Serunya Bermain Game Solitaire (Kembali)

Minggu, 28 Mei 2023



game solitaire


Beberapa waktu yang lalu seorang teman lama membalas status saya di aplikasi berwarna hijau. Perbincangan melalui ruang chat pun berlangsung beberapa waktu. Tidak lama sih, tapi cukup mengingatkan tentang kisah masa lalu.

Sebuah cerita bahwa kami kerap bermain solitaire saat jam istirahat. Menang kalahnya tidak hanya diukur dari memenangkan permainan, tetapi juga ke jumlah langkah yang kami ambil untuk memenangkan permainan tersebut.

Eh Sobat Dy tahu solitaire enggak ya? Permainan yang kerap saya mainkan sekitar 20 tahun lalu, saat awal saya bekerja. Simak artikel ini sampai selesai ya. Saya akan bercerita tentang serunya bermain solitaire kembali setelah lama tak memainkannya dan sejarah solitaire.


Awal Mula Solitaire

Saya mengenal solitaire saat awal bekerja dulu, kurang lebih 20 tahun yang lalu, sekitar awal tahun 2000-an. Konon game solitaire ini dulu dirilis Microsoft, bundling dengan Windows 3.0 yang diluncurkan sekitar tahun 1900-an.

Game ini lahir dari rasa bosan yang menerpa penciptanya saat magang di Microsoft. Dilansir dari Kompas Tekno, pencipta game solitaire adalah Wes Cherry. Ia merasa tertantang untuk membuat game yang bisa menghibur pengguna komputer.

Wah, terima kasih ya Cherry, saya jadi terhibur, lo. Game ini menemani saya saat jam istirahat setelah menunaikan solat dan makan siang. Saya dan teman-teman cukup terhibur, lo, penat yang ada lenyap setelah bekerja dan kembali segar setelah jam istirahat usai. Receh kan bahagia saya.

Sobat Dy penasaran enggak nih tentang game solitaire ini? Setelah ini saya ceritakan ya bagaimana serunya.


Serunya Bermain Game Solitaire (Kembali)

Dari perbincangan dengan teman lama saya tadi, saya juga mendapatkan informasi bahwa solitaire kini dapat dimainkan di situsnya. Nama situsnya adalah Solitaire.org. Untuk memenuhi rasa penasaran saya pun segera mengunjungi situsnya.

Ternyata tampilan solitaire kini banyak berubah, tidak seperti dulu yang hanya menyediakan permainan kartu, seperti classic solitaire, spider, freecell.  Di Solitaire.org Sobat Dy dapat memainkan berbagai macam permainan. Tidak hanya permainan kartu yang ada di sana, seperti word, mahjong, hidden object, loggic puzzles, match 3.


game solitaire


Solitaire

Jujurly saya masih penasaran apakah solitaire yang ada di Solitaire.org ini sama dengan solitaire yang saya mainkan dulu. Dulu saya hanya bermain classic solitaire dan spider saja, sedangkan yang lain seperti FreeCell tidak saya mainkan.

Saya segera memilih menu Solitaire Spider.. Berhubung saya sudah lama tidak memainkannya, maka saya memilih tingkatan easy . Walaupun ada di tingkatan easy, enggak gampang juga lo memainkannya. Saya sampai mencoba beberapa kali.

sspider solitaire


Sobat Dy ingin mencoba permainan ini? Berikut saya berikan panduannya ya

1. Tunggu game muncul di layar. Klik tombol hijau dan putih di tengah bawah

2. Pilih tiingkatan permainan, ada Easy (mudah), Medium (sedang) dan Hard (sulit)

3. Tunggu kartu selesai dibagikan.

4. Jika Sobat Dy tidak menghendaki kartu yang dibagikan, dapat meminta kartu dengan susunan berbeda dengan menekan tombol 'putar ulang' yang ada di ujung kanan atas layar. Di ujung kanan juga tersedia tombol suara (tombol dengan logo nada musik), cara bermain (tombol tanda tanya), dan mengakhiri permainan (tombol dengan logo silang).

5. Score dan jumlah langkah yang diambil tampil di sebelah kiri atas layar.

6. Cara bermainnya sebagai berikut :

Sebuah kartu dapat dipindahkan ke kartu lain dengan cara menurun secara berurutan. Kartu yang disusun berurutan ke bawah dapat dipindahkan ke kartu lain, sedangkan kartu yang tidak berurutan tidak dapat dipindahkan. 

Kartu disusun urut dari K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1, A. Setelah urut, secara otomatis deretan kartu akan pindah ke bagian atas layar.  

Sobat Dy, dapat memulai dari tingkat Easy terlebih dahulu, selanjutnya bisa memilih untuk tingkat selanjutnya, agar dapat mengetahui strategi untuk memenangkan permainan. Hal yang wajar bukan untuk menentukan strategi permainan.

Selain spider, ada pilihan lain permainan Solitaire ini, ada classic, klondike, freecelll, pyramid, tripeaks, golf. Beberapa permainan tersebut menggunakan kartu sama seperti spider solitaire, hanya teknisnya saja yang berbeda.


Hidden Objects 

Permainan lain di Solitaire.org yang menarik bagi saya adalah Hidden Object. Seperti namanya permainannya adalah mencari benda yang tersembunyi di antara benda yang lain. Permainan akan berakhir jika semua benda yang tersembunyi telah ditemukan.

graden secrets hidden objects


Kali ini saya memilih Garden Secrets Hidden Objects. Sebuah permaian mencari benda tersembunyi yang ada di sebuah kebun. Benda yang tersembunyi dapat berupa banyak hal, ada binatang hingga benda yang tidak biasa ada di kebun. Walaupun namanya 'hidden object' tidak semua benda tersembunyi ya.

Ada sepuluh tingkatan berbatas waktu yang dapat dipilih. Sobat Dy harus menyelesaikan permaianan di tingkatan sebelumnya agar dapat melanjutkan permainan di tingkat lebih lanjut. 

Nilai akan dikurangi 5 poin jika Sobat Dy salah memilih benda yang tersembunyi. Namun, Sobat Dy tetap dapat meminta bantuan jika tidak dapat menemukan benda yang tersembunyi ya, dengan cara memilih tombol (?). Sayangnya ada denda 100 poin untuk hal ini.


Mahjong Animal Connections

Sobat Dy pernah tahu permainana Mahjong? Di Solitaire.org ini juga ada lo. Ada beberapa pilihan mahjong yang dapat dipilih diantaranya Soiltaire, 3D, Animal Connection, China, Cooking, Golden Autumn, Panda.

Kali ini saya memilih Animal Connection, karena permainannya mudah dan gambar binatangnya lucu-lucu. Di permainan ini ada tiga tingkatan kesulitan, yaitu Easy (mudah), Normal (normal), dan Hard (sulit).

mahjong animal connection


Cara bermainnya adalah dengan menghubungkan dua tile yang bergambar sama, yang dapat ditarik garis lurus atau garis dengan tidak lebih dari putaran 90 derajat di dalamnya.

Ada banyak permainan di Solitaire.org yang dapat Sobat Dy coba. Serunya lagi tidak ada iklan yang akan mengganggu permainanmu di Solitaire.org. Enggak seru kan kalau sedang asyik bermain ada iklan yang muncul mengganggu.


Penutup

Sobat Dy, ternyata mengenang dan bermain kembali permainan yang dulu sempat kita mainkan itu menyenangkan, lo. Saya pribadi jarang bermain game online, tetapi saya menikmati permainan yang ditawarkan di Solitaire.org.

Saya suka dengan spider solitaire, hidden object dan mahjong animal conncetion. Serunya bermain game solitaire saya rasakan kembali. Sobat Dy, suka permainan yang mana nih? Cerita di kolom komentar ya.

38 komentar

  1. Aku beneran ga tahu game Solitaire ini, lho Mbak. Soalnya memang dari dulu tidak suka main games juga. Tetapi sepertinya bisa dicoba ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dulu bawaan windows mbak, jadi pasti ada saat install windows

      Hapus
  2. bener banget mbak..solitaire ini permainan jaman dulu yang seruu banget, saya juga dulu suka mainkan dan baru tahu kalau game ini memang tercipta dari penciptanya yang merasa bosan dan bikin game..ckck..gabut aja bikin game, gabut yg produktif hihihi

    BalasHapus
  3. Dulu aku juga suka banget main solitaire. Zaman internet masih mahal, jadi pilih game gratisan di windows. Sekarang sih lebih leluasa ya

    BalasHapus
  4. ah samaan Mbak Dyah, saya juga mengenal game solitaire pas awal tahun 2000-an, waktu itu bahkan komputernya masih bios.
    Sekarang saya juga main di solitaire.org. Selain solitaire, sempet juga main Zuma Ball dan Atlantis Treasure. Game nya santai, bikin rilek

    BalasHapus
  5. Permainan2 di atas familiar banget buatku mba, apalagi zaman2 pakai komputer dulu. Sayangnyaaaa, aku ngga pernah coba main sih wakakakaka.

    BalasHapus
  6. Wah ini game favorit aku dan sangat membantu bikin mood jadi ceria lagi kalau suntuk dengan banyak tugas pas kuliah, dari game ini aku belajar main kartu padahal sebelumnya nyaris ngak ngerti main kartu itu gimana.

    BalasHapus
  7. Main mahyong itu kebiasaan majikan saya waktu masih kerja di luar negeri. Sedikit banyak saya jadi paham
    Tapi kalau main gamenya malah belum pernah nih. Padahal kalau enggak ada iklan itu pastinya menyenangkan ya, ga ada yg ganggu

    BalasHapus
  8. Nah ini... Solitaire dan Mahjong adalah mainan saya di tahun 2000-an. Biasanya sebelum mulai beraktivitas/fokus kerja, saya main dulu salah satu permainan ini. Penasaran deh jadi pengin nyobain yang versi sekarang :D

    BalasHapus
  9. Duh, jadi nostalgia nih... Dulu zaman kuliah, main game nya kalao gak mahjong, solitaire sama Zuma... Bisa semalaman main game karena penasaran. Untung kita orang tahu diri, gak sampe ganggu kuliah... Bisa banget nih buat killing time sekaligus nostalgia...

    BalasHapus
  10. Aku juga udah nyobain game ini. Ternyata di web Solitaire juga banyak banget game yang bisa kita coba. Aku kalau lagi gabut dan stres pasti main juga, buat refreshing. Dulu pas masih SMA malah sering main Solitaire di komputer sekolah hahaa.

    BalasHapus
  11. Solitaire ini memang seru bgt mbak.. Saya suka permainnya dulu. Namun, sayangnya nggak paham. Sekarang jadi tahu lewat postingan ini. Kalau yg hidden object kayaknya mirip2 banyak game online ya, jadi tidak begitu asing saat mau mencoba. Wajib coba main di situsnya langsung nih.. Pilihannya banyak ternyata.

    BalasHapus
  12. Solitaire itu sepertinya game sepanjang masa ya Mbak. Selalu seru dan perlu memutar otak tiap kali bermain. Hidden object juga menarik nih. Game-game masa lalu yang sebenarnya banyak kegunaannya juga ya. Kita bisa jadi lebih fokus dan teliti.

    BalasHapus
  13. Solitaire permainan yang legend banget, permainan saya waktu SMA dulu. Seru banget, jadi pengen nyobain Mahjong Annimal Connection.

    BalasHapus
  14. Kadang kangen pengen main game solitaire, tapi di laptop udah nggak ada.
    Ternyata bisa dimainkan lewat solitaire.org, dan pilihan gamenya juga banyak ya di situ.
    Asyik nih bisa main solitaire lagi saat senggang

    BalasHapus
  15. Ya benar banget banyak manfaat bermain game tapi kadang kalau nggak bisa kontrol diri .. kadang membuat pekerjaan kita keteteran dengan pekerjaan lainnya..harus bisa manage waktu

    BalasHapus
  16. Iya ya mbak, senang ya bisa main Solitaire lagi
    Game legendaris yang masih tetap asik untuk dimainkanq

    BalasHapus
  17. Legend memang solitaire ya, dan beneran mengenang dan bermain kembali permainan yang dulu sempat kita mainkan itu menyenangkan. Love this games so much!

    BalasHapus
  18. Aku suka yang free cell, spider, sama hidden object. Berasa latihan otak biar ga gampang lola

    BalasHapus
  19. Mainan sejak kenal pertama komputer yang bentuknya kotak
    Sekarang lebih bagus dan banyak pengembangan

    BalasHapus
  20. game paporiiitttt ini mah
    cocookkk utk release stres yah
    keren bgt

    BalasHapus
  21. Dari semua game, aku paling nyaman ya main solitaire aja sih. Engga tegang, engga dikejar waktu. Paling kalau macet, yawda mulai lagi dari awal. Haha...

    BalasHapus
  22. Memainkan kembali game Solitaire lebih banyak mengingatkan kita pada masa kecil. Saya suka main Solitaire, kalau Minggu ke rental komputer. Sekarang sudah tidak lagi, cukup dengan hp juga bisa

    BalasHapus
  23. Game Solitaire ini game legend ya saya juga senang kalau sudah main game solitaire bisa asyik sendiri sampai kadang lupa waktu hehehe

    BalasHapus
  24. aku juga dulu waktu belum ada internet mainnya game solitaire ini, mbak. seru ini mainnya karena harus mikir mindahin kartu-kartu gitu biar semuanya habis

    BalasHapus
  25. Walau sekarang sudah eranya game canggih entah karena terlalu eksklusif (mahal) atau alasan lainnya, banyak gamer yang kembali melirik game jadul yang dinilai lebih murah, memorable, dan memiliki value yang tidak kalah

    BalasHapus
  26. Aku dulu ngak ngerti main kartu, dan belajarnya melalui game solitaire wkwkwk, game ini jadi favorit banget zaman kuliah, kalau lagi pusing mikirin tugas refresing-nya main solitaire dulu kalau menang rasanya mood kembali naik buat ngerjain tugas.

    BalasHapus
  27. Nah iya, Mahjong juga salah satu jenis game yang asyik selain solitaire. Kadang gemes-gemes saat tidak menemukan jalan keluar, hahaha ... Paling banter, aplikasi dihapus lantas pasang lagi hehehe ...

    BalasHapus
  28. Jujur aja saya gak pinter main Solitaire waktu dulu, tapi sekarang setelah tau klo jenis game solitaire itu ada banyak jadi kepo deh permainan lainnya kayak apa. Ternyata ada yang mudah dimainkan ya, begitu juga dalam web solitaire ini ada banyak game yang bisa dimainkan dan yg penting gak perlu install aplikasi hehe :D

    BalasHapus
  29. Dulu sering banget main game ini, tapi bingung gimana caranya..
    Tahunya cuma pindah pindahin kartunya doang.. Wkwkw

    BalasHapus
  30. Permainan legend tapi tetap eksis sampai sekarang. Pengemasan permainan yang baru dari Solitaire membuat kita tetap bisa menikmati permainan jadul dan permainan terupdate. Aku juga sudah nyobain Solitaire.org

    BalasHapus
  31. Dari dulu seneng banget game Solitere, sekarang makin canggih ajah. Banyak pilihannya

    BalasHapus
  32. Udah pernah main game ini sih dan seru. Gak pake download segala. Bisa langsung dimainkan.

    BalasHapus
  33. permainan yang tidak pernah membosankan, selalu asik dimainkan terus, walau sering kalah tetapi bikin penasaran.

    BalasHapus
  34. Keren ya masih tetap eksis sampe sekarang. Seingatnya solitaire tuh game jaman kecil-kecil dulu. Ternyata sampe gede dan punya anal juga masih tetap bersinar

    BalasHapus
  35. Waktu kuliah dulu terakhir main games solitaire, lumayan seru krn Saya blm begitu paham banget cara memenangkan gamesnya 😅

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih