Mengapa Gigi Bayi 1 Tahun Rusak?

Selasa, 19 Maret 2024

 

Mengapa Gigi Bayi 1 Tahun Rusak

Apakah gigi anak Sobat Dy ada yang tampak menguning, keropos, atau tampak ada bintik hitam yang mengindikasikan gigi anak berlubang? Apakah hanya terjadi pada gigi anak di atas tahun? Adakah yang mengalami jika gigi bayi 1 tahun rusak juga?

Beberapa hal tersebut mungkin merupakan indikasi jika ananda mengalami masalah gigi.  Saya pernah mengulas tentang mengenali penyebab karies gigi pada anak secara umum. Namun, mungkinkah  kerusakan gigi juga terjadi pada anak yang berusia 1 tahun?

Mungkin sebagian dari Sobat Dy berpendapat bahwa anak di bawah usia 2 tahun tidak mungkin mengalami kerusakan gigi, karena belum banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan gigi rusak.

Daripada bertanya-tanya, mari kita cari tahu bersama tentang penyebab dana bagaimana cara merawat gigi bayi 1 tahun rusak. Simak hingga akhir artikel ini ya.


Fase Pertumbuhan Gigi Bayi

Dikutip dari halaman Siloamhospital.com bahwa pertumbuhan gigi bayi telah dimulai sejak bayi masih berada dalam kandungan. Namun, pertumbuhan giginya belum sempurna. Gigi tersebut masih tersembunyi dalam gusi. Tanda-tanda atau indikator pertumbuhan gigi di antaranya gusi kemerahan dan membengkak.

Berikut fase pertumbuhan gigi bayi:

Usia 5 bulan

Umumnya pada bayi usia 5 bulan pertumbuhan gigi dimulai. Namun, indikasi pertumbuhan giginya mungkin tampak sebelum usianya 5 bulan. Pertumbuhan gigi bayi ada juga yang tumbuhnya lebih lambat, sekitar usia 6 atau 7 bulan.


Usia 6-10 bulan

Dua gigi seri pada bagian rahang bawah umumnya tumbuh terlebih dahulu pada usia 6 bulan. Kemudian disusul dua gigi seri depan pada rahang atas pada usia 7-10 bulan. Namun, ada juga bayi yang melalui tahapan ini pada usia 8-12 bulan.


Usia 9-16 bulan

Pada rentang usia ini, dua gigi seri samping yang mengapit gigi seri depan baik rahang atas maupun rahang bawah mulai tumbuh. Usia yang tepat untuk melakukan pemeriksaan pertama kali ke dokter gigi


Setelah pertumbuhan gigi seri lengkap, dilanjutkan pertumbuhan gigi geraham depan, gigi taring dan gigi geraham belakang secara bertahap hingga usia 3 tahun. Pertumbuhan gigi awal atau yang biasa disebut gigi susu ini akan bertahan hingga usia  anak sekitar 7 tahun sebelum tergantikan gigi permanen.

Walaupun pertumbuhan gigi anak bersifat sementara hingga usianya sekitar 7 tahun, tetapi perawatan gigi tetap perlu dilakukan sejak dini agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal.


Fungsi dan Jenis Gigi

Pada tahapan pertumbuhan gigi yang disampaikan sebelumnya, gigi seri tumbuh pertama kali, kemudian disusul jenis gigi lainnya. Berikut fungsi dan jenis gigi yang perlu diketahui:

Gigi seri

Gigi seri merupakan 4 gigi yang berada di bagian depan baik rahang atas maupun rahang bawah. Fungsinya untuk menggigit makanan.


Gigi taring

Gigi taring berjumlah 4 buah yang mengapit gigi seri yang terletak di rahang atas dan bawah. Fungsinya untuk memotong dan mengoyak makanan.


Gigi geraham depan atau gigi premolar

Gigi geraham depan berjumlah 4 buah yang terletak setelah gigi taring bagian atas dan bawah. Fungsinya untuk menghancurkan dan menghaluskan makanan.


Gigi geraham belakang atau gigi molar

Gigi geraham belakang berjumlah 4 buah, terletak pada bagian belakang rahang atas dan bawah berdampingan dengan gigi geraham depan. Ukurannya lebih besar dibandingkan gigi geraham depan. Fungsinya untuk menghaluskan makanan.


Susunan gigi susu yang lengkap berjumlah 20 buah dengan 10 gigi terletak pada rahang  atas dan sisanya terletak pada rahang bawah. Walaupun gigi susu ini sementara, tetapi tetap perlu diperhatikan pertumbuhannya.


Penyebab Gigi Rusak


Penyebab Gigi Bayi 1 Tahun Rusak

Salah satu penyebab gigi bayi 1 tahun rusak karena bayi minum susu sambil tidur. Padahal fungsi gigi susu ini banyak sekali, di antaranya membantu bayi untuk mengunyah makanan, berbicara, tersenyum, dan memberi ruang di rahang untuk pertumbuhan gigi permanen yang tumbuh di bawah gusi.

Cukup banyak manfaat gigi susu pada bayi dan anak-anak sehingga sangat disayangkan jika gigi susu tersebut rusak. Berikut penyebab gigi bayi 1 tahun rusak:

Minum susu dari botol

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh para ibu adalah memberikan susu untuk menidurkan bayi dan tidak melepaskannya karena khawatir nanti bayi akan terbangun. 


Bakteri yang menempel pada gigi

Bakteri yang merusak gigi adalah jenis bakteri yang menghasilkan asam yang perlahan-lahan akan merusak gigi bayi. Bakteri ini dapat berasal dari penggunaan alat makan atau alat minum yang digunakan bersama orang dewasa di sekitar bayi. Sehingga air liurnya masuk ke mulut bayi bersamaan dengan alat makan tersebut.


Paparan makanan yang mengandung karbohidrat

Paparan karbohidrat yang berasal dari gula dan pati dalam durasi waktu yang cukup lama akan menyebabkan bakteri yang biasanya berada di dalam mulut mengubah makanan yang tertinggal pada gigi menjadi asam. Lama kelamaan asam tersebut akan merusak gigi sehingga gigi membusuk.


Perawatan Gigi Bayi 1 Tahun Rusak

Serangkaian perawatan gigi bayi 1 tahun yang rusak pun diperlukan agar gigi bayi tidak semakin parah sehingga dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Berikut beberapa perawatan gigi bayi 1 tahun rusak :

Menggunakan sikat gigi khusus anak

Desain dan bahan sikat gigi untuk anak dirancang sesuai dengan ukuran dan bentuk gusi maupun gigi anak, sehingga anak lebih nyaman menggunakannya. Jangan menggunakan sikat gigi orang dewasa untuk anak, karena akan menyakitinya.


Menggunakan pasta gigi anak

Pasta gigi anak dilengkapi dengan warna, aroma dan rasa buah-buahan yang dapat menarik minat anak. Selain itu kandungan fluoridenya rendah. Walaupun pasta gigi anak didesain khusus untuk anak, perlu diperhatikan juga agar pasta gigi tidak tertelan oleh anak.


Menggunakan baking soda dan air untuk menggosok gigi

Baking soda yang dilarutkan dengan sedikit air dapat digunakan sebagai alternatif lain pasta gigi. Caranya dengan mencelupkan sikat gigi ke larutan baking soda dan air, kemudian sikat gigi anak.


Mengusap gusi dengan kain atau kassa basah

Bagian gigi lain dari gigi yang keropos sedikit demi sedikit akan hilang dengan berjalannya waktu, tetapi umunya tidak sampai akar gigi. Akar gigi akan tanggal sesuai tahapan usianya. Namun, gigi yang keropos juga berakibat pada gusi, oleh karena itu jika saat menggosok gigi dan gusi terasa sakit, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kain atau kassa basah.


Menggosok gigi dengan lembut

Menggosok gigi dengan gerakan yang keras mungkin dapat menimbulkan rasa sakit bahkan melukai gusi anak. Oleh karena itu lakukan dengan lembut dan dengan cara yang  menyenangkan agar anak nyaman saat menggosok gigi.

Perawatan Gigi Bayi Rusak

Ternyata bayi berumur 1 tahun pun dapat mengalami kerusakan gigi.  Oleh karena itu perlu untuk mengetahui penyebab gigi bayi rusak dan bagaimana cara merawat gigi yang rusak tersebut. Semoga artikelnya bermanfaat ya.

Apakah Sobat Dy pernah memiliki pengalaman dengan gigi bayi 1 tahun rusak? Cerita yuk di kolom komentar.


Referensi

1. Gigi Gigis pada Bayi, Mengapa Bisa Terjadi? - https://www.orami.co.id/magazine/gigi-gigis

2. 11 Cara Membersihkan Gigi Bayi 1 Tahun yang Rusak - https://hamil.co.id/bayi/kesehatan-bayi/cara-membersihkan-gigi-bayi-1-tahun

3. Mengenal Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi dan Anak, Sudah Tahu? - https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/fase-pertumbuhan-gigi-pada-anak

9 komentar

  1. Buat newmom yang baru punya baby harus aware banget sampai hal sekecil apapun ya, termasuk masalah gigi. Baru tahu pula kerusakan gigi bisa dialami dari anak usia satu tahun yang mana belum terbiasa makan coklat sama permen yang jadi primadoa kerusakan gigi anak-anak hihihi.

    BalasHapus
  2. Pas banget kemarn habis ngulik informasi tentang gigi anak
    Aku nerapin yg pakai kasa dl buat seka gigi stelah makan atau pas mandi, kak.kalau mau pakai pasta gigi berfluoride nunggu gigi dia tumbuh dl. Anakku mash 6 bulan. Jd mash pake kasa. Yah berusaha supaya gak kayak emaknya dulu giginya rusak hehe
    Makash informasinya. Membantu banget

    BalasHapus
  3. Iya nih banyak anak-anak yang masih batita aku lihat giginya pada rusak, salah satunya karena minum susu pake dot sambil tiduran terus jarang sikat gigi, padahal penting banget merawat gigi sejak anak-anak masih kecil agar kebiasaan ini terbawa hingga dewasa.

    BalasHapus
  4. Baru paham saya kalau minum susu sambil tidur bisa merusak gigi. Kalau begini pengetahuan kita akan bertambah dan anak pun bisa punya gigi yang bagus sejak kecil

    BalasHapus
  5. anak pertamaku giginya banyak yang rusak mbak huhu tapi kalau anak ke dua malah sampai umur 5 tahun ini giginya beneran masih bagus. kayaknya si adik ini waktu hamil banyak banget ngambil kalsiumku sementara kakaknya nggak banyak heu

    BalasHapus
  6. Duh, ini pengalaman saya banget Mbak. Anak bungsu giginya geripis alias rusak karena susu. Kebetulan dulu memang saya yang lalai memperhatikan ini. Dari mulai menguning dan akhirnya rusak dan menghitam di beberapa gigi. Menyesal banget rasanya gak merawat gigi anak dengan lebih serius. Di usianya yang semakin besar, akhirnya urusan perawatan gigi ini memang jadi penting banget sih. Terlebih lagi setelah gigi-gigi susunya tambal.

    BalasHapus
  7. Iya nih, gigi anak pertama ku jggak. Caries giliran anak kedua malah gigis. Minum susunya yang keliru sih..

    BalasHapus
  8. Jadi ingat nih kalau keliru menjaga gigi anak sejak kecil
    Jadi ceroboh dan sekarang menyesal deh
    Semoga ke depannya jadi aman gigi-giginya

    BalasHapus
  9. Menggunakan pasta Gigi khusus anak ini memang jadi Salah satu cara ya mbak. Apalagi pasta gigi anak dilengkapi dengan warna, aroma dan rasa buah-buahan yang dapat menarik minat anak.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih