PAFI Ende, Organisasi Farmasi di Indonesia Turut Berperan Membangun Bangsa

Kamis, 21 Desember 2023

 

PAFI Ende Organisasi Farmasi di Indonesia
Hi Sobat Dy, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat ya. Maklumlah cuaca sedang tidak baik-baik saja sepertinya. Pergantian musim dari musim panas ke musim hujan, beberapa teman maupun kerabat menderita influenza. 

Untuk mengatasi influenza ada yang memilih untuk membeli obat bebas, ada pula yang berkonsultasi ke dokter. Sobat Dy termasuk tim yang mana nih? Bagi Sobat Dy yang memilih untuk membeli obat secara bebas, tetap perhatikan etiket obat yang tercantum di bagian kemasan obat ya. Selain itu waspadai juga adanya obat palsu.

Walaupun beberapa obat dapat dibeli secara bebas, tetapi jika sakit tetap berlanjut setelah mengonsumsi obat bebas tersebut, segera hubungi dokter ya agar segera mendapat penanganan yang tepat. 

Tahukah Sobat Dy pihak yang turut berperan dalam mengatur dosis obat yang layak untuk dikonsumi sesuai dengan jenis penyakit yang diderita pasien? Yup, apoteker. Apa hubungan apoteker dan farmasi? Adakah organisasi farmasi di Indonesia? Yuk baca artikel ini hingga akhir ya.


Farmasi dan Apoteker

Farmasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan. Senyawa penyusun obat hingga mengolahnya menjadi obat yang layak untuk dikonsumsi dan penggunaan obat secara aman. Pekerjaan terkait farmasi hanya dapat dilakukan oleh Apoteker dan tenaga kefarmasian yang terdiri dari sarjana farmasi, ahli madya farmasi, analisis farmasi, asisten apoteker.

Oleh karena itu apoteker dapat didefinisikan sebagai salah satu tenaga ahli di bidang kesehatan yang memberikan pelayanan kefarmasian. Tugas apoteker berhubungan dengan pengelolaan obat dan pelayanan obat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi ke masyarakat.

Edukasi ke masyarakat dapat dilakukan melalui media sosial maupun penyuluhan langsung ke masyarakat. Bagi masyarakat perkotaan mungkin edukasi melalui media sosial dapat berjalan, sedangkan bagi masyarakat pedesaan, edukasi lebih efektif dilakukan dengan kunjungan.

Salah satu contohnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh PAFI Ende yang bekerja sama dengan Loka POM atau Loka Pengawasan Obat dan Makanan dalam program Si OMA Masuk Desa yang telah dilaksanakan sejak Juli 2023. 

Dilansir dari situs antaranews.com, Program Si OMA Masuk Desa merupakan program edukasi obat dan makanan yang berfokus pada peningkatan pengetahuan masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Edukasi ini dilakukan dengan cara melakukan kunjungan secara rutin ke pedesaan. Fasilitator atau petugas menghubungi kepala desa setempat untuk mengumpulkan masyarakat sehingga edukasi dapat dilakukan secara masif.


Organisasi Farmasi di Indonesia

Adakah yang mengetahui tentang PAFI? Suatu organisasi yang bekerja sama dengan Loka POM seperti yang saya sampaikan sebelumnya? Tepat sekali, PAFI adalah organisasi farmasi di Indonesia.

PAFI merupakan akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Sebuah organisasi yang dibentuk tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka, Yoyakarta. Salah satu hasil pertemuan tersebut juga mengangkat Pak Zainal Abidin sebagai ketua PAFI di awal periode pendirian PAFI.

Sesuai namanya, PAFI merupakan wadah yang menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang farmasi dan organisasi profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian. PAFI merupakan organisasi profesi tertua di Indonesia.

Sebagai sebuah organisasi, tentunya PAFI mempunyai tujuan mulia baik untuk anggotanya maupun untuk masyarakat. Berikut tujuan dibentuknya PAFI:

-Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

-Mewujudkan tingkatan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

-Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi di Indonesia

-Meningkatkan kesejahteraan anggota PAFI.

PAFI juga memiliki visi untuk turut serta memerangi obat ilegal, mencegah terjadinya penggunaan obat yang salah dan mencegah terjadinya penyalahgunaan obat. Dalam mewujudkan misi tersebut PAFI bekerjasama dan berkoordinasi bersama organisasi profesi kesehatan lainnya.

Tujuan dibentuknya PAFI


PAFI Ende Turut Berperan Membangun Bangsa

PAFI Ende merupakan salah satu bagian dari PAFI pusat. Area kerja PAFI Ende adalah Kabupaten Ende, provinsi Nusa Tenggara Timur. Dilansir dari situs https://pafiende.org/, saat ini PAFI Ende dipimpin oleh Ida Ayu Made Manuastiniari, A. Md. Farm yang akan menjabat selama lima tahun, sejak 2022 hingga 2027 nanti.

Struktur organisasi PAFI Ende pun ditangani oleh personil yang kompeten di bidangnya sehingga dapat mewujudkan tujuan dibentuknya PAFI.

Anggota PAFI Ende dapat mengakses peluang pendidikan dan pelatihan yang terkini sesuai perkembangan teknologi farmasi saat ini. Selain itu anggota juga memperoleh kesempatan untuk mengikuti lokakarya, seminar maupun diskusi terkait topik farmasi.

Kegiatan yang dilakukan PAFI Ende tidak hanya untuk anggotanya semata, tetapi juga untuk masyarakat skeitar, diantaranya penyuluhan tentang obat-obatan. Sehingga masyarakat menggunakan obat dengan benar.

Selain itu, PAFI Ende juga bekerja sama dengan organisasi atau komunitas kesehatan setempat untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat tentang penggunaan obat secara secara benar dan aman tanpa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan PAFI Ende baik bagi anggota maupun masyarakat sekitar merupakan langkah nyata PAFI Ende turut berperan membangun bangsa menuju Indonesia yang lebih baik.


Referensi

1. https://pafiende.org/

2. https://kupang.antaranews.com/berita/115956/loka-pom-ende-edukasi-obat-dan-makanan-lewat-si-oma-masuk-desa

3. https://id.wikipedia.org/wiki/Farmasi

4. https://ziuma.com/Thread-PAFI-Ende-Menyongsong-Masa-Depan-Kesehatan-Bersama-Ahli-Farmasi

18 komentar

  1. Kalo saat saya influenza, biasanya sih beli obat bebas dulu dan istirahat total, hehehe... Paling ampuh sih edukasi secara langsung ya, daripada lewat media sosial, karena masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan petugas farmasi. Selain itu juga nggak semua masyarakat bermain media sosial, terutama di pedesaan.

    Langkah yang dilakukan oleh team PAFI Ende ini keren banget. Masyarakat bisa mendapatkan edukasi penting seputar obat. Semoga program OMA ini terus berkelanjutan ya..

    BalasHapus
  2. Salah seorang keponakan saya sekolah di bidang Farmasi, jadi kami suka berkonsultasi tentang obat dengan dia. Jadi tau, obat apa yang bisa dibeli bebas di apotik dan obat apa yang harus dengan resep dokter.

    BalasHapus
  3. Saya termasuk kalau sakit yang membeli obat bebas saja, Mbak. Tapi saya belinya di apotek, biar asli dan terpercaya. Saya pun saat mengkonsumsi obat, selalu membaca aturan minumnya.

    BalasHapus
  4. bagus sekali berbagai kegiatan yg dilakukan PAFI , ,pastinya membuat masyarakat lebih faham tentang kesehatan secara keseluruhan ya terutama penggunaan obat

    BalasHapus
  5. Keren PAFI jangkauannya ternyata sudah hampir ke seluruh tanah air ya, terutama Ende. Salut untuk PAFI

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan langkah PAFI ini. Edukasi tentang penggunaan obat kimia ke masyarakat ini perlu bgt ditingkatkan. Soalnya bnyk masyarakat blm mengerti fungsi2 obat. Jdnya ya mereka dikasih thank apoteker aja. Pdhl kan hrs sepengetahuan resep dokter ya. Nah bagi yg dijual bebas ini, jgn sampe apoteker memberi obat yg mahal tnp memberi pilihan2.

    BalasHapus
  7. Edukasi kesehatan di masyarakat diperlukan memang biar makin aware lagi dengan kesehatan. Apalagi ini PAFI Ende sangat mendukung hal tersebut

    BalasHapus
  8. Hadirnya organisadi PAFI di setiap daerah bisa berdampak positif bagi kesehatan masyarakat dan sekitarnya. Sama halnya dengan PAFI Ende yang terus berkolaborasi dg berbagai pihak untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

    BalasHapus
  9. Siapapun berhak dan bahkan harus ikut serta dalam membangun bangsa ya mbak. Termasuk para apoteker ini
    Salut

    BalasHapus
  10. Organisasi farmasi ini memang penting sekali ya, karena gak semua obat itu menyembuhkan dan ada cara pakainya. Jadi masyarakat harus diedukasi.

    BalasHapus
  11. Kemarin aku pas baca ada PAFI Situbondo yang punya pencapaian keren waktu pelaksanaan vaksin Polio kapan hari, ikut banggaaa banget sama apa yang dilakukan PAFI.

    BalasHapus
  12. Anggota PAFI bisa nih harusnya ngasih edukasi ttg obat-obatan ke masyarakat lebih intens lg. Biar ga pada salah kaprah ttg penggunaan obat-obatan.

    BalasHapus
  13. saya baru tahu ada PAFI dan gebrakannya yang banyak memiliki tujuan mulia itu. Hidup PAFI ende, semoga semakin banyak mengedukasi dan mensejahterakan masyarakat

    BalasHapus
  14. Wah baru tahu ada organisasi ini.. Sukses terus ya untuk PAFI semoga bisa berkontribusi selalu dalam industri kesehatan Indonesia :)

    BalasHapus
  15. sejujurnya saya baru tahu kalau ahli farmasi punya organisasi khusus loh. ternyata ada PAFI ya. terlebih tujuan dan visi misi dan kegiatannya ternyata sangat bermanfaat untuk masyarakat luas

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah,
    Kerjasama yang baik antara PAFI Ende dengan organisasi atau komunitas kesehatan ini memberikan banyak kebaikan untuk masyarakat untuk meningkatkan awareness mengenai kesehatan dan obat-obatan yang dikonsumsi.

    BalasHapus
  17. PAFI ini benar-benar organisasi yang bagus, benaran sangat membangun bangsa khususnya di dunia kesehatan yaahh. Senang sekali saya membaca beberapa program yang dilakukan oleh PAFI Ende ini.

    BalasHapus
  18. Semoga manfaat PAFI Ende ini bisa terasa langsung di masyarakat ya secara saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan edukasi tentang obat-obatan.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih