Serunya Bermain Air dan Ombak Buatan di Saygon Waterpark Pasuruan

Kamis, 07 Desember 2023

Serunya Bermain Air dan Ombak Buatan

Siapa yang suka main air? Samaan dong ya. Mau anak-anak ataupun orang dewasa umumnya suka main air, kan? Entah mengapa magnet main air ini kuat banget ya. Tak terkecuali saya dan anak-anak saya. Beberapa waktu yang lalu kami mencoba serunya bermain air dan ombak buatan di Saygon Waterpark Pasuruan.

Kok ombak buatan? Di Saygon Waterpark ada ya ombak buatan? Ada dong dan ini yang membuat anak-anak saya nagih untuk berkunjung ke Saygon Waterpark lagi. Yuk, saya bisikin tiket masuk, lokasi dan serunya bermain air dan ombak buatan di Saygon Waterpark. Baca artikel ini sampai akhir ya.


Saygon Waterpark Pasuruan

Pasuruan adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Tersedia beberapa daerah tujuan wisata di sana. Salah satunya adalah Saygon Waterpark, sebuah destinasi wisata yang cocok bersama keluarga.

Jika Sobat Dy sedang berada di jalur Surabaya Malang, bisa nih meluncur ke Saygon yang berada di Sengon, Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tidak jauh kok dari tol. Lewat jalur bawah juga bisa, tidak macet. Insyaallah aman, tidak tersesat karena lokasinya strategis dan petunjuk menuju lokasi juga banyak.

Saygon Waterpark diresmikan tahun 2015. Areanya cukup luas, sayang kami tidak menikmati semuanya. Pengelola Saygon tidak hanya menyediakan kolam renang, lo, tetapi juga menyediakan penginapan yang berada di dekat waterpark, sehingga pengunjung yang menginap dapat langsung menuju waterpark dengan berjalan kaki.

Walaupun namanya waterpark, tetapi ada wahan lain yang disediakan, diantaranya flying chair, cinema 6D, rooller coaster, hingga pesawat boeing. Selain itu juga ada foodcourt yang menyediakan kudapan dan minuman.

Saat kami berselancar mencari informasi jam operasional, disebutkan bahwa jam operasional dimulai sejak pukul 09.00 WIB, tetapi saat kami tiba di lokasi pukul 09.10 sudah banyak pengunjung yang berenang. Selain itu ban pelampung pun sudah habis disewakan, terpaksa anak-anak gigit jari karena sudah tidak dapat menyewanya. Mungkin karena hari Minggu, sehingga sudah banyak pengunjung yang berdatangan di pagi hari.

Tiket masuknya pun terjangkau yaitu Rp. 35 ribu per orang saat weekday dan Rp. 40 ribu per orang saat weekend. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 90 cm dan lansia dengan usia di atas 65 tahun tidak dikenakan biaya tiket. Lumayan ibu saya yang sudah berusia lebih dari 70 tahun free, lo.


Serunya Bermain Air dan Ombak Buatan di Saygon

Sesuai namanya waterpark atau taman air, maka Saygon menyediakan aneka ragam wahana bermain air, di antaranya:

Serunya bermain air dan ombak buatan


Water slide

Jika Sobat Dy ingin uji adrenalin bisa lo coba water slidenya, hehehe lebay ya. Saya memberanikan diri mencoba water slide yang tertutup karena menurut saya lebih aman karena diameternya lebih kecil walaupun jaraknya lebih panjang. 

Anak sulung saya ternyata mengikuti jejak saya. Cukup berani dia mencoba seluncuran atau water slide yang lumayan tinggi ini. Sedangkan suami saya mencoba water slide yang tengah. Sebetulnya sensasi serunya akan lebih terasa jika dilakukan bersama teman menggunakan ban pelampung. Kita bisa berteriak bebas lepas

Ada tiga water slide yang berukuran cukup tinggi yang dapat dicoba. Satu tertutup dan dua terbuka. Namun, bagi Sobat Dy yang takut ketinggian jangan mencobanya ya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Kolam arus

Kolam arus ini terletak di tepi kolam-kolam yang ada di Saygon. Pengunjung akan  diajak mengelilingi Saygon saat mencoba berjalan atau berenang di dalamnya.

Sebetulnya bentuknya seperti sungai dengan lebar 1 meter dan kedalaman 120 meter. Di bagian bawah akan terasa arus air. Saya dan anak sulung bergantian dengan anak tengah mengelilingi Saygon sambil berjalan di kolam arus ini. 

Walaupun terlihat hanya berjalan di air, tetapi lumayan capek, lo, tetapi seru. Selama berjalan mengelilingi kolam arus, sekaligus jadi curhat dan cerita banyak hal.


Kolam ombak

Mengapa disebut kolam ombak? Karena akan ada ombak di kolam ini walaupun tidak setiap waktu dinyalakan pompanya. Saat kami berkunjung kesana, ombak dimainkan sekitar pukul 11 selama satu jam. 

Semua pengunjung berkumpul di kolam ini menikmati gelombang ombak yang membawa pengunjung naik turun menikmati ombak. Saat ombak dimainkan, iringan musik juga dimainkan untuk memeriahkan suasana.

Pengunjung menikmati deru ombak buatan, ada yang menggunakan pelampung, ada pula yang hanya bermain ombak. Aura keseruannya benar-benar terpancar. Anak sulung dan tengah yang ikut berada di kolam ombak menceritakan bagaimana mereka berada di kolam ombak. 


Kolam anak

Jika Sobat Dy membawa anak-anak, tak perlu khawatir karena di Saygon juga tersedia kolam anak selain water boom, lo. Kolamnya cukup aman, karena kedalamannya sekitar 50 cm. Namun, tetap membutuhkan pengawasan orang tua saat anak-anak berenang.


Water boom

Anak bungsu betah banget di water boom ini, karena tersedia beberapa water slide. Selain itu ada ember besar yang bergoyang-goyang dan diisi air terus menerus hingga pada periode tertentu akan menumpahkan isinya. Saat seperti inilah yang ditunggu anak bungsu, kemudian dia akan loncat kegirangan jika terkena air tumpahan tersebut.

"Seru, Bu!" pekiknya saat air dalam timba besar ditumpahkan. Saya sampai merayu beberapa kali agar dia mau berhenti main air, karena kami sudah beberapa jam bermain di Saygon. Dari awal datang, dia tidak beranjak dari water boom, pun tidak mau diajak ke kolam anak.


Olympic pool

Olympic pool adalah sebuah kolam berstandar olimpiade yang tersedia di Saygon waterpark. Lokasinya terpisah dengan kolam yang lain. Di sekitarnya pun tersedia tribun untuk penonton yang ingin melihat pertandingan maupun sekedar menunggu.


Manfaat Bermain Air

Serunya bermain air ternyata bermanfaat untuk anak, lo. Permainan sederhana dan murah meriah dan menghibur ini juga dapat melatih kemampuan motorik dan sensoriknya.

Apa saja ya manfaat bermain air untuk anak-anak, terutama bagi anak balita yang akan memasuki usia sekolah:

Melatih keterampilan motorik

Sejak kecil anak-anak gemar bermain air, salah satunya menuang air dari satu wadah ke wadah yang lain atau mengisi gelas dengan air hingga penuh, meremas spon air. Kegiatan tersebut mendorong anak untuk aktif bergerak, berimajinasi dan belajar dengan cara mereka.


Meningkatkan kemampuan kognitif

Walaupun kelihatannya sederhana, tetapi saat bermain air anak dapat juga belajar tentang konsep tenggelam, mengapung. Selain itu anak juga dapat bermain pencampuran warna, dan permainan menarik lainnya.


Mengasah kemampuan sosial dan emosional

Bermain air yang dilakukan bersama-sama baik teman maupun saudara merupakan salah satu cara untuk untuk membuat anak menyadari bahwa ada orang lain yang berada di sekitarnya

 

Penutup

Ternyata bermain air mempunyai banyak manfaat ya, salah satunya digunakan untuk melatih sensorik dan motorik. Pantas aja guru PAUD dan TK  lebih memilih lokasi outbondnya ke tujuan wisata yang ada kolam renangnya. Agar anak-anak dapat bermain air sekaligus menstimulus sensory dan motoriknya

Ternyata  seseru itu ya bermain air dan ombak buatan. Apakah Sobat Dy juga mempunyai pengalaman yang sama? Cerita yuk di kolom komentar.

5 komentar

  1. Anak-anak tuh seneng banget yah kalau udah main air. Bagus banget untuk anak-anak yang kinestetik. Keren yah di Pasuruan udah ada water boom. Mana banyak pula pilihan main airnya...Wah...Mamahnya harus sedia ransum & camilan tuh, buat tambah energi...hehe...

    BalasHapus
  2. Wah, di Pasuruan ya. Mudah-mudahan nanti pas aku ke tempat saudara, bisa mampir Saygon Waterpark Pasuruan buat ngerasain ombak buatan.

    BalasHapus
  3. kegitan outbound atau outingclass TK/PAUD emang lebih banyak ke kolam renang sih, selain melatih motorik anak juga karena anak-anak selalu suka main air ya, hehehe.

    BalasHapus
  4. Untungnya ada musik ditengah ombak buatan ya kak, untuk aku yang rada takut terhadap ombak keknya bisa nih, fokusnya jadi teralihkan ke musik saja hihihi

    BalasHapus
  5. wah memang tempat favorit anak-anak nih untuk outbond di kolam renang

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih