Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Jernih

Jumat, 02 Februari 2024

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Jernih

 

Indahnya dunia dapat dinikmati karena indera penglihatan yang sehat. Indera itu adalah mata. Mata yang sehat tentunya sangat membantu kita untuk melihat indahnya dunia dan mendukung aktivitas. Wajar bukan jika kita mencari tahu bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih. 

Jika penglihatan terganggu maka Sobat Dy akan mengalami kesulitan untuk melakukan beberapa aktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata agar sesuai dengan fungsinya sangatlah penting. 

Namun, beberapa aktivitas yang tanpa kita sadari justru mengganggu bahkan memperburuk kesehatan mata, sehingga tidak dapat berfungsi optimal. Layaknya organ tubuh yang lain, mata juga memerlukan asupan dan perlakuan yang baik agar berfungsi optimal.

Yuk baca artikel ini sampai akhir ya untuk mengetahui cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih.


Mata Sebagai Indera Penglihatan

Mata merupakan indera penglihatan yang terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai fungsi masing-masing. Bagian luar mata terdiri dari kelopak mata, bulu mata dan alis. Sedangkan bagian dalam mata terdiri dari kornea, retina, lensa, dan pupil.

Secara umum mata berfungsi untuk memvisualisasikan cahaya yang masuk kemudian memantulkannya. Sehingga dapat menggambarkan bentuk, warna, dan kedudukan suatu obyek. 

Yuk kenali bagian-bagian mata sebelum kita membahas cara merawat mata. Berikut beberapa bagian mata

Kornea

Kornea mempunyai fungsi untuk memfokuskan cahaya menuju sebelum diterima oleh lensa mata. Kornea merupakan jaringan yang berbentuk kubah transparan yang terletak di bagian paling luar dari mata.


Iris

Iris merupakan membran berbentuk cincin yang mengelilingi bulatan kecil berwarna lebih gelap di tengahnya atau lebih dikenal dengan pupil. Iris berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk ke mata dengan mengubah ukuran pupil.

Saat cahaya terang masuk, iris akan mengecil dan membuat pupil terbuka lebih kecil. Hal ini bertujuan untuk membatas jumlah cahaya yang masuk ke mata. Selain itu iris juga bertugas menentukan warna mata.


Pupil

Pupil merupakan otot mata yang dapat membesar dan mengecil atau membuka dan menutup. Hal ini berdasarkan cahaya yang diterima pupil. 


Sklera

Sklera merupakan bagian putih mata pada bola mata. Jaringan yang berfungsi sebagai dinding untuk melindungi jaringan yang berada di dalam bola mata. Sklera dikelilingi otot yang bertugas untuk menggerakkan bola mata.


Konjungtiva 

Konjungtiva merupakan lapisan bening transparan yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan sebagian bagian depan mata. Konjungtiva berfungsi untuk menjaga bagian dalam kelopak mata dan permukaan mata tetap lembab sehingga mudah membuka atau menutup tanpa gesekan atau iritasi.


Lensa

Lensa merupakan jaringan yang terletak di belakang iris dan pupil. Lensa berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk ke dalam mata dan memfokuskannya ke retina.


Retina

Retina merupakan jaringan yang teriri dari sel batang dan sel kerucut. Retina berfungsi menangkap cahaya yang sebelumnya telah melewati kornea dan lensa. Sel batang berfungsi melihat cahaya yang redup, sedangkan sel kerucut  berfungsi melihat cahaya terang dan warna.


Makula

Makula merupakan jaringan yang sangat berperan untuk melihat obyek dengan baik dan detail. Jaringan ini terletak di bagian tengah retina. 


Saraf optik

Saraf optik merupakan jaringan yang terdiri dari jutaan serabut saraf. Informasi visual yang diterima oleh retina akan dikirimkan sinyalnya melalui saraf optik ke otak.


Kelopak mata

Kelopak mata berfungsi untuk membantu melumasi permukaan mata dengan air mata saat berjedip, sehingga permukaan mata terasa lembab dan tidak pedih karena kering.


Bulu mata

Bulu mata berfungsi untuk mencegah dan menyaring masuknya benda asing seperti debu atau partikel lain masuk ke dalam mata.


Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Jernih

Nah, setelah Sobat Dy mengetahui bagian-bagian mata yang ternyata cukup rumit, sudah sewajarnya kita menjaga dan merawat maat agar tetap sehat dan jernih. Jika mata sehat tentunya kita tetap dapat menikmati indahnya dunia.

Cara Merawat Mata

Berikut cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih:

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Beberapa jenis makanan yang dipercaya baik untuk kesehatan mata di antaranya :

-Wortel, mengandung betakaroten yang mendukung penyerapan antioksidan

-Ikan Salmon, mengandung omega 3 yang dapat meringankan gejala mata kering dan mengurangi risiko degenarasi makula

-Kacang-kacangan, mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel mata dari radikal bebas

-Bayam, mengandung lutein dan zeaxanthin yang mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak

-Tomat, mengandung vitamin A, vitamin C, lycopene, lutein dan zeaxanthin.

-Alpukat, mengandung betakaroten yang mendukung penyerapan antioksidan

-Telur, meningkatkan pigmen makula yang melindungi mata. Sehingga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan saat usia semakin senja.


Menjaga jarak pandang

Menatap layar dengan durasi waktu yang lama akan membuat mata tidak nyaman, terutama layar yang memancarkan sinar biru atau blue light. Paparan sinar tersebut dapat merusak penglihatan sehingga lama kelamaan fungsi mata akan rusak dan daya penglihatan menurun.

Oleh karena itu, sebaiknya menajag jarak pandang terhadap layar setidaknya dua meter untuk layar berukuran 14 inci merupakan langkah yang tepat.


Konsumsi air yang cukup

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Dengan jumlah air yang cukup dalam tubuh maka tubuh akan terhidrasi dengan baik. Sehingga sistem koordinasi dan otot mata akan terus melakukan regenerasi hingga fungsi indera penglihatan tetap prima.


Olahraga secara teratur

Tak dapt dipungkiri bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan mata. Dengan berolahraga setidaknya mata dapat beristirahat dari obyek jarak dekat.

Pencegahan penyakit mata terkait usia, seperti katarak, glaukoma, degenerasi makula dapat dicegah dengan dengan melakukan olahraga. 


Penutup

Begitu besar peran mata sebagai indera penglihatan, oleh karena itu kita harus merawatnya agar mata dapat berfungsi seoptimal mungkin. Caranya adalah dengan mengendalikan fungsinya tidak berlebihan dan mengonsumsi asupan yang dapat mendukung kesehatan mata.

Apakah Sobat Dy mempunyai tips cara merawat mata agar tetap sehat dan jernih? Yuk cerita di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.


Referensi

1.https://www.alodokter.com/melihat-lebih-dalam-anatomi-mata-anda

2.https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/7-cara-merawat-mata-agar-tetap-sehat-dan-jernih/

6 komentar

  1. Mata itu organ yang penting banget untuk kita semua. Menjaga kesehatan mata tentunya harus jadi prioritas. Untungnya ada insto yang membantu menjaga mata dari gejala mata kering. Aku juga pakai insto nih

    BalasHapus
  2. Nah...menjaga jarak pandang nih yg aku sering abaikan. Tau-tau mata pedes kalau kelamaan lihat gadget. Ada yg nyaranin pakai timer sih, jadi setiap 20' istirahat...Tapi ya gitu lupa...hehe
    Trims artikelnya...

    BalasHapus
  3. Bener banget jaga mata biar sehat itu perlu nerapin gaya hidup sehat dan jaga jarak pandang. Plus kalau tangan tidak steril usahakan tidak pegang area mata untuk menghindari iritasi. ❤️❤️

    BalasHapus
  4. Benar banget mbak menjaga kesehatan mata itu penting banget, biasanya saya minum jus wortel dan konsumsi air yang cukup untuk menjaga kesehatan mata

    BalasHapus
  5. Sering kali kita menyepelekan kesehatan mata. Barulah setelah ada keluhan, kita menyadari betapa besarnya peranan mata dalam hidup kita. Pencegahan selalu lebih baik. Namun, bila telanjur, Insto bisa menjadi pertolongan pertama.

    BalasHapus
  6. Mata adalah jendela dunia, kalau ada satu komponen dari mata fungsinya menurun, tentunya penglihatan sudah tidak sejelas sebelumnya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih