Cara Mengubah Blogspot Menjadi Com

Jumat, 15 Juli 2022

 

Cara Mengubah Blogspot Menjadi Com

Saya menggunakan blogspot, lo sebelum berubah menjadi top level domain. Apakah Sobat Dy mengetahui cara mengubah blogspot menjadi com? Mau berbagi pengalaman bersama saya? Yuk ah, saya juga mau cerita cara memasang TLD beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya saya bisikin sebuah rahasia saat mengubah blogspot menjadi com. Kuncinya adalah sabar dan tenang. Pantang panik ya, lakukan prosesnya setahap demi setahap. Cek lagi setiap tahapan sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.


Alasan Berubah Dari Blogspot Menjadi Com (TLD)

Blogspot merupakan salah satu platform blog tidak berbayar dengan kata lain gratis. Beberapa orang memilih blogspot karena penggunaannya mudah dan memiliki hosting gratis dari Google. 

Setelah beberapa waktu dan telah mengikuti beberapa kali ikut kelas blog dan mempertimbangkan beberapa hal. Akhirnya  dengan tekad bulat, saya memutuskan untuk berubah dari sub level domain menjadi top level domain. 


Cara Beli Domain di Sahabat Hosting

Saya berkenalan dengan Sahabat Hosting melalui kelas blog dasar. Sejak awal diinformasikan bahwa platform blog yang digunakan adalah blog spot dan kami diminta menyediakan sejumlah dana yaitu Rp. 145.000 jika ingin berubah menjadi.com atau Rp. 50.000 jika ingin berubah menjadi my.id.

Yuk, kita lanjutkan ke tahapan daftar blog berdomain, yaitu :

1. Ketik 'https://sahabathosting.com/' pada browser

halaman utama sahabathosting
 

2. Klik 'Login'

3. Klik 'Daftar Sekarang'

halaman daftar sahabathosting

4. Isi semua data

 

mengisi data sahabathosting
 
Isi semua personal information hingga membuat password.  Beri tanda centang pada tulisan 'I have read and agree the terms of service'. klik 'Register'.

5. Klik 'Register'

register sahabathosting lanjutan

6. Isi rencana nama domain Sobat Dy di garis merah. Ketik nama domain saja tanpa awalan www dan tanpa akhiran.com. Klik search.Jika nama yang dipilih dapat digunakan, maka akan muncul tulisan 'Congratulations! ______ is available! Klik add to cart berubah jadi Checkout.

Ingat ya hati-hati dalam pemilihan nama domain. Pastikan tidak telalu panjang, agar tidak kesulitan saat membuat permalink. Lumayan lama untuk mengotak atik nama domain yang saya inginkan, akhirnya ketemu www.dyahkusumautari.com. Sedikit panjang, tetapi tak mengapa la. Saya juga belum menemukan nama yang pas.

nama domain yang dipilih

 

7. Klik 'checkout' lalu beri tanda centang pada tiga kolom tersebut.

domain configurasion


 8. Klik 'Checkout'

review and checkout



9. Centang 'I have read and agree to the terms of service'.

 

additional information
10. Muncul nomer invoice

invoice
 

Pemberitahuan sukses terbayar. Lakukan pembayaram pada nomer rekening yang tercantum. Akan ada pemberitahuan  melalui email ketika transaksi diterima.

11.  Jika ada keterangan not secure, silakan ubah setelan berikut

not secure blog

Cara Mengubah Blogspot Menjadi Com di Sahabat Hosting

Hore, satu tahap telah terlewati. Pembelian domain sudah dilakukan. Namun, perjuangan belum selesai. Tahap selanjutnya adalah mengubah blogspot menjadi dot com. Tahapannya sebagai berikut :

1. Setelah berhasil login. Klik "TabDomains" yang terletak di bagian atas. Kemudian klik tanda kunci pada domain yang ingin Sobat Dy custom.

2. Setelah klik tanda kunci. Sobat Dy diarahkan pada halaman pengelolaan domain. Klik TabDNS Management.

DNS Management
3. Klik 'Start'
DNS Management

4. Klik Update, Klik add new record


5. Klik add new record untuk memasukkan deretan IP Google. Jenis record yang dipilih adalah A record. Masukkan IP address berikut satu per satu pada kolom IP or Hostname.

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

record

6. Pengaturan blogspot. Login ke akun blogspot. Pilih setelan. klik Domain Kustom

pengaturan setting domain

 7. Masukkan nama domain yang diawali dengan www. Klik simpan.

masukkan domain

Setelah klik simpan maka akan muncul pesan error. Masukkan 2 CNAME pada DNS Management

masukkan CNAME

8. Masukkan CNAME record pada halaman DNS Management Client area Sahabat Hosting. Klik add new record, jenis record yang dipilih adalah CNAME record.

input CNAME


input CNAME

9. Kembali ke akun blogspot dan klik simpan. Jika belum bisa, sabar menunggu ya, masih dalam proses propagasi dengan DNS yang membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Jika lebih dari 24 jam belum bisa, mungkin ada kesalahan dan dicoba lagi ya.

Sabar dan teliti satu per satu ya Sobat Dy.


What Next?

Sekarang blog saya sudah TLD, lo. Apakah cukup dengan menjadi TLD? Lalu apa bedanya dengan blog yang gratisan dulu? Hmm ...

Saat blog sudah berubah menjadi TLD, tentu saja ada konsekuensinya. Wajar dong ada konsekuensinya, karena untuk berubah menjadi TLD ada biaya yang harus dikeluarkan dan itu tidak sedikit, menurut saya. 

Biaya membeli domain Rp. 145.000 itu senilai dengan belanja kebutuhan dapur. Duh emak-emak ya, yang dipikirkan kebutuhan dapur aja. Nah, sayang kan sudah mengeluarkan Rp. 145.000 kemudian blognya hanya diisi sesuka hati. Nanti akan bersaing dengan laba-laba dong.

Selain itu, tujuan awal menulis di blog kan untuk berbagi. Bagaimana bisa berbagi jika blognya tidak diisi dengan tulisan yang bermanfaat, setidaknya bermanfaat untuk diri sendiri. Syukur-syukur tulisannya bermanfaat juga untuk orang lain. 

Janji pada diri sendiri nih dan berusaha untuk konsisten melakukannya adalah rutin yaitu :

  1. mengisi blog dengan artikel yang bagus menurut saya 
  2. berbagi pemikiran berdasarkan sudut pandang saya
  3. berbagi hikmah dari sesuatu yang telah saya pelajari
  4. berbagi hikmah dari buku yang telah saya baca

Semua hal tersebut di atas dilakukan seminggu dua kali secara bergiliran di hari dan jam yang sama. Sesuai arahan dari coach Marita untuk post di blog sebaiknya dilakukan ruti (hari dan jam yang sama) agar pembaca dapat mengetahui jadwal rutin post di blog kita.

Selain itu, semoga blog www.dyahkusumautari.com juga menghasilkan cuan untuk membiayai perawatan blog. Keinginan jujur lo, walaupun uang bukan segalanya, tetapi segalanya membutuhkan uang, termasuk biaya perpanjangan domain.  

 

Penutup

Begitulah sedikit cerita saya tentang cara mengubah blogspot menjadi com. Semoga dengan yang sedikit ini dapat membantu Sobat Dy untuk mengubah blogspot menjadi com. Happy blogging Sobat Dy.

4 komentar

  1. Wah, sepertinya satu kelas dengan Mbak Nita yaa di kelas blog dasar. Sama-sama pasang lewat Sahabat Hosting. Jadi makin tau dan nambah referensi kalo sewaktu-waktu mau pasang domain sendiri. Eniwei, berkat tulisan ini jadi makin kepikiran nih apa yang akan aku lakukan setelah pasang domain... Mari kita terus semangat berkarya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, teman sebangku, sama mbak Nita sekelas dimana-mana hehehe
      Yuk mbak saling menyemangati agar tetal berkarya

      Hapus
  2. Semangat ya mba dyaaah. Semoga makin rajin nulis dan menginspirasi. Bener banget kuncinya pasang tld itu tenang. Pasti bisaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, harus tenang, apalagi waktu itu saya mengerjakannya sepulang kerja, sudah loyo banget, alhamdulillah step by step diikuti pelan-pelan, lancar
      saling menyemangati mbak

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih