yang sedang berada di depan laptop, baik untuk mencari informasi ataupun mencatat pengalamannya atau menceritakan hal lain dalam blog.

Header Blog

header blog ragam cerita dyah kusuma

Filosofi header tersebut, warna pink pada nama saya, menggambarkan unsur feminin yang identik dengan wanita. Saya suka perpaduan warna biru dan pinknya. Jejak Perjalanan Seorang Ibu merupakan deskripsi blog saya. Ada seorang wanita muda di balik tulisan nama saya. Walaupun saya sudah tidak muda lagi, tetapi semangat saya masih muda, lo dan akan tetap berkarya hingga tutup usia.

Kategori Tulisan

Ada beberapa kategori tulisan saya, yaitu :

Lifestyle

Lifestyle adalah label berisi berbagai macam artikel yang terkait gaya hidup

Portfolio

Portfolio adalah label yang berisi berbagai macam artikel tentang apa yang telah saya pelajari atau hasilkan. Ada resume kelas, webinar dan lomba blog yang pernah saya ikuti. 

Coretan

Coretan adalah label yang berisi berbagai macam karya cerita anak atau cerita pendek sebagai penyaluran imajinasi saya dan karya yang diminta anak-anak saya.

Resensi

Resensi adalah label yang berisi artikel terkait resensi buku yang telah saya baca. Review sebuah tempat atau perjalanan yang telah saya kunjungi dan lakukan. Review film yang telah saya tonton. 

Parenting 

Parenting adalah label yang berisi artikel terkait pola asuh dan parenting. Hal ini berdasarkan beberapa literatur yang saya pelajari dan saya terapkan pada keluarga kami.

Kesehatan

Kesehatan adalah label berisi artikel terkait kesehatan, baik layanan kesehatan atau apapun yang terkait kesehatan

Ibadah Kurban

Ibadah kurban adalah label yang berisi artikel terkait Idul Adha atau Idul Kurban

Lomba Blog

Lomba Blog adalah label yang berisi artikel yang saya ikutkan dalam lomba blog. Belajar untuk berani ikut lomba, menguji nyali dan belajar untuk berkompetisi.


Harapan

Selain meninggalkan jejak, semoga blog ini melalui artikel-artikel yang dituliskan dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi teman-teman yang mengunjungi blog saya. Menulis adalah cara saya untuk hidup 1000 tahun lagi, walaupun raga tak lagi ada, tetapi karya yang tertinggal tetap bermanfaat untuk sesama.

Selamat membaca dan berpetualang. Temukan artikel yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman, semoga bermanfaat.


Salam


Dyah Kusumastuti Utari

6 komentar

  1. wah masih semangat ya bu. Betul banget jadi ibu ga ada sekolahnya. Jadi salfok sama bukunya Sekolah Terbaikku, pengen baca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya masih ada di rumah, monggo kalau mau baca. DM alamatnya aja, nanti ta kirim

      Hapus
  2. aku gagal fokus sama kalimat : Menulis adalah cara saya untuk hidup 1000 tahun lagi
    Benar ya, tulisan kita biar jadi jejak digital yang positif yang bermanfaat bagi siapapun yang membaca tulisan kita ya, kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, semoga blog ini bermanfaat untuk orang lain juga

      Hapus
  3. Sama2 orang kimia ternyata masyaAllah.. Banyak ya orang kimia yang jadi bloger, jadi ingat mbak rahmah dn mbak heni, hihi.. Apakah kita perlu bikin komunitas bloger chemist bu? 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk boleh boleh, kalau mbak Rahmah itu dulu dosen juga lo mbak

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih