Kelas Parenting, Perlukah Orangtua Mengikutinya?

Jumat, 10 Mei 2024

Kelas Parenting

Pernahkah Sobat Dy bertanya pada diri sendiri, apakah diri ini sudah menjadi orangtua yang baik untuk anak-anak kita? Apakah ada sekolah atau kelas parenting yang mengajarkan bagaimana menjadi orangtua?

Beberapa tahun terakhir mulai marak kelas parenting baik yang dilakukan secara online maupun offline yang diselenggarakan oleh komunitas perempuan atau komunitas parenting. Selain itu sekolah pun turut mengadakan sesi parenting dalam agenda tahunan yang diadakan setiap pergantian tahun ajaran baru.

Seberapa pentingkah sekolah parenting untuk orang tua? Perlukah orangtua mengikuti kelas tersebut? Daripada bertanya-tanya, yuk kita cari tahu bersama di artikel ini tentang apa itu parenting hingga manfaat mengikuti kelas parenting.


Parenting 

Salah satu hal yang diinginkan dalam sebuah pernikahan adalah hadirnya buah hati yang nantinya akan menjadi penerus generasi, bukan. Namun, ternyata seiring waktu proses menjadi orangtua tidak semudah yang dibayangkan.

Setiap pasangan mempunyai cara dan metodenya masing-masing untuk membesarkan dan mendidik anaknya. Pola pengasuhan orangtua nantinya akan berdampak pada perkembangan fisik, psikis dan otak anak.

Parenting merupakan pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap anak-anaknya. Hal ini terkait dengan perilaku dan sikap orangtua dalam proses membesarkan anak.

Beberapa penelitian terkait pola pengasuhan pun dilakukan sehingga muncullah beberapa teori parenting yang telah dilakukan orang tua. Walaupun tidak ada formula atau rumus pola pengasuhan yang pasti untuk setiap anak. Setidaknya dengan mempelajari teori panting yang ada dan menerapkannya sesuai dengan budaya keluarga, orangtua akan menemukan pola pengasuhan yang sesuai dengan karakter anak.

Pola asuh orangtua

Kelas Parenting

Sebuah pepatah dari Ali bin Abi Thalib yang menyampaikan bahwa "Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya karena dia hidup di zamannya, bukan di zamanmu". Sehingga pola asuh orangtua dalam membesarkan kita tentunya tidak dapat diterapkan saat kita mengasuh anak-anak kita.

Selain itu, membesarkan anak tidak hanya memenuhi kebutuhan fisiknya, tetapi juga kebutuhan psikologisnya. Pola pengasuhan yang dilakukan orangtua akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan ananda nantinya. 

Oleh karena itu, orangtua pun berusaha memberikan pengasuhan yang baik, salah satunya dengan mengikuti kelas parenting. Kelas parenting ini bermanfaat bagi orangtua untuk mempelajari cara mendampingi dan membesarkan anak dengan cara yang efektif. Selain itu untuk mengetahui tentang tips-tips parenting.


Manfaat Mengikuti Kelas Parenting

Sobat Dy dapat mempelajari beberapa pola pengasuhan yang baik untuk anak secara mandiri melalui artikel tentang pengasuhan yang saat ini banyak beredar di media maupun komunitas parenting. 

Selain itu, juga dapat mempelajarinya dari buku parenting yang ditulis oleh para ahli yang telah berkecimpung dalam dunia pengasuhan maupun peneliti yang telah meneliti berbagai metode atau kasus terkait pengasuhan.

Hadirnya kelas parenting juga dapat menjadi media belajar orangtua untuk mendapatkan ilmu tentang pengasuhan yang baik untuk anak-anak. Beberapa manfaat mengikuti kelas parenting yang dapat diperoleh orang tua, yaitu:

Mengelola emosi dan stres

Mengasuh anak tentunya bukanlah hal yang mudah, kadang dalam prosesnya orangtua juga mengalami stres dan mengalami emosi yang negatif. 

Dengan mengikuti kelas parenting orangtua lebih mudah mengelola emosi karena ada tips terkait pengelolaan emosi. Tingkat depresi, kecemasan, hingga stres pun menurun.

Jika emosi dan stres orangtua tidak dikelola dengan baik dikhawatirkan akan berdampak buruk pada perkembangan anak yang menerima efek buruknya.


Mengetahui pola pengasuhan berdasarkan usia anak

Pola pengasuhan anak tentunya juga memperhatikan usia anak bukan, karena komunikasi yang digunakan pun berbeda untuk tiap tingkatan usia.

Sobat Dy mungkin dapat mengadopsi pola pengasuhan seperti yang diajarkan Ali bin Abi Thalib. Beliau memberi panduan tentang 3 tahapan pendidikan anak.


Mengetahui pola komunikasi yang efektif

Untuk berkomunikasi dengan anak gunakan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti, tetapi hal ini tentunya perlu proses dan latihan. Pola komunikasi pun berkembang seiring dengan perkembangan anak.

Misalnya pada anak usia dini, gunakan nada ramah, menggunakan kata-kata positif, menggunakan lagu, buku dan cerita sebagai metode pembiasaan. Sedangkan pada anak lebih besar dapat dicoba dengan memberikan pilihan, melibatkan dalam perencanaan, mengenalkan tata cara berkomunikasi.

 

Mengembangkan dinamika keluarga yang sehat dan bahagia

Setiap keluarga mempunyai karakter yang khas dan dinamikanya masing-masing. Orangtua yang bahagia akan menularkan emosi bahagia itu ke anak.

Selain itu meluangkan waktu bersama anak dengan cara melakukan aktivitas bersama atau bermain bahkan sekedar mengobrol ringan akan mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Untuk membangun hubungan yang baik tersebut tentunya membutuhkan ilmu, orang tua dapat memperolehnya di kelas parenting, sehingga lebih percaya diri dalam mengasuh anak. 


Mengembangkan support sistem untuk anak

Support sistem yang baik tentunya akan membantu anak dalam tumbuh kembangnya. Tidak selamanya orang tua mendampingi anak-anak. Saat memasuki dunia sekolah, anak akan bertemu dengan teman baru, guru, petugas sekolah. 

Dengan mengikuti kelas parenting, orang tua dapat mendampingi anak dan menyiapkannya memasuki dunia luar selain rumahnya. Support sistem yang dibutuhkan anak adalah ruang diskusi terhadap kendala atau permasalahan yang dihadapinya serta keterampilan dalam hidup atau life skills.


Memahami psikologi anak

Seiring perkembangan dan pertumbuhan anak, tidak hanya bentuk fisiknya yang berubah, psikologisnya pun berkembang. Anak perlu dikenalkan berbagai jenis emosi dan meregulasinya.

Interaksi sosial yang dilakukan anak pun semakin luas, sehingga kemungkinan pertengkaran kecil, tindakan penindasan dari teman sebaya mungkin terjadi serta keadaan emosi lainnya. Orang tua dapat mengenali kondisi emosi dan mengajarkan anak untuk menghadapinya, karena tidak selamanya semua keinginan terwujud sesuai dengan harapan.

Menyiapkan anak untuk menghadapi kondisi terburuk, menghadapi anak yang kecewa, mendampingi anak menghadapi permasalahan yang dihadapi tentunya memerlukan keahlian.

Manfaat Kelas PArenting


Penutup

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengikuti kelas parenting, bukan? Setelah membaca artikel ini bagaimana menurut Sobat Dy, apakah penting untuk mengikuti kelas parenting?

Yuk tulis di kolom komentar pendapat Sobat Dy tentang kelas parenting. Simak juga faktor apa yang mempengaruhi pengasuhan orangtua ya.


Referensi

1. Haruskah Orangtua Ikut Kelas Parenting? Https://hellosehat.com/parenting/bayi/bayi-1-tahun-pertama/ortu-ikut-kelas-parenting/

2. 6 Manfaat Mengikuti Kelas Parenting. Https://momsmoney.kontan.co.id/news/6-manfaat-mengikuti-kelas-parenting-untuk-para-orang-tua

17 komentar

  1. Kelas parenting itu penting banget untuk diikuti. Aku sendiri merasakan manfaatnya mbak. Jadi tahu bentuk komunikasi sama anak yang sesuai usianya dan jadi lebih rileks lagi soal pengasuhan, walaupun kadang suka jadi singa juga, hehe.

    BalasHapus
  2. Kelas parenting itu penting banget. Bahkan untuk yang belum menikah aja kalau bisa ikut kelas parenting untuk bekal saat telah menikah nantinya. Aku sendiri yang belum menikah masih sangat sulit menghadapi adikku. Adik ngambek aku ikutan ngambek wkwkw.

    BalasHapus
  3. Kelas parenting online apakah ada ya mbak? kadang waktunya yg ga ada kalau offline.. sama jaraknya juga

    BalasHapus
  4. Buat aku kelas parenting ini penting banget. Apalagi sebagai ibu muda tanpa pengalaman, misalnya mengurus adik atau ponakan. Bisa dibilang sama sekali belum pernah menghadapi anak kecil. Menurut ku juga ilmu parenting ini bisa diwajibkan untuk para calon pengantin sebagai bekal.

    BalasHapus
  5. Nah, perlu banget nih saya dan suami ikutan kelas parenting. Perlu banyak belajar. Dengan tiga anak yang berbeda karakter masih belajar memahami. Tapi dengan kesibukan kerja sepertinya kelas online lebih kami pilih.

    BalasHapus
  6. Paling pentingd ari kelas parenting itu adalah mengaalkan sesuai dengan kondisi di keluarga dan anak-anak kita. Karena sejujurnya tidak semua juga bisa diterapkan langsung di rumah kita yang memiliki karakter berbeda pastinya. Tapi tetap harus diikuti bersama agar makin tahu bagaimana seharusnya mengasuh anak

    BalasHapus
  7. Kelas parenting menurutku sangat penting sih diikuti, beda dengan dulu apapun tentang parenting aku ikuti, tapi saat ini aku mulai menyaring kelas parenting mana yang sebaiknya aku ikuti, karena honestly ketika terlalu banyak teori yang masuk, justru membuat aku stress karena tidak bisa menerapkannya

    BalasHapus
  8. Banyak sekali manfaat yang didapat kalau mengikuti kelas parenting, apalagi jika pengampu kelasnya enak diajak diskusi...

    BalasHapus
  9. Menurutku kelas parenting berguna banget buat diikuti karena meskipun mungkin kita sudah siap lahir batin buat punya anak, tetapi pada "actionnya" bisa jadi nggak demikian hihihihi. Terlebih ilmu parenting selalu berkembang penelitiannya, tentu akan ada beberapa perubahan pola asuhnya.

    BalasHapus
  10. Aku juga beberapa bulan lalu bela belain ikut kelas parenting harga 500k hhehehe. menurutku emang harus uptodate sih soal ilmu untuk mendidik anak ini

    BalasHapus
  11. Keuntungannya parents zaman now itu, banyak ilmu parenting di share di mana-mana. Bahkan ada kelas-kelas parenting juga. Kalau zaman saya, duh...betul-betul trial and error deh. Jangan ragu deh parents sekarang harus banyak mencari ilmu...

    BalasHapus
  12. Walau sementara ini masih senang menyimak cerita ataupun kelas parenting secara online, tapi menurut saya ilmu-ilmu parenting ini penting sih bagi orangtua. Setidaknya untuk membuka mata bahwa kita sebagai orangtua juga perlu terus belajar dan memperbaiki diri agar bisa membersamai anak-anak dengan maksimal.

    BalasHapus
  13. Umma pribadi yes..butuh sekali kelas parenting untuk bisa menambah wawasan dan ilmu

    BalasHapus
  14. Penting banget menurutku buat orang tua. Bisa buat bahan upgrade, reskill, atau refleksi diri. Apalagi sekarang banyak juga kelas gratis parenting

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu sich klo ada kelas parenting, menurutku bisa juga ini, terlebih untuk orang tua yang sudah mulai sadar kalo mungkin didalam dirinya kurang sabar dalam mendidik anak

    BalasHapus
  16. Penting banget menurutku pasangan orangtua mengikuti kelas parenting, saya sampai sekarang rasanya menyesal banget, ngerasa kalau belum menjadi orang tua yang baik. ilmu mendidiknya sangat sedikit, dan tahu-tahu sekarang anak-anak dah besar.

    BalasHapus
  17. Setuju banget, nggak ada sekolah untuk orang tua tapi ya kita tetap butuh ilmu karena mendidik anak bukan perkara yang mudah. Bersyukur sekarang sudah banyak kelas parenting yang terbuka untuk para orang tua. Jd emang penting banget ikut kelas semacam ini karena manfaatnya banyak sekali. Seperti yang sudah diulas di atas.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih