Read Aloud Salah Satu Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak

Senin, 25 Juli 2022

read aloud salah satu cara menumbuhkan minat baca anak


Read aloud dapat diartikan dengan membacakan anak buku cerita, tetapi dengab suara yang lebih nyaring dan jelas. Read aloud adalah salah satu cara menumbuhkan minat baca anak yang seru dan efektif.


Reading aloud with children is known to be the single most important activity for building the knowledge and skills they will eventually require for learning to read - Marilyn Jager Adams


Hal yang sama juga dikemukakan oleh Rossie Setiawan, seorang pakar yang memahami read aloud, bahwa metode membacakan buku dengan suara kencang sangat baik dikenalkan pada anakanak sejak dini.


Contoh Nyata

Adakah yang kenal Maudy Ayunda? Aha, Sobat Dy benar, seorang artisyang menikah dengan opa Korea. Istri Jesse Choi, seorang pengusaha asal Korea Selatan yang tak lain adalah teman kuliahnya S2 di Stanford University, Amerika Serikat ini bukan sekedar artis yang aktingnya bagus di layar kaca. Namun, Maudy juga mempunyai segudang prestasi dan dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.

Apa rahasianya sehingga Maudy menjadi sukses? Tak lain dan tak bukan adalah peran keluarga yang besar sehingga membentuk karakter Maudy. Beberapa kondisi masa kecil Maudy :

  1. ketiadaan televisi di masa kecilnya
  2. menjadikan buku sebagai hiburan
  3. dibacakan buku sejak kecil
  4. orang tua yang memfasilitasi penuh kebutuhan terhadap buku


Manfaat Read Aloud

Ada beberapa hal yang manfaat read aloud yang penting untuk perkembangan anak, diantaranya :

Menstimulasi beragam ranah perkembangan anak

Read aloud dapat menstimulais otak anak agar berkembang maksimal. Kemudian mengenalkan anak pada kemampuan dasar literasi, yaitu mendengarkan. Perkembangan otak anak 90% terjadi pada usia 0-6 tahun, sehingga membiasakan membacakan anak buku baik untuk dilakukan.

Saraf otak anak akan terangsang saling terhubung jika anak dibiasakan dibacakan buku oleh orang tuanya. Hal ini sangat penting untuk perkembangan bahasa dan imajinasinya.

Menanamkan kesan baik terhadap buku

Anak akan mempunyai kesan baik pada buku karena setiap hari dibacakan buku. Anak akan merasa bahwa buku sebagai sarana hiburan selain sebagai sumber pengetahuan.

Membangun kosakata anak

Adanya kosakata melalui cerita yang dibacakan dapat menambah koleksi kosa kata anak.

Membangun rasa ingin tahu anak

Anak akan ingin tahu apa kisah selanjutnya atau apa yang terjadi selanjutnya dari cerita yang dibacakan. Selain itu anak akan terangsang untuk bertanya hal baru yang didengarnya melalui cerita yang dibacakan orang tuanya.

Memberikan teladan dalam membaca

Anak ibarat spons, dia akan menyerap informasi apapun yang ada di sekitarnya. Anak akan melihat contoh nyata bahwa orang tuanya membacakan buku. Sehingga saat dewasa dia akan melakukan hal yang sama pada anaknya. Karena hal tersebut telah tertanam di alam bawah sadanya.

Mempererat ikatan orang tua dengan anak

Umumnya membacakan buku dilakukan sebelum tidur atau di waktu senggang lainnya. Dengan membacakan cerita, orang tua dapat membangun kedekatan dengan anak. Sehingga anak merasa nyaman dan anak akan mengkaitkan kegiatan membaca dengan rasa nyaman

Melatih rentang perhatian dan mengingat

Saat orang tua membacakan buku, anak akan berlatih mendengarkan dan menyimak dengan lebih baik dan dapat membantu anak berkonsentrasi.

Melatih pendengaran anak

Orang tua yang membacakan buku dengan suara nyaring akan membuat anak mendengarkan cerita dan belajar untuk mengenal intonasi, volume suara dan jeda. Oleh karena itu, sebaiknya saat orang tua membacakan anak buku perhatikan tanda baca dan gunakan ekspresi.


Read Aloud Dan Menumbuhkan Minat Baca Anak

Saat usia emas anak, dia akan menyerap informasi dengan cepat. Sehingga dengan adanya potensi tersebut maka menumbuhkan dan mengenalkan minat baca anak usia dini tentunya mudah dilakukan.

Read aloud dapat dimulai sejak dini. Semakin dini mengenalkannya, maka akan semakin optimal dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak pada buku dan bonusnya anak dapat membaca dengan sendirinya. 


Baik membuat anak bisa membaca, tetapi lebih pnting membuat anak menyukai membaca - Anonim

 

Read aloud dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun yang terpenting adalah frekuensi dan konsistensi melakukannya. Rutinitas adalah kunci utama keberhasilannya


Langkah-langkah Dalam Melakukan Read Aloud

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan saat melakukan read aloud:

Persiapan

Sobat Dy dapat memilih buku yang sesuai dengan tahap perkembangan anak dan perhatikan juga minat dan ketertarikan anak. Baca buku tersebut terlebih dulu. Ajak anak untuk mengeksplorasi sampul buku sebelum dibaca. Lakukan kajian tes sederhana jika diperlukan. Kemudian siapkan properti penunjang membaca, jika diperlukan.

Pelaksanaan

Hentikan aktivitas lainnya, fokus kepada anak dan buku yang sedang dibaca. Pastikan anak nyaman sebelum membaca buku. Bacakan judul, penulis, ilustrator dan penerbit buku. Ajak anak bereksplorasi dan diskusi mengenai sampul buku.

Kemudian baca teks buku dengan intonasi dan ekspresi. Sesekali ajak anak untuk berinteraksi dengan mengamati ilustrasi atau merespon saat anak bertanya.

Tindak lanjut

Ajak anak untuk berdiskusi tentang isi buku. Jika diperlukan lakukan aktivitas yang berkaitan dengan isi buku.


Penutup

Read aloud merupakan salah satu cara menumbuhkan minat baca anak. Diharapkan anak  juga akan mempunyai pemahaman yang lebih baik terhadap hal yang dibaca. Dengan adanya read aloud yang mmmpunyai banyak manfaat diharapkan minat baca masyarakat Indonesia menjadi lebih baik. Salam literasi.


Referensi

Talkshow dalam rangka Milad Bersemi Ibu Profesional Sidoarjo Mojokerto ke-2 dan Halal Bihalal member IP Sidomojo dengan tema Read Aloud oleh Vidya Ayuningtyas.

https://id.theasianparent.com/read-aloud





3 komentar

  1. Meskipun Ibuku engga ngerti soal metode Read aloud ini, tapi aku sejak kecil udah sering dibacain buku sih kak dan mungkin sedikit banyak membentuk diriku yang sekarang. Ternyata emang berguna banget yaa read aloud ini, keren

    BalasHapus
  2. Kegiatan mendongeng untuk anak-anak sejak dulu merupakan media untuk mengeratkan bonding antara orang tua dan anak. Dengan adanya Read Aloud, anak-anak malah tertarik untuk membaca ya...

    BalasHapus
  3. Wah Maudy nggak ada TV ya waktu kecilnya. Emang sih TV jadi tantangan besar bagi anak. Mudah-mudahan bisa mengajak anak suka baca

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih