Wanita Ingin Dimengerti

Senin, 21 Maret 2022

wanita ingin dimengerti


Lekuk indah hadirkan pesona
Kemuliaan bagi yang memandang
Setiamu simbol keanggunan khas perawan
Yang kau miliki

Akulah pengagum ragamu
Tak ingin kumenyakitimu
Lindungi dari sengat dunia yang mengancam nodai sucinya lahirmu

Karena wanita ingin dimengerti
Lewat tutur lembut dan laku agung
Karena wanita ingin dimengerti

Manjakan dia dengan kasih sayang

Ingin kuajak engkau menari
Bermandi hangat cahaya bulan
Sebagai tanda kebahagiaan
Bagi semesta cinta kita

Karena wanita ingin dimengerti
Lewat tutur lembut dan laku agung
Karena wanita ingin dimengerti

Manjakan dia dengan kasih sayang

Bintang terang itulah dirimu
Janganlah redup dan mati
Aku dibelakangmu memeluk dan menjagamu

Karena wanita ingin dimengerti
Lewat tutur lembut dan laku agung
Karena wanita ingin dimengerti

Manjakan dia dengan kasih sayang

Karena wanita ingin dimengerti
Lewat tutur lembut dan laku agung
Karena wanita ingin dimengerti
Manjakan dia dengan kasih sayang
-Ada Band-


Siapa yang kenal lirik lagu di atas? Ketahuan angkatannya, nih. Penyanyinya satu almamater dan satu angkatan dengan saya, lo, tetapi beda kampus. Dia di kampus B, sedangkan saya di kampus C. Enggak ada yang nanya deh sepertinya. Tak mengapa hanya informasi aja 😅.

Lirik di atas betul bukan? Manjakan wanita dengan kasih sayang, tutur kata lembut dan perlakukan dengan baik, maka wanita akan luluh. 


Wanita

Dilansir dari Wikipedia, perempuan merupakan serapan dari bahasa Sansekerta, yang memiliki arti makhluk yang memiliki kemampuan atau kemuliaan. Perempuan memiliki sesuatu yang istimewa yang tidak dimiliki laki-laki, yaitu ovarium, uterus, dan vagina, serta mampu menghasilkan sel telur. Itulah mengapa perempuan mengalami menstruasi, hamil, melahirkan dan menyusui.

Perempuan dewasa umumnya disebut wanita, sedangkan yang masih anak-anak disebut anak perempuan atau gadis. Pengertian wanita adalah perempuan dewasa juga terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia. 

Dalam etimologi bahasa Jawa, wanita merupakan akronim dari "wani ditoto". Hal ini dimaknai karena kemampuan wanita untuk tunduk dan patuh pada lelaki sesuai dengan perkembangan budaya di tanah Jawa pada masa tersebut.

Pengertian wanita bahasa Sansekerta adalah yang diinginkan. Istilah wanita terdengar lebih elegan dan indah.


Istri

Wanita yang telah menikah mempunyai peran mengelola rumah tangga dan mendidik anaknya. Tentu saja hal ini membutuhkan peran suami juga. Namun, karena kesibukan mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya, seolah-olah suami merasa kewajibannya hanya memberikan nafkah dan mengabaikan peran lainnya sebagai pendidik keluarganya. Hal ini yang kadang membuat istri tertekan karena merasa berjalan sendiri.

Kadangkala, istri juga melakukan suatu kesalahan dan hal ini menjadi tanggung jawab suami untuk menegur, mengingatkan dan mengarahkan kembali istrinya kembali ke jalan yang lurus. Namun, untuk menegur tidak dilakukan dengan kekerasan, tetapi dilakukan dengan cara yang baik dan lemah lembut.

Istri yang mendapatkan perilaku baik dari suaminya akan menunjukkan perilaku baik pula. Suami yang peka terhadap kebutuhan istri dan anak-anaknya dan mencintai istrinya dengan tulus akan mendapatkan cinta sepenuh hati dari istrinya.


cara suami mendapatkan cinta istri


Sikap Suami Agar Mendapatkan Cinta Istri Sepenuh Hati

Wanita adalah makhluk yang haus akan perhatian, tak terkecuali saat sudah menjadi istri. Seiring bertambahnya usia pernikahan, biasanya keromantisan akan berkurang. Bagaimana agar suami mendapatkan cinta istri sepenuh hati?

Memberikan perhatian sederhana

Perhatian kecil dan sederhana adalah energi untuk menjalani peran istri di rumah yang begitu banyak. Contoh perhatian yang mungkin dapat diberikan jika istri mengeluh capek, suami mengingatkan untuk beristirahat. Jika istri terlambat makan, suami memberikan nasihat pentingnya makan tepat waktu.

Membantu aktivitas mengurus rumah tangga

Bantuan suami untuk berbagi tugas mengurus rumah tangga sangat diharapkan istri, apalagi jika mempunyai anak berusia bayi atau balita. Bantuan yang dapat diberikan misalnya memandikan anak, berbagi peran pengasuhan.

Memberikan apresiasi

Suami yang memberikan apresiasi secara langsung dengan cara mengucapkan terima kasih atas jerih payah istri mengurus anak dan rumah tangga, akan membuat istri merasa dihargai dan disayangi. Selain itu ungkapan apresiasi akan menjadi suntikan semangat bagi istri. Apalagi jika istri adalah ibu rumah tangga yang jarang mendapatkan penghargaan dari masyarakat atas kerja kerasnya.

Romantisme

Impian setiap wanita yang sering dipendam dalam dirinya adlaah memiliki pasangan yang romantis. Mengobrol berdua dengan menyadarkan kepala di dada suami adalah hal romantis bagi istri. Mengirimkan pesan pendek yang menyatakan bahwa suami mencintainya. Mengecup kening istri.

Kesetiaan

Istri mungkin akan meletakkan kesetiaan sebagia prioritas kebutuhannya dala pernikahan. Tujuan pernikahan adalah untuk saling melengkapi antara pasangan. Perbedaan yang ada dapat dikomunikasikan, bukan diperdebatlan. Suami yang tidak setia adalah hal yang sangat menyakitkan bagi istri. 

pernikahan

 

Penutup

Perhatian dan kasih sayang suami pada istri tidak hanya membuat istri bahagia dan tak kuasa menolak permintaan suami, tetapi juga membuat istri berinisiatif untuk mulai menyenangkan suami. 



Referensi

  1. Inilah Jalan Surgamu, Proses Ketaatan Istri Pada Suami; Ani Christina, dkk,; Insan Paripurna, 2022
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Perempuan

32 komentar

  1. Benar. Wanita ingin dimengerti. Wanita sanggup ngerjain semua hal berat. Tapi kalau suaminya ga pengertian, wanita bisa depresi, hiks. Tapi penting juga untuk saling mengerti jangan hanya salah satu saja yang dituntut.

    BalasHapus
  2. Suami yg memuliakan istrinya memang laki2 yg luarbiasa, krn sesungguhnya tak mudah untuk meredam ego yg besar yg dimiliki lelaki. Karena wanita ingin dimengerti. Emng vokalis ada band kuliah dmn mba 🤭

    BalasHapus
  3. Betul betul betul nih, wanita emang hanya ingin dimengerti apalagi saat pengen jajan terus dikasih duit warna merah berlembar lembar, hehehe. Yang paling utama sih tentu aja dimengerti perasaannya dan dibantu tugas domestiknya. Alhamdulillah sih saya dan suami berkesalingan, meski proses sampai titik ini juga gak sebentar. Intinya memang saling memahami apa, antara pria dan wanita apalagi dalam sebuah hubungan.

    BalasHapus
  4. Karena wanita ingin di mengerti... Awal membaca lirik di pembukaan tulisan ini jadi otomatis bernyayi. Sebagai duaminharus mrmiliki kepekaan terhadap pasangan ya

    BalasHapus
  5. Setuju banget. Sebagai wanita, kita emang ingin dimengerti. Nggak ngomongin siapa-siapa sih? Soalnya aku juga begitu. Hehehehe

    BalasHapus
  6. Lagu favorit jaman dulu haha.. padahal gampang banget ya ngertiin istri mah, ga tau apa yang jadi ribet hahah

    BalasHapus
  7. Setuju banget kak, wanita itu kalau udah dimengerti sama pasangannya bisa ngerasa jadi wanita paling beruntung di dunia hehe

    BalasHapus
  8. apa cuma aku doang yg baca intro artikelnya sambil nyanyi hhahahaha.
    bener bgt. Dengerin tuh wahai lelaki!

    BalasHapus
  9. auto nyanyi di bagian lirik lagu Ada Band wkwkwk
    setuju banget nihh memang menjadi perempuan khususnya Ibu itu tidak mudah, banyak banget tanggung jawab yang harus diemban.. makanya seorang perempuan itu perlu support system seperti suami dan keluarga terdekat yaa

    BalasHapus
  10. Karena memang perlu dipahami dan dimengerti agar komunikasi lancar

    BalasHapus
  11. Setiap wanita itu ingin dimengerti. Suami harus belajar peka dan memahami istrinya tanpa harus bertanya kamu kenapa dik?

    BalasHapus
  12. Dalam pernikahan sikap yang harus dikedepankan adalah saling memberi, bukan saling menuntut. Maka penting sebelum pernikahan ada kursus yang mengenal kan hak dan kewajiban masing-masing. Jadi nanti tidak akan ada ungkapan wanita ingin dimengerti karena sudah dilakukan atau didapatkan, hehe.

    BalasHapus
  13. Artikel yang bagus. Mengingat pembaca terutama laki-laki agar menghargai perempuan eh wanita. Salah satunya dengan mengapresiasi.

    BalasHapus
  14. q jadi ikut nyanyi mbak, klo semua wanita diperlakukan seperti ini, gak akan ada lagi ya mbak peristiwa-peristiwa yang menyiksa anak, dsb.

    BalasHapus
  15. Ada yang bilang kalau suami membawa pangkat, maka istri membawa sifat. Karena umumnya seorang anak lebih dekat dengan ibunya ketimbang bapaknya. Anak pastinya lebih sering bersama ibunya setiap harinya, tidak heran jika dibilang sifat seorang ibu akan menurun ke anaknya.

    BalasHapus
  16. Suami bisa bahagia dengan membahagiakan istri, tiba-tiba muncul kata kata ini. Memang sebuah pernikahan butuh 2 orang yang sejalan untuk mengarungi rumah tangga.

    BalasHapus
  17. Semogaaa semakin bertambahnya usia pernikahan, suami dan istri bisa saling memahami ya.
    bener2 kudu mengerti satu sama lain dan saling berkompromi

    BalasHapus
  18. Baru baca bagian awal aja auto nyanyi saya hihi
    Setuju jika perhatian dan kasih sayang suami pada istri bikin bahagia dan dan bisa membuat istri berinisiatif untuk mulai menyenangkan suami.

    BalasHapus
  19. terimakasih kembali diingatkan... untuk menjadi suami yang baik memang tidak mudah butuh peran serta dari pasangan juga... dan pada akhirnya rumah tangga yang utuh adalah adanya keterbukan dan saling support dari pasangan,...

    BalasHapus
  20. Sudah banget lho mendapatkan suami yang kriterianya bisa mendapatkan cinta dari istri ini. Satu saja untuk bisa mengerti, wah setengah mati bisa mendapatkan. Apalagi laki laki banuaknya cuek. Ya meski ada yg perhatian, tapi yaitu tadi susah....

    BalasHapus
  21. Jadi ikutan nyanyi Mbak.. :) Perkara wanita ini memang rumit hehehe. Saya yang wanita saja ikut bilang begitu. Setelah pernikahan, ternyata masih panjang jalan penyesuaian dan saling belajar antara suami dan istri ya Mbak..

    BalasHapus
  22. Jadi tahu detainya bagaimana wanita ingin dimengerti

    BalasHapus
  23. Auto nyanyi dong yang di paragraf awal hahaha, Ada band fans gituu >.<
    Tapi emang iya bener secara fitrah perempuan sama plek deh sama yang dinyanyikan hihi

    BalasHapus
  24. Mewakili perasaan wanita sekali lagu Ada band zaman baheula >,<

    BalasHapus
  25. Lagu yang menghiasi jaman SMP-ku mbak, hehe. Sebagai seorang istri juga harus mau megutarakan ke suaminya pengennya seperti apa. Soalnya laki-laki belum tentu bisa menangkap kode-kode yang dilempar istri, hehe.

    BalasHapus
  26. Wah, Donnie Sibarani anak Unair to? Emang bener sih, perempuan itu cuma minta dimengerti dengan cara yang sesuai dengan love languagenya.

    BalasHapus
  27. Baca pembukanya ku kira puisi, pas dibaca eh auto nyanyi 😂
    Memang wanita ingin dimengerti kau gimana juga hihi

    BalasHapus
  28. saya auto nyanyi mba gara-gara ada liriknya hehe tapi emang bener wanita itu ingin dimengerti meskipun diem aja ppengennya orang lain paham apa yang diinginkan,

    BalasHapus
  29. Baca judulnya, auto nyanyi ya mbak
    Wanita emang ingin dimengerti
    Agar terwujud, perlu komunikasi produktif ya mbak

    BalasHapus
  30. Pas baca awal artikel, serasa pernah tau liriknya. Kukira puisi mba, eee ternyata memang beneran lagunya Ada Band hehehee...

    Semakin berumur, semakin lama usia pernikahan, kadang romantisme jadi luntur. Tapi tetap ada kok saat-saat bonding masih melekat dan bisa happy happy berdua dengan pasangan.

    BalasHapus
  31. karena wanita penuh kode dan ingin dimengerti tanpa menerjemahkan kode hehe, para suami pun bingung dan akhirnya keliatan kayak cuek 😁 masih belajar juga nih mbak 😇

    BalasHapus
  32. wkwkwk, auto nyanyi juga spt komen-komen di atas...pantesan kok berasa familiar sama kata-katanya.
    Ciyeee, sekampus sama Donni nih yeee, wkwkwk...
    Iya wanita emang ingin selalu dimengerti, tapi laki-laki gak pintar baca kode, hahaha.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih