Bento, Salah Satu Cara Alami Agar Anak Lahap Makan

Kamis, 21 Maret 2024

 

Cara Alami Agar Anak Lahap Makan

Anak yang susah makan kerap membuat orang tua merasa bingung mencari cara bagaimana caranya agar anak mau makan. Berbagai cara ditempuh baik itu cara alami agar anak lahap makan hingga ada juga yang memanfaatkan asupan penambah nafsu makan. 

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena orang tua tidak ingin anaknya mengalami kekurangan nutrisi apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah. Baik nutrisi anak usia sekolah atau anak belum sekolah, pemenuhan gizinya pun tetap wajib dipenuhi agar tidak mengganggu proses tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, orang tua harus dapat memperkirakan asupan nutrisi anak agar nutrisi yang dikonsumsi tidak kurang dari kebutuhan nutrisi hariannya. Setiap anak membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatannya. 

Adakah cara alami agar anak lahap makan? Tentu saja ada. Simak artikel ini hingga akhir ya.


Cara Alami Agar Anak Lahap Makan

Nafsu makan anak yang menurun hingga susah makan tentunya akan membuat orang tua panik dan cemas. Namun, ada juga tipe anak yang pemilih dalam hal makanan atau biasa disebut picky eater. Anak tipe ini biasanya hanya mau mengonsumsi makanan jenis tertentu.

Saatnya orang tua beraksi untuk membuat anak lahap makan. Coba cara alami agar anak lahap makan berikut ya :


Menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik

Sajian makanan dengan bentuk yang lucu dan unik akan menarik perhatian anak, misalnya nasi putih yang dibentuk bulat atau dibentuk karakter lucu. Pemilihan sayur berwarna juga dapat membuat makanan tampak lebih menarik.

Ibu juga dapat berkreasi memadukan aneka macam bahan sehingga menjadi menu favorit ananda. Salah satu resep andalan saya saat anak sedang susah makan adalah makaroni keju, yang berisi makaroni, aneka protein dan sayur dipadukan dengan parutan keju dan susu.


Ajak anak untuk menyiapkan makanan

Dengan mengajak anak meyiapkan makanan, umumnya dia akan bersemangat menikmati makanan hasil karyanya. Walaupun keterlibatannya dalam proses pembuatan minim, anak akan tetap semangat mengonsumsi hasil karyanya.

Anak juga dapat dilibatkan menyusun menu masakan harian hingga membersihkan meja makan setelah makan bersama selesai. Tentunya hal ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak.


Ajak anak untuk menyusun menu makanan

Ajak anak berdiskusi untuk menyusun menu makanan yang ingin dimakannya. Mungkin cara ini dapat mengurangi rasa bosan terhadap menu makanan tertentu. Dari kegiatan ini mungkin ada ide untuk mencoba resep baru yang nantinya dapat menjadi menu favorit keluarga.

Saya pun pernah mencoba hal in dan akhirnya menemukan resep favorit keluarga kami, sekaligus dapat meningkatkan bonding dengan anak.


Kondisikan waktu makan menyenangkan bagi anak

Saat makan adalah salah satu saat yang menyenangkan, sebaiknya saat ini hindari penggunaan gadget. Walaupun dengan alasan agar anak mau makan. Alih-alih anak mau makan, justru dia akan asyik dengan gadgetnya dan tidak menikmati makanan yang terhidang di hadapannya.


Memberikan contoh pada anak

Anak ibarat spon, dia akan menyerap semua informasi dari lingkungan sekitarnya. Begitu pula dengan pola makan orang tua. Orang tua dapat menjadi role model atau contoh bagi anak untuk mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan.

Umumnya orang tua yang picky eater, anak pun juga melakukan hal yang sama. Sehingga dimulai dari orang tuanya terlebih dulu

Cara Alami Anak Lahap Makan


Bento 

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bento adalah bekal makanan ala Jepang, biasanya berisi nasi dan lauk pauk dengan tampilan yang menarik. Di dalam bekal tersebut sesuai dengan konsep one dish meal atau hidangan dengan kandungan gizi lengkap.

Satu paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi ananda, seperti karbohidrat, protein, dan vitamin. Namun, hal ini tidak mutlak hanya untuk bekal, bisa juga dilakukan untuk makanan utama anak-anak.

Jepang dikenal juga dengan seni penyajian makanan yang menarik, tidak hanya bento saja, tetapi jenis makanan lain seperti sushi ataupun hidangan penutup. Rasanya sayang ya untuk mengonsumsinya.

Unsur seni pun tampak dalam penyajian bento, baik komposisi warna, penataan lauk dan sayur, sehingga tidak hanya komposisi gizi, tetapi juga keseimbangan warna dan bentuk menarik menjadi fokus pembuatan bento.

Saat ini tutorial membuat bento berseliweran di media massa. Hal ini juga berlaku untuk perlengkapan membuat Bento. Sobat Dy dapat dengan mudah menemukan dan membelinya di swalayan ataupun di market place. Pilihan bentuk dan warnanya pun menarik.


Variasi Bento

Menu bento yang lengkap gizinya ini menjadi alternatif ibu-ibu untuk membuat bekal atau menysuun menu makanan utama. Selain cara membuat bento dan perlengkapan yang digunakan untuk membuat bento, resep bento pun mudah diperoleh di mesin pencari atau aplikasi resep andalan ibu-ibu.

Beberapa variasi bento yang dapat dicoba sebagai berikut:

Nasi goreng telur

Bahan yang digunakan adalah nasi, wortel, kacang polong, telur, bawang merah, bawang putih, saos tiram, kaldu, minyak wijen. Ayam suwir dan sosis bisa digunakan,bisa juga tidak.


Nasi kuning

Bahan yang digunakan sama seperti membuat nasi kuning pada umunya, tetapi nasi dibentuk sesuai selera dan dapat ditambahkan lauk lainnya dan ditata semenarik mungkin.


Bento 4 sehat 5 sempurna

Bahan yang digunakan nasi putih atau nasi goreng yang dibentuk dengan cetakan bento. Kemudian ditambahkan wortel atau brokoli atau kembang kol rebus. Tambahkan pula buah siap makan, seperti anggur, kelengkeng kupas, jeruk kupas, atau potingan buah lainnya.

Lauk yang digunakan dapat berupa sate sosis keju atau nuget sayur. Kemudian tambahkan susu sebagai pelengkap.


Sebetulnya masih banyak lagi variasi bento yang dapat dipilih. Saya pun sampai sekarang masih mencari alternatif sebagai variasi menu anak-anak. Lebih seru lagi jika mencari resepnya bersama anak-anak dan mengeksekusinya bersama-sama. Mereka akan puas dengan hasil karyanya, saya pun jadi lega dan puas rasanya.


Penutup

Banyak hal yang dapat memengaruhi nafsu makan anak. Beberapa cara dapat dipilih untuk meningkatkan nafsu makan anak berdasarkan penyebab menurunnya nafsu makan anak.

Tidak ada salahnya mencoba membuat bento yang merupakan salah satu cara alami agar anak lahap makan. Bentuknya yang menarik akan menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Cerita yuk di kolom komentar pengalaman Sobat Dy agar anak lahap makan.

9 komentar

  1. Bener, Mbak. Tampilan bento buat anak-anak lebih menggugah selera. Lebih yummmiiii.. ^^

    BalasHapus
  2. Ah bentoo...ini mah kesukaan anak saya banget dulu waktu mereka kecil..no GTM deh kalau makan zama bento...hap..hap lahap makannya

    BalasHapus
  3. tak kira bento judul lagu, eh ternyata bento bekal makanan ya hehehe, kreasi makanan bekal yang asik dan cantik pasti membuat anak-anak jadi lahap makannya, nice info mbak, terima kasih

    BalasHapus
  4. Anak-anak memang kadang banyak yang memilih makan makanan teetentu. Di rumah saya suka mengkreasikan makanan saat akan diberikan ke anak-anak. Lihat bentuk dan tampilan yang lucu, menarik saja sudah membangun semangat anak buat makan dengan lahap. Menjadi orang tua memang harus kreatif

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah anak-anak tidak mengalami kesulitan ketika diajak makan. Bagi orang tua, hal seperti itu saja sudah menjadi kebahagiaan, ya. Karena memang masih banyak anak-anak yang susah diajak makan.
    Untuk ayah bunda yang punya anak susah lahap makan, tetap semangat dan mencari cara agar anak-anak mau makan, yang salah satunya bisa dengan Bento. Cara menyajikan makan dengan Bento ini salah satu yang recommended memang. Bentuknya lucu-lucu, anak-anak biasanya banyak yang suka

    BalasHapus
  6. sebenarnya menarik ya mbak, bikin bento buat anak. Bikin tips dong mbak, biar anak mau nyoba. Sudah pernah bikinin tapi malah enggak mau.

    BalasHapus
  7. Penyajian makanan salah satu faktor penting juga ya mbak untuk menggugah selera nafsu makan anak. Kita saja yang dewasa rasanya jadi laper kalau lihat sajian makanan yang menarik. Sama halnya dengan anak.

    BalasHapus
  8. Hehe nggak kepikiran gini ya,, emang anak anak suka yang berbau kreatif gini ya mbak.. makasih idenya. solanya anak itu emamng susah kali makan yg sehat

    BalasHapus
  9. Betul, Mbak, tampilan menarik memang sangat berpengaruh pada nafsu makan anak. Jangankan bento yang lucu-lucu, yang sederhana pun bisa membuat anak lahap. Contohnya, hanya dengan ditambah nori dan telur yang diiris panjang.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih