Insto Dry Eyes, Salah Satu Cara Mengatasi Mata Kering dan Perih

Jumat, 12 Januari 2024

Cara Mengatasi Mata Kering dan Perih


"Di, kenapa kedip-kedip terus?" tegur teman kerjaku yang melihatku sedang mengedip-kedipkan mata terus. Entah mengapa kok rasanya ada yang mengganjal. Tidak nyaman dan sepertinya penglihatanku agak kabur. Hmm apakah minusku bertambah ya? 

Sebagai pekerja yang sebagian besar mengolah data, maka sebagian besar waktu saya memang menatap layar komputer. Apalagi jika sedang membuat laporan atau mengolah data. Tanpa disadari bisa berjam-jam duduk dan menatap layar hingga akhirnya mata terasa pedih dan panas.

Apakah ini gejala mata kering? Apakah Sobat Dy pernah mengalami hal yang serupa? Bagaimana ya cara mengatasi mata kering dan perih? Yuk simak artikel ini sampai akhir ya.


Mengenal Mata Kering

Keratoconjuntivitis sicca, siapa yang kesulitan melafalkan nama keren ini? Saya pun kesulitan kok. Bagus ya namanya, tetapi tidak keren lo jika menderita ini. Keratoconjuntivitis sicca adalah keadaan ketika mata tidak mengandung sejumlah air mata yang cukup untuk melumasi lapisan mata atau lebih dikenal dengan istilah sindrom mata kering.

Keadaan tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan efek terburuk yang mungkin timbul adalah rusaknya lapisan bening pada bola mata sehingga mengganggu penglihatan

Air mata merupakan cairan yang berfungsi untuk melumasi mata, menjaga permukaan mata agar tetap halus, dan melindungi mata dari benda asing dan kuman penyebab infeksi. Cairan ini terdiri dari air, lemak, protein dan garam. 

Air mata akan melumasi permukaan mata saat mata berkedip. Namun, sayangnya hal ini tidak terjadi pada penderita sindrom mata kering, karena komposisi air mata tidak dapat melumasi keseluruhan permukaan mata.

Sindrom mata kering dapat terjadi siapa saja, tetapi lebih banyak terjadi pada wanita. Dan risikonya meningkat pada orang yang berusia lanjut.


Penyebab Mata Kering

Tidak nyaman bukan jika menderita mata kering? Yuk kita cari tahu penyebab air mata tidak bekerja optimal mengaliri permukaan mata, sehingga Sobat Dy dapat mencegah terjadinya mata kering. 

Berikut penyebabnya mata kering yang perlu diketahui Sobat Dy:

Penurunan produksi air mata

Kelenjar air mata dapat mengalami penurunan untuk memproduksi air mata karena beberapa hal di antaranya usia tua, menderita penyakit diabetes, menderita kekurangan vitamin A, mengonsumsi obat anti depresan, mengonsumsi obat hipertensi, kerusakan kelenjar air mata akibat terapi radiasi atau operasi laser mata.


Peningkatan penguapan air mata

Jika salah satu komponen air mata tidak cukup atau tidak diproduksi sama sekali, maka air mata akan lebih cepat menguap. Kondisi ini dapat disebabkan karena penderita jarang berkedip saat membaca dan atau bekerja terlalu lama di depan layar komputer, gangguan pada kelopak mata, alergi pada mata, polusi udara, cuaca kering atau berangin, kekurangan vitamin A.


Gejala Mata Kering

Bagaimana gejalanya ya sehingga seseorang didiagnosa menderita sindrom mata kering? Berikut gejala yang mungkin timbul saat seseorang didiagnosa menderita sindrom mata kering :

-Mata terasa nyeri

-Timbul sensasi panas, kering, dan ada yang mengganjal

-Mata merah dan berair

-Mata terasa cepat lelah

-Kelopak mata terasa berat dan berkedut

-Agak sulit untuk membuka mata

-Sensitif terhadap sinar matahari

-Penglihatan semakin buram dan membaik setelah berkedip

-Terdapat lendir di sekitar atau di dalam mata, terutama saat bangun tidur

Tentunya hal tersebut sangat mengganggu bukan? Apalagi mata merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia. Kita dapat melihat indahnya dunia melalui mata. 

Gejala mata kering ini dapat memburuk dalam kondisi tertentu, misalnya saat membaca buku dengan durasi yang lama, melihat layar komputer selama berjam-jam, terlalu lama berada di lingkungan yang udaranya kering


Bahaya Mata Kering

Sindrom mata kering bukanlah penyakit serius ataupun kritis, walaupun begitu penyakit ini tidak dapat dianggap remeh. Jika kondisi mata kering ini dibiarkan dan tidak ditangani, maka akan menimbulkan kemungkinan komplikasi yang muncul karena mata kering, di antaranya:

Bahaya Mata Kering


Infeksi mata

Jika volume air mata kurang, maka mata akan lebih mudah mengalami infeksi mata, karena air mata tidak dapat melindungi permukaan mata dari infeksi


Kerusakan pada permukaan mata

Mata kering yang parah dapat menyebabkan peradangan pada mata, abrasi permukaan kornea. ulkus kornea dan masalah penglihatan lainnya


Kualitas hidup menurun

Penderita mata kering tentunya mengalami kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti membaca


Insto Dry Eyes, Salah Satu Cara Mengatasi Mata Kering dan Perih

Saat ini sudah ada lo cairan yang memberikan efek pelumas seperti air mata. Pasti ada yang sudah mengetahui produk ini. Betul sekali, namanya Insto Dry Eyes. Cairan steril yang  merupakan solusi mata untuk mengatasi mata kering dan perih.

Hidroksi propil metil selulosa dan benzalkonium klorida merupakan zat aktif yang terkandung dalam cairan steril untuk mata ini. Kandungan aktifnya dapat mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Selain itu Insto Dry Eyes juga dapat digunakan sebagai pelumas pada mata palsu.

Sobat Dy dapat membelinya di apotek tanpa resep dokter, karena Insto Dry Eyes merupakan golongan obat bebas terbatas. Cukup gunakan 1-2 tetes Insto Dry Eyes pada setiap mata dan gunakan 3 kali sehari ya.

Cara Menggunakan Insto Dry Eyes

Cara Menggunakan Insto Dry Eyes

Berikut tips cara menggunakan Insto Dry Eyes yang benar agar kandungan aktifnya dapat bekerja dengan optimal:

1. Ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan

2. Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan

3. Cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan Insto

4. Pastikan ujung botol tidak tersentuh atau mengenai permukaan benda apa pun untuk menghindari kontaminasi

5. Dongakkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata bagian bawah

6. Teteskan Insto ke dalamnya

7. Tutup mata dan tekan selama 2-3 menit bagian ujung mata yang dekat dengan hidung

8. Tundukkan kepala ke bawah

Jika Sobat Dy menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa kontak terlebih dahulu sebelum menggunakan Insto. Sekitar 10 menit kemudian lensa kontak dapat dikenakan kembali.

Pastikan menyimpan #InstoDryEyes dalam wadah tertutup dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Merawat mata dengan baik maka mata akan tetap sehat dan jernih.


Penutup

Insto Dry Eyes merupakan #SolusiMataKering. Cairan beningnya yang berfungsi seperti air mata dapat melumasi permukaan mata sehingga mata kembali lembab dan tidak perih. Kemasan berukuran 7,5 mL ini memberikan efek seperti air mata sehingga mata terasa nyaman dan segar kembali.

Selain di apotek Sobat Dy juga dapat membelinya di marketplace. Yuk coba sensasi menggunakan Insto Dry Eyes, salah satu cara mengatasi mata kering dan perih. Cerita di kolom komentar yuk pengalaman Sobat Dy menggunakan Insto.


Referensi

1. https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes

2. https://www.alodokter.com/insto

3. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering

38 komentar

  1. Insto Dry Eyes adalah solusi yang efektif ya untuk mata kering. Positif sekali karena formula cairannya yang transparan bertindak seperti air mata alami, sehingga bisa memberikan kelembutan pada permukaan mata sehingga menghilangkan rasa kering dan perih.

    BalasHapus
  2. Mata kering sering bgt nih aku alami, apalagi kerjaan depan laptop dan layar ponsel terus. Kadang cepet capek dan berasa gatel mata. Insto Dry eyes jadi solusi

    BalasHapus
  3. Saya tuh jg suka kering matanya mbak, apalagi yang seharian kerja dengan komputer dan laptop. Kadang sy juga pake tetes mata jika mata sudah lelah dan kering

    BalasHapus
  4. Wah, makasih ilmu barunya kak Dyah. Gara-gara tulisan ini jadi tau kalau mata kering itu engga boleh dibiarin. Apalagi Amel yang memang sebagian besar waktunya di depan hp dan laptop. Kudu aware nih sama kondisi mata. Untung ada insto dry eyes.

    BalasHapus
  5. Insto memang terbaik deh dan umma sudah merasakan banget manfaatnya sebagai penderita rabun jauh dan mata kering

    BalasHapus
  6. Aduh jangan sampai kena infeksi mata ya. Secara mata ini anggota tubuh yang vital. Ketika merasa mata iritasi atau kering, segera cari solusinya seperti Insto ini. Jangan sampai dibiarkan dianggap sepele ya

    BalasHapus
  7. Ketidaknyamanan yang dirasakan mata sebaiknya nggak dianggap enteng sih, karena bisa bahaya juga. Seperti gejala mata kering yang mungkin sepele merasakan panas dan perih. Padahal gejala tersebut bisa diredakan dengan langkah awal menggunakan Insto dry eyes yang memberikan efek nyaman di mata

    BalasHapus
  8. Kalau mata mulai panas dan terasa pegal tuh memang menyiksa sekali.
    Jadi sering berair juga dan akibatnya banyak kotoran mata. Sehingga perlu sekali dibantu dengan produk tetes mata terbaik, Insto Dry Eyes. Haturnuhun tipsnya, ka Dyah..

    BalasHapus
  9. Insto dry eyes rasanya dibutuhkan buat aku yang sering mengalami mata kering, mba.

    Sejak pernah terkena infeksi mata, mataku jadi lebih sensitif dengan pencahayaan dan angin berlebih.

    Tapi, sekarang jadi tau nih ada Insto dry eyes yang bisa dicoba untuk solusi cepat agar mata normal kembali.

    Thank you infonya, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba Susi. Aku pakai Insto Dry Eyes ini mataku jadi normal lagi. Rasanya pasti nggak nyaman banget pernah kena infeksi mata ya mbak.

      Hapus
  10. Insto Dry eyes memang membantu banget nih kak, apalagi bagi saya yang hampir 6 jam per hari didepan laptop

    BalasHapus
  11. Insto Dry eyes selalu ada di kotak obatku, karena aktivitas depan laptop dan HP lumayan sekali 🤣🤣🤣, apalagi suami dengan mobilasasi menggunakan motor pst mata juga cepat kering

    BalasHapus
  12. Kalau sudah mulai kedip-kedip dan gatal, udah deh tanda mata minta istirahat dari nonton gawai atau laptop

    BalasHapus
  13. Mata kering sepertinya merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi di era digital ini ya, Kak.

    BalasHapus
  14. Pas masih aktif ngantor, aku wajib banget nyetok insto dry eyes. Biasanya aku pakai kalau mata udah pegal banget menatap layar. Daann ketika cairan beningnya menetes di mata, nyesss langsung adeem banget di mata. Aku suka formulanya Insto ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama kaya aku mbak. Aku juga suka kandungan yang ada di Insto Dry Eyes ini yang kalau kita teteskan ke mata nggak perih malah adem, nyaman banget.

      Hapus
  15. Untuk pengobatan menggunakan insto ini biasanya berapa lama ya , Mbak? Apa sampai gejala sudsh tidak terasa lagi?

    BalasHapus
  16. Penyakit mata kering yang terlihat sepele ini ternyata berbahaya juga ya Mbaak, jadi khawatir kalau mengalami penyakit ini.

    BalasHapus
  17. kita kita yang aktif bekerja di depan layar komputer dan gadget memang rawan terkena mata kering ya. sering perih dan terasa sepet. untung ada insto dry eyes

    BalasHapus
  18. Bener nih, awalnya juga ga nyaman nih mata ngadep komputer lama-lama ternyata emang gejala mata kering ya. Klo dah tahu kan enak nyari solusinya. Insto emang andalan aku banget.

    BalasHapus
  19. Aku nih Mbak suka sedia Insto dry eyes di rumah karena pekerjaanku sering di depan laptop sama tab

    BalasHapus
  20. Benar ya mata kering bisa menurunkan kualitas karena mengganggu penglihatan yang otomatis mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan

    BalasHapus
  21. Kemarin aku pakai insto dry eyes, bener-bener seger emang. Apalagi kalau habis natap laptop lama

    BalasHapus
  22. Ini bener banget sih, aku pake juga Insto dry eyes, dan juga kerjanya sering depan laptop. Kalo abis pake insto dry eyes berasa mata seger lagi.

    BalasHapus
  23. waduh bahaya juga ternyata kalo mata kering diabaikan aja.. kudu sedia insto nih..

    BalasHapus
  24. iya ya mbak, enggak boleh meremehkan gejala mata kering. Aku yang sering merasakan ada gejala mata merah saja langsung worry. Apalagi ini gejala mata kering, enggak boleh disepelekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mulai worry nih perkara mata kering, apalagi dampak mata kering nggak bisa diremehkan. Sudah seharusnya kita menjaga dan merawat ciptaaan Allah ini dengan sebaik-baiknya. Dan.. pakai Insto selalu bisa jadi solusi mata kering.

      Hapus
  25. Saya juga pakai Insto kalau ada masalah dengan mata. Rasa nyess, anyep gitu dan tidak perih. Apalagi Insto dry eyes ini sangat membantu menjaga mata karena sering melihat layar ponsel dan laptop.

    BalasHapus
  26. Selalu sedia obat tetes Insto Dry Eyes untuk atasi gejala mata kering.

    BalasHapus
  27. Namanya keren tapi sakitnya tak tertahankan....kalo mata dah kering sementara tugas masih banyak yang harus diselesaikan ya butuh insto dry eyes juga nih kayaknya. Untung mudah dapetinnya, tinggal cuuus apotek terdekat

    BalasHapus
  28. Sebagai penderita mata rabun Umma sering sekali merasakan mata kering apalagi pakai softlens sering banget merasakannya yang namanya mata kering dan Merah kalau ketiduran dan lupa lepas softlens

    BalasHapus
  29. Merasakan sesuatu yang mengganjal di mata ini seperti masalah sepele, tetapi kalau dibiarkan, selain membuat tidak nyaman, bisa menjadi gejala mata kering. Untuk yang sering menatap layar gawai memang paling aman stok Insto saja, ya.

    BalasHapus
  30. Mata kering dan iritasi ringan? Ingat Insto. Saya teringat dengan iklan ini beberapa tahun silam. Masih kanak-kanak juga. Semakin ke sini semakin tahu ternyata benar apa yang diiklankan. Saat sering bergelut dengan alat las waktu sekolah saya selalu sedia Insto

    BalasHapus
  31. Berarti obat tetes mata ini gk perlu nungu sakit mata dulu yaa baru di tetes..
    Waah menariik niii, cocok banget kayak aku yg kerjanya sllu dgn layar laptop

    BalasHapus
  32. Almarhumah nenek saya dulu juga rutin menggunakan insto, tapi insto yang biasa. Baru tahu kalau ada yang khusus mata kering.

    BalasHapus
  33. Insto ini jadi andalan banyak keluarga deh ya.. akupun juga turun temurun obat untuk mata ya insto ini hehehhe

    BalasHapus
  34. ah, kalau mata kering sudah melanda, rasanya aku ga bisa produktif ngapa2in kak, apalagi sampai mata terasa panas dan perih, insto dry eyes efektif banget sebagai pertolongan pertama

    BalasHapus
  35. Akhir akhir ini karena sering menggunakan gawai untuk belajar jadi sering mata kering, jadi harus kasih insto juga ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih