Cara Mengatasi Anak Pertama yang Cemburu Dengan Adiknya

Rabu, 17 Mei 2023

anak pertama cemburu pada adik baru


Hai Sobat Dy, pernahkah mengalami anak pertama yang tiba-tiba uring-uringan karena dia merasa kita lebih memperhatikan adiknya yang baru saja lahir? Toss yuk yang samaan. Hadirnya adik baru dalam keluarga dapat membuat anak pertama resah, karena dia cemburu pada adiknya. Hal ini lazim terjadi.

Anak pertama mengalami berbagai perkembangan emosi dengan hadirnya adik yang baru lahir dalam keluarga. Dia merasa bahagia dengan hadirnya adik, tetapi disisi lain dia merasa iri dengan kehadiran adik. Selain itu, dia juga merasa bangga menjadi kakak. Bagaimana cara mengatasi anak pertama yang cemburu dengan adiknya? Yuk, simak hingga selesai artikel berikut ya.


Tanda Anak Pertama Cemburu Dengan Adiknya

Sobat Dy, penting untuk menyiapkan mental anak pertama atau anak yang lebih besar sebelum adiknya lahir. Walaupun begitu, kadang anak pertama telah disiapkan untuk menyambut kelahiran adik bayi, tetapi rasa cemburu anak pertama terhadap adiknya sulit untuk dicegah. 

tanda kakak cemburu


Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi. Orang tua sebaiknya dapat mengenali tanda kakak yang cemburu, karena sebaiknya perasaan atau tingkah laku cemburu tersebut tidak diabaikan. Perasaan cemburu anak pertama tidak terucap, tetapi ditunjukkan dengan sikap yang merupakan tanda anak pertama cemburu dengan adiknya :

Tampak tidak ingin dikalahkan

Anak pertama akan menunjukkan sikap tidak mau dikalahkan oleh adiknya. Dia akan berusaha mencari perhatian lebih dari orang tuanya. Ada saja hal yang dilakukannya untuk menarik perhatian kedua orang tuanya. Hal ini dilakukannya karena rasa cemburu terhadap adiknya yang baru lahir.


Tampak tidak tertarik dengan adiknya yang baru lahir

Adik bayi yang baru lahir mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang sekitarnya, apalagi jika adik bayi melakukan pencapaian tertentu atau melakukan tingkah yang lucu. Pujian yang diberikan orang dewasa di sekitar adik bayi diabaikan anak pertama atau anak yang lebih besar bahkan menunjukkan wajah tidak suka.

Kakak akan menunjukkan wajah tidak tertarik, hal ini juga merupakan salah satu tanda cemburu yang tidak dapat dihindari.


Cara Mengatasi Anak Pertama yang Cemburu Dengan Adiknya

Mungkin hal ini merupakan sesuatu yang sulit bagi seorang anak untuk menyambut hadirnya adik bayi. Sesuatu hal yang wajar terjadi pada anak pertama yang cemburu dengan adiknya, terutama jika usia anak pertama masih balita atau jika usia anak pertama belum menginjak usia remaja.

Usia yang terpaut jauh antara anak pertama dan anak kedua tidak menjamin hilangnya rasa cemburu. Walaupun tidak semuanya menunjukkan rasa cemburu, tetapi perasaan cemburu tersebut harus diatasi.

tips agar kakak tidak cemburu


Berikut cara mengatasi anak pertama yang cemburu pada adiknya :

Memberikan perhatian 

Siapapun senang diperhatikan, terutama anak pertama. Berikan perhatian pada anak pertama terlebih dahulu. Ciptakan suasana seolah-olah kehadiran adik tidak mengubah perhatian orang tua pada anak pertama.

Selain itu, buat suasana yang nyaman sehingga anak dapat menyampaikan perasaannya dan tetap merasa diperhatikan. Ajari anak untuk mengenali perasaannya dan berikan pengertian bahwa hal tersebut wajar. Setelah itu berikan pemahaman agar anak pertama mau menerima kehadiran adiknya.

Selain itu, Sobat Dy bisa juga memberikan waktu khusus berdua dengan kakak atau anak pertama. Misalnya bermain bersama atau membaca buku bersama. Walaupun sejenak, anak pertama akan merasa tetap diperhatikan walaupun ada adik yang saat ini menjadi anggota baru dalam keluarga.

Tips bagi Sobat Dy, yang ingin jenguk kerabat atau kolega yang baru saja melahirkan. Sertakan kado atau bingkisan untuk anak pertamanya ya, jika bayi yang akan dijenguk bukan anak pertama. Setidaknya bingkisan yang kita bawa akan sedikit menghiburnya dan membuatnya tidak merasa diabaikan.


Libatkan anak untuk mengurus adiknya

Ajak anak pertama untuk mengurus adiknya dan berikan pujian dan pelukan setelah kakak melakukannya, misalnya melibatkan kakak saat mengganti popok adik. Ciptakan suasana atau percakapan bahwa adik senang diperlakukan seperti itu. 

Ibu dapat membuat suasana bahwa adik bayi ingin mengenal kakaknya juga. Berikan pengertian bahwa adik masih membutuhkan banyak perhatian dan bantuan dari orang dewasa dari orang di sekitarnya, termasuk bantuan dari kakaknya.


Pastikan setiap anak penting dalam keluarga

Orang tua perlu memberikan pengertian pada kakak bahwa setiap anak mempunyai peran masing-masing. Hal ini akan membantu anak untuk merasakan bahwa kakak berharga dalam keluarga.

Merupakan hal yang penting untuk menyampaikan bahwa setiap anggota keluarga saling membutuhkan satu sama lain untuk menjadi satu keluarga utuh.


Penutup

Orang tua sebaiknya memahami dan menerima perasaan cemburu anak pertama. Bantu anak pertama untuk mengenali dan menerima perasaan tersebut. Selanjutnya libatkan anak untuk merawat adik, sehingga kakak merasa bahwa dirinya penting.

Apakah Sobat Dy pernah mengalami hal yang sama? Cerita yuk di kolom komentar cara mengatasi anak pertama yang cemburu pada adiknya.

41 komentar

  1. Aku sebagai anak pertama sebenarnya tidak pernah cemburu dengan adik-adikku. Hanya saja terkadang aku merasa malas untuk merawat mereka. Pernah suatu hari aku merasa cemburu dengan adikku yang lebih diperhatikan saat sedang sakit. Aku tidak mau berterus terang mengatakan pada Bunda bahwa aku cemburu, jadi aku punya ide untuk membuat nilai panas termometer menjadi tinggi😆 dan mengatakan itu panas suhu badanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaw...di usia berapa punya ide menaikkan suhu termo gini? Lucu sih kalau dipikir2, padahal itu timbul karena kecemburuan yang pasti tidak lucu bagi si anak yang merasakan.

      Sebagai ortu dari dua anak, saya bener2 berusaha supaya tidak ada kecemburuan antara dua anak itu. Keduanya sama2 penting dan sama2 disayang.

      Hapus
  2. Tips ini membantu banget supaya bisa adil antar adik kakak

    BalasHapus
  3. Hmm, bener banget. Kakakku sering cemburu sama aku, karena menganggap mama lebih perhatian ke aku sebagai anak terkecil. Tapi sebenarnya mamaku juga sering kasih perhatian ke kakakku.

    BalasHapus
  4. Saya anak pertama malah perhatian pada adiknya, kalau yang kedua lumayan cemburu ke adiknya, tapi lambat laun sudah memahami. Apalagi adiknya cowok, jadi berbeda dengan dia dan Kakak pertama yang cewek.

    BalasHapus
  5. Ini memang sering jadi masalah dilematis untuk orang tua ya, Mbak. Ada anak sulung yang paham dan bisa diberi pengertian, tapi memang ada juga tipikal kakak yang agak sulit menerima adik-adiknya meski sudah dijelaskan.

    BalasHapus
  6. Bener banget, jarak usia bukanlah solusi untuk mengatasi masalah anak pertama yang cemburu dengan adiknya, aku aja jarak 4,5 tahun yang menurutku lumayan jauh masih suka marah dengan adiknya, untungnya sekarang setelah besar-besar dan kuliah mereka cukup akur, yang terpenting orangtua aware dengan perilaku si kakak jika sudah menunjukkan tanda2 cemburu.

    BalasHapus
  7. Pernah juga mengalami hal ini karena jarak usia Si Sulung dengan adiknya terpaut 4 tahun. Tapi saya kagum, ternyata anak-anak pun punya daya adaptasi yang cepat. Dia bisa mengatasi kecemburuannya sendiri tanpa terlalu banyak intervensi orang dewasa.

    BalasHapus
  8. Anakku yang beda 3 tahun aja kadang masih cemburuan. Tapi kami berusaha menjelaskan kalau yang satu bukan dilebihkan. Kami memberi sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  9. Jadi inget waktu saya kecil yang suka cemburu sama adek bungsu, seolah dia saja yang hanya disayang. Padahal itu karena ia masih kecil dan belum mampu mandiri jadi wajar saja orangtua lebih banyak mengurusnya

    BalasHapus
  10. aku jadi belajar banyak baca artikel ini, nih. Karena baru punya satu anak, aku belum punya gambaran perasaan anak yang bisa jadi punya rasa cemburu sama kakak atau adiknya, ya. Soalnya, sejak kecil aku nggak ada pengelaman rasa cemburu sama adikku, hhh

    BalasHapus
  11. wah pas banget... baru kemarin saya membawakan materi ini. Tentang kecemburuan anak pertama setelah adiknya nongol satu per satu. Keren, terus bikin tips parenting kayak gini ya Kak.

    BalasHapus
  12. Saling cemburu ini memang rawan. Sering terjadi. Nah, orang tua harus pinter-pinter nih. Salah satunya dengan memberikan perhatian ke kakaknya. Mudah-mudahan terkurangi atau nggak cemburu lagi. aamiin

    BalasHapus
  13. Pernah donk anak pertamaku, Mbak Dy. Karena teman dekatnya adalah anak tunggal, dia pernah bilang gini, "Andai aku gak punya adik ya, Bunda, pasti enak deh sendiri kaya temenku." Wuaaaa auto mau nangis gimana, marah gimana *wuaaaa

    BalasHapus
  14. yashhh, akhirnyaaaa ada tips yg bisa dipraktekiiinn
    soalnya banyak sodaraku yg kewalahan ttg ini

    BalasHapus
  15. Kalau saat ini saya justru sedang belajar agar anak bungsu tidak cemburu pada kakaknya. Kebetulan ia memang belum paham tentang konsep keadilan sesuai porsinya, jadi apa pun yang kakaknya atau orang lain punya, dia merasa harus mendapat hal yang sama hehehe.

    BalasHapus
  16. Ini masalah klasik dalam keluarga. Ada yang selesai pada masa kanak- kanak, ada juga yang berlanjut sampai dewasa. Orang tua perlu bijaksana memantau anaknya.

    BalasHapus
  17. Iya sering
    Bahan bertantem anak anak tiap hari
    Caranya dgn menunjukkan perhatian yg merata

    BalasHapus
  18. waduh masalah ini emang sering jadi api dalam sekam. Orang tua juga perlu bijak sana banget menghadapinya.Kadang cemburuan kakak adik ini terbaws sampai dewasa

    BalasHapus
  19. Kebalik ni sama saya, mba. Anak-anak saya malah cemburu satu sama yang lain. 😅
    Repot juga menjelaskannya. 🤭

    BalasHapus
  20. Aku juga punya anak yg jaraknya deketan. Heboh deh. Kakaknya sendiri kaya blm siap punya adek. Tapi lama2 dia jadi wise banget deh. Pokoknya apa2 kita obrolin bareng biar sama2 ngerti.

    BalasHapus
  21. Saya banget nih. Si kakak tadi bilang, adik diberikan ke kaka sepipu aja. ngga mau punya adik. Hiks....semoga makin rukun dan bisa saling sayang keduanya. Tips nya segera dieksekusi Bun

    BalasHapus
  22. Tantangan banget ya, kak Di..
    Jarak usia memang gak memengaruhi sang kaka gak cemburu dengan kelahiran sang adik. Tapi mungkin lebih mudah diajak komunikasi.

    BalasHapus
  23. Saya sangat merasakan sekali. Kecemburuan adik dan kakak, tapi darisana mereka jadi paham tidak baik cemburu satu sama lain.. tantangan banget

    BalasHapus
  24. Aku pernah juga ni. Kadang merasa tidak adil ke si sulung. Tetapi makin kesini setelah membaca teori parenting, berusaha mendekat kepadanya. Apalagi anak sulungku perempuan. Inginku semoga kami jadi tempat curhat dia. Aamiin.

    BalasHapus
  25. Memang kebanyakan begitu ya, anak pertama itu seperti merasa kehilangan (terbagi) perhatian orang tuanya, ketika adiknya lahir, padahal tadinya ia mungkin merasa semua perhatian tertuju padanya. Orang tua memang harus lebih peka dan bijak menghadapinya ya agar si sulung ini tak merasa cemburu pada adiknya ya.

    BalasHapus
  26. pas banget nih mbak, aku juga lagi belajar sibling ini. Padahal dulunya akur akur aja, kok makin ke sini sering berantemnya hahahaha

    BalasHapus
  27. Anakku jaraknya 4,5 tahun dulu tapi tetep aja saat adiknya masih kecil masih suka cemburu tapi ngak lama kok setelah memasuki usia sekolah malah sering main bersama apalagi sekarang udah pisah karena kakaknya kuliah di luar kota, kadang suka nanyain kapan kakaknya pulang ke rumah...untungnya anak-anak hobinya sama otomotif jadi klop.

    BalasHapus
  28. kalau pertamanya gengsi sama adiknya, abis itu tiba2 sayang banget, pasti lucu ya liatnya :D tips yang bagus sekali, selain untuk tetap memperhatikan si kakak, juga ada pembelajaran nilai-nilai sebagai keluarga ya :)

    BalasHapus
  29. Wah iya ini biasanya problematika kakak beradik. Aku bookmark ya mba tipsnya. Siapa tahu Allah kasih rezeki bayi lagi kr kami hihi

    BalasHapus
  30. kalau anakku kayaknya bukan cemburu tapi iri banget sama adiknya, mbak. dia itu kalau adiknya dibeliin sesuatu maunya dia dibeliin juga dan bahkan mainan pun rebutan melulu sama adiknya. hedeh

    BalasHapus
  31. keponakan saya kebetulan banget seperti ini niy mba, dia cemburuan sama adiknya dan sangat berlebihan, tips ini bisa diterapkan mamanya untuk mengurangi setidaknya rasa cemburunya

    BalasHapus
  32. Weeew, salah satu cara mengekspresikan cemburu pada adik juga bisa dilakukan dengan..... tantrum sih ya, soalnykam anak2 belum bisa bilang dan "ngaku" kalau lagi cemburuu

    BalasHapus
  33. Bener mbak perasaan cemburu itu gak bisa dicegah. Aku juga dulu gitu mbak pas adikku lahir, cemburu bgt, wkwkwk.

    Duh ternyata kalau lahir anak kedua, selain mental lahiran siapkan mental kakak juga yaa. Point penting buat aku yg pengen nambah lagi, hehe.

    BalasHapus
  34. Waduh problematikaku, belum aja ada adik udah di warning nggak mau adik. Takutnya klo ada adik dia melalukan hal-hal di luar batas selagi tidak dalam pantauan. Tapi bismillah mudah"an nanti pada waktunya dan akan mempratekan tips" dari mba Dy.

    BalasHapus
  35. Wah ini sih related bgt sama aku mba. Si sulung lagi sukanya cemburu mulu sama adiknya. Segala hal mau sama... Pengingat jg sih buat org tuanya ni supaya ttp berlaku adil..

    BalasHapus
  36. Hmm aku anak pertama tp ngga iri sih sama adek, entah karena beda gender atau karena memang ortuku yang adil, ya? Hheeh. Tapi aku rasa sih ortuku adil dan perlakuannya sama aja, jd happy deh

    BalasHapus
  37. Jujur sebagai kakak aku pernah juga cemburu sama adik karena orang tua lebih perhatian kepada adik dan memang mungkin orang tua saya juga baru pertama kali jadi orang tua jadi, bukan salah mereka juga. Next mungkin tips kak Dyah ini akan aku terapkan ketika aku jadi orang tua. Makasih banyak kak

    BalasHapus
  38. Fase2 yg baru saja ku alami juga nih mba, sudah berusaha semaksimal mungkin utk bersikap adil apalagi klo soal cium peluk. Tpi terkadang masih suka cranky jga klo pas adeknya lgi butuh waktu DBf yg lebih lama

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah sudah melewati fase-fase ini, kini anak pertama sudah mulai beranjak remaja, jadi sudah paham kayanya tentang pengasuhan ayah bundanya. Yang sedang PR saat ini di rumah adalah belajar mengatasi rasa cemburu anak-anak perempuan ke saudara laki-lakinya, apalagi ibunya... wkwkwk.
    Duh, harus banyak belajar lagi ya jadi orang tua, ga ada henti-hentinya kita belajar untuk mereka

    BalasHapus
  40. Kalau punya anak kedua anak pertama harus diperhatikan ya mbak. Soalnya bayi mah kan butuh nya nyusu aja. Sedangkan si kakak pengen mainnya ditemeni. Wah aku jadi harus siap² nih kalau hamil lagi, hihi.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih