Tips Ikut Lomba Blog Ala Deddy Huang

Minggu, 03 Juli 2022

  

Tips Ikut Lomba Blog Ala Deddy Huang

Adakah yang belum mengenal Deddy Huang? Sini saya bisikin. Beliau adalah narablog yang sering menjuarai lomba blog. Simak tips ikut lomba blog ala Deddy Huang, yuk.

Deddy Huang adalah seorang yang humble. Walaupun sudah beberapa kali menjuarai lomba blog. Koh Deddy, panggilan akrabnya justru mau berbagi tips saat mengikuti lomba blog.

Ini kali kedua saya ikut kelas onlinenya dan kelas ini gretong alias gratis alias free of charge. Duh kurang apalagi coba baiknya Koko yang satu ini.

Beruntung banget bisa ikut kelasnya. Saya suka cara penyampaiannya yang lugas dan apa adanya. Bagi saya yang newbie jadi merasa terpacu untuk ikut lomba blog. Semoga berani menantang diri untuk naik kelas.

Wajar kan kalau tujuan ikut lomba adalah untuk mendapatkan hadiah. Namun, ada hal penting lainnya, yaitu meningkatkan kualitas diri.

Ko Deddy sering ikut lomba blog? Ya sering la, makanya beliau mau berbagi pengalaman serunya ikut lomba blog. Walaupun ada juga yang tidak menang. Emang dapat hadiah apa aja? Buanyaakk ... Dari nilai ratusan ribu sampai jutaan. Bisa juga berupa barang.

Jadi blogger atau narablog itu gampang? Eits jangan salah, panjang lo ternyata perjalanan untuk menjadi blogger profesional. Kenapa? Tidak hanya membutuhkan keahlian menulis, tetapi juga dibutuhkan keahlian lain. Diantaranya desain grafis untuk membuat infografis di blog, copy writing dan masih banyak lagi.


Alasan Brand Membuat Lomba

Apakah Sobat Dy mengetahui alasan sebuah Brand mengadakan lomba blog? Apakah sekedar ingin saja karena ikut-ikutan brand lain mengadakan lomba?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah brand mengadakan lomba blog, diantaranya untuk mendapatkan user experience atau pengalaman pengguna, untuk review atau ulasan produk dan promosi.

Pengalaman pengguna atau user experience ini merupakan salah satu kunci dalam pemasaran. Getuk tular, sebuah istilah dalam bahasa Jawa. Kurang lebih terjemahan bebasnya adalah pemasaran dari mulut ke mulut.

Teknik pemasaran ini memang membutuhkan waktu lama, tetapi efektif, karena orang lebih percaya pengalaman orang lain dalam menggunakan jasa atau produk brand tersebut.  

Resensi atau ulasan produk diperlukan diperlukan oleh calon pengguna jasa atau produk suatu brand. Sehingga calon pengguna mendapatkan resensi produk atau jasa yang ingin digunakannya. 

Promosi, hal yang tak dapat dipungkiri lagi. Narablog yang mengikuti lomba juga akan menginformasikan link artikelnya ke media sosial miliknya. Secara tidak langsung akan menjadi media promosi.


Alasan Blogger Mengikuti Lomba

Ada beberapa alasan Blogger yang mengikuti lomba blog, diantaranya untuk menjadi ajang  pamer, menginformasikan blognya dan yang tak kalah penting adalah untuk mendapatkan hadiahnya. Wajar kan dalam setiap lomba merebutkan hadiah.

Lomba blog sebagai ajang pamer. Apa yang dipamerkan? Kualitas konten blog hingga infografis yang telah dibuat narablog. Selain itu blognya akan lebih dikenal. Jika menang, jangkauan pengunjung blog lebih jauh dibandingkan yang tidak dikenal, betul kan? Paling enggak, ada Juri dan peserta lomba blog lain yang berkunjung.

Selain itu, barangkali panitia atau pihak lain yang tertarik dengan cara menulis peserta lomba atau juara lomba. Kemudian menghubungi peserta tersebut untuk menawarkan kerjasama entah untuk campaign atau hal lain.

Terakhir tentu saja untuk mendapatkan hadiah yang telah disediakan panitia lomba. Salah satu alasan kuat ikut lomba kan untuk mendapatkan hadiah. Siapa sih yang enggak mau dapat hadiah? 

Jurus Jitu Menang Lomba Blog


Tips Ikut Lomba Blog

Pada acara daring Internet Talks#2, Ko Deddy membagikan tips bagaimana caranya agar menang lomba blog. Ilmu ini dibagikan percuma, lo. Baik kan Koko yang satu ini. Beliau enggak mau menang sendirian kok. E  iya sudah pada tahu kan ya kalau beliau ini juara 1 lomba blog IndiHome tahun lalu. 

Berikut tips yang dibagikannya :

Cari informasi mengenai penyelenggara lomba

Tak kenal maka tak sayang. Supaya bisa menulis dengan nyaman, tentu saja harus mengenal penyelenggara lomba kan

Perhatikan persyaratan lomba

Namanya juga lomba, tentu saja ada beberapa syarat yang diminta panitia untuk dilakukan. Diantaranya kata wajib atau keyword yang harus digunakan, backlink yang harus dicantumkan, minimum jumlah kata dan masih banyak lagi. Pantang darurat membaca ya. teliti dan teliti lagi sebelum didaftarkan.

Mencari bahan tulisan sesuai tema

Riset, syarat wajib dong. Enggak boleh males riset, agar bahan yang ditulis nantinya sesuai persyaratan lomba.

Buat tulisan yang sistematis

Sobat Dy, tipe yang mana nih? Apakah suka membuat mindmapping atau mengalir aja menulisnya? Boleh lah mau yang bagaimana, tetapi pastikan menulisnya runut ya, tidak loncat-loncat agar enak dibaca dan tidak emmbingungkan. pembaca terutama dewan juri.

Pemilihan sudut pandang

Gunakan sudut pandang yang menurut Sobat Dy, tidak terpikirkan oleh narablog lain. Semakin unik semakin menarik dan tentu saja saingannya semakin sedikit.

Buat konten yang original

Tips yang dapat digunakan adalah tidak membaca karya blogger lain, sebelum menulis artikel. Menyajikan artikel versi terbaik diri kita menunjukkan bahwa konten yang dibuat Sobat Dy original.

Bisa disertai gambar atau infografis pendukung

Infografis yang menarik akan membuat artikel semakin cantik. Tentu saja penggunaannya tidak berlebihan, secukupnya saja, tetapi menarik.

Periksa lagi tulisan yang dibuat

Sebelum mengumpulkan artikel, lakukan self editing. Baca ulang artikel dari awal hingga akhir. Pastikan tidak ada salah ketik atau kalimat yang ambigu.

Bukan plagiat

Hal yang terpenting adalah artikel yang dibuat bukan plagiat atau hasil meniru artikel lain. Jadilah diri sendiri.

Supaya artikel yang ditulis tidak kaku, maka perlu untuk memberi nyawa pada tulisan. Kok artikel diberi nyawa sih? Hehehe ya maksudnya supaya pembaca mengerti apa maksud artikel yang Sobat Dy tulis.

Bagaimana caranya, nih? Saat menulis artikel, coba Sobat Dy bayangkan seperti sedang berbicara dengan pembaca. Awalnya mungkin masih berantakan. Tak mengapa, coba saja terus berlatih.

Nanti kalau sudah selesai menuliskan semua artikel. Selanjutnya baca ulang untuk mengedit dan merapikan. Kalau diistilahkan saat awal menulis artikel itu kerja hati. Saat edit itu kerja otak. Maka jangan dijadikan satu sat mengerjakannya. Supaya artikel yang ditulis mengalir dan pembaca tidak beralih membaca hingga selesai membaca keseluruhan artikel.  

Hal penting lain adalah to the point saja. Tidak semua pembaca ingin tahu detil cerita. Cukup ceritakan garis besar dan inti permasalahan. Informasi lainnya disingkat saja atau cukup disebutkan sekali saja, misalnya waktu dan lokasi.


Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Lomba Blog

Saat mengikuti lomba blog ada beberapa hal yang harus diperhatikan, lo. Diantaranya :

Tema lomba

Tulis saja artikel untuk lomba sesuai dengan kemampuan Sobat Dy. Jika tidak mampu, tidak perlu memaksakan diri. 

Lomba blog diselenggarakan oleh beberapa  penyelenggara dan beberapa tema. Coba saja dipilih sesuai tema yang dikuasai Sobat Dy.

Sebelum mengikuti lomba, ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya riset sesuai tema, menemukan ide agar artikel yang dibuat menarik. Itu semua membutuhkan banyak energi dan waktu. 

Oleh karena itu menulislah artikel yang sesuai dengan apa yang Sobat Dy mampu lakukan, karena tidak akan menghabiskan banyak energi dan waktu saat mengerjakannya.

Jaga kesehatan

Lomba blog bukan akhir segalanya. Perhatikan kesehatan juga saat menulis artikelnya. Jangan sampai gara-gara ikut lomba blog jatuh sakit, karena begadang, lupa makan gara-gara mencari ide atau saat menyusun artikel.

Satu hal lagi setelah menulis artikel, lupakan. Kok dilupakan sih? Ya iya lah, nanti kalau dipikirkan terus akan mengganggu aktivitas yang lain. Kecemasan yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan jiwa, lo.

Kejujuran

Hal penting berikutnya adalah kejujuran, baik saat menyusun artikel maupun setelah mengumpulkan artikel. Originalitas ide, jangan meniru apalagi hanya menyalin artikel lain. Sebaiknya tidak perlu melihat artikel peserta lomba lain, agar tidak terpengaruh idenya.

Sebelum mengumpulkan artikel, pastikan sekali lagi adakah yang perlu diedit atau ditambahkan gambar atau hal lainnya. Jangan sampai setelah mengumpulkan karena ragu melihat artikel peserta lain, kemudian merevisi artikel yang telah dikumpulkan tersebut.

Tidak intervensi

Pantang untuk dilakukan ya Sobat Dy, melakukan intervensi ke juri lomba. Menganggap karya diri paling baik sehingga layak untuk menang. 

Keputusan juri adalah mutlak. Oleh karena itu tidak perlu melakukan intervensi. Menang atau kalah dalam sebuah perlombaan adalah hal yang wajar.

Sejatinya saat mengikuti lomba blog, kita sedang berkompetisi dengan diri kita sendiri. Melawan ego dan ambisi diri kita sendiri. Setidaknya jika ingin menang lomba blog, maka menulis dan mengirimkan artikel. Bagaimana mungkin bisa menang, jika artikel saja tidak dikirimkan.  


Penutup

Ko Deddy sudah memberikan tips ikut lomba blog secara gamblang. Yuk, ikuti jejaknya ikut lomba blog. Sesuaikan dnegan tema yang Sobat Dy mampu untuk menuliskannya dalam artikel. Selamat berkompetisi.

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih