Pilihan Tempat Outbond Anak TK Di Jawa Timur

Jumat, 29 Maret 2024

Pilihan Tempat Outbond Anak TK Di Jawa Timur


Beberapa waktu yang lalu, saya dan wali murid anak kelas TKA dan TKB di sekolah anak bungsu saya dikumpulkan. Agendanya adalah memilih tempat
outbond anak TK di Jawa Timur ini. Beberapa alternatif pun ditawarkan kepada kami.

Selain itu, untuk menghemat biaya, pihak sekolah juga menawarkan outbond dilakukan mandiri oleh anak-anak, hanya didampingi oleh guru TK dan guru PG saja. Sebagian besar wali murid sebetulnya setuju saja dengan usulan ini, tetapi pertanyaan kami kembalikan lagi ke sekolah. Apakah tim guru sanggup untuk menangani murid-murid yang masih kecil ini.

Kegiatan outbond di sekolah anak saya ini sebetulnya merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya. Begitu pula yang dialami anak sulung dan anak tengah saya saat masih bersekolah di sana. Namun, saat anak tengah bersekolah di sana bersamaan dengan pandemi yang melanda Indonesia. Sehingga kegiatan outbond ditiadakan. Dia hanya mengalami satu kali outbond saat TK B, dimana pandemi sudah mereda dan kegiatan outbond sudah diperkenankan lagi.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal, pihak sekolah menawarkan beberapa tempat outbond anak TK di Jawa Timur mengerucut menjadi outbond di Sidoarjo atau Surabaya yang dapat ditempuh dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Pilihan tersebut jatuh di Kebun Binatang Surabaya dan kolam renang di perumahan Istana Mentari.


Tempat Outbond Anak TK di Jawa Timur

Berikut rekomendasi tempat outbond di anak TK di Jawa Timur :

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau Surabaya Zoo terletak di Kecamatan Wonokromo kota Surabaya merupakan kebun binatang yang cukup dikenal di Indonesia. Selain itu pada periode 1957 hingga 1970 Suarabaya Zoo menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. 

Dengan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 pengunjung dapat menikmati fasilitas spot foto instagramable, tempat ibadah, toko souvenir, berbagai wahana binatang. Kebun Binatang Surabaya merupakan media edukasi tentang binatang yang lengkap. 

Kebun Binatang Surabaya

Berbagai wahana yang dapat dikunjungi adalah:

-Aquanoctudio Park

-Animal Edutainment

-Kids Zoo

-Wisata perahu

-Tunggang unta

-Tunggang gajah

-Foto bersama satwa

-Feeding satwa

-Animal story

-Kolam renang

Selain tiket reguler, pengelola juga menyediakan Paket Edukasi untuk rombongan siswa dengan harga Rp. 50.000 hingga Rp. 125. 000. Rombongan akan didampingi pemandu yang menjelaskan informasi terkait koleksi hewan yang ada di Surabaya Zoo. Pilihan Paket Edukasi ada yang termasuk makan siang dan ada yang tidak.


Makoya Pandaan

Makoya merupakan tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Fasilitas yang tersedia yaitu rumah makan, kolam renang dan outbond. Dengan tiket seharga Rp. 20.000 pengunjung dapat menikmasti fasilitas kolam renang, terapi ikan, dan gazebo.

Makoya Pandaan
Sedangkan untuk fasilitas outbond akan dipandu oleh Provider Metro Outbond yang berpengalaman dan profesional. Paket Outbond yang ditawarkan pun bervariasi mulai Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.


Telogo Sewu Pandaan

Telogo Sewu Pandaan terletak di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Telogo Sewu merupakan tempat wisata yang menggabungkan kolam renang dengan wahana permainan.

Telogo Sewu Pandaan

Dengan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 pada weekdays dan Rp. 20.000 pada weekend pengunjung dapat menikmati fasilitas kolam renang. Jika pengunjung ingin menikmati wahana bermain lainnya, pengunjung dapat membeli tiket dengan harga bervariasi.

Paket outbond yang ditawarkan bervariasi yaitu Rp. 80.000 hingga Rp. 100.000 dan akan dipandu oleh Provider Metro Outbond.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati wahana sepeda air, terapi ikan, tunggang kuda, waterboom, sepor kelinci, pesawat Dufan, playground anak, motor ATV dengan kisaran harga Rp. 8.000 hingga Rp. 20.000.


Sebani Waterpark Pandaan

Sebani Waterpark terletak di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Tidak hanya menyediakan kolam renang dan area outbond. Di Sebani juga tersedia Rainbow Slide yang fenomenal.

Sebani Waterpark Pandaan


Paket outbond yang ditawarkan Rp. 100.000 hingga Rp. 135.000. Dengan tiket masuk Rp. 15.000 pengunjung dapat menikmati fasilitas musala, gazebo, spot foto, kantin, play groound, area parkir, toilet, hall pendopo, toko oleh-oleh.


Bernah de Vallei Pacet

Bernah de Vallei Pacet terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Sebuah tempat wisata alam dan outbond yang viral di Mojokerto. Tempat wisata ini terletak di tengah hutan pinus dan udaranya sejuk.

Bernah de Vallei Pacet

Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp. 7.000. Jika pengunjung tidak membawa kendaraan sendiri, dapat menggunakan jasa shuttle bus dengan tarif Rp. 5.000. Wahana yang disediakan di antaranya :

-Kolam Renang (air sumber dari gunung)

-Sungai

-Pendopo / Masjid

-Kamar Mandi / Toilet

-Food Court

-Taman Kelinci

-Skuter Anak

-Camping Ground Luas

-Rute  Trekking / Hash / Jelajah Alam

-Ground Outbound

-Lokasi Tanam Pohon

Harga tiket tiap wahan bervariasi, ada pula yang tidak berbayar.


Parimas Waterpark Pacet

Sesuai dengan namanya, Parimas Waterpark Pacet terletak di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Sebuah tempat wisata kolam renang dan lokasi outbond anak. Dengan tiket masuk Rp. 30.000 pengunjung dapat menikmati berbagai wahana di anataranya :

-Parimas Pool

-Baby Shark Pool

-Kura-Kura River

-Bluefish Pool

-Menara Parimas

-Parimas Park

-Outbound Area

-Camping Ground

-Flying Fox

-Highrope Mini

Parimas Waterpark Pacet

Paket Outbond yang disediakan bervariasi dan berlangsung sekitar 6 jam dari pukul 9 pagi hingga 3 sore.


Selecta

Saya sudah lama mengenal Selecta, sejak saya masih bersekolah di TK, wahana wisata ini sudah ada. Terletak di Jalan Raya Selecta no 1, desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur ini mudah dijangkau. 

Selecta Batu


Selain tempat wisata, Selecta juga dilengkapi dengan hotel, sehingga pengunjung tidak perlu repot untuk mencari tempat bermalam. Tiket masuk Selecta dibandrol Rp. 50.000. Ada berbagai wahana yang tersedia, di antaranya:

-Family coaster

-Bianglala

-Tagada

-Mobil ayun

-Sky bike

-Cinema 4D

-Flying fox

-Perahu ayun

-Sepeda air

-Kuda keliling

-Kiddie ride

Harga tiap wahana bervariasi mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000. Selain berwisata, pengunjung juga dapat menikmati paket outbond. Hal ini juga dilakukan di sekolah dasar anak ssulung dan tengah saya bersekolah.

Pihak sekolah memilih Selecta sebagai area pembelajaran outdoor. Banyak kisah seru yang mereka ceritakan sepulang dari sana, karena sda beberapa perubahan wahana yang tersedia dibandingkan saat mereka berkunjung sebelumnya.


Beberapa rekomendasi tersebut dapat menjadi alternatif pilhan untuk melakukan kegiatan outbond anak TK.


Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Saat Outbond

Agenda kegiatan outbond yang dilakukan anak saya adalah belajar tentang hewan dan berenang. Oleh karena itu saya menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam satu tas yang dapat dibawanya sendiri, mengingat anak saya masih berusia TK dan tidak memungkinkan dia membawa dua tas atau lebih dari itu.

Selain itu, saya juga memberi nama pada semua pakaian dan peralatan yang dibawanya. Pemberian nama ini bertujuan untuk memudahkan anak saya mengenali barang bawaannya dan mencegah tertukarnya dengan anak lain.

Berikut perlengkapan yang perlu dibawa saat saat outbond

1. Baju ganti

2. Perlengkapan mandi

3. Handuk kecil

4. Tas plastik untuk tempat baju kotor

5. Makanan ringan


Manfaat Kegiatan Outbond Bagi Anak

Sependek yang saya tahu, kegiatan outbond tidak hanya dilakukan di sekolah TK anak saya, tetapi juga dilakukan di sekolah TK lainnya. Anak saya yang sudah SD pun juga mengadakan  kegiatan outbond dan masuk dalam agenda tahunan.

Mengapa kegiatan outbond menjadi kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun? Karena kegiatan outbond mempunyai beberapa manfaat. Berikut manfaat kegiatan outbond untuk anak:

Menumbuhkan kepercayaan diri

Sebuah permainan outbond yang telah disiapkan panitia dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak karena anak yang telah menyelesaikan permainan akan membuat hatinya senang. Hal ini meningkatkan kepercayaan diri anak.


Membangun kerjasama dengan teman

Pada permainan tertentu membutuhkan kerjasama antar teman dalam satu timnya. Sehingga anak dan timnya dapat menyelesaikan permainan dengan baik.


Mengembangkan kemampuan sosial

Permainan yang disiapkan oleh tim oubond dapat mengembangkan kemampuan sosial anak melalui permainan. Anak akan berinteraksi dengan teman-temannya untuk menyelesaikan permainan. Sehingga secara  tidak langsung kemampuan sosial anak akan meningkat.


Menghilangkan kejenuhan dan Menjadi sarana hiburan

Proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas, salah satunya adalah kegiatan outbond. Selain itu, kegiatan outbond juga menjadi sarana hiburan bagi anak-anak sekaligus menghilangkan kejenuhan. Anak dapat belajar sambil bermain.


Menumbuhkan rasa cinta pada alam dan lingkungan

Kegiatan outbond yang dilakukan di alam terbuka akan mendekatkan anak dengan alam. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, suasana alam yang tenang, interaksi langsung dengan hewan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Anak mempunyai kesempatan untuk menikmati keindahan alam secara langsung.


Menstimulasi tumbuh kembang anak

Kegiatan outbond melibatkan dua aspek penting dalam tumbuh kembang anak, yaitu kekuatan fisik dan motorik anak. Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka memberi anak ruang gerak yang bebas serta menstimulus motoriknya dengan melakukan gerakan yang telah disusun tim pendamping outbond.


Melatih kemandirian

Melatih anak mandiri sehingga anak dapat menjadi pribadi yang tangguh, percaya diri, mandiri dan pantang menyerah.


Kesimpulan

Jawa Timur mempunyai banyak alternatif tempat untuk melakukan kegiatan outbond anak TK, Tentunya saat memilih lokasi perlu mempertimbangkan beberapa hal. Rekomendasi tempat outbond anak TK di Jawa Timur ini semoga memudahkan untuk memilihnya ya. 


Referensi

https://tkistiqamah.com/6-manfaat-penting-outbound-anak/

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih