Tips Memulai Usaha Kue Kering Kiloan

Senin, 19 Februari 2024

 

Tips Memulai Usaha Kue Kering Kiloan


Sobat Dy, tidak sampai satu bulan lagi Ramadan tiba. Namun, sirup, kue kaleng, permen dan parcel lebaran sudah ditawarkan di minimarket maupun supermarket. Termasuk pemilik usaha kue kering kiloan pun sudah menawarkan dagangannya.

Momen hari besar keagamaan merupakan masa yang menguntungkan bagi pemilik usaha parcel maupun kue kering. Pada saat seperti itu banyak yang memberikan bingkisan sebagai hadiah. Salah satunya adalah parcel kue kering.

Tidak hanya sebagai hadiah atau bingkisan, kue kering pun juga menjadi sajian yang disediakan untuk tamu yang berkunjung ke rumah, bukan. Wajar jika banyak orang yang mengambil kesempatan untuk turut mencicipi keuntungan dalam usaha kue kering kiloan.


Modal Usaha Kue Kering Kiloan 

Apakah untuk memulai usaha kue kering ini harus pandai membuat kue? Apakah modal yang dibutuhkan besar? Berapa modal yang dibutuhkan? 

Saya akrab dengan usaha kue kering ini sejak belia. Saat itu membantu ibu dalam menerima pesanan kue kering. Tidak banyak hanya beberapa toples saja dan beberapa jenis kue kering yang kami bisa membuatnya.

Selain itu, saya pun pernah menjadi reseller beberapa brand kue kering kiloan baik lokal maupun nasional. Produk yang ditawarkan jauh lebih banyak. Tingkatan rasa pun juga variatif tergantung bahan yang digunakan.

Saya pun pernah mencoba untuk mengemas kue kering kiloan dalam bentuk curah ke dalam toples dan menyusunnya menjadi parsel. Dari ketiga pengalaman tersebut tentunya modal usaha yang dibutuhkan tidaklah sama.

Dapat disimpulkan bahwa modal usaha kue kering kiloan bervariatif tergantung Sobat Dy memilih usaha di tahap apa, maka hal ini akan memengaruhi dana yang dibutuhkan sebagai modal.


Memproduksi kue kering

Untuk memproduksi kue kering sendiri, Sobat Dy perlu menyiapkan beberapa peraltan di antaranya:

Oven

Ada beberapa jenis oven yang tersedia di pasaran. Ada oven listrik, oven kompor, dan oven gas. Ada pula oven yang telah menyatu dengan kompor, dengan oven terletak di bagian bawah kompor. Apabila Sobat Dy masih pemula dalam memanggang kue, ada baiknya mempelajari cara menggunakan oven listrik terlebih dahulu.


Bahan Membuat kue kering

Bahan kue yang dibutuhkan variatif tergantung kue kering yang akan dibuat, di antaranya tepung terigu, margarine, keju, bubuk cokelat, vanila, kacang mede dan lainnya.


Peralatan pendukung dan pelengkap

Peralatan yang dibutuhkan di antaranya baskom untuk membuat adonan kue, mixer, loyang kue, timbangan kue, cetakan kue kering, penggilling adonan, spatula, parutan keju, dan lainnya.


Gas atau listrik yang digunakan sebagai bahan bakar

Bahan bakar ini tergantung jenis oven yang digunakan. Penggunaan bahan bakar ini sebaiknya juga diperhitungkan sebagai modal karena termasuk dalam komponen biaya produksi.


Kemasan

Kemasan yang digunakan dapat menggunakan kemasan yang biasa digunakan untuk kue kering atau kemasan lain agar terkesan unik.


Asumsi biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan bahan yang dibutuhkan mulai dari Rp. 1 juta, tergantung dengan merek dan kualitas bahan dan peralatan. Namun, untuk peralatan sebaiknya pilih dan gunakan kualitas yang baik karena akan digunakan dalam jangka panjang bukan. 


Reseller kue kering 

Menjadi reseller menurut saya merupakan jalan ninja untuk memulai usaha apapun, karena modal yang dibutuhkan hampir tidak ada.

Reseller akan mendapatkan sejumlah rupiah jika berhasil menjual kue kering. Umumnya pemilik usaha akan memberikan keuntungan secara bertingkat berdasarkan omset penjualan.

Materi promo sudah disiapkan oleh pemilik usaha. Reseller dapat menawarkan produk yang dijualnya dengan mengirimkan katalog produk kepada target konsumen atau menawarkannya melalui media sosial.

Semakin banyak produk yang berhasil dijual, persentase potongan harga yang diberikan.pemilik usaha pun semakin besar


Membuat parcel kue kering

Jika Sobat Dy memilih untuk membuat parcel kue kering, setidaknya membeli dulu beberapa varian kue kering yang akan digunakan untuk parcel. Jika sudah percaya akan rasa dan kualitas kue kering tersebut, maka bagian ini bisa diskip.

Tahap berikutnya adalah memilih kemasan baik ukuran, jenis, maupun ukuran kemasan yang akan digunakan. Kemasan yang dimaksud adalah toples untuk tempat kue kering dan kemasan untuk menyusun toples-toples tersebut.

Modal yang dibutuhkan variasi tergantung model dan kualitas bahan. Paling tidak Sobat Dy memerlukan beberapa kemasan untuk digunakan sebagai foto produk atau katalog. Jika katalog sudah siap, promosi pun dapat dilakukan dengan metode PO atau Purchase Order atau permintaan pembelian. Sehingga Sobat Dy dapat menentukan berapa banyak bahan yang harus dibeli berdasarkan pesanan.

Metode PO ini merupakan salah satu cara untuk menekan kerugian, karena hanya membeli sejumlah kebutuhan dan keuntungan dapat dihitung langsung berdasarkan selisih harga modal dan hasil penjualan. 

Sobat Dy perlu mempertimbangkan juga kerusakan saat pengiriman dan kemungkinan cacat produk saat membeli kue kering maupun kemasan.

Usaha Kuer Kering Kiloan


Tips Memulai Usaha Kue Kering Kiloan

Usaha kue kering ini cukup menggiurkan bukan? Cuan yang diperoleh lumayan lo, seimbang sih dengan tenaga dan waktu yang diluangkan. Apalagi dalam proses membuatnya hingga mengemasnya perlu kehati-hatian dan kesabaran. Terutama untuk kue yang rapuh seperti kastangel, semprit.

Tentukan jenis kue kering yang akan dijual

Variasi kue kering banyak seklai di pasaran. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kemampuan membuatnya, proses pengemasan, kue favorit calon pelanggan. Karakter pelanggan pun berbeda-beda, ada yang mengutamakan harga pun ada yang mengutamakan rasa. Pelanggan yang berada di tengah-tengah pun tak kalah banyaknya.

Oleh karena itu, selain jenis kue, pilihan kualitas kue kering yang akan dijual pun perlu dipertimbangkan. Umumnya adalah nastar, kastangel, putri salju, cokelat kacang, lidah kucing, semprit, kue sagu, kacang telur. 

Semain variatif kue yang ditawarkan ke pelanggan tentunya juga akan disukai, karena selera dan tujuan pelanggan berbeda-beda. Ada yang dikonsumsi sendiri sebagai snack pilihan keluarga atau diberikan sebagai bingkisan kepada kolega dan kerabat.

 

Pilih bahan terbaik

Tak dapat dipungkiri bahwa bahan yang digunakan akan memengaruhi rasa kue kering. Oleh karena itu, sebaiknya pemilihan bahan pun menggunakan bahan yang terbaik agar pelanggan puas.

Hal ini juga berlaku untuk kemasan yang akan digunakan. Pilih bahan yang berkualitas agar cacat produk dapat diminimalisir. Sehingga dapat meminimalkan kerugian karena kemasan yang rusak.


Pilih supplier yang amanah

Kemudahan berbelanja saat ini didukung dengan banyaknya market place sehingga pembeli dan penjual dapat terhubung dimana pun berada. Namun, tidak menutup kemungkinan barang yang dijual murah, kualitasnya bagus seperti gambar yang ditampilkan di market place.

Oleh karena itu, Sobat Dy sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli kemasan. 


Memberikan tester pada calon pembeli

Adanya tester akan membuat pembeli mengetahui rasa kue yang akan dibelinya, sehingga tidak pembeli lebih yakin untuk membeli produk kita. 


Gunakan kemasan yang menarik

Kemasan yang menarik akan lebih menarik minat pembeli, apalagi jika kemasan tersebut unik. Umumnya hal ini akan mendapatkan perhatian lebih bagi pembeli yang akan memberikannya sebagai bingkisan.


Lakukan promosi

Hal yang penting lainnya adalah promosi. Dengan semakin banyaknya saluran promosi maka metode yang dilakukan pun semakin banyak. Selain itu, perekrutan reseller juga dapat dipertimbangkan.

Pemberian diskon atau bonus untuk pembelian dalam jumlah tertentu juga akan menjadi daya tarik bagi pembeli.

Tips Memulai Usaha



Penutup Tips Memulai Usaha Kue Kering Kiloan

Adanya moment spesial seperti lebaran maupun hari besar keagamaan lain. Usaha kue kering ini menarik untuk dilakukan. Selain untuk konsumsi sendiri, ada juga pembeli yang membeli untuk diberikan sebagai bingkisan atau buah tangan untuk kerabat dan kolega. 

Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk memulai usaha kue kering kiloan. Baik sebagai produsen, pengemas, maupun reseller. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan Sobat Dy. 

Demikian tips untuk memulai usaha kue kering kiloan. Apakah Sobat Dy tertarik untuk memulai usaha tersebut? Atau mempunyai pengalaman dengan usaha ini? Yuk ceritakan di kolom komentar.


Referensi

1.Tips Jualan Kue Kering Kiloan Agar Laris Manis - https://entrepreneur.bisnis.com/read/20220425/88/1526925/tips-jualan-kue-kering-kiloan-agar-laris-manis

2. Tips Bisnis Kue Kering dan Estimasi Keuntungannya -  https://www.bfi.co.id/id/blog/tips-bisnis-kue-kering-dan-estimasi-keuntungannya 

3. Usaha Kue Kering Kiloan, Segii Modal Awalnya  - https://www.idebisnismq.com/2022/11/usaha-kue-kering-kiloan.html

10 komentar

  1. aku juga punya rencana untuk memulai usaha kue kering, tapi tidak untuk tahun ini. BEsok kalau keuangan sudah mapan dan anak sudah besar. Buat usaha kecil-kecilan. kayaknya kok menjanjikan gitu

    BalasHapus
  2. Bentar lagi Ramadan, bisnis kue kering salah satu yang sangat menjanjikan.
    Teman-teman yang hobi bikin kue bisa banget ya melebarkan sayap buat kue untuk dijual. Siapa tahu jadi ladang cuan, ya

    BalasHapus
  3. Besarnya kebutuhan modal usaha memang terbantung jenis usahanya ya. Semoga makin lancar dan sukses bisnisnya

    BalasHapus
  4. Wah pas banget ini sebentar lagi lebaran. Bisnis kue kwring pasti laris manis, untik parcel, untuk suguhan, untuk oleh-oleh. Biasanya saat ramadhan sudah persiapan untuk bisnis kue kering ini.

    BalasHapus
  5. Momentnya pas banget ya. Jika di kemas dengan menarik dan eksklusif, kue kering kiloan bisa naik kelas.

    BalasHapus
  6. Menarik banget nih usaha kue kering kiloannya mbak Dy. Kalau belum punya modal, jadi reseller adalah jalan ninja ya. Usaha kue kering kiloan ini nggak cuman musiman pas hari raya saja sih, kadang juga orang butuh saat hari-hari biasa untuk acara-acara tertentu. Wah sangat menguntungkan.

    BalasHapus
  7. Menjadi reseller barang apa pun memang jalan ninja, ya, Mbak. Setelah mengetahui celah-celahnya, kita bisa naik step ke produksi sendiri.

    BalasHapus
  8. Masyaallah, tapi entah kenapa saya termasuk org yg ga sabar manggang kue kering. sementara ini produksi utk keluarga dulu kak, kalau dijual belum hehe..tapi sebenernya bisa jadi ide jualan ya

    BalasHapus
  9. Usaha kue kering masih ikut musiman aja, Kak. Pas ramadhan gini, biasanya bikin. Lumayan juga buat nambah pendapatan. Alhamdulillah, dan memang harus berani nentuin produk yang mau dijual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik untuk dicoba tetapi masih belum mencoba² juga hehehe, mba sebaikny kalau tester itu dbuat gratis atau berbayar dgn kemasana yg kecil gitu

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih