Memasak Daging Steak, Ide Quality Time Bersama Keluarga

Rabu, 21 Juni 2023

 

memasak daging steak

Memasak daging steak bersama, merupakan salah satu ide quality time bersama keluarga, lo. Beberapa waktu yang lalu, kami mengajak anak-anak untuk makan steak saat diajak makan bersama keluarga besar di sebuah restoran yang menyediakan menu steak.

Setelah mencicipi rasa steak, anak tengah menyeletuk ingin, “Kapan-kapan makan steak lagi ya.” Rupanya dia menyukai rasa daging steak. Alhamdulillah menambah satu menu masakan lagi yang dia sukai. Maklumlah dia agak picky eater, jadi harus pintar-pintar mengatur menu agar dia mau makan.

Nah, liburan kenaikkan kelas ini saya berencana untuk memasak daging steak bersama anak-anak. Selain untuk mengajarkan keahlian dasar hidup, kegiatan memasak sekaligus sebagai sarana quality time bersama keluarga.


Quality Time Bersama Keluarga

Harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga. Begitulah sepenggal lagu soundtrack film Keluarga Cemara yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari.

Walaupun sebuah kegiatan sederhana, tetapi jika dilakukan bersama-sama anggota keluarga tentunya akan bermakna dan berkesan, bukan. Setelah beraktivitas seharian di luar, pulang ke rumah dan bermain dengan anak-anak adalah hal yang sangat menghibur dan melepas penat bagi saya dan suami.

Menurut Dr. Gary Chapman, penulis buku Five Love Language, quality time adalah salah satu bentuk penerapan love language atau biasa disebut bahasa cinta. Quality time dapat diartikan sebagai waktu yang digunakan untuk memberikan perhatian dan beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah.

Quality time bersama keluarga jika dilakukan secara rutin mempunyai banyak manfaat, lo, sebagai berikut :

Menguatkan ikatan emosional

Main bareng, ngobrol bareng, beraktivitas bareng akan membuat ikatan emosional satu sama lain semakin kuat. Sesama anggota keluarga dapat saling mengasihi dan memahami satu sama lain. Sekaligus mengutarakan pendapat atau curhat atas permasalahan yang sedang dihadapinya.


Menunjukkan kepedulian

Meluangkan waktu sejenak di sela-sela kesibukkan masing-masing untuk bercengkrama dengan anggota keluarga merupakan wujud kepedulian dan saling menyayangi sesama anggota keluarga.


Mengetahui perkembangan atau prestasi

Seringnya meluangkan waktu untuk keluarga dapat membuat anggota keluarga mengetahui perkembangan masing-masing, karena adanya kepedulian satu sama lain untuk saling mendukung. Hal ini juga termasuk perkembangan kondisi kesehatan masing-masing anggota keluarga.


Meningkatkan kesehatan

Quality time dapat meningkatkan kesehatan keluarga baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Kondisi yang nyaman untuk berinteraksi satu sama lain. Hal ini tentu saja dapat mengurangi risiko stres, gangguan kecemasan.

Hal ini juga berdampak pada kesehatan fisik, lo. Apalagi jika melakukan olahraga bersama dengan keluarga, memasak makanan sehat bersama.


Memasak Daging Steak Bersama

Saya belum mempunyai pengalaman untuk memasak daging steak, jadi ini pengalaman baru untuk saya. Ternyata ada banyak ya jenis daging steak. Dilansir dari situs holycowsteak ada tujuh jenis daging steak yang wajib kita ketahui, diantaranya sebagai berikut :

Tenderloin

Tenderloin merupakan potongan daging pada bagian tengah sapi. Teksturnya lembut dan empuk jika dibandingkan yang lainnya.


Rib Eye

Rib eye merupakan potongan daging yang berasal dari bagian sekitar tulang rusuk sapi. Teksturnya lembut dan empuk mirip tenderloin. Potongan daging jenis rib eye cocok juga disajikan dengan cara direbus, grill atau pun asap.


Sirloin

Sirloin merupakan bagian daging dengan tekstur keras. Lemak yang melapisinya membuatnya terasa juicy dan gurih.


Flank

Flank merupakan bagian daging yang diambil dari otot perut sapi yang berbentuk panjang mendatar. Teksturnya kurang lembut, tetapi jika diolah dengan cara yang benar dapat menjadi sajian yang lezat untuk disantap. Sebaiknya tidak dimasak terlalu matang, cukup medium rare.


Wagyu

Wagyu merupakan daging sapi yang berasal dari Jepang. Warnanya cenderung lebih putih dibandingkan daging sapi pada umumnya. Teksturnya lembut san juicy. Selain itu rasanya pun gurih.


Tomahawk

Tomahawk merupakan potongan daging yang diambil dari bagian tulang rusuk sapi, mirip dengan rib eye. Namun, tomahawk ada tulang yang terikuy di dalamnya.


T-Bone

T-Bone merupakan potongan daging bagian punggung sai yang berbentuk seperti huruf T. Teksturnya berada di antara tenderloin dan sirloin.


Sebetulnya potongan daging steak di atas jika diolah dengan cara yang tepat tentunya akan membuat rasanya semakin nikmat. Selain itu, dengan menggunakan ragam pilihan bumbu akan semakin menambah kelezatan steak.


Menu Favorit Holycow

Sobat Dy, juga dapat menikmati aneka rasa steak di Holycow Steak yang berada di kota besar Indonesia, lo. Yuk intip menu yang menjadi best seller Holycow :


menu daging steak


Holycow’s Tenderloin Steak

Menu ini menggunakan daging wagyu, daging sapi khas Jepang. Lemak khas yang berada di bagian pinggir daging membuat rasanya juicy. Mushroom sauce Holycow dapat menjadi pilihan saus untuk menikmati kelezatannya.


Holycow’s Special Steak

Pada menu kali ini, potongan daging yang disajikan cukup besar. Ditambah jagung dan kentang saat menyantapnya, Sobat Dy akan merasa puas.


The Real Holysteak

Menu ini merupakan steak legendaris Holycow dan salah satu best seller favorit pelanggan. Potongan daging yang besar ditambah bayam dan kentang membuatnya semakin menggoda untuk disantap.


Nasi Gila US Beef

Holycow juga menyediakan nasi sebagai pendamping steak, lo. Salah satunya adalah Nasi Gila US Beef, yang disajikan bersama telur, sayuran, keripik kentang dan nasi tentunya. Porsinya cukup besar, lo. Hati-hati kekenyangan ya.


Bifuteki Steak

Walaupun termasuk menu yang baru, bifuteki steak berhasil menjadi menu favorit berikutnya. Menu ini menggunakan daging wagyu yang dipadukan dengan bumbu tradisional khas Jepang. Buncis dan kentang yang disajikan bersama bifuteki steak akan menambah kenikmatannya.


My First Steak

My first steak merupakan menu steak untuk anak karena porsinya disesuaikan dengan porsi anak. Dagingnya telah dipotong-potong kecil sehingga memudahkan anak-anak untuk menyantapnya. Menu ini juga dilengkapi dengan kentang dan minuman yang menjadi favorit anak-anak.


Fried Iron Steak

Menu fried iron steak menggunakan daging kualitas terbaik yang dipotong tipis. Mushroom sauce dan kentang dapat dipilih untuk melengkapi sajian menu ini.


Fried Mushroom

Fried mushroom merupakan salah satu side dish yang menjadi favorit. Gorengan jamur yang dibentuk bulat ini terasa krispi dan lezat. Pas sebagai teman nongkrong di Holycow.


Bir Pletok Mocktails

Salah satu menu baru dan favorit adalah Bir Pletok Mocktails, perpaduan minuman tradisional dan modern. Minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menghangatkan tubuh.

Masih banyak, lo menu lainnya yang dapat dicoba. Sobat Dy dapat mengunjungi Holycow yang berada di Jakarta, Tangerang, Depok, Bandung, Semarang dan Pekanbaru. Supaya Sobat Dy tidak penasaran dengan rasanya yang yummy, yuk segera kunjungi Holycow terdekat di kotamu.

34 komentar

  1. Saya penggemar steak juga meskipun dah jarang makan steak di resto akhir2 ini. Pilihannya selalu antara tenderloin dan sirloin aja sih

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah samsek masak steak, emang banyakan beli haha. Pankapan pengen beli steak di Holycow, tapi kayaknya kudu ke luar Batam deh. Semoga di Batam segera ada ya.

    BalasHapus
  3. Aku jadi ada ide buat ngisi liburan anak² dengan memasak steak daging nih mba.. heheheheh

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu ternyata steak itu banyak jenisnya. Tahunya cuma steak itu daging sapi. Pastinya bagian yang paling empuk yang paling mahal, ya.

    BalasHapus
  5. jadi lebih paham tentang dunia per dagingan ini, ternyata ada jenis-jenisnya ya, saya tahunya cuma sirloin dan tenderloin saja

    BalasHapus
  6. Biasanya aku klo masak steak nggak mandang jenisnya asal ada daging udah k
    eksekusi aja. Btw makasih banyak resepnya.

    BalasHapus
  7. banyak juga teman-teman yang ngobrolin Holycow, jadi penasaran juga buat nyobain. Yang terdekat TKP Bandung nih kayanya, harus masuk list sekalian jalan-jalan nih

    BalasHapus
  8. Nah ini nih.. Akhirnya ngerti juga perbedaan jenis2 daging. Kalo mau masak enak ya emang seharusnya ngerti ya ini bagian sirloin, rib eye atau apa. Biar ngolahnya pun juga tepat..

    Kalo di desa kan asal daging ya udah diolah aja jadi rawon atau pentol bakso. Wkwkwk

    Padahal enakan juga dimasak steak begini. Lebih 'ndaging banget' kalo kata aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Alfia, jadi ilmu banget tulisan Mbak Dyah ini, jadi paham nih bagian-bagian dari daging sapi, coz selama ini langsung masak aja tanpa tahu bagian daging-daging apa aja yang dimasak.. wkwkwk

      Hapus
  9. Saya dulu kira steak itu asal daging sapi saja, Mbak. ternyata ada bagian-bagian daging sapi yang memang untuk steak.Terus ada juga tingkat-tingkat kematangannya ya. Jadi kalau mau mencoba beragam menu, ke Holycow Steak saja.

    BalasHapus
  10. Sirloin dan Tenderloin memang bagian paling enak untuk dijadikan steak, kalau potong hewan sendiri, buat cari bagian ini memang butuh proses, karena bagiannya begitu dekat dengan bagian paha. Jadi tahu kenapa harga steak di atas harga sate. Btw, memasak steak memang bisa banget. Membangun quality time bareng keluarga, apalagi pas libur.

    Yapi kalau ga mau ribet, masih bisa ya, Kak quality time bareng keluarga di Holy cow steak

    BalasHapus
  11. Quality time bareng keluarga bisa melakukan kegiatan apa saja, termasuk masak dan makan bareng ya kak. Apalagi pas momennya juga nih lagi liburan sekolah

    BalasHapus
  12. nah iya nih, saya kadang kalau kumpul keluarga klo pas hari raya or lagi liburan biasanya suka masak2 aneka daging steak ala rumahan gitu, lumayan jd bonding time juga sm keluarga besar

    BalasHapus
  13. Aku kok penasaran sama daging tomahawk ya, ini jenis daging yang menempel di tulang lunak ya, mba, seddo banget kan KLO makan daging sambil bisa gigitin tulangnya juga. Duh pdhl waktu d Bandung ngelewatin steak Holycow ini, lho, sayang ga mampir...

    BalasHapus
  14. Duhhh 2x ke Holycow tuh selalu nagih wkwkwkw aslik tapi kalo keseringan jadi tongpes waakakak emang seenak itu dan dagingnya beda wkaakak kenapa kalo daging qurban gak ada yang kayak HolyCow gini yaak? hahahaha

    BalasHapus
  15. Saya belum pernah masak steak. Seringnya beli aja wkwkwk. Bisa coba yang ke Holycow nih

    BalasHapus
  16. Kami sekeluarga penggemar steak juga nih. Bisa banget meningkatkan bonding selama liburan dengan masak steak bareng. Apalagi kalo makan di Holycow nih banyak banget pilihannya, dan rasanya juga ngga kaleng2!

    BalasHapus
  17. Wow steak ini termasuk menu mewah untuk saya dan keluarga. Jarang banget makan kalau tidak ke kota. Di rumah biasanya masak sering banget bareng keluarga tapi ya yang sederhana aja. Nunggu ada holicows steak di Cianjur juga hehehe

    BalasHapus
  18. Tjakep! Bonding bareng keluarga nggak melulu jajan di luar yah, Mbak. Kit a bisa bersteak ria di rumah ala ala, xixixi.. Apalagi dagingnya dari Holycow Steak, aduh, bikin bonding makin erat deh.

    Btw, Mbak, gambar tiap menunya boleh ditambahin dong, biar nggak pinisirin, hihi

    BalasHapus
  19. Nasi gilanya pedes gak sih Kak? Penasaran pengin coba deh. Belum pernah ke Holycow wkwkwk.

    Kalau di sana ada gak steak yg terbuat dari daging cincang lalu dimasak, jadi kayak patty burger tapi disajikan tanpa roti?

    BalasHapus
  20. Belum pernah makan daging steak di Holycow. Dan saat melihat ada cabang di Bandung, wah.. kesempatan banget buat menikmati daging sapi enak nan lezat nih..

    BalasHapus
  21. Di Malang ada juga Holycow tapi aku belum pernah mencoba. Karena kalau beli harus ke kota dahulu.. Tapi kata temantemanku sih enak banget..

    BalasHapus
  22. Daging steak holicow emang the best sih. Dagingnya kualitas impor. Jd daging yang dikasih ke kita emang berkualitas premium.

    Nggak rugi deh makan steak dgn beragam jenis daging sesuai selera di sini. Dijamin dpt pengalaman seru makan daging premium dgn harga terjangkau.

    BalasHapus
  23. Duh baca ini jadi pengen makan steak di Holycow deh, kebayang banget enaknya karena daging yang digunakan merupakan daging berkualitas premium. nyaam..

    BalasHapus
  24. karena saya tipe manusia "moal wareg mun teu di sanguan" alias harus pake nasi, saya pasti memilih menu Nasi Gila US Beef di holycow, hehehe

    BalasHapus
  25. karena daging yang dipakai Holicow juga nggak kaleng-kaleng ya mbak, jadi kualitasnya sudah terjamin, apalagi dipadukan sama rempah plus cara memasak yg bener, jadi deh steak Holicow juara banget

    BalasHapus
  26. Ooohh.. jadi wagyu itu jenis daging sapi dari Jepang, ya, Mbak? Hahahaaa.. dasar aku yang kudet. Makasih banyak, lo, infonya. Jadi paham bermacam jenis daging sapi yang bisa dibuat steak.

    BalasHapus
  27. saya juga penggemar steak, pilihan saya apapun sih karena pemakan segala hahaha, pokoknya tingkat kematangannya well done

    BalasHapus
  28. BTW, harganya kisaran berapaan ya Kak? Saya pecinta daging. Pokoknya semua olahan daging suka, termasuk steak. Cuma malau makan steak selalu memperhatikan harga dulu sebelum beli. Hehehe.

    BalasHapus
  29. emang perdagingan tuh selalu cocok buat jadi bahan makan sambil ngegosip di keluarga

    BalasHapus
  30. saya suka sekali dengan steak dan Holycow Steak adalah tempat favorit saya kalau makan steak, bumbunya itu paling cocok di lidah saya dan ga nemu di tempat lain

    BalasHapus
  31. wah moment liburan anak sekolah seperti sekarang ini nih harusnya quality time bersama keluarga jadi lebih banyak waktunya. ga harus mahal, bisa saja kegiatan di rumah seperti masak bersama begini nih.. atau sekadar nonton dan nyemil bersama di depan tv, hehe..

    BalasHapus
  32. Pengen covbain menu di Holycow nih, tapi di Jember belum ada. Sambil menunggu bisa jadi ide nih bikin steak bareng keluarga. Jadi quality time

    BalasHapus
  33. Suka sama steak dan pengen bisa masak sendiri. Sepertinya harus browsing lagi cara masak steak yang mudah buat yang ga mau ribet kayak aku. Tapi emang paling praktis ya jajan ya semacam di Holycow hehehe..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih