Apa Saja Kegiatan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang?

Senin, 13 Mei 2024

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang

Saat ini bekerja tidak hanya dilakukan di luar rumah, lo. Namun, dapat juga dilakukan dari rumah. Salah satunya adalah ibu rumah tangga. Mungkin ada yang bertanya apa iya ada kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang?

Lo, tentu saja ada, bahkan jika dilakukan dengan manajemen yang baik, penghasilannya tidak kalah lo jika dibandingkan penghasilan pekerja kantoran. Bahkan mungkin bisa merekrut karyawan dan berkembang menjadi bisnis keluarga.

Ada banyak pilihan pekerjaan yang dapat dilakukan ibu tanpa meninggalkan rumahnya. Tentu saja tidak mudah melakukannya karena ibu harus mempunyai manajemen waktu dan emosi yang baik. Ruang kerja dan rumah yang menyatu merupakan tantangan besar untuk melakukannya

Apakah Sobat Dy penasaran apa saja kegiatan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang? Yuk, simak artikel ini hingga akhir ya.


Kegiatan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang

Beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, tetapi dengan modal yang tidak besar bahkan ada yang tidak menggunakan modal dalam bentuk rupiah.

Berikut beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga untuk mendapatkan cuan yang dirangkum dari beberapa sumber:

Berjualan makanan beku atau frozen food

Saat ini frozen food mudah ditemukan dimana-mana, baik di pasar tradisional, toko kelontong, mini market, super market. Ada juga yang dijual di rumah. 

Pilihan frozen food pun semakin variatif mulai dari bahan baku, bentuk, rasa hingga peruntukannya. Pilihan lauk yang ditawarkan crab stick, nugget, sosis ayam atau sapi, olahan ikan. Pilihan snack ada kebab, wafel, donat, kebab, dimsum, singkong, dadar jagung. Pilihan sayur wortel, polong, jagung pipilan.

Selain itu penyajian frozen food cepat, tinggal dicairkan di suhu kamar sebelum digoreng atau dikukus atau dioven atau dipanggang atau direbus. Pilihan yang tepat jika waktu terbatas untuk menyiapkan hidangan untuk keluarga, baik sarapan, snack maupun bekal ke sekolah maupun ke kantor.

Jika melihat keadaan tersebut maka peluang untuk berbisnis frozen food cukup besar. Modal yang perlu disiapkan adalah frezer untuk menyimpan frozen food

Peluang kerja sama dengan pabrik penghasil frozen food juga dapat dilakukan. Selain itu, frozen food juga dapat dibuat sendiri seperti yang dilakukan sahabat saya yang bekerja sama dengan saudara dan temannya untuk membuat frozen food dan kemudian memasarkannya bersama-sama.

Frozen Food


Katering rumahan 

Ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian memasak dapat mencoba bisnis katering rumahan. Hal ini pernah dilakukan oleh ibu saya dan adik ipar saya, lo. Masakan mereka berdua mantap dan banyak yang menyukainya, sehingga mengambil kesempatan untuk menerima pesanan makanan. 

Mulai dari nasi box, tumpeng bahkan pernah melayani katering untuk anak kos yang kos di rumah. Teman saya juga ada yang menerima pesanan bento, bahan yang digunakan sebagian merupakan frozen food yang dijualnya di rumah seperti chicken katsu, chicken roll, shrimp dan chicken teriyaki.

Pasar lain yang dapat diambil adalah rumah tangga dimana tidak ada yang memasak atau tidak sempat memasak. Tetangga yang sedang memiliki hajat. Pilihan untuk membuka warung makan pun dapat dilakukan. 


Kue kiloan hingga pesanan kue atau snack box

Usaha ini hampir mirip dengan usaha katering rumahan. Ibu dapat mencoba membeli snack dalam jumlah besar kemudian dikemas sendiri dengan kemasan lebih kecil. 

Pilihan lainnya adalah membuat snack sendiri kemudian dikemas. Peluang lainnya adalah menerima pesanan snack box baik untuk acara di sekolah, masjid, kantor atau lembaga lainnya. Tidak hanya snack, kue tradisional hingga desert pun dapat dicoba sebagai alternatif peluang menjemput rezeki.


Laundry kiloan

Usaha sampingan lainnya yang dapat dilakukan adalah laundry kiloan. Walaupun saat ini laundry self service sudah mulai bermunculan. Laundry kiloan masih mempunyai peluang yang besar karena saat ini lahan rumah yang sempit sehingga mengalami kesulitan untuk mencuci dan menjemur pakaian.

Selain itu waktu yang terbatas sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian bahkan menyetrika pakaian. Hal ini membuat munculnya usaha laundry kiloan baru di area sekitar tempat tinggal saya. Layanan yang diberikan pun bervariasi. 


Penjahit

Usaha menjahit pakaian merupakan peluang usaha bagi Sobat Dy yang mempunyai keahlian menjahit. Walaupun saat ini untuk mendapatkan pakaian tidak perlu merogoh kantong cukup dalam, tetapi usaha menjahit ini tetap ramai dikunjungi pelanggan.

Ada yang ingin menjahit dengan model pilihan. Ada pula yang merombak pakaian model lama sehingga nantinya menjadi pakaian model baru. Ada pula yang membuat seragam untuk acara tertentu, misalnya seragam kerja, seragam pakaian untuk acara pernikahan.

Usaha menjahit dapat dimulai dengan modal kecil, apalagi jika Sobat Dy sudah mempunyai mesin jahit. Selain itu, tidak wajib mempunyai mesin obras, karena bisa dilakukan di toko kain.

Jika Sobat Dy menyukai desain dan mampu mendesain, dapat juga membuat desain pakaian kemudian membuat pola dan mengukur dimensinya.


Jasa penulis lepas, bloger hingga editing tulisan atau naskah

Saat ini beberapa pekerjaan tidak harus dilakukan di kantor, tetapi dapat dikerjakan dimana saja. Termasuk menjadi editor. Hal ini memungkinkan ibu rumah tangga juga mendapatkan penghasilan dengan bekerja menjadi editor dari rumah.

Selain itu, media juga memberikan peluang bagi penulis untuk mendapatkan cuan dengan mengirimkan naskahnya. Jika naskahnya lolos seleksi maka pemilik naskah akan mendapatkan pundi rupiah.

Beberapa media yang menerima naskah diantaranya harian Solopos, harian Merapi. Kompas, Harakatuna dan masihh banyak lahgi  lainnya.

Jasa penulis lepas, bloger hingga editing tulisan atau naskah


Membuat produk handmade

Peluang lain yang dapat dipilih karena belum banyak pesaingnya adalah membuat kerajinan tangan atau produk handmade, sepertitas tas rajutan, kristik, bros dan lainnya. Produk kerjainan tangan termasuk produk yang eksklusif karena langsung dibuat dan tidak sama hasilnya antara satu dengan yang lainnya.


Reseller atau dropsipper

Untuk memulai usaha sebagai reseller atau dropsipper tidak memerlukan modal yang besar. Cukup menggunakan kuota untuk memulainya jika bisnis dilakukan secara online. Bisa juga dengan membeli produk kemudian memasarkannya.

Umumnya media promosi sudah disiapkan oleh produsen barang, sehingga reseller atau dropshipper dapat langsung menggunakan media promosi tersebut untuk memasarkan produk.


Tantangan Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja Dari Rumah

Pekerjaan rumah tangga cukup banyak menyita waktu dan tenaga sehingga hal ini menjadi tantangan yang perlu dikendalikan agar ibu rumah tangga dapat bekerja dengan optimal. Berikut beberapa tantangan ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah:

Distraksi

Bekerja di rumah dengan anggota keluarga, terutama jika anak-anak masih kecil bukanlah hal yang mudah. Anak-anak belum memahami bahwa ibunya sedang bekerja. Mereka akan menganggap ibu hadir untuk menemani anak-anak beraktivitas.


Jenuh

Pekerja yang bekerja dari rumah mudah mengalami kejenuhan karena pekerjaan yang dihadapi sepertinya terus menerus ada. Tidak ada jam istirahat untuk menghilangkan kejenuhan.


Kesulitan mengatur waktu

Jika ibu rumah tangga tidak dapat mengatur waktu maka akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan dan akhirnya menumpuk. Setidaknya dengan membuat daftar aktivitas yang dapat dilakukan dapat membuat Sobat Dy mengatur waktu


Lebih sering menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah salah satu godaan yang sulit dikendalikan. Apalagi jika tidak ada daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Hal ini dikarenakan kondisi rumah yang nyaman sehingga memudahkan seseorang untuk menunda pekerjaan.


Penutup

Ibu rumah tangga yang ingin mengoptimalkan mengisi waktu luangnya atau ingin menambah pundi rupiah dapat memilih untuk melakukan pilihan pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah. Ikuti juga tips bagaimana memulai bisnis online bagi pemula.

Sobat Dy ingin mencoba pekerjaan yang telah dibahas di artikel ini? Atau Sobat Dy sudah berpengalamain melakukan kegiatan rumah tangga yang menghasilkan uang. Cerita yuk di kolom komentar..

27 komentar

  1. Kalau pendapat aku sih, misalnya ibu rumah tangga berkegiatan yg menghasilkan uang, sebaiknya engga si Ibu sendirian loh. Anggota keluarga juga turut serta. Jadi beban ibu lebih ringan deh...Jadi kerjaan engga numpuk juga...

    BalasHapus
  2. Salah satu tantangan untuk menghasilkan uang dari rumah memang harus konsisten, soalnya kalau enggak, jenuh bakal melanda. Saat ini blogging dan jualan kecil-kecilan bisa jadi pilihan.

    BalasHapus
  3. Nah, iya betul. Kalo masih kecil, agak susah ninggalin anaknya buat usaha. Apalagi kalo nggak ada siapa-siapa di rumah. Repot juga.

    BalasHapus
  4. Pernah jadi reseller dan penulis lepas. Memang kerja dari rumah itu tantangan ya. Senang karena bisa menghasilkan uang. Namun kudu pandai atur waktu agar memenuhi deadline.

    BalasHapus
  5. Zaman now semakin dimudahkan bagi ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan. Apalagi didukung es internet yang bisa jualan online atau menawarkan jasa lewat online. Jadi sesuaikan dengan pasion saja. Dan harus segera memulai.

    BalasHapus
  6. Betuuul! Asalkan mau, banyak kok yang bisa dilakukan IRT supaya bisa menghasilkan uang dari rumah. Aku IRT merangkap kepala keluarga dan lebih banyak kerja dari rumah sih.

    BalasHapus
  7. Sebenarnya banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk tetap menghasilkan uang di rumah ya mbak. Bisa dipilih sesuai minat saja ya

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya profesi yang bisa disambi.. Seneng deh kalau melihat IRT yang menambah skill yang ia punya :)

    BalasHapus
  9. yang pernah kucoba jadi reseller sama blogger. soalnya cuma itu yang bisa. kalau yang harus membuat sesuatu, aku tak bisa, hahahah

    BalasHapus
  10. Tetangga daku, seorang ibu concern dia membuat catering rumahan. Laris manis kuliner yang dia buat. Cuma adakalanya juga daku kepagian pas mau beli nasi uduk padanya, alias belum matang hehe

    BalasHapus
  11. Sekarang saya masih jadi ibu yang bekerja di luar rumah. Suatu hari nanti akan fokus bekerja dari rumah. Insyaallah meskipun kembali jadi ibu rumah tangga tetapi tetap bisa dapat penghasilan.

    BalasHapus
  12. Saya masuk dari semua point di artikel ini. Hanya yg jadi kendala saya justru ada di mood keluarga khususnya suami yg suka tiba² dan sedihnya kalau sedang ada acara atau kerjaan, oas mood suami tak baik, udah deh semua terbengkalai dengan alasan klise, tidak ada izin....

    BalasHapus
  13. Ibu rumah tangga jaman sekarang mah udah canggih². Pada super seterong kalo cari cuan, xixixi..

    BalasHapus
  14. Beberapa kegiatan usaha di atas sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Jadi bisa tetap nyari cuan tambahan meski di rumah. Hehehe

    BalasHapus
  15. Waah bnyk jenis kerjaan yg bs menghasilkan cuan utk ibu rumah tangga meski dari rumah aja tuh. Kita bakal enak bgt ngaturnya. Ga usah jauh2 menjajakan. Apalagi skrg dibantu sosial media. Bs menjangkau pesanan dr berbagai lokasi nih.

    BalasHapus
  16. Sebenarnya banyak yang bisa kita kerjaan sebagai ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan. Klo aku sendiri lebih suka ngerjain kerajinan tangan, disamping hobi juga bisa dapatin cuan.

    BalasHapus
  17. sekarang ini yang dibutuhkan adalah kreatifitas ya mba, apapun bisa jadi lahan bisnis yang potensial selama kita bisa kreatif dan pandai dalam memanfaatkan peluang

    BalasHapus
  18. Distraksi sepanjang mencoba mengejar penghasilan dari rumah lewat berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga tuh, butuh perjuangan ekstra untuk diatasi sih ya. Paling berasa kalau anak-anak masih kecil, kegiatan mereka banyak yang harus ditemani, termasuk belum sepenuhnya memahami kalau ibunya sedang berjuang cari dana jajan tambahan.

    BalasHapus
  19. Banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah tanpa modal besar, seperti berjualan frozen food atau membuka usaha katering rumahan. Selain itu, ada juga ide menarik seperti membuat kue kiloan atau menjahit. Tapi memang, tantangannya juga ada, terutama dalam mengatur waktu dan menghindari distraksi. Bagi saya yang suka mengolah makanan, mungkin ide katering rumahan bisa dicoba nih. Pastinya, memulai bisnis dari rumah bisa jadi pilihan cerdas untuk menambah penghasilan keluarga!

    BalasHapus
  20. Menurutku, kegiatan ibu rumah tangga yang fleksibel namun hasilnya bisa dirasakan adalah memasak yaa.. Mau masakan rumahan untuk catering harian atau pesanan online, atau baking kue. Ini rasanya pesanan selalu ada setiap hari yaa.. Jadi modalnya muter.

    BalasHapus
  21. tantangan banget memang 4 hal itu ya mba dy..apalagi kalau anak-anak juga minta perhatian dan dalam waktu bersamaan harus menyelesaikan urusan job..whuaaa

    BalasHapus
  22. frozen food tuh menjanjikan banget ya. jadi kepikiran nanti di rumah pengen jualan frozen food

    BalasHapus
  23. Banyak sekali peluang penghasilan sekarang, jadi ibu rumah tangga yang tetap menjalankan kewajiban bagi suami dan anak-anak dengan bekerja dari rumah.

    BalasHapus
  24. Asal ada kemauan dan ikhtiar maksimal, pasti ada jalan untuk menghasilkan cuan, ya, sekalipun hanya di rumah saja sebagai ibu rumah tangga

    BalasHapus
  25. Banyak ya kegiatan yang bisa dilakukan dari rumah dan dapat menghasilkan uang. Cocok untuk ibu rumah tangga nih. Lumayan nambah cuaaan..

    BalasHapus
  26. Banyak ya kegiatan yang bisa menghasilkan uang untum ibu rumah tangga. Jadi, gak perlu khawatir nih buat ibu-ibu, karena tetap di rumah, tapi bisa ngasilin uang.

    BalasHapus
  27. Sebenarnya banyak yang bisa kita kerjaan sebagai ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan. Selain beberapa aktivitas di atas, ngeblog juga termasuk menghasilkan cuan, lho.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih