Tips Perawatan Kulit Usia 40 Tahun Secara Alami

Rabu, 15 Mei 2024

 Tips Perawatan Kulit Usia 40 Tahun Secara Alami

Hai Sobat Dy, siapa yang sudah memasuki usia 40 tahun atau sudah berusia 40 tahun ke atas? Toss dulu dong. Masalah kulit wajah yang kita alami mungkin sama ya, yaitu mulai muncul keriput, kulit terasa kendur dan beberapa tanda penuaan lainnya. Adakah yang mempunyai tips perawatan kulit usia 40 tahun ke atas?

Setiap wanita tentunya ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik, bukan. Oleh karena itu saat ini semakin banyak produk perawatan kulit untuk mengatasinya. Selain menggunakan produk perawatan tersebut, adakah cara lain untuk perawatan kulit usia 40 tahun secara alami? Yuk kita cari tahu bersama di artikel ini ya.


Kondisi Kulit Wajah Usia 40 Tahun

Seiring bertambahnya usia kondisi kulit wajah pun mengalami perubahan. Jika saat berusia 20 tahun kulit wajah berada pada kondisi prima maka lambat laun kondisi ini pun menurun perlahan jika tidak dirawat.

Tanda penuaan seperti garis halus mulai muncul saat menginjak usia usia 30 tahun dan perlahan bertambah seiring bertambahnya usia. Selain itu, flek hitam pun juga mulai bermunculan. 

Walaupun munculnya flek hitam tidak hanya karena bertambahnya usia, tetapi juga karena faktor lain seperti efek penggunaan alat kontrasepsi. Munculnya flek hitam juga dapat disebabkan karena kelembaban kulit yang menurun. Sehingga hal ini pun perlu diatasi agar kondisinya tidak semakin parah.


Masalah Kulit Yang Muncul Pada Usia 40 Tahun

Usia 40 tahun merupakan usia yang istimewa sehingga muncul tagline "Life begins at 40". Umumnya pada usia 40 tahun, emosi dan materi stabil dan matang. Namun, penurunan fungsi fisik mulai menurun walaupun tidak signifikan.

Metabolisme tubuh bekerja lebih lambat, kondisi fisik lebih cepat lelah, penglihatan mulai rabun saat membaca dengan jarak dekat, sehingga memerlukan kacamata membaca. Begitu pula yang terjadi pada kulit. Berikut permasalahan kulit yang muncul pada usia 40 tahun yang dirangkum dari beberapa sumber:

Kulit tampak kusam

Kecepatan proses pergantian sel tubuh berkurang sehingga sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan kulit kusam. Untuk meminimalisirnya maka dapat dilakukan eksfoliasi kulit menggunakan AHA dan atau BHA.


Lingkaran hitam di area mata

Mata panda merupakan istilah yang diberikan karena adanya lingkaran hitam di area mata seperti panda. Hal ini disebabkan karena kurang tidur, proses penuaan, kulit yang dehidrasi. Hal ini dapat diminimalisir dengan menggunakan krim mata yang mengandung zat anti aging.


Garis dan kerutan

Garis dan kerutan yang muncul akibat proses penuaan serta paparan sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen. Hal ini dapat diminimalisir dengan pemakaian serum dan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan.


Kulit lebih mudah kering dan dehidrasi

Produksi minyak alami kulit wajah menurun sehingga kelembaban wajah pun menurun. Hal ini mengakibatkan kulit mudah kering hingga mengalami dehidrasi.


Kerutan di dahi

Kerutan yang berbentuk mirip angka 11 di antara alis mata ini muncul karena adanya gerakan otot wajah saat berpikir atau merenungkan suatu hal. Selain itu, ada juga kerutan yang berbentuk garis horisontal di dahi. Garis ini muncul karena adanya gerakan otot wajah saat melakukan ekspresi tertentu.

Kerutan di dahi dapat diminimalkan dan dikurangi dengan pemakaian pelembab dan serum wajah yang mengandung zat anti-aging.


Kerutan di ujang mata

Kerutan di ujung mata bagian luar umumnya muncul karena otot wajah yang bergerak ketika tertawa dan tersenyum. Elastisitas kulit menyebabkan kerutan ini hilang ketika sudah tidak tertawa atau tersenyum. 

Namun, elastisitas ini menurun dengan bertambahnya usia sehingga kerutan yang semula hilang perlahan tidak hilang dan lama kelamaan semakin jelas dan semakin dalam. Hal ini dapat dikurangi dengan pemakaian krim mata yang mengandung zat anti-aging.


Flek hitam atau noda hitam

Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya flek hitam di antaranya paparan sinar UV yang berasal dari matahari, proses penuaan, bekas jerawat


Tips Perawatan Kulit Usia 40 Tahun Secara Alami

Ternyata permasalahan kulit yang dialami usia 40 tahun cukup banyak juga. Selain perawatan wajah menggunakan skincare yang sesuai untuk kondisi kulit, ada juga perawatan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Berikut tips perawatan kulit secara alami yang dapat dilakukan yang dirangkum dari berbagai sumber:

Menggunakan masker wajah

Sobat Dy dapat membuat sendiri masker  wajah dengan bahan madu dan putih telur. Kedua bahan ini dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit. Kandungan antioksidan pada madu dapat membantu menghilangkan racun yang menumpuk. 

Sedangkan kandungan protein pada putih telur dapat meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu dan putih telur dicampur rata dalam wadah kemudian dioleskan ke wajah dan dibiarkan selama 15 menit.

 

Scrub menggunakan kopi

Kopi tidak hanya digunakan sebagai minuman yang nikmat, tetapi juga dapat digunakan sebagai scrub alami. Scrub dengan bahan kopi dapat membantu mengencangkan, mencerahkan serta menyehatkan kulit. 

Sobat Dy juga dapat mencampurkan minyak kelapa dengan kopi untuk scrub, sehingga kulit tampak lebih segar. Penggunaan antioksidan seperti kopi dalam jangka waktu lama secara konsisten dapat menjaga kesehatan kulit dan menjaganya tetap berkilau.


Pemakaian lidah buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menyegarkan dan membuat kulit lebih rileks. Selain itu kandungan asam malat dalam lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit. 

Kupas lidah buaya dan ambil isinya, kemudian dihancurkan. oleskan lidah buaya secraa merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.


Penutup

Perawatan kulit usia 40 tahun secara alami tidak sulit, bukan. Hanya perlu konsisten dalam melakukannya sehingga hasil yang diperoleh pun maksimal. Semoga bermanfaat. Ceritakan perawatan wajah yang telah Sobat Dy lakukan di dalam komentar.


Referensi

1. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/01/052658720/4-perawatan-rumahan-agar-kulit-kencang-di-usia-40

2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/perawatan-wajah-untuk-usia-40-tahun-ke-atas

3. https://www.gramedia.com/best-seller/perawatan-wajah-usia-40-keatas/

1 komentar

  1. Saya 30-an dan yang paling mengganggu itu noda hitam di sekitar bawah mata. Namun, sepertinya dari umur 20-an pun noda itu sudah bertengger manis di sana.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih