Mengapa Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Penting?

Rabu, 29 Mei 2024

 

Pendidikan karakter anak usia dini

Hai Sobat Dy, sebelumnya kita telah membahas tentang menumbuhkan sikap empati pada anak, bukan? Empati merupakan salah satu karakter anak usia dini yang perlu dibentuk. Pendidikan karakter anak usia dini merupakan proses yang penting dalam pengembangan kepribadian anak.

Apa saja pendidikan karakter anak usia dini dan mengapa pendidikan tersebut penting dilakukan saat usia dini akan dibahas di artikel ini ya. Simak hingga akhir artikel ya!


Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Salah satu tahapan penting pendidikan karakter anak dilakukan di usia dini, karena pada usia ini perkembangan dan pertumbuhan otak anak terjadi paling pesat di antara tahapan tumbuh kembang lainnya.

Selain itu, pendidikan moral dan karakter pada tahapan ini akan menjadi landasan hidupnya di masa depan. Pada usia dini anak mulai membentuk nilai, sikap dan perilaku yang akan berpengaruh pada pembentukan karakter, kepribadian dan sikapnya di masa depan.

Sehingga perlu peran aktif kedua orang tua dan lingkungan sekitar untuk pembentukannya. Seperti peribahasa Afrika "It takes a village to raise a child" yang kurang lebih artinya "Butuh orang sekampung untuk mendidik seorang anak".

Hal tersebut wajar dan tidak berlebihan karena memang dibutuhkan kerjasama banyak pihak untuk mendidik anak. Seperti yang dibahas dalam artikel faktor apa saja berpengaruh pada pengasuhan anak. Ada peran lingkungan, tingkat pengetahuan, latar belakang keluarga dan lainnya yang berperan dalam pengasuhan

Lingkungan yang mendukung dan stimulasi yang sesuai pada usia dini dapat memberikan anak pedoman atau panduan baik secara fisik maupun psikologisnya.

Pendidikan karakter anak bukanlah hal yang instan dan mudah, tetapi membutuhkan proses dan kesabaran saat melakukannya. Tidak semua pendidikan diperoleh di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas dan kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, perlu dilakukan secara konsisten, terus menerus, kemudian perlu dilakukan juga evaluasi atas apa saja yang sudah dilakukan selama ini perkembangannya bagaimana serta sabar berproses bersama baik antara anak maupun orang tua.


Karakter Positif Yang Perlu Dibentuk Pada Anak Usia Dini 

Berikut karakter positif yang perlu dibentuk pada anak usia dini dan bagaimana cara mendidiknya:

Mencintai Tuhan dan bersyukur

Tidak mudah menjelaskan tentang Tuhan pada anak-anak, karena Tuhan tidak dapat dilihat maupun disentuh. Hal ini terkait dengan keimanan. Sobat Dy dapat menjelaskan dengan bahasa sederhana tentang Tuhan, sebagaimana yang diajarkan sesuai kepercayaan masing-masing.

Anak Berdoa


Hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengenalkan Tuhan dan mencintainya dapat dialkukan dengan mengajak anak bersyukur atas nikmat yang diberi, misalnya nikmat sehat, nikmat makanan yang disantap, dan lainnya.


Jujur 

Jujur merupakan hal mendasar yang dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan dalam sebuah hubungan, baik hubungan antara orang tua anak, hubungan dengan sesama, hubungan persahabatan, hubungan persaudaraan, hubungan bisnis, dan lainnya.

Walaupun kadang kejujuran itu menyakitkan, tetapi akan lebih baik jika dilakukan bukan? Sobat Dy, dapat mengajarkan anak  tentang kejujuran dengan memberikan contoh nyata tidak berbohong.

Misal jika Sobat Dy telah berjanji akan membelikan sesuatu saat anak pulang sekolah, tetapi lupa, sampaikan saja jika Sobat Dy lupa dan meminta maaf karena lupa dan akan menggantinya di waktu lain.


Empati

Empati merupakan sikap peduli dengan sesama. Tentunya empati berbeda dengan simpati. Pada anak usia dini, bentuk empatyi dapat dilakukan dengan membantu teman yang terjatuh, menenangkan teman lain yang menangis, memeluk ibu yang terantuk meja, dan lain sebagainya.

Sobat Dy dapat menstimulus anak untuk peduli dengan memberikan contoh bagaimana sikap peduli saat temannya jatuh atau saat temannya menangis. Simak contoh lainnya di artikel cara menumbuhkan sikap empati pada anak.


Tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan sikap yang perlu dimiliki anak, sehingga anak menyadari konsekuensi atau risiko dari apa yang telaj dilakukannya. Sehingga di masa yang akan datang anak akan mempunyai sikap mandiri dan berani menghadapi risiko atas perbuatan atau keputusan yang dilakukannya.

Sobat Dy dapat menyimak cara menumbuhkan sikap tanggung jawab pada anak pada artikel Cara Mendidik Anak Agar Disiplin Dan Tanggung Jawab Sejak DiniSikap tanggung jawab dapat dipupuk sejak dini melalui kegiatan sederhana yang dilakukan sehari-hari.


Growth mindset

Growth mindset merupakan pola pikir yang bertumbuh, artinya anak percaya bahwa kecerdasan dan bakat dapat terus berkembang dengan usaha dan dedikasi untuk belajar dan menajalani tantangan demi tantangan. Sehingga anak akan mempercayai bahwa usaha dan kerja keras tidak akan sia-sia, setidaknya ada hikmah yang dipelajari.

Dengan mendidik anak untuk memiliki sikap growth mindset, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang adaptif, gigih, berani, banyak akal, tidak minder saat menghadapi tantangan atau permasalahan hidup.  

Growth mindset


Sobat Dy dapat mendidik growth mindset dengan cara:

1. Ajak anak untuk mencoba hal baru

2. Ajak anak berdiskusi setelah melalui permasalahan atau tantangan

3. Mengoreksi kesalahan anak jika melakukan kesalahan dengan bahasa yang lembut, tetapi tegas. Sehingga anak menyadari kesalahannya dan dapat belajar dari kesalaahn yang telah dilakukannya. 

4. Hargai proses yang telah dilakukan anak saat menyelasaikan sebuah permasalahan dan tantangan. Fokus pada prosesnya, tidak hanya pada hasil yang dicapai.

5. Mengajarkan anak bahwa gagal atau salah tidak apa-apa, dengan catatan ada hikmah yang dapat dipelajari. Dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.


Penutup

Mengingat pentingnya pendidikan karakter anak usia dini penting, oleh karena itu proses pendidikannya pun tidak dapat diabaikan atau dilewati begitu saja. Dengan memberikan anak bekal pendidikan karakter, anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter dan sukses di masa depannya.

Simak juga tentang kecakapan hidup yang perlu dimiliki anak di artikel selanjutnya ya! Ceritakan pengalaman Sobat Dy tentang pendidikan karakter yang telah dilakukan selama ini di kolom komentar ya. 


Referensi

1. https://www.gramedia.com/best-seller/pendidikan-karakter-anak-usia-dini/

2. https://www.nutriclub.co.id/artikel/pola-asuh-anak/3-tahun-atas/peran-orang-tua-dalam-pembentukan-karakter-anak

19 komentar

  1. Setuju! Lima point yang disebutkan di atas adalah point penting salam pembentukan karakter positif anak. Lebih baik sejak usia sedini mungkin sudah ditanamkan pembentukan karakter positif tersebut.

    BalasHapus
  2. Karakter mendasar yang perlu dibangun pada anak-anak sejak dini ya, mbak. Jujur, amanah, adil, dan juga menanamkan nilai keimanan ya

    BalasHapus
  3. Klo saya sendiri, untuk membentuk karakter anak dengan berusaha menjadi role mode yang baik, mengajari dia rasa bersyukur, jujur, membiasakan diri mengucapkan, maaf, tolong, terimakasih. Dan tidak terlalu membiasakan Dia bermain diluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah akupun sama mbaaa. Mulai dari kita yang memberikan contoh, anak pasti akan mengikuti. Menumbuhkan empati anak juga akan meningkatkan rasa bersyukurnya ya mbak.

      Hapus
  4. Alhamdulillah aku juga sudah menerapkan pendidikan karakter seperti yang disebutkan di atas mbak Dy. Mengenalkan Tuhan juga bisa dilakukan dengan membiasakannya berdoa. Mau makan dan mau tidur biasanya anakku udah tau kalau harus berdoa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenalkan Tuhan sedari itu penting banget. Dari aku kecil udah dibiasakan berdoa, contohnya mau tidur dan mau makan. Jadi kebiasaan akhirnya, kayak yang mbak Fida sebutkan. Selain di aku, kebiasaan ini juga turut diajarkan pada adekku. Bahkan kalau dia lagi ngambek pun nggak lupa buat doa sebelum makan, haha lucu banget kalo gini.

      Hapus
  5. setuju ini mbak, pendidikan karakter memang harus diajarkan sejak dini kepada anak-anak, agar nanti karakter mereka lebih terbentuk dengan baik

    BalasHapus
  6. tapi sebenarnya sudah fitrahnya ya anak punya karakter seperti itu, tinggal orangtua yang menumbuhkan karakter baik tersebut

    BalasHapus
  7. Setuju Mbak. Memamg karakter karakter yang baik harus ditanamkan sejak dini ya Mbak. Ini agak susah tapi hehe

    BalasHapus
  8. Selain keimanan, mengajarkan nilai-nilai tersebut juga sangat penting untuk masa depan anak-anak.

    BalasHapus
  9. Menanamkan pendidikan karakter anak dari usia dini penting banget ya mbak, ini sebagai pondasi dasar kualitas karakter dari anak-anak kita kedepannya, Utamanya dengan mengenalkan dan mencintau tuhannya. Jika ini sudah berhasil, kedepan anak-anak akan melangkah selalu bersandar dengan aturan dan kecintaan pada Tuhannya.

    BalasHapus
  10. Pendidikan karakter anak usia dini memang sangat penting ya karena ini adalah pondasi awal pembentukkan perilaku anak di masa depan. Setiap orang tua hendaknya mengarahkan dan mendampingi setiap perkembangan anak dari lahir bahkan sejak di kandungan

    BalasHapus
  11. Pendidikan karakter anak di usia dini penting sekali, terutama nilai-nilai keimanan, kejujuran, dan kepedulian pada orang lain.

    BalasHapus
  12. Pendidikan karakter memang utama ya untuk anak-anak, karena ini yang membentuk anak akan jadi seperti apa nantinya. Pendidikan karakter bagian dari pembentukan adab jadi harus dilakukan sejak dini agar bisa terinternalisasi dengan baik. Tapi ya itu, effort nya emang luar biasa 😁

    BalasHapus
  13. Pendidikan karakter ini salah satu kurikulum wajib dalam keluargaku. Ah seneng banget dapet artikel yang membahas ini. Bahkan di liburan ini, penguatan pendidikan karakter akan lebih kami tingkatkan.

    BalasHapus
  14. Mendidik anak usia dini memang harus hatihati ya Mbak, karena kalau masa golden age bisa terbawa sampai dewasa

    BalasHapus
  15. Sebagai orang tua memang harus banyak belajar, tidak sedikit yg melewatkan pendidikan karakter anak ini. Kebanyakan mereka menuntutnya dari sekolah saja. Padahal peran orang tua jauh lebih besar ya, Mb Dy?

    BalasHapus
  16. dunia anak itu selalau menarik untuk di eksplore ya mbak di. Sumber belajar, oleh sebab itu tugas utama orang tua menanamkan karakter baik atau yang lebih mudah disebut budi pekerti agar kelak dewasa, membawa karakter baik yang bisa dipakai di lingkungan masyarakat

    BalasHapus
  17. Menanamkan karakter anak usia dini butuh pengulangan ya moms. Jadi harus sabar dan Istiqomah...nah ini yang kadang agak susah atau suka lupa. Bismillah ya semoga kita bisaenanamkan karakter positif pada anak

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih