Mengenalkan Jenis Profesi Pada Anak

Rabu, 10 Mei 2023

 

mengenalkan jenis profesi pada anak


Cita-citaku ingin menjadi dokter 

Cita-citaku ingin menjadi insinyur

Cita-citaku menjadi anak pinter

Cita-citaku ingin jadi presiden

Kurang lebih begitu sebagian lirik lagu Susan Punya Cita-cita yang dinyanyikan oleh Ria Enes. Lagu anak yang sempat populer di tahun 1990an. Ada yang tahu lagu tersebut? Hehehe kita seumuran nih Sobat Dy.

"Adik cita-citanya apa?" Merupakan salah satu pertanyaan tentang cita-cita yang dilontarkan oleh orang dewasa di sekitar anak-anak. Umumnya anak-anak hanya mengenal beberapa jenis profesi, seperti dokter, polisi. Bagaimana dengan profesi lainnya?

Mengenalkan jenis profesi pada anak akan menjadikan anak mempunyai cita-cita dan mimpi. Walaupun seiring waktu mungkin cita-cita anak akan berubah seiring dengan perkembangan usia anak dan ragam profesi yang sudah mereka ketahui.

Anak-anak yang mengenal aneka ragam profesi akan memiliki impian untuk mewujudkannya dan anak akan mempunyai panutan sesuai profesi yang diimpikannya. Salah satu tugas orang tua adalah untuk mengenalkan jenis profesi yang ada, sebagai bekal anak untuk masa depannya kelak.

 

Manfaat Mengenalkan Jenis Profesi Pada Anak

Dilansir dari buku Pengembangan Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Profesi yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 menyampaikan bahwa setidaknya ada lima manfaat yang akan diperoleh dengan mengenalkan jenis profesi pada anak yaitu :

mengenalkan jenis profesi

Menambah wawasan dan memberi inspirasi pada anak

Anak akan mengetahui aneka ragam jenis profesi. Umumnya profesi yang diketahui anak adalah guru, dokter, pilot atau polisi. Sedangkan profesi penjual sayur, wartawan, pemandu wisata, penulis bahkan blogger belum diketahui anak-anak sebagai sebuah profesi atau pekerjaan yang dapat dilakukan.

Saat anak menentukan cita-citanya, Sobat Dy dapat memastikan bahwa panutan anak-anak untuk mewujudkan cita-cita mempunyai sifat dan perilaku yang positif.


Mengembangkan berbagai nilai karakter

Anak yang telah mengenal berbagai jenis profesi akan mengembangkan sikap  dan perilaku baik, misalnya optimis, pantang menyerah, terbuka, percaya diri, pantang menyerah, termasuk sikap rela pejuang untuk mewujudkan cita-cita.


Menambah pengetahuan anak  

Setiap profesi tentunya mempunyai tugas dan kegiatan yang berbeda-beda, seperti dokter dan perawat bertugas menyembuhkan pasien yang sakit. Penulis bertugas menulis buku. Oleh karena itu, semakin banyak jenis profesi yang dikenalkan pada anak maka bertambahlah pengetahuan anak tentang tugas dan ragam kegiatan aneka jenis profesi yang ada.

Sobat Dy, juga dapat menstimulus anak untuk bersikap berani percaya diri, dan berpikir kritis dengan merangsang mereka untuk bertanya kepada Sobat Dy atau pada orang sekkitar yang mempunyai profesi yang berbeda.


Menanamkan pola hidup bersih dan sehat 

Anak perlu mengetahui bahwa untuk mewujudkan cita-cita maka anak-anak sebaiknya memiliki badan yang sehat dan kuat. Hal ini dapat diperoleh dengan melakukan pola hidup sehat.yaitu konsumsi vitamin, makan makanan bergizi, olah raga dan istirahat yang cukup.


Meningkatkan kemampuan berbahasa

Saat mengenalkan profesi anak-anak juga meningkatkan kemampuan berbahasa dengan cara :

- Menambah kosakata

- Mengajarkan anak menyimak ketika menjelaskan

- Menstimulus kemampuan bertanya

- Melatih anak untuk menceritakan kembali


Cara Mengenalkan Profesi Pada Anak

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan profesi pada anak, diantaranya: 

cara mengenalkan profesi

Mengenalkan profesi ayah, ibu dan orang yang dikenal

Jenis profesi yang mudah dikenali anak adalah profesi yang mudah dikenali berdasarkan pakaian dinasnya, seperti polisi, dokter. Profesi orang tua, merupakan orang dewasa terdekat anak juga dapat dikenali karena sering dilihat anak-anak.


Membacakan buku cerita

Melalui membaca buku cerita, orang tua dapat menceritakan banyak hal, salah satunya tentang aneka ragam profesi, lo. Setelah membaca, Sobat Dy bisa melanjutkan dengan diskusi tentang profesi tersebut.


Kenalkan profesi yang ada saat berkunjung ke suatu tempat

Saat mengunjungi suatu tempat, tentunya di tempat tersebut ada yang bertugas bukan, misalnya Mall, toko buku, rumah sakit, stasiun. Sobat Dy dapat menjelaskan tentang profesi yang ada di area tersebut.

Selain itu, Sobat Dy juga bisa mengajak anak untuk mewawancarai petugas yang saat itu sedang bertugas. Anak-anak dapat menanyakana pekerjaan yang dilakukan petugas tersebut dan mungkin pertanyaan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu Ibu Profesional Suramadu mengadakan acara Jelajah Cita-cita. Tentu saja saya tidak menyianyiakan kesempatan ini. Anak-anak antusias mengunjungi setiap booth yang ada.

Sekitar 12 booth disediakan penyelenggara. Anak sulung antusias mengunjungi booth arsitek, design, reporter TV, hampir semua booth dikunjunginya. Sedangkan anak tengah karena dia suka robot, dia betah berjam-jam berada di booth robotik. Untung saja diperbolehkan petugasnya hehehe. Lain cerita dengan anak bungsu, dia semangat di booth dokter hewan dan pemadam kebakaran.



Kenalkan dengan cara bermain

Salah satu permainan yang dapat dilakukan untuk menjelaskan tentang profesi adalah bermain peran. Selain itu, Sobat Dy juga bisa menggunakan flash card tentang profesi untuk maintebak-tebakan, lo.


Penutup

Dengan mengenalkan jenis profesi pada anak maka anak akan memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kehidupannya saat dewasa kelak. Yuk, kenalkan ragam profesi pada anak. 

Ceritakan di kolom komentar ya, bagaimana pengalaman Sobat Dy saat mengenalkan ragam profesi pada anak.


Referensi

1. Muhammad Hasbi, dkk; Seri Pendidikan Orang Tua Pengembangan anak Usia Dini melalui Pengenalan Profesi, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2020.

2. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5633807/ini-lho-5-manfaat-mengenalkan-profesi-pada-anak-yang-perlu-bunda-tahu


21 komentar

  1. Salah satu cara lain bisa dengan hadir ke acara playdate yang temanya profesi gitu. Saya pernah datang ke event seperti itu dan anak-anak seneng banget karena bisa berinteraksi langsung dengan orang yang berprofesi tersebut dan bisa mencoba langsung pekerjaan yang dilakukan orang tersebut.

    Apapun caranya, yang penting anak-anak belajar dengan happy ya.

    BalasHapus
  2. Dulu rasanya ada tempat main yg mengenalkan profesi anak. Kidzania gitu? Kayaknya di Jakarta. Tapi ga tahu masih ada atau engga. Bagus sih mengenalkan berbagai profesi, menambah wawasan anak yah...

    BalasHapus
  3. Profesi masa kini sudah semakin kompleks dan luas, sehingga anak sekarang bisa lebih variatif dalam menjawab profesi apa yang diinginkan ketika dewasa kelak.
    Dengan acara Jelajah Cita-cita yang diadakan IPSuramadu, semakin memperkaya profesi anak-anak masa kini.

    BalasHapus
  4. Teringat ketika mengenalkan berbagai profesi pada putra saya Fahmi, dia bukannya ingin jadi dokter, tentara atau polisi, apalagi pilot, katanya takut jatuh (pas saat itu berita Adam air lagi buming) ia pilih katanya mau jadi si AA pengantar paket aja. Hahaha... Dasar anak

    BalasHapus
  5. iya, betul banget mba. perlu dikenalkan berbagai macam profesi ke anak. jgn sampai mereka tahunya profesi itu hanya tiktoker atau youtuber hehehe

    BalasHapus
  6. Seru juga ya programnya. menambah wawasan dan literasi bagi anak-anak.

    BalasHapus
  7. Mengenalkan profesi pada anak ini memang harus dimulai dari kecil ya Mbak. Walau seiring perjalanan biasanya mereka pun akan banyak berubah, tapi prosesnya mengajarkan mereka untuk belajar mengambil keputusan sejak kecil.

    BalasHapus
  8. Masyaa Allah ya. Dengan mengenal 12 profesi terutama dari ayah ibunya bisa menambah pengetahuan anak. Jadi dia punya referensi cita-cita juga.

    BalasHapus
  9. Saya masih punya anak balita. Jadi masih punya pe-er untuk mengenalkan aneka macam profesi. Thanks for sharing, Kak..

    BalasHapus
  10. seru ya mengenalkan profesi pada anak sejak dini sehingga anak-anak ada gambaran mereka mau jadi apa dan secara tidak langsung mereka akan fokus untuk mencapai itu, in case berubah-berubah juga cita-citanya setidaknya mereka bisa menentukan sendiri mau jadi apa karena sudah ada gambaran atau banyak referensi sebuah profesi

    BalasHapus
  11. Wah keren acaranya padahal aku lagi cari acara kayak gini. Sayang aku ngga tergabung dalam Ibu Profesional

    BalasHapus
  12. membaca tulisan ini menjadi bekal bagi saya karena saya punya anak yang masih bayi. ternyata semanfaat itu ya mengenalkan profesi kepada anak

    BalasHapus
  13. Bener banget nih, anak mungkin jadi lebih tahu arah ke mana ia ingin melangkah. Jd ingat dulu pas kecil aku tuh cuma taunya ya dokter, guru sama polisi aja, padahal banyak lho

    BalasHapus
  14. Bagus sekali gelaran Ibu Profesional Suramadu yang mengadakan acara Jelajah Cita-cita ini. Memang penting mengenalkan anak sejak dini tentang jebis-jenis profesi

    BalasHapus
  15. Anak-anak perlu tau nih berbagai profesi, terutama beberapa pekerjaan yang antimainstream yang justru saat ini menjadi incaran banyak generasi muda. Udah banyak kan anak kecil yang kalau ditanya mau jadi apa, eh jawabannya mau jadi youtuber hehehe..

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, ilmu-ilmu sederhana kadang bisa jadi pembelajaran juga buat anak ya.

    BalasHapus
  17. Profesi nggak cuma dokter dan guru ya, ada banyak banget. Kadang tuh sampai terlewat. Malah saya pernah tuh diingatkan anak sendiri, saya tanya memangnya kalau mas nggak sekolah mas mau kerja? Dia jawab, cari duit tuh gampang ma. Tinggal ke pasar bantu orang jualan atau ke sawah bantu ornag disana nanti dapat uang. Sederhana pemikirannya.

    BalasHapus
  18. Kayaknya mengenalkan jenis profesi melalui cerita itu perlu banget. Apalagi di era sekarang, ragam profesi semakin banyak. Bahkan sulit mendefinisikan dalam cerit tentang ciri2 orangnya. Contoh content creator.

    BalasHapus
  19. Lagu cita-citaku ini masih nempel di ingatanku. Wah, itu lagu jadul pas masih kecil. Hehe kita seumuran berarti..

    BalasHapus
  20. saya pun punya cita-cita yang random banget dan gonta-ganti terus sejak TK, hahaha ... pernah bercita-cita jadi karyawan TVRI :D

    BalasHapus
  21. Saat saya kecil profesi guru, polisi, tentara adalah profesi paling oke dan banyak yang memimpikan. Termasuk saya, dulu setiap ditanya pasti jawabannya pengen jadi guru. Tapi sekarang profesi beragam dan semua mempunyai manfaat dan sisi positif tersendiri.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih