Belajar Optimasi SEO On Page di Kelas Optimasi Artikel

Jumat, 03 Maret 2023

 

belajar optimasi seo on page

Sobat Dy, ingin enggak sih artikelnya ada di page one atau halaman pertama mesin pencari? Sama dong, saya juga ingin nih artikel yang saya tulis di blog Ragam Cerita Dyah Kusuma ini duduk cantik halaman pertama mesin pencari.

Salah satu caranya adalah dengan optimasi SEO on page. Kali ini saya berguru pada mbak Malica Ahmad. Ada yang tahu siapa beliau? Yup, betul sekali beliau adalah salah satu blogger wanita keren dan sukses di Indonesia. 

Saat itu saya tidak sengaja melihat statusnya. Ada informasi bahwa beliau mengampu sebuah kelas Optimasi Artikel. Selang beberapa waktu kemudian ada informasi bahwa ada preview kelas tersebut agar peserta atau calon peserta mendapatkan gambaran bagaimana kelasnya nanti.

Salut deh dengan beliau, padahal saat itu putrinya sedang sakit dan ternyata terdeteksi sakit demam berdarah. Namun, beliau tetap mengampu kelas preview. Di kelas tersebut, peserta dapat menanyakan apa saja terkait kelas yang akan berlangsung.

Dari penjelasan tersebut, saya semakin tertarik untuk mengikuti kelasnya. O iya kelas Optimasi Artikel ini diadakan oleh Joeragan Artikel atau yang biasa disingkat JA. Sebuah agensi artikel dan penyelenggara jasa training online di bidang kepenulisan.

Suka dengan tagline JA yaitu "Mengajak Bunda berpenghasilan di kegiatan menulis." Wah pas banget bukan mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang disukai. Mendapatkan penghasilan tidak melulu dengan bekerja di luar rumah, dari dalam rumah juga tetap produktif dengan menghasilkan karya tulis yang dapat dinikmati banyak orang.


Materi Kelas 

kelas optimasi artikel


Saat preview kelas, Mbak Malica memberikan gambaran tentang materi yang akan diberikan. Sebetulnya di dalam flyer yang beredar sudah disebutkan kisi-kisi materinya. Namun, penyelenggara tetap ingin memberikan gambaran yang jelas kepada calon peserta.

Ada alasan lain yang menguatkan saya mengikuti kelas ini, karena saya suka dengan gaya menulis Mbak Malica yang bisa santai, runut, dan jelas. Bahasa yang digunakan juga santai, sehingga pembaca nyaman membaca artikelnya.

Wajar bukan jika beliau menjuarai beberapa lomba blog. Juri jatuh cinta dengan gaya menulisnya, selain persyaratan lain yang diminta sesuai briefing lomba tentunya.

Dalam kelas optimasi artikel mbak Malica akan memberikan materi :

  1. Langkah mudah optimasi artikel dengan SEO
  2. Jenis optimasi artikel dengan SEO
  3. Contoh-contoh artikel SEO yang terbukti datangkan cuan
  4. Praktik membuat artikel dengan SEO

Kelas ini dilaksanakan selama lima hari.


Optimasi Artikel Dengan SEO

Mbak Malica menjelaskan tentang content SEO dari dasar, sehingga membuat saya semakin memahaminya. Selama ini sudah pernah tahu sih, jadi saya semakin paham lagi tentang SEO.

SEO atau Search Engine Optimizatio adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan peringkat di halaman mesin pencari. Sedangkan SEO writing adalah proses menulis konten yang bertujuan untuk memperoleh peringkat di halaman pertama mesin pencari dan dapat meningkatkan trafik website.

SEO merupakan hal penting yang dilakukan karena SEO adalah teknik pemasaran yang terus berjalan untuk kelangsungan hidup website atau blog kita Sobat Dy. Jadi sekalipun kita sedang tidur, konten SEO yang sudah kita buat akan menemukan jalannnya sendiri. Tentu saja syaratnya adalah optimasi konten atau optimasi artikel.

Mbak Malica memberikan contoh nyata pada salah artikel di blognya. Artikel yang sudah lama ditulis, tetapi tetap mendapatkan kunjungan pembaca menggunakan kata kunci yang biasa digunakan oleh pembaca. Kata kunci yang digunakan adalah "Kerugian Membuat Blog." Sobat Dy akan menemukan artikel tersebut ada di halaman pertama mesin pencari

Mbak Malica memberikan pemahaman agar minndset peserta berubah, tidak lagi menganggap SEO itu ribet, SEO susah, padahal tidak demikian. Contoh nyata telah diberikan mbak Malica. Yuk ah semua juga bisa, bismillah mengikuti jejaknya.

Hal yang paling mendasar terkait SEO yaitu SEO memang bergantung pada mesin pencari. Namun, penulis artikel adalah manusia. Sehingga sebaiknya kita memperlakukan konten kita selayaknya sesuatu yang bermanfaat yang dapat memberikan solusi pada manusia.

Jangan sampai kita berpatokan pada SEO, tetapi lupa bahwa pembaca artikel atau konten kita adalah manusia. Sehingga gunakan bahasa yang ringan tapi berbobot tidak kaku, tidak membosankan seperti robot. 


Optimasi Artikel SEO On Page

Mbak Malica menyarankan untuk membuat konten yang bersifat informatif, seperti review atau ulasan yang berakhir memberikan solusi pada pembaca.

Sesuaikan artikel yang ditulis dengan target pembaca dan niche blog kita. Kemudian cari kata kunci yang dapat mengundang trafik pengunjung blog.

Konsep SEO adalah adanya kata kunci pada link URL, judul artikel, meta deskripsi dan backlink yang digunakan.

Faktor kepuasan pembaca juga mempengaruhi konten SEO yang kita buat lo. Jika pembaca puas dengan konten yang kita buat, mereka akan rela membagikan informasi yang ada di blog kita kepada orang lain atau membagikannya di media sosial.

Pembahasan yang diberikan mbak Malica padat dan lengkap. Peserta diberikan contoh langsung sehingga memudahkan peserta untuk memahami materi.


Kesan Mengikuti Kelas

Saya cukup puas dengan materinya. Saya dapat belajar optimasi SEO on page dengan mudah dan jelas. Terima kasih mbak Malica telah berbagi ilmunya. Saya suka dengan cara beliau menjelaskan seperti saya ikut kelasnya secara langsung, padahal kelasnya diadakan secara online.

Yuk Sobat Dy, semangat ngeblog. Ilmu blog itu banyak dan menantang. Bagaimana pengalaman Sobat Dy tentang membuat konten SEO? Cerita di kolom komentar yuk. Apakah Sobat Dy juga penasaran ikut kelasnya? Recomended. Coba saja kalau tidak percaya. Happy blogging.

10 komentar

  1. Betul mbak, selama ini kesan yang saya dapat blogger banyak yang menghindari SEO karena dianggap sulit. Sebetulnya SEO untuk blog itu mudah, yang rada berat di link building karena meski mudah tapi butuh effort lebih.

    BalasHapus
  2. Wah, aku belum pernah berpengalaman memakai SEO. Ternyata bagus juga ya untuk blog kita.

    BalasHapus
  3. Wah Mba Dyah ada aja nih kelasnya. Langsung auto follow biar ga ketinggalan infonya.

    BalasHapus
  4. Aku suka ngikut kelas belajar ngeblog gini. Sebelumnya mendengar kata SEO udah serem duluan, eh, ternyata kalo dipelajari bisa paham juga dikit-dikit. Apalagi kalo mentornya asyik ya.

    BalasHapus
  5. Wah makasih mbak Dy udah sharing kelasnya padahal berbayar. Mbak Malika itu emang keren banget yaaa aku suka caranya dia menyampaikan materi. Belajar SEO jadi mudah ya mbak Dy gak ribet. Aku langsung cari kata kunci "Kerugian Membuat Blog" yg page on. Penasaran, hehe

    BalasHapus
  6. Wahh kerennya mbak pematerinya keren, pesertanya juga masyaAllah keren. Pasti daging banget semua isi kelasnya :")

    Jadi pengen ikut juga. Ada lagi nggak sih mbak??

    BalasHapus
  7. SEO dan blog emang ngga bisa dipisahkan. Apa² harus SEO. Ilmu SEO juga bermacam² tergantung gurunya. Tapi memang semakin dipahami dan dipelajari SEO itu tidak sesulit itu juga ya mba.
    Kadang yg sulit itu malah nulisnya. Niatnya hihihi

    BalasHapus
  8. SEO ini penting banget biar artikel bisa dibaca orang yang betul-betul butuh dan dia search di google. Jadi emang sepenting itu meski prakteknya menurutku susah (akan worth it saat KWnya OK dan performa blog bagus), apalagi yang pakai blogger/blogspot musti menerka-nerka. Kalau wordpress mah ada plugin2nya wkwk. Mau dong kalau ada kelasnya lagi wkwk

    BalasHapus
  9. Belajar SEO memang penting bgt buat para Blogger ya Mba. Aku masih trial eror nih mana yg paling pas buat blog ku, krna beda mentor ada yg berbeda jga penerapan

    BalasHapus
  10. Konten artikel memang jadi nyawa penting di On Page SEO. Semua bagian mulai dari alt image, url, judul, description kudu harus ada keyword yang tertargetnya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih