Alun-Alun Surabaya, Salah Satu Tempat Wisata di Surabaya yang Instagramable

Jumat, 09 Juni 2023

Alun-alun bawah tanah

Alun-alun Surabaya merupakan salah satu ikon Surabaya dan salah satu tempat wisata di Surabaya. Apakah Sobat Dy pernah berkunjung ke Surabaya? Tahu enggak alun-alunnya di sebelah mana? Paling tidak Sobat Dy tahu kan kalau Surabaya adalah Kota Pahlawan?

Sobat Dy, Surabaya disebut kota Pahlawan karena pada tanggal 10 November 1945 terjadi sebuah peristiwa heroik. Warga Surabaya, yang akrab disebut Arek Suroboyo dengan bekal bambu runcing berani melawan tentara sekutu yang mempunyai persenjataan yang lebih canggih. 

Peristiwa heroik di tanggal 10 November tersebut juga terekam di alun-alun Surabaya yang merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang instagramable. Hal unik lainnya adalah alun-alun ini berada di bawah tanah. Penasaran kok alun-alun berada di bawah tanah? Yuk, simak hingga selesai ya.


Sejarah Alun-alun Surabaya

Alun-alun Surabaya terletak di Jalan Gubernur Suryo no 15, tak jauh dari Gedung Negara Grahadi. Sebuah sekolah menengah yaitu SMUN 6 berada di sebelah Balai Pemuda. Di sekolah inilah saya menyelesaikan pendidikan menengah atas selama tiga tahun. Warga Surabaya tentu tak asing dengan area yang berada di jantung kota Surabaya ini.

Pada tahun 1907 gedung Balai Pemuda dibangun dengan nama Simpangsche Societeit atau Simpangsche Club yang merupakan sarana hiburan malam bagi kaum elit Eropa, terutama warga Belanda yang tinggal di Surabaya.

Namun, warga sekitar menyebutnya Roemah Kamar Bola, karena di dalam gedung tersebut terdapat permainan bilyard. Selain itu, warga sekitar juga kesulitan untuk melafalkan nama gedungnya.

Gedung Simpangsche Societeit dibangun seorang arsitek berkebangsaan Belanda, yaitu Westmaes. Gedung tersebut didesain sedemikian rupa dengan mempertimbangkan iklim Surabaya. 

Saat ini Balai Pemuda merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Surabaya dan digunakan sebagai tempat untuk pengembangan seni, ruang pameran, perpustakaan, sumber informasi pariwisata, dan pendidikan bahasa.

Alun-alun Surabaya merupakan fasilitas terbaru di Balai Pemuda. Alun-alun terdiri dari area basement dan area outdoor. Pada area basement terdapat area display dan area skateboard. Area display terdiri dari foto dan peralatan Simpangsche Club dan pemutaran film perjuangan. 

Tempat Wisata di Surabaya yang Instagramable


Pembangunan Alun-alun Surabaya

Bu Tri Rismaharini, walikota Surabaya selama dua periode, yaitu 2010-2015 dan 2016-2020 mempunyai keinginan untuk memiliki ruang publik terbuka yang dapat mewadahi aktivitas warga. Seperti umumnya daerah lain di Jawa Timur yang mempunyai alun-alun sebagai ruang publik warganya. Sedangkan Surabaya tidak mempunyai ruang publik tersebut. 

Dilansir dari Kompas.com, menurut Imam Krestian, Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Cipta Karya dan Tata Ruang bahwa walikota saat itu, Tri Rismaharini menyampaikan, pembangunan Alun-alun Surabaya merupakan komitmen pemerintah kota Surabaya untuk menyediakan ruang publik yang positif bagi anak-anak Surabaya. 

Kono pemerintah kota Surabaya menganggarkan dana sebesar 80 miliar untuk pembangunannya. Proyek multi years ini akhirnya selesai dan diresmikan tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2020.

Namun, saat itu Indonesia tengah dilanda pandemi, sehingga banyak protokol kesehatan yang diterapkan saat warga mengunjungi alun-alun di bawah tanah tersebut.


Fasilitas yang Tersedia di Balai Pemuda

Alun-alun Surabaya saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang instagramable, karena tempatnya bagus untuk diambil gambarnya. Selain itu, tempatnya  bersih dan nyaman.

Saat saya berkunjung kesana, ada yang sedang melakukan sesi foto untuk pre wedding, lo. Padahal saat itu cuacanya sangat terik. Pasangan calon pengantin tersebut tetap saja asyik berpose di bawah arahan fotografer.

Walaupun di luar udara sangat terik, tetapi sejuk di dalam alun-alun, sehingga anak-anak saya betah berlama-lama di dalam alun-alun. Anak sulung dan tengah membaca satu persatu keterangan yang tertulis di foto-foto Surabaya tempo dulu. Selain itu ada pula perlatan makan, meja makan yang digunakan oleh kaum elite Eropa tempo dulu.

Selain Alun-alun, fasilitas umum lain yang ada di Balai Pemuda adalah perpustakaan kota yang nyaman. Tidak hanya orang dewasa yang merasa nyaman membaca di sini, anak-anakpun juga merasa nyaman. Anak-anak saya betah membaca lama di sini karena koleksi buku anaknya banyak dan ruang membacanya pun nyaman.

perpustakaan surabaya


Sebelum memasuki area perpustakaan pengunjung diminta mengisi form elektronik yang tidak hanya dapat diakses melalui aplikasi, tetapi juga dapat diisi langsung melalui website. Tidak perlu khawatir, ada petugas yang akan membantu pengunjung untuk mengisinya. Namun, untuk menjaga kenyamanan pengunjung perpustakaan maka jumlah pengunjung dibatasi.

Di sisi lain tersedia masjid yang cukup besar dan luas, sehingga pengunjung yang beragama Islam dapat dengan mudah menunaikan ibadah salat tanpa khawatir berdesak-desakan.


Penutup

Bagi Sobat Dy yang tinggal di sekitar Surabaya atau yang belum pernah mengunjungi Surabaya dan belum berkunjung ke Alun-alun Surabaya, yuk agendakan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Surabaya yang instagramable

Selain itu, Sobat Dy juga dapat mengunjungi tempat wisata yang lain, misalnya tempat wisata religi maupun tempat wisata heroik dan museum. Surabaya itu unik, tidak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan saja, ada banyuak hal istimewa tentang Surabaya.


Referensi

1. Situs Pemerintah Kota Surabaya (www.surabaya.go.id)

2. Wikipedia

3. Kompas.com

28 komentar

  1. Waaaah mbaaa.... Ternyata udah semakin bagus dan lengkap fasum nya ya .. aku terakhir ke Surabaya 2016an, dulu belum tau malah dimana alun²nya... Eheheheh pengen main2 kesana jadinya

    BalasHapus
  2. Kalau saya ke Surabaya harus mampir niiih wajiib ya mbak Dy...

    BalasHapus
  3. Baru tahu kalau Surabaya ada Alun-alun nya, ternyata memang baru ada mulai tahun 2020. Keren banget ya, fasilitas nya komplit. Jadi, bisa jadi destinasi wisata kalau ke Surabaya.

    BalasHapus
  4. Waah jadi penasaran mau mampir ke sini kalau pas ke Surabaya, mbak Dy.

    BalasHapus
  5. Surabaya salah satu kota yang ingin aku kunjungi. Mba Dy aq juga ngak bisa ngeja nama gedungnya.

    BalasHapus
  6. Aku senengnya di balai pemuda ini deket dg masjid dan perpus. Hahaha dua tempat yg selalu disukai anak2 kalo bepergian nyari masjid dan perpusnya

    BalasHapus
  7. Saya selalu punya rencana untuk naik kereta api Bandung - Surabaya tapi belum punya nyali karena memang belum pernah ke Surabaya (kecuali numpang landing aja)...bisa jadi referensi nih

    BalasHapus
  8. sepanjang main ke surabaya, saya malah belu pernah main ke alun-alun surabaya. Next semoga ada kesempatan kesana

    BalasHapus
  9. Aku di Surabaya 6 tahun keknya lebih sering main ke balai pemuda sih mbak :D. Apalagi pas ada bangbang wetan, majelis maiyahan

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah ke Surabaya. Doain ya mbak, mudah-mudahan bisa kesana, main ke alun-alunnya, hehe.

    Anggarannya banyak juga ya sampai miliaran. Tapi, banyak fasilitasnya sampai ada perpustakaan juga. Seru banget ya mbak kalau ajak anak kesana 😍

    Wah ada yg prewedd yaa, bayar gak mbak kalau prewedd disana?

    BalasHapus
  11. Sayang banget tempo lalu mampir ke Surabaya tapi nggak sempat ngunjungi alun2 Surabaya. Semoga ada rezeki mampir lgi ke Surabaya, dan bisa stay agak lama di sana. Sekalian kuliner sepuasnya, haha ..plus mampir Sidoarjo lagi..

    BalasHapus
  12. Fix, wajib mampir ke alun alun Surabaya kalo lagi ke kota ini. Pasti krucils suka nih.

    BalasHapus
  13. Aku sudah dua kali ke Surabaya, tapi belum pernah ke tempat ini. Ternyata bagus yaaa, selain instagrammable fasilitasnya juga lengkap dan terjaga dengan baik. Semoga next time bisa mampir ke sini.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Saya belum pernah ke Surabaya, Mbak. Panas banget katanya, ya? Saya takjub banget dengan konsep alun-alun kotanya. Kalau di bawah tanah berarti indoor kan, ya, lain dari alun-alun yang berada di kota lainnya.

    BalasHapus
  16. Ini nih salah satu wisata gratis buat warga Surabaya hehehe.. Pas terakhir aku ke sini lagi ada pameran lukisan mbak Dy, tema pamerannya tentang perempuan, aku lupa judulnya apa. Tapi yang jelas waktu itu semua lukisan yang dipamerkan adalah hasil karya seniman perempuan, kalo nggak salah mayoritas seniman lokal juga...

    Ada satu yang bikin aku takjub banget. Jadi, salah satu lukisan yang dipamerkan tuh ternyata hasil karya seorang dokter gigi. Keren banget nggak sih, cewek, dokter gigi tapi beliau juga masih sempat2nya bikin lukisan yang secantik itu...Daebakk!!

    BalasHapus
  17. Kalau sudah lengkap fasilitasnya pastinya alun-alun Surabaya tambah kece ya. Sepertinya kota Medan harus banyak belajar dari pulau Jawa nih. Fasilitas umum untuk dijadikan tempat wisata sangat jarang di sini untuk dimanfaatkan secara penuh. Yang ada mall dan cafe aja dibanyakin huhu

    BalasHapus
  18. Ke surabaya pasti melewati alun alun surabaya, banyak kisah yang melatarbelakangi alun alun surabaya ya mba....aish jd kangen ke surabaya...(gusti yeni)

    BalasHapus
  19. Tampaknya saya belum ke sana deh, tempat yang pernah saya kunjungi barulah alun-alun Malang. Semoga kelak dapat main ke sini.

    BalasHapus
  20. Surabaya punya alun alun? Jangan jangan ini yg dibilang saudara surabaya ada alun alun dibawah tanah? Hmm wajib kesana bawa ponakan nih

    BalasHapus
  21. MBak Dyah, yuk kapan-kapan kita main bareng ke Alun-alun Surabaya. Saya juga pernah ke sana sih. Banyak lukisan dan adem ya mbak tempatnya.

    BalasHapus
  22. Tampaknya Surabaya ini jadi lebih maju sejak dipegang bu Tri Risma ya. Saya jadi penasaran lihat model alun alun ini langsung deh

    BalasHapus
  23. Baru tahu nih kalau Surabaya punya alun-alun, ternyata baru berdiri selama 3 tahun ya. Boleh nih dikunjungi, terlebih tempat baru biasanya masih asri dan bersih

    BalasHapus
  24. Surabya terkenal dengan taman kotanya yah, dulu viral banget waktu Bu Risma yg memimpin daerah itu. Semoga suatu saat bisa berkunjung lagi ke Surabaya dan menikmati indahnya alun-alun Surabaya.

    BalasHapus
  25. Saya pernah ke Surabaya untuk ziarah wali songo, tapi belum sempat mampir ke alun-alun, semoga kapan-kapan bisa mampir ke alun-alun agar bisa merasakan vibes dalam artikel ini

    BalasHapus
  26. Beberapa kali ke Surabaya, engga tahu ada Alun-alun loh, ada basementnya pula. Apalagi cuma transit doang...hehe...Dari stasiun KA atau bandara, mau ke tujuan lain. Duh...harus mampir beneran nih, wisata & kulineran di Surabaya.

    BalasHapus
  27. Baru sekali berkunjung ke Alun-Alun Surabaya. Rasanya ingin lagi jalan-jalan dan menikmati suasana malam di Surabaya.

    BalasHapus
  28. Kalau di tempat saya , yang namanya alun-alun itu hanya berupa lapangan di tengah kota. Nah, alun-alun surabaya ini menarik ya karena ada Balai Pemudanya dan memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk perpustakaan. Kalau ke Surabaya wajib mampir nih ke alun-akunnya yang instragamable juga

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih