Yuk Mengulik Cara Edit Blog Menjadi Menarik

Sabtu, 23 Juli 2022

cara edit blog menjadi menarik

Sobat Dy, setelah sebelumnya saya membahas tentang mengubah blogspot menjadi com atau dengan kata lain mengubah blog gratisan menjadi blog berdomain. Kini saaatnya mempercantik tampilan rumah virtual agar enak dibaca dan betah membaca artikel-artikelnya. Yuk mengulik cara edit blog menjadi menarik.

Setiap narablog mempunyai selera masing-masing untuk mempercantik blognya agar nyaman dibaca pengunjung. Namun, perlu diingat tampilan blog sebaiknya juga user friendly agar pembaca setia blog dapat dengan mudah mengaksesnya.

Sebetulnya saya ingin menambahkan beberapa gadget lagi seperti lagu agar pembaca dapat mendengarkan lagu sembari membaca artikel sehingga lebih betah membaca artikel. Namun, sayangnya ini memperberat kinerja blog sehingga blog lama diakses. Jika seperti in pengunjung akan malas untuk datang, hiks sedih kan.

Selain kecepatan loading, tampilan blog yang lain seperti ukuran tulisan, warna dasar, warna tulisan, infografis juga perlu diperhatikan. Sayang kan jika artikel yang telah disusun dengan susah payah hanya dibaca sekilas atau ditinggalkan begitu saja. Tak lain karena pembaca tidak nyaman dengan tampilan blog.

kecepatan blog jika dibuka dari dekstop

Memilih Template Blog

Banyak pilihan template yang dapat Sobat Dy gunakan. Blogspot juga menyediakan template bawaan yang gratisan. Selain itu Sobat Dy juga bisa mengunduh template yang disediakan oleh pihak ketiga. Sobat Dy bisa memilih sesuai selera.

Saat memilih template, pilih yang SEO friendly dan user friendly. Mengapa agar blog Sobat Dy mudah dicari oleh mesin pencari dan agar pembaca yang mengunjungi blog nyaman membaca berbagai artikel yang ada di blog.

Jika Sobat Dy ingin menggunakan template selain bawaan blogspot. Sobat Dy dapat mengunduh dan membeli template dari beberapa situs berikut :

1. Blanter Theme

Tidak banyak template yang dapat diunduh gratis, sebagian besar template premium yang harus dibeli jika ingin mengunduhnya.

2. Sugeng.id

Menurut saya template yang disediakan situs ini cakep-cakep dan semuanya premium ya, jadi Sobat Dy harus membelinya terlebih dahulu jika ingin mengunduhnya.

3. Igniel.com

Saya salah paham, lo, awalnya saya kira pemilik Igniel.com itu mas ternyata mbak. Situs ini menyediakan template berbayar dan tidak berbayar. Template favorit yang banyak digunakan adalah fiksioner. Banyak narablog yang merekomendasikannya.

4. Gooyabi 

Banyak template cakep di situs ini. Selain itu banyak yang tidak berbayar, penting lo ini. Apalagi emak-emak seperti saya hehe.


Tips Cara Edit Blog Menjadi Menarik

Hal penting sebelum mengubah apapun pernak pernik blog pastikan cadangkan atau backup tema terlebih dulu. Hal ini untuk berjaga-jaga jika setelah melakukan perubahan atau saat melakukan perubahan terjadi kesalahan, Sobat Dy dapat kembali menggunakan template yang sebelumnya.

Saat mengedit template kuncinya adalah

  1. Berani, harus berani mencoba, tidak perlu takut. Jika terjadi kesalahan, Sobat Dy dapat kembali menggunakan template sebelumnya dan mencoba lagi
  2. Fokus, jangan multitasking dengan melakukan pekerjaan lainnya ya. Jika melakukan kesalahan, ulangi lagi tahapannya perlahan hingga menemukan kesalahannya. Begitu seterusnya
  3. Sabar, stok sabar yang banyak ya, kalau bisa beli sabar, boleh deh beli dulu, becanda. Jika sudah menyerah, boleh kok minta bantuan orang lain yang lebih ahli untuk mengerjakannya, tetapi tentu saja kepuasan yang diperoleh beda


Sekilas Tentang Blog Saya

Blog saya menggunakan template pihak ketiga, saat itu dibantu teman. Seiring waktu saya perbaiki dan tambahkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. Template blog saya tidak SEO friendly, tetapi saya sudah jatuh hati dengan tampilannya. Rasanya sayang jika templatenya harus diganti. Maka tugas selanjutnya adalah optimasi agar SEO friendly dan user friendly.

Beberapa waktu lalu saya memperbaiki beberapa bagian diantaranya :

Halaman tentang saya, kontak dan karya

Halaman tentang saya berisi keterangan yang menjelaskan saya sebagai pemilik dan admin blog sehingga memudahkan pembaca mengenal pemilik blog yang dikunjunginya. Halaman kontak berisi media sosial apa saja yang terhubung dengan blog. Halaman karya berisi tentang berbagai karya yang telah saya capai selama ini.

Halaman daftar isi

Halaman daftar isi ini dibuat sebagai bagian dari tugas kelas blogspedia. Tujuan dibuat daftar isi agar memudahkan pembaca untuk memilih artikel yang ingin dibacanya. 

Halaman kategori

Halaman kategori menggunakan model drop down, bawaan template, saya hanya menambahkan label tambahan saja.


Beberapa hari ini saya juga melakukan perbaikan pada blog saya, diantaranya :

Tombol back to top

Tombol ini akan memudahkan pembaca untuk kembali ke homepage, sehingga dapat memilih halaman lain yang dikunjunginya tanpa banyak melakukan scroll.

tombol back to top

Gadget profil atau about

Walaupun sudah ada halaman tentang saya dan halaman kontak, pemasangan gadget profil atau about ini bertujuan untuk lebih memudahkan pembaca untuk menghubungi  melalui email dan mengenal saya karena langsung diarahkan ke halaman tentang saya.

Oleh karena itu gadget email saya hapus karena sudah digantikan dengan gadget about ini. Semakin memudahkan pembaca kan.

gadget profil atau about

Permak tampilan

Saya sedikit mengubah tampilan warna tulisan link yang disematkan agar lebih mudah dibaca pembaca. Warna awal yang digunakan adalah baby pink. Setelah saya amati kok saya sendiri merasa sakit pada mata saat membacanya. 

Kemudian warna baby pink saya ubah ke warna ungu muda, sehingga lebih nyaman di mata. Sengaja saya memilih warna ungu, agar tidak ada perbedaan yang mencolok, karena jika warnanya terlalu mencolok akan menimbulkan ketidaknyamanan saat membaca.

warna link

Penutup

Saat ini baru itu saja yang saya permak. Itupun sudah cukup menguras energi, karena yang diubah adalah kode-kode, sehingga memerlukan kesabaran ekstra seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Sedangkan saya bukan programmer yang ahli kode.

Ternyata blog tidak hanya sekedar menulis ya. Banyak hal yang perlu dilakukan agar blog banyak dikunjungi dan lebih bermanfaat. Sabar, nikmati saja prosesnya baik itu teknik memperbaiki kualitas tulisan maupun cara edit blog menjadi menarik. Happy blogging.




4 komentar

  1. Suka banget sama
    Fontnya. Nama fontnya apa ya mbk?😍

    BalasHapus
  2. Semangat blogging mba Dy. Btw ini pake template apa mba Dy? Unik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak, templatenya dari skyandstar mbak

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih