Taman Ngronggo, Tempat Wisata di Kediri yang Murah Meriah

Rabu, 13 Desember 2023

Taman Ngronggo, Tempat Wisata di Kediri yang Murah Meriah

Hai Sobat Dy, kali ini saya ingin bercerita tentang Taman Ngronggo, tempat wisata di Kediri yang murah meriah. Sebuah taman yang menarik untuk dikunjungi karena lokasinya mudah dijangkau.

Selain taman wisata air Pagora, beberapa taman di Kediri juga menjadi tujuan kami untuk bermain. Kami beberapa kali mengunjungi Taman Ngronggo  sejak anak sulung masih batita atau bawah tiga tahun. 

Fasilitas bermainya cukup banyak dan ada hal unik yang menjadi ciri khas Taman Ngronggo yang tidak dapat diperoleh di taman lainnya. Apa istimewanya Taman Nggronggo? Apa saja fasilitas di tempat wisata Kediri yang murah meriah ini? Yuk ah simak artikel ini hingga akhir ya.


Taman Ngronggo, Tempat Wisata di Kediri yang Murah Meriah

Taman Ngronggo merupakan sebuah taman dengan luas area sekitar 5 Ha, berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan no 90, Ngronggo, kecamatan Kota Kediri, Kediri. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di tepi jalan besar.

Selain itu mudah dijangkau, baik menggunakan moda transportasi roda dua maupun roda empat. Sedangkan untuk moda transportasi umum, saya belum mengetahuinya. 

Bagaimana dengan harga tiket masuknya? Free alias gratis. Taman Ngronggo dapat dinikmati siapapun, baik warga Kediri maupun wisatawan lokal seperti kami tanpa dipungut biaya satu rupiah pun.

Walaupun HTM-nya gratis, tetapi fasilitasnya lumayan kok. Ada beberapa permainan yang rusak, sehingga tidak dapat dimainlan. Semoga segera diperbaiki oleh pemerintah Kota Kediri, sehingga pengunjung semakin betah dan banyak yang mengunjunginya.

Ada dua akses masuk ke lokasi, tetapi hanya satu saja yang dibuka. Baik akses masuk kendaraan maupun akses masuk pengunjung menjadi satu.


Fasilitas di Taman Ngronggo

Sebuah taman yang dibangun tentunya dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kota Kediri di antaranya:

Fasilitas di Taman Ngrongo


Area permainan

Wahana permainan anak-anak terletak di dua sisi taman. Saat memasuki taman, pengunjung dapat langsung melihat area permainan. Namun, sayangnya beberapa permainan di sini banyak yang rusak, sehingga pengunjung lebih banyak bermain di area permainan yang terletak di sisi lain taman.

Area permainan ini dikelilingi pohon dan tanaman, sehingga cukup teduh. ANak-anak dapat bermain dengan riang.

Permainan yang tersedia: 

-Panjat tali untuk melatih motorik kasar

-Jungkat jungkit

-Perosotan dnegan beberapa ukuran

-Ayunan

-Dan lainnya


Area olahraga

Di Taman Ngronggo juga tersedia beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk berolahraga. Peralatan tersebut diinstal di tempat dan terbuat dari bahan besi yang dirakit dengan las.

Beberapa alat olahraga tersebut:

-Sepeda statis, ada beberapa sepeda statis dengan beberapa ukuran

-Alat untuk mengecilkan pinggang dengan bagian kaki yang dapat berputar ke kiri dan ke kanan sedangkan bagian tangan memegang besi di depannya, sehingga tubuh dapat bergerak ke kiri dan ke kanan.

-Alat untuk mengangkat tubuh menggunakan beban tubuh. Kaki mendorong pedal yang tersedia sehingga tubuh akan terangkat.

-Dan lainnya

Ada beberapa alat olahraga yang rusak, semoga segera diperbaiki. SAyang kalau tidak bisa dipakai, kan.


Toilet atau kamar mandi

Toilet yang tersedia ada dua, lokasinya di bagian belakang dekat mushola dan fasilitas air minum.


Musholla

Sebuah gazebo digunakan sebagai mushola. Mushola ini dapat digunakan sekitar empat orang, tetapi sepertinya jarang dipakai, karena pengunjung taman penduduk sekitar sehingga masih dapat melakukan ibadah sholat di rumah masing-masing.


Fasilitas air minum

Air minum yang disediakan dapat langsung diminum. Pemerintah Kota Kediir menyediakan air minum menggunakan pengolahan air sistem Reverse Osmosis, sehingga air yang dihasilkan dapat langsung diminum. 

Di dekat alat untuk mengolah air tersedia bagan yang menjelaskan bahwa air dapat langsung diminum. 


Area parkir di dalam taman

Area parkir kendaraan roda dua dan roda empat berada di bagian belakang taman, di dekat kebun. Sedangkan area sepeda kayuh berada di bagian depan taman, lengkap dengan bagian untuk menggembok sepeda.

Tarif parkir yang dikenakan pun normal, Dua ribu untuk roda dua dan lima ribu untuk roda empat.


Ruang terbuka hijau yang luas

Di bagian tengah taman, tampak area yang cukup luas. Pengunjung dapat menggunakannya untuk berlari atau sekedar duduk. Jika cuaca tidak terik atau masih pagi pengunjung dapat menikmati semilir angin yang berhembus di sini.

Taman Ngronggo Kediri

Bermain di taman merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak, karena banyak hal yang dapat mereka pelajari. Selain itu mereka dapat menyalurkan energinya dengan melakukan banyak kegiatan di ruang terbuka


Hal Unik di Taman Ngronggo

Taman Ngronggo berada di dekat jalur kereta api. Jalur kereta api tersebut merupakan jalur kereta api yang melintas di bagian selatan pulau Jawa.

Setiap kali kereta api lewat, baik kereta api penumpang maupun kereta api muatan barang melintas, maka aktivitas bermain berhenti. Pengunjung Taman Ngronggo bergegas, baik anak-anak maupun orang dewasa bergegas menuju tepi taman dan menunggu kereta api melintas.

uniknya taman ngronggo
Saat kereta api melintas, beberapa anak tampak melambaikan tangan ke arah kereta api. Sebagian lagi hanya diam mengamati kereta api hingga hilang dari jangkauan mata memandang.

Setelah kereta api melintas, pengunjung pun kembali menuju tempat di mana mereka bermain sebelumnya. Hal yang sama akan terjadi jika ada kereta api yang melintas. Kereta api mempunyai magnet yang kuat menarik perhatian pengunjung terutama anak-anak.


Penutup

Taman Ngronggo merupakan taman yang nyaman untuk bermain. Fasilitas umum yang disediakan pun cukup banyak. Namun, dapat dioptimalkan lagi untuk menunjang kegiatan warga Kediri dan sekitarnya.

Yuk bermain ke Tamn Ngronggo, tempat wisata di Kediri yang murah meriah saat Sobat Dy berkunjung ke Kediri. Cerita di kolom komentar yuk pengalaman Sobat Dy yang mengesankan saat bermain ke taman.

12 komentar

  1. Tempat wisata kaya taman gini tuh sebenernya menarik banget si apalagi buat anak-anak bisa bebas bermain. Cuma kadang gak semua tempat ada dan terawat.

    BalasHapus
  2. Keren, fasilitasnya lengkap dan semuanya gratis. Semoga bisa singgah ke Kediri dan main di sana

    BalasHapus
  3. Pas bw malam ini, rencananya September akan ke Surabaya, mudah2an sempat jalan2 ke Kediri. Lumayan, hampir 3 jam perjalanan ya dari Surabaya ke Kediri. Mudah2an bisa mampir. Terima kasih sdh berbagi informasi, bisa jadi referensi jalan2 ... keren..

    BalasHapus
  4. Senang banget pastinya warna Kediri dan sekitarnya yang punya tenpat wisata seindah ini. Selain healing diri juga memperkuat bonding keluarga.

    BalasHapus
  5. Sayang banget pas ke Kediri ga kesini, kayaknya tempatnya enak banget ya buat duduk santai bersama orang-orang terkasih, sejuk adem dan masih banyak ijo-ijonya jadi pastinya seger banget

    BalasHapus
  6. Wah, anakku sejarang lgi di Jefiri nih mbak. Main ke sini ngga ya dia, gratis tapi mrnghibur yaa. Ini yg dicari. Aku jg waktu nunggu mba Dyah sempet nunggu di alun2 sufoarjo lhooo...nyaman.

    BalasHapus
  7. Anak2 biasanya suka ke taman lari2 habis tuh capekk pulang trus jajan hehe

    BalasHapus
  8. Berbicara Kediri, jadi ingat dulu pernah ke kampung Inggris Pare yang merupakan salah satu pengalaman terbaik dalam hidup saya. Kayaknya dari ke sana ke taman ini agak jauh, ya, Mbak?

    BalasHapus
  9. Main di taman juga jadi salah satu favoritnya anakku krn ada area bermainnya. Pokoknya kalo sdh area bermain tuh anak2 jadi betah ya mba

    BalasHapus
  10. Wah bisa jadi rekomendasi terbaik untuk kita-kita yang pengen ke kediri, HTM gratis dan bisa nikmati suasana hijau menenangkan.

    BalasHapus
  11. HTM gratis dan sudah dapat fasilitas lengkap seperti ini, tunggu apa lagi. Memang jos ini tempat, boleh jadi arena jogging santai nih.

    BalasHapus
  12. Di Kediri sekarang banyak ruang terbuka hijau dan taman yang nyaman untuk santai bersama keluarga. Kalau aku paling suka ke Taman Brantas, biasanya olahraga pagi barang anak dan suami

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih