Mencukupi Gizi Seimbang Anak Sekolah

Jumat, 08 Juli 2022

Mencukupi gizi seimbang anak
Bagi saya, mencukupi gizi seimbang anak sekolah merupakan hal yang penting. Siapa nih yang sependapat dengan saya? Sobat Dy yang sependapat dengan saya, yuk kumpul di sini. Ngobrolin tentang gizi anak terutama untuk anak sekolah.

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti kuliah WhatsApp bersama Marrizka, Amd. G. Z. Beliau mempunyai banyak pengalaman kerja yang terkait gizi. Selain itu beliau juga penulis buku antologi Cerita Ahli Gizi Tentang Diet.


Fitrah Anak

Sebuah hadits Bukhari Muslim menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda tentang fitrah anak : "Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallalhu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Setiap anak dilahirkan dalam kondisi fitrah kecuali orang tuanya yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi."

Orang tua mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anaknya, menjadikan anaknya menjadi seseorang yang kuat. Hadits di atas dapat dijadikan rujukan, bahwa orang tua bertanggung jawab terhadap pembentukan fisik dan jiwa anak. Seorang anak yang kuat fisiknya kelak menjadi generasi penerus yang tangguh, kuat jiwanya dan kuat raganya.


Mencukupi Gizi Seimbang Anak Sekolah

Angka Kecukupan Gizi atau yang biasa disingkat AKG adalah angka yang menunjukkan kebutuhan rata-rata zat gizi tertentu yang wajib dipenuhi setiap hari bagi hampir semua orang yang sehat.

nilai akg anak

Sejumlah gizi yang harus dicukupi adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, air, vitamin, dan mineral. AKG setiap orang berbeda-beda. Tergantung jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas fisik, hingga kondisi fisiologisnya.

Pola makan yang benar mengikuti jam, jenis, jumlah. HArus ada waktu makan yang sama setiap harinya agar anak terbiasa dengan rasa lapar pada jam-jam tersbeut. Sedangkan untuk jenis makanannya sesuaikan dengan pedoma isi piringku, isinya nasi, lauk hewani, launk nabati, sayur jika perlu beri tambahan lemak pada sayur atau lauknya. Dan sesuaikan jumlahnya dengan porsi anak.


angka kecukupan gizi

Sebuah contoh  pengaturan porsi makan untuk anak usia 1-5 tahun sebagai berikut : tiga kali makan utama (pukul 07.00, 12.00, 19.00) dan  dua kali selingan (pukul 10.00 dan 16.00). Jenis makanan yang variatif mulai dari karbohidrat dari nasi, lauk dari hewani dan nabati, sayur. Contoh menu makan utama nasi putih, ayam goreng krispi, sayur sop. Makanan selingan bakwan sayur udang.

Jika anak hanya makan sedikit, maka siasati dengan memberikan posri sedikit tapi sering.


Kendala Saat Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak

Beberapa penyebab atau kendala anak yang tidak mau makan sebagai berikut :

  1. Tumbuh gigi
  2. Terganggu suasana sekitar
  3. Gangguan pencernaan
  4. Menu tidak cocok
  5. Tekstur makanan tidak sesuai selera anak
  6. Kondisi tubuh tidak fit
Disinilah kepekaan ibu atau pengasuh anak sedang diuji agar anak mau makan sehingga kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi.
 

Trik Memenuhi Gizi Anak 

Ada beberapa trik dan tips yang dapat dicoba untuk memenuhi gizi anak

  1. Coba gali apa penyebab si kecil tidak mau makan. Tulis di catatan kecil hal apa yg membuat anak tidak mau makan. 
  2. Catat juga berapa porsi anak dalam satu kali makan misalnya nasi 3 suap, wortel 2 suap, ayam 1 potong. (Bisa sebagai bahan food recall / menghitung asupan gizi yg masuk saat konsultasi ke ahli gizi).
  3. Ketika sudah diamati dan menemukan penyebabnya.. Misal tumbuh gigi -> beri anak teether dingin untuk meredakan gatal pada mulutnya. Tekstur makan dan menu tidak sesuai, bisa dilihat kembali di catatan ibu atau pengasuh apa yang menyebabkan suka dan tidak suka. 
  4. Jadwal makan anak yang teratur  
  5. Rutin menimbang di posyandu terdekat untuk memantau tumbuh kembang anak, manfaatkan peluang konsultasi jika ada ahli gizi saat posyandu.
  6. Jika perlu beri anak zink untuk membantu penyerapan zat gizi, yang dikonsumsi anak. 
  7. Beri anak susu formula (dalam pantauan dokter atau ahli gizi) 
  8. Berikan anak kesempatan untuk makan sendiri dan eksplorasi makananya 
  9. hindari dikstraksi lingkungan sekitar saat anak makan beri lemak tambahan pada makanan anak bisa berupa santan, margarin, susu, dll. 
  10. Berikan snack padat gizi, misal : lumpia nasi goreng ikan, bolu susu pisang keju, kolak kacang hijau. 
  11. Rutin sounding ke anak saat akan tidur siang atau malam bahwa makanan sangat penting bagi tubuhnya dan akan membuat sehat, kuat dan tidak mudah sakit.
  12. Jika anak sudha dapat merespon percakapan dua arah, ajak anak untuk membaca buku tentang makanan sebelum tidur. Ajak anak untuk diskusi tentang jenis makakanan dan fungsinya, misal wortel untuk kesehatan mata yang dapat membuat mata berbinar dan terang.
  13. Jika anak masih mengalami susah makan dan menyebabkan penyusutan berat badan, maka perlu dicek kembali kesehatannya ke fasilitas kesehatan terdekat, kemungkinan penyakit penyerta, dan lain-lain.


Dan terahir ada closing statement dari pemateri :

Tidak ada ibu yang sempurna di dunia ini, yang ada ibu yang terus belajar dan terus berusaha untuk telaten mengurus anaknya, karena ketelatenan ibu itu yang utama.

Semoga lelah ibu dalam merawat dan membersamai tumbuh kembang si kecil menjadi lillah dan mendapat balasan surgaNya, Aamiin.

Keep spirit untuk ibu-ibu kece - Marrizka 


Penutup

Bagaimana dengan Sobat Dy? Apa yang sudah Sobat Dy lakukan untuk mencukupi gizi seimbang anak sekolah? Tulis di kolom komentar, yuk.

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih