Penggemar Es Krim Wajib Tahu Sejarah Es Krim di Indonesia

Kamis, 07 Maret 2024

 

Sejarah Es Krim di Indonesia

Siapa yang suka es krim? Toss, sama dong kita. Walaupun sudah bukan anak-anak lagi, boleh la suka makan es krim. Namun, Sobat Dy apakah mengetahui sejarah es krim di indonesia? Es krim kan bukan makanan atau minuman asli Indonesia.

Es krim merupakan salah satu produk olahan susu yang diberi perasa dan pemanis buatan atau apemanis alami. Aneka rasa dan sensasi dinginnya membuatnya nikmat untuk dinikmati semua kalangan dan semua usia. Apalagi jika dinikmati saat cuaca terik.

Apakah es krim sama dengan es puter? Mungkin beberapa Sobat Dy ada yang menganggapnya sama, tetapi jika dilihat dari bahan penyusunnya, kedua jenis es ini terbuat dari bahan yang berbeda.

Es krim terbuat dari susu, sedangkan es puter menggunakan santan. Selain bahan penyusun yang berbeda, proses pembuatannya pun berbeda. Baik es krim maupun es puter saat ini sudah tersedia dengan aneka rasa. Sobat Dy dapat memilihnya sesuai dengan selera masing-masing.

Yuk cari tahu tentang asul usul es krim dan sejarah es krim di Indonesia! Sebagai penggemar es krim, saya penasaran kan bagaimana perkembangan es krim hingga saat ini tersedia dengan aneka ragam bentuk dan rasa. Simak artikel ini hingga akhir ya.


Asal Usul Es Krim

Es krim diketahui ada di Tiongkok sejak 200SM. Saat itu es krim yang disajikan berasal dari salju pegunungan kemudian dicampur buah dan madu. Es krim merupakan hidangan yang istimewa karena hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan saja.

Kemudian es krim yang berasal dari salju ini berkembang hingga ke Eropa. Hingga seorang koki asal Italia mengembangkan resep dan teknik untuk membuat es krim dari susu.

Pada akhir abad 19 es krim berkembang dan mulai diproduksi secara komersial. Bahan yang digunakan adalah susu, krim, sirup yang kemudian dicampur dan dipanaskan. Setelah itu ditambahkan gula dan telur. Tahap berikutnya adalah pasteurisasi dan homogenasi.

Setelah adonan matang kemudian didinginkan dan dikombinasikan dengan kacang-kacangan  atau bahan makanan kering lainnya. Tekstur es krim pun ringan dan lembut.


Sejarah Es Krim di Indonesia

Perkenalan Luigi Ragusa, salah satu dari Luigi bersaudara, kakak beradik asal Italia dengan salah satu pemilik peternakan sapi perah di Batavia membuatnya terinspirasi untuk membuat es krim hingga suatu saat es krim buatannya menjadi salah satu sajian dalam sebuah pesta besar.

Pada tahun 1932, sebuah pesta besar digelar di Pasar Gambir, Batavia. Pesta tersebut diadakan untuk merayakan ulang tahun Ratu Wilhelmina dari kerajaan Belanda. 

Banyak makanan dan minuman yang disajikan di tengah lapangan dalam pesta tersebut, di antaranya es krim yang dibuat oleh Luigi bersaudara. Kemudian kakak beradik ini membuka kafe es krim yang diberi nama Ragusa.

Pada tahun 1942, koran Bataviasche, surat kabar pertama yang terbit di Indonesia, memuat berita tentang peternakan sapi dan sapi perah di daerah Menteng dan Kuningan. Peternakan tersebut dimiliki oleh penduduk setempat, seperti Haji Achmad Tablih Haji Otibs dan Haji Daenai. Banyaknya peternakan ini menyebabkan suplai susu di Batavia pun melimpah. 

Selain itu, teknologi pendinginan dan pembuatan es semakin baik. Di sisi lain barang rumah tangga dari Eropa berdatangan seperti susu kental manis dan margari. Hingga bermunculan bakeri dan kafe khusus es krim.

Beberapa hal tersebut merupakan bagian dari sejarah es krim di Indonesia. Ternyata es krim sudah hadir di Indonesia sejak Indonesia belum merdeka ya. Hingga saat ini perkembangan es krim di Indonesia begitu pesat


Merek Es Krim di Indonesia

Menikmati es krim dapat memperbaiki mood, lo. Apalagi jika dinikmati di siang yang terik, sensasi dinginnya dapat melelehkan rasa penat dan gerah ya. Ada berbagai macam rasa yang ditawarkan, lo. Sepuluh jari sudah tidak cukup untuk menghitung varian es krim ini.

Tidak perlu jauh-jauh pergi untuk membeli es krim. Saat ini es krim dapat dengan mudah ditemukan baik di minimarket maupun warung kelontong sudah ada, lo. Apa saja merek es krim di Indonesia? 

Campina

Campina merupakan perusahaan es krim yang didirikan oleh Darmo Hadipranoto sejak 1972 di garasi rumahnya. Namun, sejak 1982 perusahaan membuka pabrik baru di kawasan industri SIER Surabaya. 

Varian rasa yang disediakan pun variatif dan untuk segmen yang berbeda-beda. Ada yang untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Kemasan yang disediakan mulai kemasan kecil, family pack hingga kemasan jumbo.


Wall's

Magnum adalah produk unggulan Wall's. Rasa susu yang pas dan teksturnya yang lembut membuat Wall's banyak disukai. Wall's tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga dikenal di dunia. Wall's merupakan salah satu merek es krim milik Unilever.


Diamond

Es krim Diamond mempunyai ciri khas lembut dan creamy. Varian rasanya pun variatif, mulai dari rasa buah seperti strawberi, durian, ada juga rasa kopyor. Ada pula varian es puter, tetapi dalam kemasan besar.


Aice

Aice dikenal dengan es krim dengan rasa yang unik dan harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan merek lainnya. Hal ini membuat Aice menarik perhatian masyarakat. Varian rasa yang ditawarkan pun banyak dan bentuknya pun unik.


Indofood ice cream

Sebelumnya Indofood ice cream lebih dikenal dengan nama Indoeskrim, tetapi sejak 2 agustus 2019 berubah nama menjadi Indofood Ice Cream. 

Salah satu merek Indofood ini tentunya mempunyai rasa dan kualitas yang terjamin layaknya produk Indofood lainnya.


Glico Wings

Perusahaan asal Jepang Ezaki Glico yang bermitra dengan PT.  Wings Food pada tahun 2017 meluncurkan sebuah produk es krim dengan nama Glico Wings. Harganya pun ramah di kantong dan varian rasa yang ditawarkan pun unik


Ternyata es krim yang awalnya dari salju ternyata berkembang sedemikian rupa hingga menjadi es krim yang saat ini dapat kita nikmati. Baik varian rasa maupun bentuknya pun beraneka ragam. Begitu pula harganya. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Cerita yuk di kolom komentar tentang sejarah es krim di Indonesia yang Sobat Dy.


Referensi

1. Es Krim - https://id.wikipedia.org/wiki/Es_krim

2. Sejarah Es Krim Yang Berawal Dari Salju - https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/nora-ice-cream/sejarah-perkembangan-ice-cream-yang-berawal-dari-salju/

3. https://web.archive.org/web/20120410050201/http://www.zingersicecream.com/history.htm

4. https://www.mampu.or.id/10-merk-es-krim-terbaik-di-indonesia/

13 komentar

  1. Whoaaa,😤🚃 sippp bgt nihhh, penggemar es krim hadiiiirr

    ih ternyata aku baru paham loh. baguuuss bgt yaaa sejarah es krim ituuu 🍦🍦🍦

    BalasHapus
  2. Wahahay, bangsawan dongs kita kalo makan es krim hihi. Ya emang sih kalo gada duit juga gak bisa beli hehehe.

    Ternyata asal muasalnya malah dari salju yak. Kreatif juga auto jadi es krim

    Semua merek es krim itu enak semua. Tapi yg paling ramah dikantong dan rasanya enak tuh Aice ... Hehe tp yg lain juga enak sh cuman agak mahal dkit di beberpa jenis variannya

    BalasHapus
  3. pas banget baca artikel ini lagi makan es krim, hihi
    baru tahu kalau asal usul es krim dari salju pegunungan. Kalau dipikir-pikir, orang-orang pada inovatif banget ya, makin ke sini teknologi untuk pembuatan es krim juga makin oke

    BalasHapus
  4. Hmm iya ya, ternyata di Indonesia sejarah es krim cukup panjang ya
    Ada berbagai jenis es krim di Indonesia

    BalasHapus
  5. Paling favorit merk apa bun? Kalau saya ngijini anak saya merk wall dan glico wings.. Aman nggak batuk-batuk

    BalasHapus
  6. Beruntung sekali ya kita yang hidup di zaman sekarang, bisa menikmati es krim tanpa harus menjadi seorang bangsawan

    BalasHapus
  7. Hebat yaah... bahkan es krim pun bermula dari Tiongkok loo..
    Salut sama keuletan orang Tiongkok untuk menciptakan sebuah menu variasi terbaru.

    Jadi inget mixue yang menghebohkan jagad per-eskriman. Kayanya cuma gitu aja yaah.. tapi semua kalangan suka. Dan memang Mixue pun dari Tiongkok.

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau es krim awalnya dari salju, tapi memang mirip sih dan setelah itu panjang juga sejarah es krim di dunia sampai akhirnya masuk ke Indonesia, hingga sekarang es krim menjadi salah satu sajian yang sangat disukai semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

    BalasHapus
  9. Ternyata es krim sudah ada sejak 200 tahun SM ya, baru tahu saya. Makanan ini kayaknya sudah jadi makanan sejuta umat ya mba

    BalasHapus
  10. Ternyata sejarah es krim justru ditemukan di China ya Mbak. Saya pikir dari Eropa sana awalnya. Es krim ini makanan pelipur lara sih menurut saya hehehe. Menghibur hati kita yang kadang sedang gak semangat. Menyenangkan hati anak-anak yang melihatnya. Dan rasanya selalu enak hehehe. Apa pun variannya. Stroberi, Coklat, Vanilla, semua enak menurut saya.

    BalasHapus
  11. Pastinya sekarang ada es krim yang harus diboikot
    Anak-anak pun akhirnya tahu
    Sekarang lebih banyak bikin saja di rumah

    BalasHapus
  12. Lhooo gak nyangka, ternyata asal muasalnya es krim tuh dari salju to idenya. Bahkan hanya kaum bangsawan yaaa yg berhak menikmatinya.

    Saat ini aneka es krim udah mblader, siapa saja bisa menikmatinya karena harganya terjangkau.

    Aku justru suka Campina yang kecil2 itu, yang rasa kacang hijau dan ketan hitam, legit dan gurih. Enaaakk...

    BalasHapus
  13. Selain es krim brand besar tadi, ada juga es krim homemade lokal yang khas di tiap kota. Kalau Surabaya misalnya Zangrandi. Belum lagi es krim homemade UMKM.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih