Tips Memilih Bengkel Motor Lengkap Terdekat dan Terpercaya

Senin, 26 Februari 2024

Tips Memilih Bengkel Motor Lengkap Terdekat dan Terpercaya

Mobilitas saya dan suami cukup tinggi. Kami berdua bekerja di Surabaya dan tinggal di Sidoarjo. Mobilitas kami berdua didukung motor matic kesayangan kami. Oleh karena itu, performa motor harus terjaga prima dengan cara rutin merawatnya di bengkel motor lengkap terdekat dan terpercaya.

Walaupun kami berdua sama-sama bekerja di Surabaya, tetapi kami menggunakan motor sendiri-sendiri karena lokasi kantor kami berbeda lokasi. Selain itu, lalu lintas Sidoarjo-Surabaya pun cukup padat. 

Performa motor harus terjaga agar mobilitas kami tidak terganggu. Oleh karena itu perawatan motor secara rutin pun kami lakukan. Biasanya kami lakukan di bengkel motor lengkap terdekat dan terpercaya. 


Tips Memilih Bengkel Motor Lengkap Terdekat dan Terpercaya

Apakah Sobat Dy mengalami merasa jengkel karena tiba-tiba ditagih biaya yang cukup besar untuk service motor, tetapi tidak ada perubahan pada motor yang diservice, seperti tidak motor yang belum diservice?

Mekanik profesional dan andal

Mekanik profesional dan andal mempunyai peran penting saat melakukan service kendaraan bermotor kita. Dia juga dapat menjelaskan jenis kerusakan yang perlu diperbaiki, spare part yang perlu diganti.

Hal tersebut penting, lo. Terutama bagi saya yang awam dunia otomotif. Selain itu, pemilik motor merasa lebih tenang ketika motornya diperbaiki mekanik tersebut.

Rekan saya memiliki pengalaman buruk dengan mekanik yang kurang andal dan tidak bertanggungjawab.. Saat melakukan pemasangan salah satu suku cadang terjadi kesalahan pemasangan sehingga menggores bagian motor lainnya.

Selain itu, mekanik yang adal akan berusaha memberikan pelayanan yang optimal. Dia akan mengoptimalkan perbaikan sehingga motor dapat beroperasi dengan lancar.


Harga jujur dan transparan

Tidak semua bengkel memberikan layanan dengan harga yang jujur dan transparan termasuk biaya perbaikan. Pun tidak semua bengkel juga menyediakan suku cadang yang original.. Beberapa bengkel menyediakan suku cadang yang aspal atau asli tapi palsu, tetapi membanderolnya dengan harga suku cadang yang orisinal 


Peralatan modern

Bengkel motor yang memiliki peralatan modern dapat menjamin bahwa pekerjaan yang dilakukan lebih efisien dan hemat waktu. Sehingga pemilik motor tidak perlu menunggu waktu yang lebih lama untuk menservice motornya.

Selain itu penggunaan alat yang tidak tepat dapat juga merusak kendaraan. Misalnya saat mengganti ban motor. Umumnya mekanik akan menggunakan alat seperti alat congkel untuk melepaskan ban. Jika mekanik melakukan kesalahan saat mencongkel ban sehingga dapat merusak velg dan dapat membuat ban bocor 

Pada bengkel modern, mekanik akan menggunakan alat untuk melepaskan velg. Tyre Changer, nama alat yang dapat digunakan untuk melepaskan ban dari velgnya.. 


Suku cadang atau sparepart lengkap

Walaupun nilai beberapa suku cadang tidak mahal tetapi jika suku cadang tersebut tidak ada di bengkel saat dibutuhkan tentu rasanya kecewa bukan?

Sebuah bengkel yang memiliki suku cadang yang lengkap tentunya akan membuat pemilik motor lebih tenang karena tidak perlu mencari bengkel lain untuk memperoleh suku cadang yang telah dimaksud.


Jaminan garansi

Tidak hanya pembelian barang yang memperoleh jaminan garansi, tetapi saat service kendaraan bermotor juga memperoleh garansi. Garansi yang dimaksud adalah jaminan yang diberikan oleh pengelola bengkel kepada pemilik motor terhadap tindakan yang telah dilakukan terhadap motor

Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pemilik kendaraan untuk berkunjung kembali.


Jam operasional panjang

Bagi pemilik motor yang jadwal kerjanya padat, pemilihan bengkel berdasarkan jam operasional yang panjang tentunya akan menjadi pertimbangan. Saya pun mempertimbangkan hal ini. 

Kadang saya memilih service motor setelah pulang kerja. Sedangkan hari minggu biasanya saya gunakan untuk aktivitas lain bersama keluarga atau saya melakukan food preparationDengan adanya bengkel yang beroperasi hingga malam tentunya sangat membantu, bukan. 


Metode pembayaran variatif

Jujurly saya bukan tipe orang yang membawa uang cash dalam jumlah banyak setiap harinya, karena saya lebih mengandalkan e-money atau dompet digital. Saya pernah saat service motor, lupa jika tidak banyak membawa uang cash. 

Untung saja saat pembayaran uangnya masih cukup, tapi uang cash di dompet habis. Yang penting bisa untuk membayar biaya service pikir saya saat itu. 

Beberapa bengkel sudah menerapkan pembayaran service motor menggunakan metode pembayaran, sehingga pengguna jasa dapat membayarnya menggunakan dompet digital atau e-money. Memudahkan bagi pengguna jasa seperti saya yang jarang membawa uang cash dalam jumlah besar. 

Tips Memilih Bengkel Motor Lengkap Terdekat dan Terpercaya


Perawatan Motor Matic di Planet Ban

Baik saya maupun suami menggunakan motor matic sekitar satu dekade terakhir. Alasan kami memilih motor matic agar tidak terlalu capek. Mengingat kondisi lalu lintas Sidoarjo - Surabaya yang cukup padat.

Agar mobilitas kami tidak terganggu, salah satu caranya adalah melakukan service motor matic kami secara rutin di bengkel motor terdekat dengan rumah maupun dengan kantor. Kebetulan bengkel Planet Ban berada di dekat rumah maupun kantor saya. 

Lokasi Planet Ban strategis sehingga mudah ditemukan. Bengkel yang berada di dekat rumah terletak di jalan provinsi kelas satu, setiap hari saya melewatinya. Sedangkan bengkel yang berada di dekat kantor terletak di jalan alternatif yang saya lalui sepulang kantor. Bengkel terletak dekat Universitas ternama, perumahan penduduk dan daerah industri dimana saya bekerja.

Saya pikir Planet Ban hanya melayani pembelian dan penggantian ban, ternyata di sana juga melayani service motor. Tagline Servis Rasa Mesin Baru yang dipasang di bagian depan bengkel ini cukup menarik perhatian saya. Rasa penasaran pun membuat saya membelokkan motor kesana.

Berikut perawatan motor matic di Planet Ban:

1. Ganti oli gardan

2. Ganti oli mesin

3. Tune up motor

4. Ganti kampas rem

5. Ganti minyak rem

Kurang lebih itu sih perawatan yang diperlukan untuk motor matic.


Kelebihan Service Motor di Planet Ban

Tidak hanya service motor matic saja yang dapat dilakukan di Planet Ban. Bagi Sobat Dy yang memiliki motor bebek 110 cc - 125 cc, motor type underbone, motor sport 150 cc, dan motor sport 250 cc pun bisa diservice di sana.

Kelebihan service motor di Planet Ban


Mekanik menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kotoran berkerak di mesin yang membuat mesin aus. Cairan khusus ini berbeda-beda tergantung jenis motornya. Sehingga komponen mesin akan bekerja optimal seperti mesin baru :

-Mesin menjadi bersih

-Hemat bahan bakar

-Emisi kendaraan berkurang

-Tarikan motor lebih ringan

Selain itu, kelebihan service di Planet Ban adalah 

-Harga transparan dan dapat dicek si situs Planet Ban

-Mekanik profesional

-Suku cadang lengkap 

-Fasilitas servis motor yang lengkap mulai ganti oli hingga servis motor

-Jam operasional hingga malam

-Garansi layanan servis motor hingga 7 hari

-Pilihan pembayaran tunai dan non tunai

-Gratis biaya pemasangan ban, jasa servis dan ganti oli, jasa pengisian cairan anti bocor, serta pengisian nitrogen

Promo Ngebut Planet Ban

Lengkap pakai banget kan servis motor di Planet Ban. Sobat Dy ingin mencoba perawatan motor di bengkel motor lengkap terdekat dan terpercaya Planet Ban juga? Yuk, segera kunjungi bengkel Planet Ban terdekat dan dapatkan promo ngebut, potongan harga sampai Rp.150 ribu dari Planet Ban.


Referensi

1. https://planetban.com/

29 komentar

  1. Wah karena motornya setiap hari digunakan untuk kerja, .mesinnya harus rajin dicek ya mbak Dy. Planet Ban emang andalan banget sih untuk service motor, aku selalu di Planet Ban kalau service motor karena memang kualitasnya juga memuaskan 😍

    BalasHapus
  2. Wah... Keren bgt ini mbh Dyah. Planet Ban memang mantap.. Montirnya jujur mbak

    BalasHapus
  3. planet ban memang andalan...pelayanan ramah, jujur dan lengkap

    BalasHapus
  4. Pas banget memang planet ban ini untuk yang punya aktivitas tinggi menggunakan kendaraan bermotor ya, mba. Pelayanannya prima, harganya juga jelas dan bersahabat.

    BalasHapus
  5. Planet Ban sepertinya jadi pilihan terbaik untuk melakukan perawatan kendaraan roda dua. Sepertinya layanan servive yang diberikan emang terbaik dan dilakukan oleh profesional. yang penting tak ada dusta diantara kita

    BalasHapus
  6. Kalau mau berangkat kerja naik motor emang paling praktis ya. Tapi motornya kudu dirawat di bengkel terbaik yakni Planet Ban. Daku suka soalnya banyak cabangnya.

    BalasHapus
  7. paling menyenangkannnya itu servisnya ini buka setiap hari ya kak.
    soalnya kan yang namanya motor ngadat bisa kapan aja, dan makin semangat buat rutin servis kendaraan secara berkala

    BalasHapus
  8. Planet Ban emang bengkel motor kekinian yang menjawab kebutuhan banyak orang ya, mba. Banyak benefit yang didapat seperti hasil service yang bikin motor serasa motor baru dan payment nya pun mudah baik cash maupun cashless.

    BalasHapus
  9. Wah, makasih infonya, Mbak..
    Secara motor tiap hari buat ngojekin anak-anak, harus nggak boleh telat servis..

    BalasHapus
  10. Saya pernah lewat Sidoarjo, Mbak. Jadi dari Surabaya mau ke Makssar PP. Dan sidorjo ini hampir sama Bodetabek ya, Mbak. Kota dekat dari ibukota jatim. Dan beberapa teman juga tinggal di Sidoarjo. Makanya memang harus siap melaju dengan motor yang prima. wajib sekali diservis, biar terus membantu aktivitas.

    BalasHapus
  11. Ternyata deket rumah banget ada Planet Ban, langsung kurekomendasikan sama suami utk perawatan motor disana

    BalasHapus
  12. Kalau saya memilih bengkel selalu melihat bengkelnya bersih apa ga, karena bengkel bersih bagian dari SOP. Ini juga menunjukkan bagaimana kinerja mekaniknya. Selain itu pastinya layanan dan biaya service. Saya pernah di planet Ban dan puas banget dengan layanannya

    BalasHapus
  13. Untuk yang memiliki mobilitas tinggi memang sebaiknya memelihara kendaraan supaya tetap awet dan nyaman digunakan. Dan perawatan kendaraan sebaiknya diserahkan pada bengkel yang sudah terpercaya seperti Planet Ban, ya.

    BalasHapus
  14. Biar satset dan gak abis waktu di jalan, memang nyaman banget menggunakan kendaraan roda dua. Dan motornya tetep nyaman kalau servis rutin di Planet Ban. Semua oke banget, sampai ke cabangnya yang kini ada dimana-mana. Pokoknya ga susah kalau mau sevis motor sekarang mah... alhamdulillah~

    BalasHapus
  15. Planet Ban nggak hanya untuk beli ban saja ya mbak
    Tetapi juga bisa menjadi bengkel motor terbaik untuk merawat kendaraan kita ya

    BalasHapus
  16. Ini emang paling oke sih, aku juga langganan oli motornya nih. Biasanya 3 bulan gitu dah ganti, nah ini alhamdulillaah 6 bulan gt baru gantii >.<

    BalasHapus
  17. Mba buset Sidoarjo Surabaya PP buat kerja? Hwaaa luar biasa. Eh samaan kita mba, saya juga seneng kalau service motor matic di Planet Ban karena jam operasionalnya lebih lama. Udah gitu soal biaya servisnya juga transparan banget

    BalasHapus
  18. Memang Planet Ban ini bengkel motor terdepan yang banyak dicari orang. Selain berbagai macam kelebihan, juga promo yang ditawarkan pastinya memberi keuntungan bagi pelanggan. (April)

    BalasHapus
  19. Yang bikin kapok pergi ke bengkel tuh kalau ketemu bengkel nakal yang suka getok harga. Untunglah ada Planet Ban ini, bikin servis motor jadi aman dan nyaman karena harganya yang jelas dan transparan

    BalasHapus
  20. Planet ban mah udah andalan aku banget sejak dulu, mulai dari jaman kuliah dulu sih. Service yang optimal, pelayanan yang cepat, serta kualitas produk yang baik serta tahan lama.

    BalasHapus
  21. Lengkap ya Planet Ban tuh bisa servis motor sport juga. Aku pernahnya ganti ban motor matic jadul disana 🤣

    BalasHapus
  22. Saya juga langganan di Planet Ban. Karena tidak hanya mengganti ban saja, tetapi bisa sekalian service motor, ganti oli dan lain-lain.

    BalasHapus
  23. Layak dicoba di planetban, karena segala keluhan motor ada solusi dari mereka

    BalasHapus
  24. Planet ban andalan buat motorku juga mbak.. sukanya itu jam operasi nya yang panjang. Hehe...Solusi banget buatku yang kalau pagi sampai sore harus kerja dan bisanya ke bengkel setelah pulang kerja 😍

    BalasHapus
  25. Saya punya pengalaman ke bengkel bersama suami, dimana bengkelnya gak kita kenal. Duh ada saja biaya yang dimasukkan, padahal kami tidak minta diservice. Kalau Planet Ban kan transparan ya mbak

    BalasHapus
  26. Senangnya jika ada bengkel yang sejalur dengan perjalanan ke tempat kerja. Jadi gak males dan nunda-nunda mampir ke bengkel untuk service. Apalagi layanannya lengkap dan terpercaya. Sudah pasti jadi andalan ya, Mba.

    BalasHapus
  27. Semua poin yang tersaji emang paling dibutuhkan sih ini, Mba. Ohya apalagi poin harga jujur itu sangat perlu dipertimbangkan saat menggunakan produk jasa, termasuk urusan bengkel motor.

    BalasHapus
  28. Ternyata bukan saya ajah yg anggap Planet Ban hanya melayani pembelian dan penggantian ban. Baru tahu setelah baca postingan teman-teman yang ternyata di sana juga melayani service motor.

    BalasHapus
  29. Planet Ban memberikan kita banyak opsi untuk melakukan service motor jadi lebih baik ya. Saya juga suka dengan pelayanan mereka yang jujur dan transparan. Kalau bagian yang ini rusak ya dibilangnya rusak, kalau enggak ya enggak.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih