Cari Tahu Serba-serbi Vaksin Booster di SehatQ.com

Sabtu, 19 Maret 2022

vaksin booster sehatq.com


"Mbak, sudah vaksin booster? Jadwalku minggu depan," tanya adikku saat menghubungiku melalui telepon pintar.

"Sudah, minggu lalu. Kebetulan ada yang Aztra Zeneca. Sekalian mama juga, tapi mama dosisnya penuh, karena dosis satu dan dua pakai yang Aztra. Sedangkan aku dosisnya setengah, karena dosis satu dan duanya kan Sinovac," jawabku.

"Aku nanti pakai yang gotong royong, karena sebelumnya juga gotong royong," ujar adikku.

Perbincangan siang itu berlanjut membahas kesehatan kami dan keluarga, termasuk pesanku ke adik untuk menjaga kesehatan karena akan melakukan vaksin booster.


Vaksin Booster

Dilansir dari SehatQ.com, vaksin booster merupakan dosis tambahan yang diberikan untuk meningkatkan perlindungan tubuh terhadap risiko paparan infeksi virus penyebab penyakit. Vaksinasi booster Covid-19 diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia dan dimulai sejak Januari 2022. Hal ini dipastikan sendiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sejak beberapa waktu yang lalu ada beberapa jenis vaksin yang diberikan saat kita masih kecil untuk mencegah penularan terjadinya komplikasi penyakit. Ketika beranjak dewasa, untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh melawan virus yang mungkin telah bermutasi, maka diperlukan vaksin booster. Contohnya adalah vaksin influenza yang diberikan setiap setahun sekali, vaksin difteri dan tetanus yang diberikan setiap 10 tahun sekali.


Efek Samping Vaksin Booster

Setelah saya menerima vaksin booster, keluhan yang saya alami sama seperti dua dosis vaksin sebelumnya, yaitu kepala pusing dan badan terasa lemas. Selain itu lengan yang disuntik terasa sakit. Kondisi tersebut wajar. Beberapa kondisi lain yang mungkin terjadi selain yang saya alami sebagai berikut :

  1. demam
  2. tidak enak badan
  3. nyeri otot
  4. alergi
Efek samping tersebut akan reda dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Namun jika efeknya terasa mengganggu, beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk meredakannya :

  1. kompres area bekas penyuntikan dengan air dingin dan gerakan tangan perlahan
  2. perbanyak minum air putih
  3. gunakan pakaian yang tipis jika demam
  4. konsumsi pereda nyeri penurun panas, seperti Paracetamol
aplikasi kesehatan


Artikel Kesehatan di SehatQ.com

Informasi terkait serba-serbi vaksin booster ini saya ketahui juga dari situs kesehatan yang didukung oleh Kementrian Kesehatan RI. Ketika saya ingin mencari tahu tentang vaksin booster, saya ketikkan saja kata kunci di kolom pencarian yang ditandai dengan tanda kaca pembesar. Tak memerlukan waktu lama, muncullah beberapa artikel, forum tanya jawab terkait data yang saya inginkan.

SehatQ menyediakan berbagai macam artikel yang digolongkan dalam 16 label, yaitu :

  1. hidup sehat
  2. penyakit
  3. kulit dan kecantikan
  4. kesehatan mental
  5. kehamilan
  6. parenting
  7. sex & relationship
  8. olahraga
  9. masalah tidur
  10. BPJS
  11. publik figure
  12. bayi dan menyusui
  13. kesehatan wanita
  14. kesehatan pria
  15. kesehatan lansia
  16. ensiklopedia

Banyak informasi yang disediakan, sehingga pengunjung dapat memilihnya sesuai kebutuhan.


Layanan Kesehatan di SehatQ

SehatQ adalah sebuah layanan kesehatan yang akan membantu teman-teman dan keluarga untuk mengelola kesehatan, dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit dan perawatan setelah sembuh. Oleh karena itu SehatQ menyediakan berbagai macam layanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan teman-teman, diantaranya adalah :

Toko

Produk yang disediakan adalah berbagai jenis masker, obat, perawatan tubuh alat untuk analisa kesehatan, hand sanitizer, skincare dan masih banyak lagi. Sesuai dengan taglinenya 'Penuhi kebutuhan produk kesehatanmu', bukan.

Satu hal menarik adalah adanya pemberian diskon atau potongan harga, hingga 50% lebih. Wah pas ini untuk emak-emak seperti saya yang sangat terbantu dengan adanya potongan harga. Sedangkan untuk kualitas barang, jangan khawatir, produknya aman dan terpercaya. 

Seandainya teman-teman bingung dan membutuhkan konsultasi dengan apoteker, tersedia pula pilihan Chat dengan Apoteker, cukup klik dan langsung ketik pertanyaan yang ingin diajukan pada Apoteker yang standby dan akan dijawab dalam kurun waktu 4 menit. 

Obat

Pilihan obat yang disediakan diurutkan berdasarkan abjad dan dicantumkan juga ukuran yang tersedia. Fitur Chat dengan Apoteker pun masih tersedia untuk menjawab pertanyaan teman-teman, sehingga pemberian dosis dan pilihan obat yang diberikan akan sesuai dengan kebutuhan.

Dokter

Ada 36457 dokter yang terhubung dengan layanan kesehatan ini. Untuk memudahkan pencarian disediakan fitur filter dan urutkan. Dokter dengan berbagai macam keahlian yang tersebar di beberapa kota dan rumah sakit dapat dihubungi, sehingga jika teman-teman memerlukan layanan lanjutan setelah berkonsultasi melalui chat dengan Dokter yang tersedia.

Teman-teman dapat memilih jadwal dokter yang diinginkan setelah membaca profil dokter. Pada fitur ini juga tersedia fasilitas yang dapat mempermudah teman-teman untuk mencari dokter berdasarkan jarak terdekat atau berdasarkan abjad nama dokter. 

Rumah Sakit

Fitur ini akan menampilkan 4.536 dasilitas kesehatan yang dapat menjadi pilihan teman-teman. Untuk mempermudah pencarian teman-teman dapat menggunakan filter urutkan berdasarkan jarak terdekat atau pilihan abjad fasilitas kesehatan yang tersedia.

Penyakit

Daftar penyakit diurutkan berdasarkan kategori dan abjad. Jika teman-teman mencari berdasarkan kategori, maka tersedia pilihan infeksi, kanker, pernapasan, kandungan, gigi dan mulut, saraf, THT, tulang, kepala, kulit dan kelamin, jantung, perut, psikologi, mata, gizi, anak dan penyakit lainnya. Untuk mempermudah teman-teman, layanan chat dengan dokter juga disediakan, sehingga selain berkonsultasi, teman-teman juga dapat membaca referrensi terkait penyakit yang ditanyakan.

Chat Dokter

Layanan ini  menyediakan chat dengan dokter dari rumah sakit rekanan SehatQ. Biaya layanan bervariasi, tetapi untuk semua pasien Covid-19 tidak dikenakan biaya atau dengan kata lain gratis. Namun, jangan khawatir biaya konsultasinya terjangkau kok, selain itu juga ada promo yang dapat digunakan.

Dan masih ada beberapa fitur layanan kesehatan lain yang akan mempermudah teman-teman, diantaranya tindakan medis, promo, forum


Penutup

Informasi terkait vaksin booster yang saya butuhkan terjawab melalui artikel yang tersedia di SehatQ. Selain itu layanan kesehatan lainnya yang disediakan SehatQ cukup lengkap, sehingga dapat membantu teman-teman untuk mengelola kesehatan pribadi dan keluarga. Yuk, kunjungi SehatQ untuk memenuhi kebutuhan kesehatan teman-teman.


Referensi

www.sehatq.com

19 komentar

  1. iya nih mbak, kmren q vaksin booster efeknya malah gatal-gatal badanku mbak, alergi deh kayaknya, syukur alhamdulillah besoknya udah hilang. Wah...lengkap ya mbak penjelasan di sehatq.com. Ntr mampir deh. Makasih mbak dyah cantik.

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah berkunjung mbak Maya cantik, iya di sehatQ lengkap padat mbak

    BalasHapus
  3. Ak cari booster di Malang kok susah banget dari Sabtu dan Senin kemarin. Besok mau hunting lagi nih. Moga dapet. SehatQ.memang lengkap info dan layanannya

    BalasHapus
  4. saya belum vaksin booster nih, kalau dari hitungan sih harusnya vaksin di bulan April nanti udah bisa vaksin booster.
    Semoga sih nanti lancar :)
    lega ya Mbak kalau udah vaksin lengkap gini, InsyaAllah sehat-sehat :)

    BalasHapus
  5. Belum vaksin booster, dua kali Sinovacnya sudah lama kak. Memang vaksin sebagai upaya penerintah membentuk imunitas bagi warganegaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, salah satu cara agar tidak memperparah kondisi jika seandainya terinfeksi

      Hapus
  6. Wah iya, saya belum ambil jatah vaksin booster. Nungguin suami tidak juga bisa libur. Kemarin malah diniatin libur demi kondangan teman dan istirahat. Beneran lupa.
    Andai baca ini kemarin... huhu.
    Paddahal informasinya termsuk up to date.
    Btw, say suka baca artikel di SehatQ. Suka banget malahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di surabaya sini banyak mbak, tapi tergantung stok juga

      Hapus
  7. Vaksin gotong royong itu vaksin yang gimana kak? Hehehe,,,, Berarti total kita kudu dapat 3 dosis vaksin ya, kak. atau gimana? Soalnya saya sudah 2 kali vaksin. kupikir sudah cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg gotong royong itu yang Indonesia buat, adik sy dapat itu dari perusahaannya
      setahu sy sekarang sudah 3 kali vakskinnya mbak, booster itu yang ketiga

      Hapus
  8. Kami sudah vaksin booster, alhamdulillah engga KIPI sama sekali. Tetapi anakku, demam dan kliyengan 2 hari. Memang beda vaksin sih...
    Sehat Q banyak artikel kesehatan yang up to date jadi nambah ilmu deh...

    BalasHapus
  9. Aplikasi sehatq memang lengkap banget , mba Dyah, senangnya dapet info aplikasi kesehatan digital. Thankyou for sharing, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak lengkap pakai banget, sesuai kebutuhan

      Hapus
  10. Sehatq ini membuat urusan kesehatan jadi lebih mudah banget ya kak, praktis Dan mudah banget

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah udah booster sekeluarga. Rasanya emang berat banget emang vaksin booster ini efeknya ke badan. Pegel gilaaaaak. Wkwkwk. Padahal dosisnya cuma 50 persen. Apalagi kalo full ya. Asik bisa dapat info lengkap di SehatQ.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih