Mencoba Laundry Self Service Terdekat Dengan Rumah

Rabu, 31 Januari 2024

Laundry Self Service Terdekat Dengan Rumah

Beberapa waktu yang lalu aliran air PDAM atau Perusahaan Air Minum Daerah mengalami gangguan. Debit airnya mengecil sehingga mengganggu aktivitas warga, salah satunya mencuci pakaian. Sehingga mengakibatkan mesin cuci tetangga rusak. Beliau pun akhirnya mencoba laundry self service terdekat dengan perumahan di mana kami tinggal.

Alasan mengapa dia memilih laundry self service karena lebih murah, lo. Saya jadi penasaran akhirnya ya saya mencari tahu apa benar laundry self service atau laundry koin lebih ekonomis dibandingkan laundry kiloan.

Perumahan saya terletak di dekat beberapa perusahaan dan pergudangan, sehingga di sekitarnya pun bermunculan rumah penduduk. Tidak hanya itu, fasilitas pendukungnya pun turut bermunculan, di antaranya toko kelontong, warung makan, penjual sayur dan lauk, serta laundry.

Setelah tetangga menceritakan bahwa beliau mencoba laundry koin yang terletak di desa sebelah saya baru menyadari bahwa telah bermunculan beberapa laundry koin. Sebelumnya yang ada hanyalah laundry kiloan dan mereka telah mempunyai pelanggannya masing-masing.

Apa sebetulnya perbedaan laundry kiloan yang selama ini kita kenal dengan laundry koin atau self service ini? Apakah betul tarif laundry self service lebih terjangkau dibandingkan laundry kiloan? Yuk, kita cari tahu bersama.


Laundry Self Service Terdekat

Laundry self service merupakan sebuah usaha dimana pelanggan mencuci pakaian, mengeringkan, dan seterika menggunakan peralatan yang disediakan oleh pengelola. Harga yang ditawarkan pun terjangkau. 

Tidak hanya membayar sewa pemakaian mesin cuci, pelanggan juga membayar pemakaian deterjen dan pewangi yang digunakan. Cara lainnya adalah pelanggan membawa sendiri deterjen dan pewanginya. Selain itu pelanggan juga dapat mengatur waktu untuk mencuci sesuai kebutuhan

Saat ini sudah ada kurang lebih tiga laundry self service yang beroperasi di sekitar perumahan, karena terletak di jalan utama. Mungkin masih ada lagi yang lain yang tidak saya ketahui. Setiap saya melintas tampak ketiga laundry ini dipadati pelanggan.

Bangunan laundry dikelilingi kaca bening sehingga tampak dengan jelas aktivitas pengunjung di dalamnya. Aneka jajanan dan minuman yang ditawarkan di sana pun tampak oleh orang yang melintas di depannya.

Kok di tempat laundry juga menjual makanan dan minuman? Mungkin hal ini juga dapat menjadi daya tarik. Pengunjung yang sedang menunggu cuciannya hingga selesai dapat menikmati aneka snack dan minuman yang ditawarkan. 

Di sisi lain pemilik usaha laundry kiloan melakukan promosi dengan caranya masing-masing. Ada yang menawarkan kecepatan pelayanan, melayani antar jemput laundry, pelanggan dapat memilih sendiri pewangi yang digunakan untuk laundry, hingga menawarkan harga perkilo yang terjangkau. Jujurly pelanggan senang nih kalau banyak yang ngasih promo, iya kan?

Dengan banyaknya tawaran baik laundry kiloan maupun laundry self service membuat pengguna jasa laundry jadi benar-benar mempertimbangkan untuk memilihnya. Tidak seperti tebak buah manggis kok. Coba saja laundry self service terdekat atau laundry kiloan terdekat


Perbedaan Laundry Self Service dengan Laundry Kiloan

Berikut beberapa perbedaan antara laundry self service dengan laundry kiloan adalah:

Berat pakaian

Baju yang dilaundry di laundry kiloan ditimbang dulu sebelum dicuci. Hal ini dilakukan sebagai dasar penentuan biaya jasa laundry. Sedangkan pada laundry self service tidak ditimbang dulu. Jumlah baju yang dicuci diukur dengan cara melihat batas tinggi pakaian yang terdapat di dalam mesin cuci.

Berat laundry merupakan parameter untuk menentukan tarif yang harus dibayar oleh pengguna jasa tersebut. Umumnya tarif laundry kiloan untuk parameter cuci kering seterika kisaran Rp. 5.000 per kilo.


Durasi pengerjaan

Umumnya durasi pengerjaan laundry adalah satu hingga dua hari untuk layanan cuci basah pada laundry kiloan sedangkan pada laundry self service cukup sekitar 30 menit untuk layanan cuci basah.


Perlengkapan laundry

Sejumlah deterjen dan pewangi atau pengharum pakaian disiapkan sendiri jika Sobat Dy menggunakan jasa laundry self service. Namun, pengguna jasa laundry self service ini juga dapat membelinya di laundry. 

Hal ini tidak perlu dilakukan jika menggunakan jasa laundry kiloan karena harga yang ditawarkan sudah termasuk dalam biaya laundry.


Pelaksana

Pada laundry kiloan yang melakukan proses mencuci adalah pemilik atau karyawan penyedia jasa laundry, tetapi pada laundry self service, proses pencucian tentunya dilakukan sendiri. Sehingga jika Sobat Dy hendak mencuci pakaian dalam dapat dilakukan bersamaan dengan pakaian lain. Sedangkan jika pada laundry kiloan, tidak diperkenankan mencuci pakaian dalam.


Mengapa Memilih Menggunakan Jasa Laundry?

Kebersihan pakaian merupakan hal yang penting, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman, bukan. Namun, kadang semuanya tidak berjalan sesuai dengan impian, di antaranya usaha untuk menyiapkan pakaian yang bersih.

Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang memilih menggunakan jasa laundry:

Kesibukan

Setiap orang mempunyai jatah waktu yang sama yaitu 24 jam.. Namun, pada beberapa orang waktu 24 jam dirasa kurang untuk beraktivitas, sehingga waktu untuk menyediakan pakaian yang bersih dan layak untuk dikenakan tidak ada.

Oleh karena itu, adanya tawaran untuk menggunakan jasa laundry demi pakaian yang bersih merupakan tawaran yang menarik untuk dicoba.


Tidak ada area untuk mencuci dan atau menjemur

Saat ini harga tanah terutama di daerah perkotaan cukup mahal, sehingga rumah yang ditawarkan ukurannya semakin lama semakin kecil. Hal ini juga berdampak pada area untuk menjemur pakaian.

Agar lahan yang ada cukup untuk mendukung aktivitas penghuninya, tak jarang area untuk menjemur pakaian akhirnya dikalahkan. Hal ini berdampak pada area untuk menjemur pakaian tidak ada atau kecil sekali, sehingga untuk laundry dengan ukuran besar  seperti sprei, korden, taplak meja makan tidak dapat dijemur.


Penutup

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer, termasuk menyediakan pakaian yang bersih untuk dipakai sehari-hari. Namun, karena kesibukan atau hal lainnya menggunakan jasa laundry bukanlah hal yang memalukan.

Apakah Sobat Sy mempunyai pengalaman menggunakan jasa laundry? Yuk ceritakan di kolom komentar pengalaman Sobat Dy menggunakan jasa laundry kiloan atau laundry self service terdekat dengan rumah.


Referensi

1. https://yuniarinukti.com/13239/jasa-laundry-koin-layanan-self-service-murah-meriah

2. https://jualpewangilaundry.com/cuci-koin-terdekat-di-wilayah-jakarta/

3. https://mojok.co/terminal/perbedaan-laundry-kiloan-dan-laundry-self-service-kamu-pilih-yang-mana/amp/

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih