Tips Memperbaiki Kebocoran Kamar Mandi Tamu di Lantai 2

Jumat, 03 Mei 2024


Tips Memperbaiki Kebocoran Kamar Mandi Tamu di Lantai 2
sumber foto:https://unsplash.com/photos/white-ceramic-sink-near-white-ceramic-sink-g51F6-WYzyU

Banyak rumah membuat kamar tamu di lantai dua sebagai tempat istirahat pada teman atau sanak saudara yang menginap. Kamar mandi pun kerap dibangun di dalamnya untuk meningkatkan kenyamanan.

Sayangnya, berbagai masalah kerap muncul pada kamar mandi tamu ini. Misalnya adalah kebocoran. Jika Anda mengalaminya, simak tips untuk memperbaiki kebocoran kamar mandi tamu di lantai dua berikut ini.

Tips Mengatasi Kebocoran Kamar Mandi Tamu


Ada berbagai cara untuk memperbaiki kebocoran yang dialami oleh kamar mandi tamu. Berikut di antaranya:

Membongkar Keramik Kamar Mandi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membongkar keramik kamar mandi pada kamar tamu terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan bahwa apakah Anda ingin menggunakan keramik tersebut atau tidak. Jika tidak, maka Anda bisa lebih bebas membongkarnya. Namun jika iya, berhati-hatilah.


Memastikan Lantai Kamar Mandi Bersih

Setelah keramik telah dibongkar, Anda bisa membersihkan area beton bekas keramik tersebut. Pastikan bahwa area tersebut benar-benar bersih untuk memastikan bahwa permukaan beton sudah steril. Hal ini akan membantu Anda saat ingin mengaplikasikan semen.


Melakukan Grouting pada Lantai

Pastikan apakah struktur beton bekas keramik tadi tidak mengalami keretakan. Bila ada, bisa jadi inilah yang membuat kamar mandi menjadi bocor. Maka dari itu, tambal kebocoran tersebut dengan grouting.

Namun, bila tak ada keretakan yang terjadi pada beton tersebut, maka tips selanjutnya bisa langsung dilakukan.


Mengaplikasikan Waterproofing

Sebelum memasang keramik kembali, aplikasikan waterproofing semen terlebih dahulu. Sesuai namanya, fungsi dari semen ini adalah membuat nat pada keramik lebih siap saat terkena air sehingga tak terjadi kebocoran.

Pastikan bahwa semen yang Anda gunakan adalah terbaik di kelasnya. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir dengan kebocoran di masa depan. Salah satu semen yang bisa digunakan adalah SikaTop®-107 Seal ID waterproofing slurry.

Semen ini memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya adalah cukup fleksibel, campuran telah tertakar, tak beracun, mudah digunakan dan dicampur, tidak korosif maupun mudah terbakar, konsistensi dapat disesuaikan jika diaplikasikan dengan trowel atau kuas, kedap air, daya rekat yang sangat baik pada substrat keras, tidak retak atau susut selama digunakan sesuai petunjuk, dan tahan akan pengikisan.

Menariknya, Sika adalah pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Tak hanya itu saja, Sika juga telah mempunyai pengalaman selama 113 tahun untuk mengatasi berbagai proyek global. Salah satunya yakni proyek MRT di Indonesia. Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir akan kualitasnya.


Memperbaiki Kerusakan Nat Keramik

Hal lain yang perlu Anda pastikan saat memperbaiki kamar mandi pada kamar tamu di lantai dua adalah nat keramiknya. Kerusakan pada nat keramik dapat membuat kamar mandi bocor. Kebocoran inilah yang bisa berdampak pada kerusakan plafon akibat air yang menetes.

Jika hal tersebut terjadi, maka pastikan agar nat keramik juga diperbaiki agar tidak ada rembesan lagi. Caranya dengan memberikan semen yang tahan air.


Membetulkan Instalasi Listrik

Bila kamar mandi bocor, maka Anda perlu mengecek kondisi instalasi listrik. Hal ini disebabkan kebocoran pada kamar mandi tersebut dapat merusak berbagai komponen listrik. Jika dibiarkan, maka korsleting bisa terjadi.

Maka dari itu, perbaikilah bila ada komponen yang rusak. Setelah itu, lindungi komponen tersebut dengan bahan kedap air agar tidak terjadi kerusakan jika suatu hari ada kebocoran lagi.


Cara Mencegah Kebocoran Kamar Mandi


Waterproofing semen, jenis waterproofing semen
sumber foto: https://unsplash.com/photos/white-ceramic-sink-near-white-ceramic-sink-P_0tnQ8hb70

Agar tidak terjadi kebocoran lagi pada kamar mandi tamu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut di antaranya.


Menggunakan Konstruksi yang Kedap Air

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan konstruksi bangunan kamar mandi agar kedap air. Konstruksi yang perlu diperhatikan antara lain dinding, pondasi, bak mandi dan lantai.

Cara memastikannya adalah dengan memperhatikan campuran semen dan pasir dari konstruksi tersebut. Usahakan untuk mencampur semen serta pasir dengan rasio 1 : 3-5 agar konstruksi tetap kuat.


Gunakan Pelapis

Pastikan untuk selalu menggunakan konstruksi yang kedap air terutama pada area yang rawan bocor. Misalnya pada kloset, wastafel, pancuran, hingga bath tub.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan jenis waterproofing semen pada lantai. Pastikan kualitas semen tersebut agar tak terjadi kebocoran lagi nantinya. Salah satu semen berkualitas yang bisa Anda gunakan adalah SikaTop®-107 Seal ID.


Memastikan Pengecoran Beton Sudah Tepat

Hal lain yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kebocoran adalah memastikan bahwa beton sudah dicor dengan tepat. Jadi, perhatikan keseragaman kekentalan adukan. Usahakan juga untuk mengecor sekali jadi serta tak terlalu cepat kering.


Gunakan Material Tahan Korosi

Korosi atau pengkaratan adalah salah satu penyebab terjadinya kebocoran. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan peralatan yang tahan korosi. Misalnya adalah menggunakan perlengkapan kamar mandi seperti shower yang anti karat. Selain itu, Anda juga bisa memakai pipa berkualitas yang bisa menahan tekanan air.


Menguji Kebocoran

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah adalah menguji kebocoran itu sendiri. Cobalah menggenangi area kamar mandi hingga air mencapai ketinggian lima sentimeter. Lalu diamkan selama dua hingga tiga hari. Jika terjadi kebocoran, maka cari kebocoran tersebut dan segera perbaiki.


Kesimpulan

Berbagai tips di atas bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebocoran kamar mandi pada kamar tamu dengan efektif. Selain itu, tips pencegahan yang sudah dipaparkan pun sebaiknya Anda terapkan supaya bisa meminimalisir risiko kebocoran pada masa mendatang.

Dengan menerapkan berbagai tips di atas, Anda tak perlu khawatir lagi akan kebocoran yang bisa terjadi. Selain itu, tamu juga bisa menggunakan kamar mandi tersebut dengan lebih nyaman selama menginap di rumah Anda.

Jangan lupa untuk selalu gunakan semen SikaTop®-107 Seal ID saat menerapkan berbagai tips di atas agar kebocoran tak terjadi lagi. Informasi lebih detail tentang produk Sika, klik di sini!

19 komentar

  1. Memang urusan maintenance rumah tuh rentan bikin puyeeengg
    Hamdalah ada yg bisa diandalkan ya mba.
    Semoga jd ngga ribet lagi

    BalasHapus
  2. tipsnya useful banget mba terutama bagi yang punya rumah dua tingkat dan mengalami kebocoran di lantai atas jadi tahu apa yang harus dilakukan dan hasilnya tetap aman

    BalasHapus
  3. Ketahanan bangunan apalagi dalam hal pengecoran memang banyak tergantung kepada kualitas semen yang dipakai.
    Perlu pakai semen terbaik untuk pengecoran lantai atas hunian secaravitu kan untuk seumur hidup. Biar gak dapat masalah seperti kebocoran gitu saya setuju sebaiknya terapkan tips tips seperti dalam artikel ini

    BalasHapus
  4. Kamar mandi dilantai 2 memang rentan menimbulkan masalah lanjutan jika kontruksinya ngak bagus, makasih mba tipsnya jadi tahu step-step apa saja yang harus dilakukan agar masalah kebocoran kamar mandi yang letaknya di lantai 2 tidak terjadi lagi.

    BalasHapus
  5. kalau bikin kamar mandi di lantai 2 kadang memang riskan bocor ya kamar mandinya. kalau nggak diperbaiki kasihan kamar mandi atau kamar di bawahnya

    BalasHapus
  6. Wah terima kasih mbak tipsnya, aku juga suka bingung kalau sudah ada kebocoran di kamar mandi. Boleh nih nanti aku mau kasih info ke pak suami juga, biar bisa di cek sama dia hehe

    BalasHapus
  7. Terimakasih tipsnya mba....kamar mandi di lantai dua kalau bocor itu duh masalah banget, susah benerinnya untung baca artikel ini

    BalasHapus
  8. noted banget mbaa
    adek iparku jg ada problem serupa.

    bisa kuarahkan nih buat baca blog kamu

    BalasHapus
  9. Meskipun saya tidak ada rencana memiliki rumah tingkat, tapi ini pengetahuan yang bagus untuk saya, mbak. karena saya sering membayangkan ketika kerumahsaudara yang rmahnya tingkat,bagaimana jika kamar manndi mereka bocor tiba-tiba.

    BalasHapus
  10. Kamar mandi dirumahku lantai 1 semua, mbak. Baca artikel mbak dy jadi kepikiran bangun kamar mandi di lantai atas, dengan pertimbangan dan tips dr artikel mbak dy deh

    BalasHapus
  11. Rekomendasi bagus sekali nih..di rumah mertua sering banget bocor kamar mandi

    BalasHapus
  12. selama ini, kamar mandi rumah masih aman sih, bocor malah ruang lain, tapi jadi nambah pengetahuan rekomendasi semen anti bocor.

    BalasHapus
  13. Memang butuh banget perawatan kalau rumah uda mulai ada tanda-tanda yang bikin gak nyaman seperti kebocoran pada kamar mandi di lantai atas. Dan alhamdulillah, solusinya ada semen SikaTop®-107 Seal ID. Selain memudahkan, pekerjaan pun cepat selesai.

    BalasHapus
  14. Duh, yang namanya perbaikan kamar mandi itu luar biasa sih hecticnya, apalagi kalau ada di lantai atas.
    Karenanya emang sejak pembuatannya, wajib banget diperhatikan.
    Dikasih waterproofing yang bagus , nat nya juga harus bagus
    Dan pemakaian Sikatop ini terkenal banget bikin anti bocor

    BalasHapus
  15. Perlu dicoba nih semen Sika top @107 untuk mengatasi Nat keramik dan juga yg rembes dan bocor di rumahku Mba Dyah. TFS.

    BalasHapus
  16. Tricky emang kalau ada kamar mandi di lantai 2, eh tiba-tiba di ilantai bawah ada jejak air di langit-langit. Benar-benar harus dipastiin supaya ga ada bocor dari kamar mandi

    BalasHapus
  17. Perawatan rumah tuh lebih rumit daripada membuatnya ya. Apalagi kalau detil begini duh angkat tangan saya

    BalasHapus
  18. urusan perbaikan rumah emang kudu diserahkan pada ahlinya, untunglah ada produk Sika yang bisa diandalkan untuk rumah makin kokoh :)

    BalasHapus
  19. Sementara Sika memang bisa diandalkan untuk urusan bangunan. Btw trimksh tips-nya mbak, bermanfaat tentunya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih