RED AI For Indonesia, Produk Inovatif Karya RED Asia Inc.

Selasa, 26 Desember 2023

RED AI For Indonesia


Sobat Dy beberapa tahun terakhir teknologi AI semakin marak dibicarakan hampir di semua kalangan? Awalnya ada yang terkagum-kagum, tetapi juga ada yang mengabaikannya. Namun, seiring semakin banyak yang menggunakan teknologi atau industri AI ini ada yang merasa terancam, tetapi juga ada yang merasa terbantu dengan adanya teknologi AI.

Sebetulnya apa sih teknologi AI itu? Apakah betul teknologi AI bisa menggantikan pekerjaan manusia? Cukup mengkhawatirkan sih jika teknologi AI ini dapat menggantikan manusia. Simak lebih lanjut di artikel ini ya, karena teknologi AI yang akan saya ceritakan justru membantu pemasaran digital dan tidak serta merta menggantikan manusia, lo.


RED AI atau Ready to Evolve and Disrupt with AI

Teknologi AI atau teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan saat ini semakin marak digunakan tak terkecuali untuk pemasaran digital. Teknologi yang semakin maju memungkinkan pemasaran dilakukan secara digital, sehingga jangkauan pemasaran produk lebih luas dan bisnis semakin berkembang.

Dilansir dari web Okezone.com, Damon Hakim, Managing Partner Red Asia Inc. menyampaikan bahwa negara yang dapat mengoptimalkan teknologi Artificial Intelligence justru dapat menjadi negara yang lebih unggul dan lebih kuat dibandingkan negara lainnya. 

Namun, hal ini juga perlu didukung dengan regulasi pemerintah, kepercayaan konsumen, kemampuan tenaga kerja, investasi pengusaha, insentif pemerintah, dan akses teknologi yang luas.

Oleh karena itu RED Asia Inc., sebuah grup digital agency Indonesia terpercaya meluncurkan sebuah inovasi terbaru pada 1 November 2023. Inovasi yang dilakukan adalah RED AI atau Ready to Evolve and Disrupt with AI For Indonesia.

Dalam acara dengan tema Bridging Indonesia to AI, RED Asia Inc. bersama beberapa perusahaan unggulannya, mempersembahkan RED AI (Ready to Evolve and Disrupt with AI) For Indonesia yang bertujuan mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) di Indonesia.

Perusahaan unggulan tersebut adalah Redcomm, Salt, dan Insignia. Perusahaan tersebut memiliki komitmen untuk membantu bisnis di Indonesia, baik industri makro maupun mikro lebih baik, lebih maju, lebih berkembang dan dapat bersaing di pasar global. 

Angin segar ini tidak hanya dapat dinikmati oleh pemilik usaha atau industri besar yang dapat menggunakannya, tetapi UMKM juga dapat menggunakannya. Teknologi AI yang ditawarkan oleh grup RED Asia Inc. mudah digunakan dan dapat mengisi celah yang mungkin luput dilakukan pelaku usaha. Dengan menggabungkan kemampuan manusia berkarya dan kecerdasan buatan, harapannya akan banyak inovasi yang dapat membawa Indonesia lebih baik di dunia perdagangan.


Produk Inovatif Karya RED Asia Inc.

Produk inovatif karya RED Asia Inc. yang diluncurkan pada tanggal 1 November 2023 di antaranya:

SALTX.AI

SALTX.AI merupakan produk inovatif persembahan dari SALT. SALTX.AI menggabungkan teknologi AI  untuk membantu transformasi dan meningkatkan kinerja bisnis. Produk ini dapat meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, produktivitas, pengambilan keputusan berbasis data, dan pengalaman pelanggan secara menyeluruh.


INSIGNIA IQ

INSIGNIA IQ merupakan produk inovatif persembahan Insignia. INSIGNIA IQ menggunakan teknologi AI untuk mengolah data dari berbagai sumber data, mengubah format data sehingga dapat dianalisa, memastikan kualitas data valid atau tidak. Sehingga pelaku usaha dapat menggunakannya untuk mendapatkan informasi yang mudah dimengerti. Selanjutnya data tersebut dapat digunakan untuk menganalisa risiko dan peluang yang mungkin terjadi.


Teknologi AI Kecerdasan Buatan



RED-AINSTEIN

RED-AINSTEIN merupakan produk inovatif persembahan Redcomm. RED-AINSTEIN menggunakan teknologi AI untuk melakukan riset pasar  hingga analisa kinerja, sehingga data yang diperoleh RED-AINSTEIN dapat mengungkap potensi atau data yang terlewat dari pengamatan manusia.

Walaupun begitu, RED-AINSTEIN tidak begitu saja menggantikan manusia. Namun, teknologi asistensi RED-AINSTEIN ini dapat menjadi pemicu ide kreatif dari tim bermunculan sehingga menghasilkan ide yang cemerlang dan inovatif. Hal ini tentunya akan mendukung pemasaran digital.


ASK-DEA

ASK-DEA merupakan produk inovatif dari Redcomm juga. ASK-DEA menggunakan teknologi AI untuk menghasilkan ide dan strategi pemasaran. ASK-DEA dapat berfungsi sebagai asistensi pembelajaran sehingga ide dan strategi pemasarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan walaupun produk tersebut baru di pasaran. 

Hal ini tentu saja juga membantu UMKM, sehingga membuka peluang UKM Indonesia dapat bersaing di pasar yang kompetitif. Ada hal menggembirakan bagi UMKM Indonesia, lo. RED Asia Inc.  memberikan akses ASK-DEA ke 100 UKM di Indonesia untuk ikut merasakan industri AI sehingga mengoptimalkan promosi pemasaran mereka.


RED AI-VENTURES

RED AI-VENTURES merupakan program akselerasi yang didesain untuk start up. Program ini memberikan investasi modal sekaligus mendukung perkembangan startup dengan memberi akses ke jaringan strategis, bimbingan para ahli industri, dan dukungan operasional.

Dengan adanya RED AI For Indonesia membuka peluang baru bagi perusahaan di Indonesia untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dan mencapai pasar baru yang sebelumnya tidak terbayangkan sekaligus memulai era baru untuk bisnis yang cerdas dan inovatif di Indonesia  dengan teknologi AI.


Industri AI Membantu Penjualan dan Pemasaran UMKM dan UKM Indonesia 

Serangkaian teknologi AI bermanfaat bagi pelaku UMKM dan UKM Indonesia, di antaranya dapat meningkatkan penjualan dan membuka lapangan kerja, sehingga hal ini dapat meningkatkan produk domestik bruto dan efisiensi ekonomi Indonesia.

Seperti telah disampaikan sebelumnya bahwa platform AI dapat mengolah data yang mungkin tak nampak sebelumnya sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai acuan dan berdampak pada meningkatnya penjualan dan pemasaran.

Teknologi AI banyak digunakan oleh agensi digital di Indonesia, termasuk di kota-kota besar. Walaupun lokasi UMKM tidak di kota besar Indonesia, tetapi UMKM maupun industri tersebut juga dapat menggunakan jasa digital agensi di Jakarta.

Berikut beberapa cara yang dilakukan digital agensi untuk membantu pelaku bisnis dan UMKM meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan pemasaran:

1. Membuat website yang profesional

2. Membantu mengembangkan strategi pemasaran digital.

3. Melakukan optimasi mesin pencari menggunakan teknik SEO atau Search Engine Optimation

4. Mengelola media sosial

5. Membantu menganalisa data

Digital Agency Indonesia


Redcomm Digital Agency Indonesia

Redcomm Indonesia merupakan digital agency Indonesia terpercaya.  Digital agency Jakarta ini merupakan anggota dari Red Asia Inc. yang berprestasi. Pada tahun 2022, Redcomm meraih juara sebagai Agency of The Year pada ajang Campaign Asia Agency of The Year 2022. Sebuah prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut. 

Sebuah jasa digital agency Jakarta yang mengkhususkan diri dalam komunikasi pemasaran berbasis data. Data yang tak nampak dapat muncul dan diolah sehingga dapat meningkatkan omset penjualan dan meluaskan jangkauan pemasaran.


Penutup

Redcomm berperan dalam menghadirkan salah satu platform RED AI For Indonesia, produk inovatif karya RED Asia Inc. Sebuah platform yang membantu digitalisasi penjualan dan pemasaran bisnis dan UMKM.

Selain itu, Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the year 5 tahun berturut-turut merupakan pilihan yang tepat bagi pebisnis dan pelaku usaha UMKM dan UKM untuk memasarkan produknya. Redcomm merupakan salah satu digital agency Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan internasional.

Tak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa Redcomm untuk meningkatkan omset penjualan dan meluaskan jangkauan pemasaran. 

87 komentar

  1. Dengan hadirnya RED AI For Indonesia para pebisnis dan pelaku usaha UMKM dan UKM jadi lebih mudah untuk memasarkan produknya. Dengan pasar yang makin luas maka hasilnya pun juga akan meningkat

    BalasHapus
  2. wuah banyak banget ya produknya
    berarti siap bekerjasama pol-polan bareng UMKM untuk memajukan perekonomian Indonesia lewat dunia digital marketing

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin banyak kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis, aktivitas umkm pun bisa jadi lebih mudah dan tentunya akan membuat umkm cepat berkembang ya kak ros

      Hapus
  3. Semoga dengan hadirnya setiap teknologi, termasuk teknologi AI, dapat membantu teman-teman yang terjun di dunia usaha, apalagi level UMKM yang sangat butuh sokongan untuk maju dan berkembang

    BalasHapus
  4. Senang mengetahui informasi ini. Semoga umkm Indonesia semakin terbantu untuk melejit. Dan semoga tidak ada efek minim penggunaan sdm ya, mb. Bismillah

    BalasHapus
  5. Segitunya bisa. Dan UMKM harus tahu digitalisasi penjualan dan pemasaran bisnis dan UMKM bisa terbantu dengan Red Ai

    BalasHapus
  6. Sepertinya kalau menggunakan teknologi AI, digital marketing menjadi lebih tepat sasaran dan bisa mencapai target yang diinginkan gitu yaa.. Karena teknologi masa kini dan dilakukan oleh para ahli di bidangnya, Redcomm Digital Agency Indonesia juara banget.

    BalasHapus

  7. Wah keren banget, sekarang ngolah data udah ada AI-nya. Dan tentu analisisnya pasti juga lebih akurat ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang semua berbasis AI ya, bahkan para pelaku UMKM snagat terbantu dengan kecerdasan buatan ini. Apalagi sekarang sudah ada RED AI makin gampil.

      Hapus
  8. Kemajuan teknologi kalau digunakan dengan benar jadi bagus ya, bisa untuk memajukan dan menyejahterakan massyarakat

    BalasHapus
  9. Sungguh beruntung mereka yang bisa berteman dengan kecanggihan teknologi, ya, Mba. Banyak hal yang bisa dimudahkan oleh AI dengan penggunaan secara bijak tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba AI memang harusnya memudahkan, tapi tetap dengan kontrol manusia

      Hapus
  10. Wah keren banget ya teknologi AI bisa membuat website yang profesional. Sangat meningkatkan keuntungan bagi pelaku UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya tahu AI itu karena rame di medsos. AI bisa niruin suara dan wajah artis-artis. Ternyata bisa untuk membuat website profesional juga. Pinter banget, ya

      Hapus
  11. Wah cocok sekali ya dengan target UMKM dan UKM yang udah harus go digital. Teknologi RED AI ini emang bagus banget

    BalasHapus
  12. Saat ini sepertinya masyarakat masih meraba-raba, kemungkinan di masa mendatang kita sudah akrab dengan AI ini. Kita tidak boleh antipati dengan kemajuan teknologi, ambil yang baiknya, kesampingkan atau terus perbaiki yang kurang baiknya.

    BalasHapus
  13. Kecanggihan teknologi makin luar biasa yaaa... Bahkan AI sudah bisa digunakan oleh digital agency untuk meningkatkan kinerja client-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin hari teknologi kita memang semakin luar biasa kemanfaatannya, termasuk teknologi AI yang sekarang banyak diperbincangkan. Yang luar biasa, Red AI ini bisa membantu rekan-rekan yang terjun di UMKM, ya

      Hapus
  14. Ternyata baru tahu lho ada banyak produk inovatif dari RED Asia Inc ini. Bahkan ada untuk riset pasar dan analysis data nya juga. Wah kece nih, semoga dengan adanya Redcomm Indonesia, makin membantu kemajuan UMKM Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. riset pasar dan analisa data nih sulit kalau dilakukan manual. padahal data itu penting banget sebagai acuan strategi marketing. alhamdulillahnya RED AI udah punya layanan teknologi AI untuk mengumpulkan, menganalisa dan membuat strategi marketing buat pelaku bisnis dan umkm ya

      Hapus
    2. riset pasar dan analisa data nih sulit kalau dilakukan manual. padahal data itu penting banget sebagai acuan strategi marketing. alhamdulillahnya RED AI udah punya layanan teknologi AI untuk mengumpulkan, menganalisa dan membuat strategi marketing buat pelaku bisnis dan umkm ya

      Hapus
    3. Benar banget saya baru tahu dan keren banget ya bisa beradaptasi dengan tekhnologi

      Hapus
  15. Wah masih sangat baru sekali belum pernah coba, sepertinya aku butuh ini agar usaha UMKM ku lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya nanti UMKM beramai-ramai menggunakan AI, ya, Mbak. Ayo coba, nanti jangan lupa share pengalamannya lewat tulisan. Pasti bermanfaat.

      Hapus
  16. Dengan adanya AI jadi satu pijakan juga ini perkembangan AI di Indonesia ya mba.. keren

    BalasHapus
  17. wah kece nih, semua bisa.. mulai dari riset sampai digital marketing.. memang bener deh canggihnya teknologi kalau diseriusin, hidup jd makin serius suksesnya..

    BalasHapus
  18. Dengan adanya AI banyak pekerjaan yang terbantu, dari yang saya baca banyak fitur yang disediakan perusahaan AI itu

    BalasHapus
  19. Wih sekeren ini ya ternyata teknologi AI, skrg juga kampanye dan promosi produk banyak yang menggunakan teknologi AI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren, ya, bahkan bisa nulis juga AI ini. Saingan dong kita, He-he. Kemajuan bukan untuk dihindari, semoga kita bisa memanfaatkannya dengan bijak. Pun, itu menjadi motivasi untuk meng-upgrade skill.

      Hapus
  20. Wah keren, teknologi AI bisa mmbantu umkm indonesia dan smga terus berkembang dan bermanfaat aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget ya memanfaatkan teknologi AI untuk kemajuan usaha UMKM. Apalagi sekarang mah udah jamannya digital marketing, teknologi AI pasti dibutuhkan banget

      Hapus
  21. Produk inovatif dari RED asia inc emang lagi dibutuhin saat pasar kayak gini yaa, semoga makin maju

    BalasHapus
  22. nggak nyangka semakin bertambah tahun, teknologi terus berkembang, aku sendiri nggak nyangka kalau bakalan ada teknologi AI yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. bener bener cangih pokoknya
    semoga dengan hadirnya Red AI ini usaha UMKM Indonesia semakin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali, kak, semoga dengan teknologi makin canggih membuat usaha UMKM berkembang

      Hapus
  23. Banyak banget pilihan produk Red AI for Indonesia ini. Masih harus aku pelajari nih satu per satu spesifikasinya buat apa aja. AI dalam keseharian, aku baru pakai Chat GPT aja, itupun kadang-kadang. Sekarang malah ada lagi image creator...

    BalasHapus
  24. Teknologi AI saat ini memang jadi hal yang menarik dan mulai berperan di berbagai bidang. Semoga teknologi yang hadir membawa hasil positif bagi masyarakat.

    BalasHapus
  25. Saya juga pengguna AI untuk menulis artikel. Cuma kudu diedit ulang karena hasilnya masih subjektif. Kalau yang versi pro mungkin lebih bagus lagi.

    BalasHapus
  26. saya termasuk yang agak skeptis loh soal AI awalnya, tapi ternyata AI banyak bantu banget tugas kita ya. bahkan sosmed aja udah pake AI. apalagi sekarang teknologi AI makin berkembang dan bantu bisnis dan umkm juga. masih skeptis kan? oh tentu tidak, hehe

    BalasHapus
  27. saya termasuk yang agak skeptis loh soal AI awalnya, tapi ternyata AI banyak bantu banget tugas kita ya. bahkan sosmed aja udah pake AI. apalagi sekarang teknologi AI makin berkembang dan bantu bisnis dan umkm juga. masih skeptis kan? oh tentu tidak, hehe

    BalasHapus
  28. saya juga baru paham betapa besar manfaat AI bahkan untuk digital marketing
    saya kira cuma sekadar mampu memberikan ide untuk menulis atau mengubah foto jadi lebih gemoy
    ternyata banyak sekali manfaatnya

    BalasHapus
  29. RED AI for Indonesia yang jadi inovasi paling keren nih di dunia digital agency, apalagi bareng Redcomm yang udah puluhan tahun pengalamannya ya.

    BalasHapus
  30. Teknologi AI ini kalau dimanfaatkan bener-bene (dan secara bijak, tentunya), luar biasa manfaatnya. Termasuk dalam pengembangan UMKM.

    BalasHapus
  31. Berarti kalau memanfaatkan RED-AINSTEIN dengan baik, kita jadi terbantu soal riset pasar ya. Seenggaknya bisa meringankan kita yang butuh informasi mengenai kebutuhan pasar kita. Benar nggak sih?

    BalasHapus
  32. Masyaallah sekali ya Mba. Kalau dari produknga Redcomm yang paling menarik memang Red-aiventures sih Kak

    BalasHapus
  33. Teknologi AI ternyata bisa dikembangkan menjadi inovasi yg bisa sangat membantu pelaku usaha. Semoga dgn hadirnya Red AI for Indonesia ini ke depannya bs memajukan perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  34. Teknologi AI ternyata bisa dikembangkan menjadi inovasi yg bisa sangat membantu pelaku usaha. Semoga dgn hadirnya Red AI for Indonesia ini ke depannya bs memajukan perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  35. Redcomm iturihgital agency yang keren banget ya. Mendapatkan 5 penghargaan berturut turut. UMKM ataupun prlsku usaha butuh seperti redcomm ini yang bisa membangkitkan usahanya mereka

    BalasHapus
  36. Sebenarnya semua hal itu ada negatif dan positif nya. Tinggal bagaimana agar kita mengolah sesuatu itu menjadi hal yang positif untuk kita dan lingkungan

    BalasHapus
  37. Perkembangan teknologi kecerdasan buatan ini memang cukup mencengangkan ya. Di satu sisi bisa membantu, tapi di sisi lain ada ancaman banyaknya pekerjaan yang akan hilang digantikan dengan AI.

    BalasHapus
  38. Wow...makin maju teknologi, makin bermanfaat buat memasarkan produk. Pelaku UMKM wajib banget belajar produk inivatif AI ini.

    BalasHapus
  39. Dunia sudah makin canggih ya kak sehingga teknologi pun makin berkembang. Apalagi jika digunakan untuk mendukung sebuah keberhasilan bisnis seperti diterapkan UMKM

    BalasHapus
  40. Oh gitu.. saya kira kita benar2 lepas dari analisis pasar ternyata AI memudahkan kita dalam analisis pasar. .

    BalasHapus
  41. kecerdasan buatan atau AI itu kalau dipakai untuk hal-hal yang benar tentu sangat membantu manusia. Salah satunya yang telah dilakukan oleh RED AI dalam membantu pemasaran digital. Semoga semakin banyak membantu kerja manusia ya AI. Dan jangan khawatir manusia tetap punya porsi sendiri kok dalam setiap industri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digunakan sesuai fungsinya bisa sangat berguna ya mbak. Nggak disalahgunakan buat hal yang aneh-aneh. Alhamdulillah emang manusia punya tempatnya masing-masing untuk berkarya dan masih manusia yang mengendalikan AI.

      Hapus
  42. Sekarang penggunaan Ai ngebatu banget ya, mulai dari olah data sampai riset pasar. Anak jaman now juga sekarang belajar lebih efisien pakai AI untuk merangkum video.

    BalasHapus
  43. AI ini semakin berkembang dengan pesat ya. Membantu kita untuk lebih mudah berkreasi di dunia industri kreatif. Sering dengar juga nama Redcomm di dunia agency.

    BalasHapus
  44. AI ini benar-benar memudahkan kita untuk urusan mencari data target audience ya. Bisa buat analisis kita pada buyer persona jadi lebih kaya.

    BalasHapus
  45. Lah, kok aku baru tahu kalau RED AI tuh singkatan dari Ready to Evolve and Disrupt with AI. Kukira RED = merah. Ya pantas aja layanannya banyak. Karena mengajak kita pelaku bisnis untuk siap berteman dengan AI. Tinggal pilih-pilih mana yang paling cocok yah...

    BalasHapus
  46. Whoaaa, yang bergerak di UMKM kayak saya tentunya sueneng pol baca ini. Bisa memaksimalkan pemasaran online. 😍

    BalasHapus
  47. Waktu era nuklir kita juga takut ya, jangan-jangan.....Ini era AI ada ketakutan yang sama...alhamdulillah sampai saat ini nuklir lebih banyak manfaatnya, semoga AI ke depan lebih banyak membantunya daripada sisi yang bikin parno. Aku juga suka coba-coba AI buat desain tipis-tipis. Red AI for Indonesia moga lebih mudah dipahami cara pakenya ya

    BalasHapus
  48. Wah, kebetulan nih... kakak ipar saya lagi getol ngembangin usaha catering yang masuk kategori UMKM. Teknologi AI emang sangat membantu ya... canggih, bikin geleng2 kepala... makasih Redcomm.... Makasih Red Asia Inc...

    BalasHapus
  49. Recommended banget ya? dengan adanya kecanggihan teknologi maka bisa pula membantu pemasaran UMKM.

    BalasHapus
  50. Berguna banget ini untuk para pebisnis yang menyasar target kelompok tertentu. Para pebisnis tidak lagi pusing meriset data untuk calon pelanggan.

    BalasHapus
  51. Teknologi kecerdasan buatan ternyata sudah merambah ke berbagai sektor, bahkan yang skalanya kecil seperti UMKM. Saya penasaran dengan harga penggunaan jasanya, apakah gratis atau affordable? Untuk UMKM yang masih merintis bisa pakai juga tidak ya?

    BalasHapus
  52. Jaman sekarang sepertinya hampir semua lini pekerjaan sudah pakai AI ya mba, jadi menurutku RED AI ini pintar membaca pasar karena memang banyak yang memerlukan.

    BalasHapus
  53. Baru dengar soal Red AI ini. Setelah baca artikel jadi oooo begituuu maksudnya. Keren ya memanfaatkan AI untuk layanan digital marketing. Semoga inovasinya bisa mengharumkan nama Indonesia si dunia perdagangan.

    BalasHapus
  54. Era digital seperti ini, emang umkm harus ikut digital y
    Menggunakan jasa Redcomm akan membantu umkm go digital

    BalasHapus
  55. AI ini memang masih jadi kontroversi yaa ada yang menerima dan ada yang menolaknya juga. Tapi kalau dipikir lagi AI ini kayak semacam perangkat juga ya yang bisa membantu kita dalam berbagai hal termasuk membuat konten

    BalasHapus
  56. Umkm jadi bisa lebih bisa berkembang mengikuti perkembangan jaman ya pakai aplikasi Red AI ini

    BalasHapus
  57. Sudah saatnya memasuki dunia serba AI ya, mau tak mau kita harus belajar dan menyesuaikan

    BalasHapus
  58. Menyesuaikan dengan perkembangan jaman ya, mau tidak mau kecerdasan buatan saat ini memang semakin marak digunakan. Tak terkecuali untuk pemasaran digital.

    Teknologi yang semakin maju jelas banget memungkinkan pemasaran dilakukan secara digital, sehingga jangkauan pemasaran produk lebih luas dan bisnis semakin berkembang. Bisnisnya juga makin moncer ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, teh, semakin kesini kita harus bisa melakukan penyesuaian dengan perkembangan digital, apalagi kerjaan ngeblog ga jauh dr memperhatikan isu yang sedang berkembang

      Hapus
  59. hadirnya AI bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bermacam keperluan, RED AI bisa memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. Keren...

    BalasHapus
  60. Kemajuan teknologi bisa juga yaa digunakan untuk mengembangkan UMKM. Semuanya serba AI sekarang, bahkan untuk mempromosikan usaha, kecerdasan buatan ini bisa dimaksimalkan fungsinya.

    BalasHapus
  61. AI menjadi teknologi kecerdasan buatan yang harus digunakan dengan bijaksana. Dengan berbagai pilihan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan ya.

    BalasHapus
  62. Semoga dengan adanya RED AI ini dapat semakin meningkatkan hasil pemasaran bagi UKM dan UMKM.

    BalasHapus
  63. Duuh, istilah baru buatku. Tapi aku jadi penasaran tentang regulasi di Indonesia soal teknologi baru kayak gini.

    BalasHapus
  64. Excited banget dengan innovasi Ai ini.. luar biasa banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan aplikasi buatan Indonesia

    BalasHapus
  65. Wah dapat wawasan baru lagi nih soal teknologi AI. Dulu mah taunya ChatGPT sama Bard aja. Sekarang makin banyak varian dan pilihan ya.

    BalasHapus
  66. Wow.... pengetahuan baru nih buat aku, baru tau tentang RED AI dari artikel ini. Dengan perkembangan Teknologi jika dikembangkan dengan positif bisa memberikan dampak positif juga ya...

    BalasHapus
  67. Nach ini nich para pembisnis dan pelaku usaha sepertinya belum tahu kalo ada teknologi AI untuk pemasaran kemajuan negara, mungkin karena sebagian besar juga belum tahu soal RED AI

    BalasHapus
  68. Keren banget ya Mbak. Red AI ini.. semoga bisnis AI smeakinn maju, Indonesia maju 2024

    BalasHapus
  69. Dengan hadirya Red Ai ini makin memudahkan para UMKM yang mulai merintis bisnis yang dibinanya. Selain bisa sesuai market pasar, bisa memangkas pengeluaran iklan yang dikeluarkan

    BalasHapus
  70. Aku belum pernah nyobain kemudahan kerjaan menggunakan AI, tapi sepertinya Red AI membantu banget ya buat kemajuan usaha kecil mikro

    BalasHapus
  71. AI sebenarnya sangat banyak manfaatnya, dan banyak membantu manusia (bukan mengganti manusia) semoga pemanfaatan AI ini untuk ke arah yang positif

    BalasHapus
  72. Sehebat-hebatnya teknologi, masih belum bisa menggantikan manusia. Itu kata sebagian orang. Saya setuju sih, tapi kita tidak boleh terlena. Harus terus belajar agar kehadiran AI ini bisa dijadikan parnert dalam melakukan banyak hal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ka kita semua harus berani beradaptasi hal agar tidak ketinggalan langkah. Asal sudah punya rambu rambu untu mengelola diri sendiri

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih