Ikigai dan Manfaat NgeBlog

Minggu, 28 Mei 2023

ikigai


Hai Sobat Dy, tidak terasa sudah hampir pertengahan 2023 nih. Apa kabar dengan resolusi nih? Bagaimana dengan perjalanan ngeblognya? Eh, ini pertanyaan untuk diri saya sendiri sih hehehe.

Sudah hampir dua tahun saya serius di blog. Lalu apa yang saya dapatkan selama ini? Banyak, lo Sobat Dy. Circle pertemanan yang posistif, ilmu yang bermanfaat, cuan juga, lo. Hehehe yang pasti banyak banget deh yang sudah diperoleh dari ngeblog. Saya tumbuh dan berkembang bersama blog.

Awal tahun lalu saya sempat mengikuti sebuah webinar yang seru dan menarik. Materinya menginspirasi saya untuk memantapkan pilihan di dunia perblogeran bersama sahabat maya sesama blogger yang tergabung di beberapa komunitas.

Webinar yang diampu oleh Novi Ardiani atau panggilan akrabnya mbak Opi, seorang narablog yang juga pegawai BUMN dilaksanakan setelah beliau pulang bekerja. Eh tetapi beliau masih semangat untuk berbagi, lo. Materi yang dibawakan berjudul Manfaat (Tersembunyi) dari Ngeblog.

Lalu apa hubungannya dengan Ikigai? Simak lebih lanjut yuk tentang ikigai  dan manfaat ngeblog supaya enggak penasaran. Nanti jadi jerawat, lo kalau penasaran.


Ikigai

Mungkin Sobat Dy asing mendengar atau membaca istilah ini. Mungkin juga sudah akrab dengan istilah ikigai. Istilah asing yang berasal dari bahasa Jepang ini terdiri dari dua suku kata yaitu iki yang berarti kehidupan dan gai yang berarti nilai, sehingga jika digabungkan arti ikigai adalah nilai kehidupan. 

Jika diartikan secara harfiah, ikigai adalah sebuah alasan kuat mengapa kita bangun di pagi hari dengan penuh semangat untuk menjalani hidup. Oleh karena itu ikigai ini dapat membantu kita menemukan makna hidup yang akan berdampak dengan meningkatkan motivasi dalam mengerjakan sesuatu hal.


filosofi ikigai


Ada empat lingkaran yang terhubung dalam ikigai, yaitu bidang yang diminati, sesuatu yang dibutuhkan masyarakat, bidang keahlian, sesuatu yang dilakukan untuk mendapat bayaran. Beberapa lingkaran tersebut beririsan membentuk passion, misi, pekerjaan, profesi. Semuanya terhubung dan beririsan satu sama lain menjadi Ikigai.

Konsep Ikigai adalah terbentuknya sikap menghargai kehidupan. Kemudian menuntunnya pada terbuentuknya tujuan hidup yang berdampak kehidupan yang bernilai. Ikigai menyebabkan kehidupan seseorang menjadi lebih berharga, bermakna, dan seimbang.


Ikigai dan Ngeblog

Ngeblog bukan perjalanan singkat, tetapi perjalanan yang panjang. Jika tidak dikuatkan niat awalnya. Maka kekhawatiran yang mucul adalah ngeblog akan berhenti di tengah jalan. Ngeblog tidak hanya sekedar rutin menulis saja, tetapi masih banyak hal lainnya, diantaranya kualitas tulisan, teknik menulis story telling, membuat infografis yang menarik, artikel yang dibuat sesuai konsep SEO dan masih banyak lagi.

Akankah masih bertahan dengan aktivitas blog jika ternyata blog tidak semudah yang diangankan? Bagaimana juga jika setelah sekian lama blog ternyata belum juga mendatangkan penghasilan?

Menemukan ikigai dalam aktivitas menulis blog:

Mindful blogging

Mindful blogging yaitu menikmati setiap aktivitas blogging penuh kesadaran saat itu tanpa penghakiman.


Mempunyai tujuan

Saat memilih blog kita mempunyai tujuan jangka pendek dan jangka panjang, misalnya jangka pendek menjuarai lomba blog dan jangka panjang mendapatkan penghasilan dari ngeblog.


Memantaskan diri dan berkembang

Tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk ilmu tentang blog. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika kita memantaskan diri dan berkembang seiring perkembangan informasi dan teknologi yang terkait blog.
 

Menulis

Menulis merupakan keahlian literasi tertinggi setelah mendengar dan berbicara. Ada beberapa manfaat menulis sebagai hobi, pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan, pekerjaan baik secara tangible maupun intangible, yaitu :

  1. Sebagai sarana mengembangkan kepuasan pribadi, kebanggaan, perasaan harga diri,
  2. Sebagai sarana pengungkapan diri
  3. Sebagai sarana meningkatkan kesadaran dan pencerahan bagi sekeliling
  4. Sebagai sarana keterlibatan yang bermanfaat
  5. Sebagai sarana mengembangkan pemahaman diri dan penggunaan bahasa
  6. Nilai kecerdasan bertambah
  7. Nilai kependidikan meningkat
  8. Nilai kejiwaan
  9. Nilai kemasyarakatan
  10. Nilai keuangan
  11. Nilai kefilsafatan 
 

Manfaat Ngeblog

Ngeblog tidak hanya menulis saja, ada beberapa manfaat ngeblog yang tersembunyi, baik manfaat tangible maupun manfaat intangible, yaitu :

Manfaat tangible

Manfaat tangible merupakan manfaat yang kasat mata, berupa materi atau kebendaan. Manfaat ini dapat diperolah dari side hustle atau pekerjaan tambahan dan pekerjaan di luar pekerjaan utama. Uang yang dapat diperoleh dari blog diantaranya :

  1. Adsense
  2. Content Placement
  3. Kerjasama dengan brand/review/duta brand/influencer
  4. Mendapat pekerjaan sebagai content writer
  5. Mendapat pekerjaan sebagai ghost writer, dan lainnya

Manfaat intangible

Manfaat intangible atau manfaat tidak kasat mata, non kebendaan yang dapat diperoleh dari aktivitas ngeblog diantaranya :

Self healing

Menulis di blog juga dapat untuk menyembuhkan. Tidak hanya sekedar menyembuhkan diri sendiri, mungkin saja pengalaman yang kita tuliskan dapat menjadi solusi bagi pembaca.


Pengembangan diri

Pertemanan dengan sesama blogger akan menciptakan suasana kompetitif yang positif. Selain itu, juga dapat menambah pengetahuan, sehingga secara tidak langsung meningkatkan kemampuan diri.


Relasi

Semakin luas siklus pertemana maka akan membuka kesempatan yang tidak terduga. Bukankah menyambung silaturahmi berarti juga menambah rezeki.


Peluang baru

Peluang baru mungkin akan muncul, seperti mendapat pekerjaan, kolaborasi, menulis buku antologi dan solo, bisnis buku, memenangkan lomba menjadi narasumber, menjadi juri, dan masih banyak lagi


Penutup

Sobat Dy, ternyata ikigai dan manfaat ngeblog saling berhubungan bukan? Hal inilah yang menguatkan saya untuk tetap melakukan aktivitas ngeblog. Bagaimana dengan Sobat Dy, apakah masih menikmati aktivitas ngeblog? Ceritakan di kolom komentar ya. Happy blogging

36 komentar

  1. Aku akhirnya menemukan nikmatnya ngeblog setelah setahunan lebih. Apalagi setelah kemudian blog bisa mendatang Kan penghasilan. Nah makin Semangat tuh. Tapi emang blog erat banget kaitannya dengan ikigai. Lewat blog, menulis yang bermanfaat, berbagi ilmu, dan pendapat salah satu ikigai lewat blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, saya akhirnya juga menemukan nikmatnya mbak, walaupun lagi ruwet dengan tugas yang balik ngeblog bisa jadi fresh lagi

      Hapus
  2. Dulu awal mula ngeblog, saya ngebet banget pengen dapat cuan. Ternyata semakin kita ngoyo semakin dijauhkan dari rezeki. Sekarang saya ngeblog mengalir aja. Sembari terus belajar mengasah kemampuan menulis

    BalasHapus
  3. saling berkaitan satu sama lain ya mbak, butuhkonsisten dalam menerapkan ilmu blogging. Yang rasanya adag kaya roal conster bgt, sebabbbutuh fokus dan ketelitian dalam mengemas satu artikel saja

    BalasHapus
  4. inspiratif sekali ini kak, menerapkan ikigai dalam blogging, memang harus konsisten supaya dapat hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  5. Sesungguhnya baru tau arti dr ikigai. Samoai saat ini masih suka menulis di blog. Harapannya dapat cuan cuma masih menjalani ngeblog dg santai.

    BalasHapus
  6. Masih terus belajar buat konsisten, dan berusaha ngeblog sesuai kaidah"nya. Mudah"an kita mendapat ikigai yang luar biasa dari kegiatan menulis ini dan tetap konsisten.

    BalasHapus
  7. IKIGAI bermanfaat banget dalam kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia blogging dan kepenulisan. Biar makin menguasai, maka harus sering mempraktikkan, sehingga ditemukan best practice peneralannya pada keseharian kita

    BalasHapus
  8. Saya juga baru sekitar dua tahun ngeblog, Mbak. Beragam manfaatnya mulai dari teman, pengalaman, ilmu, hingga cuan. Mengelola blog nggak bisa instan karena perlu waktu, kesabaran, dan ketekunan. Sukses ngeblog-nya, Mbak.

    BalasHapus
  9. yups ngeblog adalah perjalanan yang sangat panjang, memupuk semangatnya agar tetap jalan bukanlah hal yang mudah ya kak

    BalasHapus
  10. Konsep Ikigai ini simpel dan bagus, ya, Kak. Saya masih dalam fase berjuang nih biar bisa terus konsisten ngeblog. Hehe. Semangat!

    BalasHapus
  11. Tipsnya membantu sekali buat yang baru mulai serius ngeblog jadi bisa terus konsisten update blog

    BalasHapus
  12. Menikmati aktivitas di blog? Masih doonggg! Hanya saja karena tahun ini baru memutuskan niche blog (yang akhirnya pilihan jatuh pada reviu buku), jadi kalau lagi nggak baca buku, nggak ada bahan buat nulis blog wkwkwkwk. Duh gawat juga ini :')

    BalasHapus
  13. Banyak sekali manfaat menulis ya, kak Dy..
    Terutama menulis blog.
    Tapi aku gak tau kenapa ya.. akhir-akhir ini sedang bahagia banget menulis tanpa embel-embel sponsor. HIhi.. apa mungkin aku sedang berada di zona nyaman gitu yaa..??

    BalasHapus
  14. Saya pengin ngeblog sejak memutuskan resign dan full jadi IRT..Tapi insecure dong saat itu, masa sih bisa IRT yang di rumah saja nulis yang inginnya bisa bermanfaat bagi orang di luar sana...Akhirnya bertahun-tahun tertunda, ga jadi mulu, sampai akhirnya 2016 mulai ngeblog dan sangat menikmatinya hingga kini

    BalasHapus
  15. Sebagai seorang yang moody untuk urusan blogging, sekarang saya sedang mencoba untuk terus konsisten menulis. Rasanya lelah terbentur planning-planning yang terlalu banyak dan berakhir gak terlaksana. Akhirnya sekarang, apa pun saya tulis saja. Walau kadang lompat dari niche. Mencoba menemukan ikigai dalam dunia tulis menulis.

    BalasHapus
  16. Selama kurun waktu hampir 12 tahun ngeblog harus diakui kadang suka naik turun juga moodnya, ada masa-masa dimana semangat ngeblog bahkan apa aja bisa dijadikan bahan tulisan tapi setelah itu masuk fase bosan padahal menulis adalah hobi dan passion sejak kecil. Biasanya kalau masuk fase itu, aku suka alihkan kegiatan lain seperti baca buku banyak-banyak.

    BalasHapus
  17. Pernah dengar tentang ikigai ini dari acara blogger komunitas. Ini teknik agar lebih mengenal diri sendiri sih

    BalasHapus
  18. Ya Allah jadi motivasi buat saya .yang masih malas ngeblog.. ya Allah ternyata banyak sekali PR nya

    BalasHapus
  19. Saya masih sangaaatt menikmati aktivitas ngeblog meskipun harus mengatur prioritas dengan kegiatan yang lain. Balik lagi soalnya ke awal saya mulai ngeblog, justru rajin ngeblog di saat masih ngantor dan kerjaan banyaaak banget. Klo udah mulai turun semangat nulisnya, tinggal mengingat2 lagi masa2 memulai ngeblog aja. Ntar semangat ngeblog akan kembali.

    BalasHapus
  20. Wah aku jadi baru tahu istila tangible ini. Keren mbak Dy.. semoga makin bertumbuh di tahun2 berikutnya

    BalasHapus
  21. Kayanya aku harus namatin buku ikigai deh biar rajin lagi ngeblognya

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, saya pun merasakan sekali manfaat dari ngeblog ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
    kalau belum nulis di blog, kayanya serasa ada yang kurang sekarang ini

    BalasHapus
  23. Ikigai nih terkenal banget di jepang. Ada salah satu buku literature jepang berjudul ikigai. Buku ini selalu masuk rekomendasi. Lihat judul tulisannya jadi teringat buku itu.
    Kalo soal ngeblog, aku kira gampang dapat cuan dr blog tinggal nulis aja. Ternyata praktiknya gak semudah yg dibayangkan. Jadinya skrg nulisnya suka² aja😁.

    BalasHapus
  24. Aku kira tiga tahun ngeblog itu sudah lama ternyata baru seumur jagung. Aku baru tahu istilah ikigai, masya Allah. Terima kasih ilmunya mba

    BalasHapus
  25. Setuju bangats mba, ikigai dan manfaat ngeblog saling berkaitan. Kita akan mendapatkan manfaat ngeblog jika memiliki ikigai. Kekuatan untuk bangun pagi dan memulai aktivitas dengan memiliki tujuan, yaitu menjadi orang yg bisa produktif setiap harinya. Nah,aktivitas ngeblog bikin kita berusaha untuk tetap produktif Alhamdulillah.

    BalasHapus
  26. Aku sempet off sekitar setahunan mbak ngeblognya, karena ada beberapa perjalanan yang membuat waktu saya buat duduk nulis sangat terbatas kemaren. Dimulai dari opname di RS, anak mulai masuk skolah, kemudian hamil dan melahirkan. Ini anak udah usia setahun baru mau gerak lagi ngeblog. Dengan ngeblig daya jadi kayak punya tempat sendiri untuk menuangkan pikiran dan pandangan saya mbak. Jadi saya masih bertahan disini dan masih butuh banget ikut belajar ngeblog.

    BalasHapus
  27. Blogger kudu bisa dan mau belajar IKIGAI karena banyak hal bermanfaat yang bisa di dapatkan dari mengimplementasikan IKIGAi ini.

    BalasHapus
  28. Salut sama Mbak Dyah yang selalu konsisten ngeblog, jadi salah satu inspirasiku buat belajar konsisten juga. Apalagi sekalian mempraktekkan ikigai. Semoga aku bisa menerapkannya juga. Terima kasih buat tulisannya yang bikin aku makin semangat lagi buat ngeblog dengan lebih mindful...

    BalasHapus
  29. BAngun pagi, ikigai dan menulis itu bagiku sudah seperti rutinitas sih... MAnfaatnya emang bagus banget buat menyemangati diri sendiri. TApi paling sering ngeblog ya malam hari....

    BalasHapus
  30. whah keren ulasan korelasi antara manfaat ngeblog dengan konsep ikigai ini. Jadi lebih menghargai dan juga ada perasan bangga bisa belajar ngeblog sekaligus juga bisa belajar mengaplikasikan konsep ikigas dalam hidup kita

    BalasHapus
  31. Secara kasat mata, sudah merasakan nikmatnya penghasilan dari ngeblog, baik dalam bentuk uang atau produk. Namun, masih belum berupa penghasilan tetap, masih angin-anginan. Menurut saya hasil dari lomba yang paling membanggakan dan memuaskan.

    BalasHapus
  32. Walaupun nggak ada bakat menulis tapi akhirnya berkecimpung juga dalam dunia tulis menulis. Sepertinya aku sudah sedikit menemukan Ikigaiku. Mudah-mudahan bisa konsisten.

    BalasHapus
  33. Baca tulisan mb tentang ikivai dan ngeblog ini aku jd tersadarkan. Ternyata proses yg aku lalui ini memang sangat bermakna. Jd makin semangat nih buat konsisten nulis.

    BalasHapus
  34. aku kenal IKIgai ini waktu ikutan belajar content writer agak rumit tapi sangat membantu dalam membuat tulisan yang bermanfaat

    BalasHapus
  35. Dulu aku merasakan intangible ini ketika ngeblog. Makin kesini tampaknya orientasiku mulai bergeswr hiks. Namun aku berusaha untuk terus bersikap produktif mesko kontennya sudah tidak terllau organik

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih