Pagora Salah Satu Wisata Kediri Dekat Stasiun Kediri

Rabu, 27 Juli 2022

wisata kediri dekat stasiun
Anak-anak tentunya suka bermain air, bukan? Benar apa benar? Tak terkecuali anak-anak saya. Mereka suka berenang atau mungkin lebih tepatnya main air. Karena di rumah tidak mempunyai kolam renang, maka kami memilih kolam renang yang ramah anak. Salah satunya adalah Taman Wisata Air Pagora yang merupakan salah satu wisata Kediri dekat stasiun kota Kediri.


Kediri

Sebelum mengulas tentang taman wisata Pagora, kenalan dulu dengan kota Kediri ya. Kota kelahiran suami saya. Saya cukup sering mengunjungi kota Kediri selain untuk mengunjugi ibu mertua, juga untuk mengunjungi saudara yang lain. Keluarga besar suami ada di Kediri, wajar jika kami sering berkunjung ke kota ini.

Kediri adalah sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 130 kilometer sebelah barat daya kota Surabaya, ibukota provinsi jawa Timur. Waktu tempuh yang kami butuhkan sekitar dua jam jika kami menggunakan tol trans Jawa. Kurang lebih menghemat satu jam jika kami tidak menggunakan tol. 

Menurut suami saya, Kediri saat ini sudah banyak berubah dibandingkan saat suami saya masih bersekolah. Saat ini sudah banyak mall dan hotel baru yang bermunculan. Salah satunya adalah Kediri Town Square yang lokasinya dekat dengan stasiun dan kantor Wali kota Kediri.

Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari Selatan ke Utara sepanjang tujuh kilometer. Daerah barat kota Kediri umumnya digunakan untuk pendidikan, sehingga banyak sekolah yang terletak di bagian kota ini. Sedangkan bagian timur digunakan untuk perniagaan. Kota ini unik karena berada di tengah kabupaten Kediri. 

Beberapa ikon wisata yang ada di Kediri adalah taman wisata Tirtoyoso, taman wisata Pagora, Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Lereng Gunung Kelud, Kampung Indian, Kampung Angggrek, Kampung Korea, Alun-alun Kediri, Goa Selomangleng, Kebun Bunga Matahari, Taman Kebun Binatang Gudang Garam, Simpang Lima Gumul, Taman Brantas, Hutan Kota Joyoboyo dan masih banyak lagi. Kota yang mempunyai banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi.


Pagora Salah Satu Wisata Kediri Dekat Stasiun Kediri

Taman wisata Pagora terletak di dekat stasiun Kediri, taman wisata Tirtoyoso, hutan kota Joyoboyo, lapangan Brawijaya. Lokasi tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani no 123, Desa Banjaran, Kecamatan Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan lokal atau penduduk sekitar. Lokasi yang mudah terjangkau karena ada di pusat Kediri menjadi salah satu alasan taman wisata ini banyak dikunjungi.  Selain itu taman wisata ini juga menyediakan berbagai macam wahana mulai dari yang tidak berbayar hingga yang berbayar.

Harga tiket masuk taman wisata ini dipatok Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp. 12.000 untuk anak-anak. Anak-anak di bawah usia tiga tahun tidak dikenakan tarif masuk taman wisata. Cukup terjangkau bukan? Taman wisata buka sejak pukul lima pagi, sehingga kami bisa berangkat pagi dan bisa berenang sebelum kolam ramai dengan pengunjung.

Taman wisata Pagora tergolong legendaris karena telah ada sejak tahun 1963. Wahana yang disediakan ada sepeda air, perahu motor, area bermain anak, kebun binatang mini, kolam renang, area outbond, panggung hiburan.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, di antaranya toilet, area parkir, masjid, kamar mandi, tempat bilas dan ganti, food court. Penjual makanan dan minuman yang tersedia di area food court juga menyediakan berbagai macam menu mulai dari makanan ringan seperti popcorn hingga camilan favorit gorengan. Sedangkan untuk makanan mulai dari mie instant seduh hingga aneka masakan khas Jawa Timur, seperti pecel, tumpang, bakso, rawon dan masih banyak lagi.


Kolam Renang

Ada dua jenis kolam renang yang disediakan, yaitu kolam renang untuk anak-anak dan kolam renang untuk dewasa. Ada empat kolam anak-anak yang disediakan dengan berbagai macam kedalaman. Satu kolam renang hanya dilengkapi dengan pancuran air. Dua kolam renang dilengkapi dengan luncuran. Satu kolam renang dilengkapi dengan permainan. Kolam renang yang terakhir lokasinya jadi satu area dengan kolam dewasa, hanya diberi pembatas besi untuk memberi peringatan perbedaan kedalaman.

Kolam renang dewasa pun kedalamannya bertahap. Ada sebuah kolam lagi yang sepertinya di desain untuk perlombaan karena kanan kiri kolam tempat duduk dibuat seperti tribun. Namun, kolam renang ini jarang digunakan.

kolam renang anak

kolam renang dewasa

Banyak kursi yang disediakan di kanan kiri kolam renang. Selain itu ruang ganti, bilas dan mandi ada di sekitar kolam renang. Namun sayang kamar mandi di area wanita pintunya masih rusak, hingga terakhir saya berkunjung beberapa bulan yang lalu masih belum diperbaiki. 

 

Sepeda Air

Sepeda air yang disediakan ada beberapa unit. Sepeda air yang disediakan berbentuk bebek dan diperlukan dua orang untuk mengayuhnya. Sayangnya kondisi sepeda kayuhnya kurang terawat, terlihat dari beberapa warna bebek yang telah kusam.

Lokasi sepeda air berada di danau buatan yang terletak di sebelah kiri setelah memasuki pintu masuk taman wisata ini. Di danau buatan ini terdapat dua wahana sepeda air dan perahu motor. Wahana ini termasuk wahana yang berbayar, tetapi cukup terjangkau kok biayanya.


Perahu Motor

Perahu motor yang disediakan dapat digunakan untuk sekitar empat orang. Ada seorang operator yang akan mengoperasikan perahu motor ini. Pengunjung akan diajak memutari danau sebanyak dua kali. Wahana ini termasuk wahana yang berbayar dengan biaya yang terjangkau.


Panggung Hiburan

Panggung ini terletak di tengah-tengah taman wisata. Area yang biasa digunakan untuk mengadakan pertunjukkan seperti konser dangdut atau acara lainnya. Area ini juga dapat disewa untuk mengadakan acara seperti reuni sekolah atau acara komunitas lainnya. 


Area Bermain Anak

Area bermain ini tersebar menjadi beberapa bagian. Ada yang berada dekat pintu masuk, di dekat food court, di dalam mini zoo, di dekat danau hingga dekat pintu keluar. Aneka permainan disediakan mulai dari yang tidak berbayar hingga yang berbayar. 

Permainan yang berbayar di antaranya becak mini, pasir kinetis, memancing ikan mainan, mewarnai stereoform, memanah, mandi bola, kereta kelinci dan masih ada yang lainnya. Sedangkan permainan yang tidak berbayar seperti ayunan, seluncuran, jungkat jungkit, kursi berputar (diputar dengan tenaga manusia), palang titian dan masih banyak lagi.

wahana bermain

Mini Zoo

Mini zoo atau kebun binatang mini terletak di bagian belakang taman wisata Pagora. Sesuai dengan namanya, tidak banyak binatang yang ada di sini. Tidak lebih dari 100 jenis binatang yang dirawat di sini. Beberapa jenis binatang yang dirawat adalah buaya, beruang madu, monyet, bebek, lutung, beberapa jenis burung dan masih ada yang lainnya.


Area Outbond

Di dekat danau buatan disediakan flying fox dan area untuk outbond anak-anak. Lokasinya menuju pintu keluar. Namun beberapa kali saya mengunjunginya, saya belum melihat ada peserta yang menggunakannya. Mungkin digunakan saat hari efektif sekolah, bukan saat akhir pekan. 


Area Parkir

Area parkir yang disediakan cukup luas dan juga disediakan area parkir tambahan jika area parkir utama telah penuh. Karena kami selalu berangkat pagi, maka kami selalu parkir di area parkir utama dan bebas memilih lokasi parkir.


Penutup

One stop fun, itu julukan yang saya berikan untuk taman wisata Pagora yang merupakan salah satu wisata Kediri dekat stasiun. Karena banyak wahana yang disediakan, didukung juga fasilitas yang cukup lengkap. Selain itu dapat juga sebagai media belajar anak selain di dalam ruangan. Sobat Dy dapat mengunjunginya saat berkunjung ke Kota Kediri. Selamat bersenang-senang. 



23 komentar

  1. Waah asik juga nih tempat wisata pagora dimasukkan ke bucket list liburan next time 😁
    Makasii infonya, mbaa

    BalasHapus
  2. Wah kalau di tempat kami agak susah ya menemukan tempat tempat seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke Kediri aja kak Lita, ntar kita meet up

      Hapus
  3. wah lengkap sekali, kayaknya perlu didatangi kalau pas leemwat Jatim

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak kalau ke Jatim bisa mampir ke Kediri

      Hapus
  4. Jadi ingin berkunjung ke Kediri nih mba Dyah...banyak destinasi wisatanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak, di Kediri banyak destinasi wisatanya

      Hapus
  5. Kalau rumahku dekat sama tempat begituan, pasti setiap hari minta ke sana wkwk. Di tempat ku sini enggak ada kolam renang begitu. Ada pun kolam renang, tidak ada mainannya kayak perosotan, dkk. Untung saja dulu waktu masih di Jawa sempat merasakan kolam renang yang banyak permainannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nantinya akan ada Mel, pembangunan bertahap

      Hapus
  6. lengkap ya permainannya mbak, sama sih waktu q tinggal di Medan dulu, sekarang sejak pindah sulit nemuin tempat yang seperti itu, gak ada malah mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak lengkap, mungkin nanti di Selat Panjang akan ada juga mbak

      Hapus
  7. Lumayan lengkap ya kak tempat wisata nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lumayan banget, datang ke sini sudah bisa banyak yang dilakukan

      Hapus
    2. iya mbak lumayan kok, ga perlu keliling jauh-jauh

      Hapus
  8. Pagora, surganya anak-anak. Akan saya ingat nih, Mba, kalau suatu saat mampir ke Kediri. Matur suwun, Mba Dyah infonya.

    BalasHapus
  9. Tulisannya bener² bagus dan bermanfaat kak. Bisa jadi salah satu rekomendasi wisata kalau ke kediri. Terimakasih kak.

    BalasHapus
  10. Waahhh asik nie kayanya. Makasih ya mba.. udah kasih rekomendasi tempat wisata yang menyenangkan.

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. diagendakan yuk, siapa tahu nanti magang atau dapat kerja di pulau Jawa

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih