Tips Jitu Menjadi Software Engineer Profesional untuk Karir Sukses

Rabu, 29 Mei 2024

Tabungan

Menurut bank Dunia, pekerja informasi dan teknologi (IT) yang dibutuhkan Indonesia pada tahun 2025-2030 sekitar sembilan juta, termasuk software engineer. Namun sayangnya hanya sekitar 16% lulusan ilmu komputer yang mampu menembus dunia kerja. Hal ini menunjukkan jika memang tidak mudah untuk menjadi seorang software engineer profesional. Selain itu pekerjaan ini memang selalu menjadi incaran karena dikenal memiliki salary yang tinggi.

Menarik bukan jadi seorang software engineer? Jika kamu tertarik maka kamu harus memahami cara menjadi seorang profesional di bidang ini, kan? Agar sukses menjadi seorang software engineer professional kamu membutuhkan beberapa tips jitu salah satunya adalah meningkatkan skill. Namun sayangnya kursus di bidang IT lumayan mahal, sehingga dibutuhkan tabungan tersendiri untuk mewujudkan keinginanmu.


Tips Jitu Menjadi Software Engineer Profesional untuk Karir Sukses 

Bagi kamu tertarik untuk menjadi software engineer dan ingin membuat berbagai aplikasi, maka kamu harus memahami cara yang tepat agar berhasil menembus dunia kerja. Informasi berikut ini adalah tips untuk menjadi software engineer profesional:

Memahami Prinsip Dasar Software Engineering

Dalam membangun sebuah software komputer tentu terdapat beberapa step yang harus dilewati, mulai perencanaan sampai pengujian program yang sudah dibuat. Nah, jika kamu memahami konsep secara mendalam tersebut maka kamu akan semakin mudah dalam mengembangkan sebuah program komputer.


Teruslan Belajar

Ada istilah, orang akan berhenti pintar jika sudah merasa pintar, maka teruslah merasa bodoh dan terus belajar. Kamu bisa mencoba memahami bahasa pemrograman baru untuk memperluas pemahaman tentang konsep-konsep dalam pemrograman. Kamu juga bisa terus coba mengulik bahasa pemrograman yang ada seperti Python, Kotlin dan Ruby.


Mengembangkan Proyek-proyek Pribadi

Untuk mengasah kemampuan tentu saja kamu harus terus mengerjakan proyek. Buatlah proyek pribadi untuk mengasah keterampilan dalam bidang software engineering. Dengan mengasah ketrampilan maka kamu akan semakin jago dan menguasai ilmu dalam bidang software engineer.


Kuasai Bahasa Inggris

Dalam bidang software engineer kemampuan bahasa Inggris mutlak dibutuhkan. Banyak referensi asli yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris sehingga kamu harus memahami bahasa Inggris dengan benar.


Bangun Jaringan yang Kuat

Ketika kamu sudah terjun di dunia profesional sebagai software engineer maka memiliki jaringan dengan sesama profesional menjadi kebutuhan. Kamu bisa membentuk jaringan yang kuat jika membuka jalur komunikasi dengan para senior. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak wawasan baru yang berguna untuk menyelesaikan sebuah masalah yang mungkin akan ditemui di masa depan.


Fokus Pada Karirmu

Untuk sukses tentu saja harus fokus, begitu juga dalam dunia software engineer kamu harus memiliki tujuan yang jelas dan fokuslah pada tujuanmu. Ambil semua peluang yang akan membuat karirmu semakin baik, termasuk peluang upgrade skill. Tidak masalah jika kamu harus menggunakan tabungan untuk mengupgrade skill, asalkan dapat meningkatkan value diri.

Software Engineering Profesional


Rekomendasi Upgrade Skill Software Engineering

Software engineer memang salah satu pekerjaan yang sangat menarik dan menjanjikan penghasilan cukup tinggi di era yang serba digital ini. Namun menjadi software engineer yang handal bukanlah hal yang mudah, kamu harus terus-menerus upgrade skill dengan ilmu pengetahuan di bidang teknologi dan informasi yang terus berkembang.

Banyak skill yang harus dikuasai jika ingin bertahan sebagai software engineer handal. Misalnya saja bahasa pemrograman, banyak opsi yang dapat dipilih ketika kamu memutuskan untuk meningkatkan skill dalam hal ini. Jika kamu ingin menjadi front-end developer maka kamu bisa memulai dengan mempelajari HTML, CSS dan JavaSCript. Itu hanya sebagian kecil dari skill yang bisa kamu kuasai, kamu bisa memilih banyak opsi sesuai dengan tujuan yang diinginkan.


Biaya Upgrade Skill Software Engineering

Semakin banyak skill yang kamu upgrade tentu saja nilai jualmu akan semakin tinggi. Namun yang perlu diingat, semakin banyak skill yang di upgrade maka kamu membutuhkan lebih banyak biaya untuk mengambil kursus atau pendidikan. Sebagai contoh di sebuah lembaga kursus untuk program software QA Engineer saja membutuhkan biaya program sekitar 11juta-20juta sampai program selesai.

Tentu saja hal itu akan sulit kamu wujudkan jika tidak menyiapkan tabungan khusus untuk upgrade skill atau investasi leher ke atas. Maka dari itu penting untuk menyiapkan simpanan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga rencana upgrade skill tidak perlu tertunda. Kamu bisa menabung di Rekening digibank untuk menyiapkan masa depanmu sebagai tenaga IT.

Bersama digibank by DBS keuanganmu akan terbantu pengelolaannya, apalagi ada Tabungan Maxi. Kamu bisa mengatur alokasi tabungan sesuai kebutuhan finansial dengan menggunakan 20 Dompet Maxi yang bisa dipersonalisasi. Kamu bisa menyiapkan dana khusus untuk upgrade skill sebagai software engineer dengan lebih cepat karena bunga tabungannya tinggi.

Selain itu juga bisa ditarik kapan pun tanpa harus mengeluarkan biaya. Bahkan cara buka tabungan pun sangat praktis! Gak ribet harus ke bank, tanpa kertas dan tak perlu antre pula.

Tertarik untuk menggunakan digibank, banyak fungsi lengkap dalam 1 aplikasi? Coba cek saja informasi lengkap tentang digibank di sini.

23 komentar

  1. Biaya programnya terbilang besar juga ya. Namun, bisa menabung sejak dini ya, terbilang bisa bareng DBS juga guna meraih cita-cita menjadi tenaga IT

    BalasHapus
  2. Menjadi software engineer profesional bukan hal yang mudah, namun dengan kerja keras, dedikasi, dan kunci utama untuk menjadi software engineer yang sukses adalah terus belajar, berkembang, dan selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  3. Bahasa inggris sepenting itu karena memang sumber pembelajaran banyak yang berbahasa inggris tidak hanya untuk sofware enginerr tapi bidang lain juga begitu

    BalasHapus
  4. Sepertinya fokus akan menjadi salah satu faktor keberhasilan. Baiknya sich kalo berkarir pilih satu bidang sich dan ditekuni benar-benar.

    BalasHapus
  5. Kalau mau jadi software engineer pro harus mau belajar terus ya karena dunia IT juga terus berkembang. Jangan stuck di situ aja

    BalasHapus
  6. Skill Software Engineering memang harus selalu kita upgrade. Karena teknologi akan terus berkembang. Jadi, benar pendapat kakak. Kita bisa selalu merasa bodoh untuk mau terus belajar.

    BalasHapus
  7. Bener sih kak, kalo ngga diiringi dengan memperluas relasi dan juga skill komunikasi juga jadi ngga bisa mengkomunikasikan karyanya dgn baik kan yaaa? Life skill tuh skrg wkwk

    BalasHapus
  8. Sebenarnya peluang menjadi software engineer tetap terbuka lebar ya. Bahkan dibutuhkan jutaan orang. Jadi memang kuncinya harus mempersiap diri sebaik mungkin, karena faktanya, banyak lulusan yang belum memenuhi kriteria. Namun tetap semangat,karena skill tetap bisa terus ditingkatkan dengan ikut berbagai pelatihan pendukung.

    BalasHapus
  9. Biaya upgrade skillnya itu lumayan pale banget ya mbak. Semoga ke depan pendidikan di Indonesia makin mudah, murah, dan terjangkau untuk semua rakyat.

    Selain itu yang terpenting pendidikan berkualitas

    BalasHapus
  10. Wah mahal juga ya kursus engineering ini mbaa biayanya. Nggak heran salary besar, modalnya juga besar, hehe. Tapi, jika serius pengen karir di bidang ini sih mudah aja yaa digibank by DBS bisa bantu keuangan bagi yang mau kursus di bidang engineering.

    BalasHapus
  11. Bekerja sebagai tenaga IT memang penghasilannya besar ya. Sebanding dengan biaya sekolah dan pengorbanan mendapatkan ilmunya
    Beruntung sekarang sudah banyak fasilitas yg membantu mempermudah mendapatkan kemampuan dalam bidang IT. Seperti kemudahan dari pihak perbankan ini salah satunya

    BalasHapus
  12. Jadi software engineer minimal harus tahu bahasa Inggris dasar lah ya, sambil jalan juga pasti sambil belajar. Tapi cukup mengejutkan juga ya biaya program software QA Engineer ini. Untungnya ada Tabungan Maxi dari digibank by DBS, jadi ngebantu banget buat upgrade skill.

    BalasHapus
  13. Aku pertama kali tau ada profesi software engineer dari drakor "Start Up". Sepanjang episode terkagum-kagum mulu sama Nam Do San. Keren banget euy! Dan ternyata untuk bisa jadi software engineer usaha yang dibutuhkan lumayan ya.

    BalasHapus
  14. Aku sejak kuliah tuh udh beli buku JSS, MySQL dan sebagainya ini. Tp kok pusing ya baca bukunya sendiri. Ya mgkn aku blm kulik smua sendiri sih. Plus ga ada mentornya. Pdhl skill sofware engineer ini sgt penting loh. Banyak perusahaan yg merekrut dgn skill ini.

    BalasHapus
  15. Menjadi software engineer memang bykanlah hal mudah karena ada banyak hal yang harus dipahami. Salah satunya adalah pada bahasa. sebaiknya menguasai bahasa Inggris, karena bahasa inggris banyak digunakan sebagai panduan pada software.

    BalasHapus
  16. Baru-baru aja kepikir, kalau waktu berulang, maulah aku belajar IT atau ilmu komputer. Kayaknya sekarang laku banget. Nah, itu kalau jadi software engineer, buat bikin program aja perlu dana puluhan juta kan...Asik ga siiih...

    BalasHapus
  17. Menjadi software engineer adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan ya teh
    Makanya harus dipersiapkan dengan baik

    BalasHapus
  18. Yup, kita harus sedini mungkin membiasakan untuk menabung agar sewaktu2 dibutuhkan, dana yang kita perlukan sudah tersedia. Salah satunya untuk upgrade skill seperti ini. Untuk jadi software engineering butuh ilmu yang lumayan menguras kantong kan, nah klo udah punya tabungan, misal lewat DBS gini, amaaann...

    BalasHapus
  19. Wah kursus untuk program software QA Engineer cukup besar ya biayanya. Tapi sepertinya sebanding dengan apa yang didapat Dulu suami pernah juga jadi instruktur tenaga IT. Di era serba digital seperti sekarang, tenaga IT memang banyak dibutuhkan.

    BalasHapus
  20. Saya dulu nyaris jadi software engineer. Tetapi rupanya jalan hidup saya tidak disitu, belok ke jalur lain sampai sekarang. Btw dunia IT memang ilmunya mahal, tapi penghasilannya juga tak kalah gede.

    BalasHapus
  21. Memang yang namanya tenaga ahli ini selain unik, tentu jumlahnya semakin sedikit daripada yang skills pada umumnya. Sehingga investasi terus belajar dan mencoba sesuatu yang baru ini menjadi penting dan utama.

    BalasHapus
  22. Kebutuhan akan software engineer memang semakin tinggi ya kak. Terlebih dengan perkembangan yang begitu pesat seperti saat ini. Kalau mau menekuni bidang ini, penting banget untuk memulainya sejak dini.

    BalasHapus
  23. Software engineering emang banyak dicari di jaman teknologi yang semakin canggih ini. Kedepannya bakal lahir software engineer muda yang lebih mumpuni dari jaman sekarang.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih