Perlukah Skincare Untuk Umur 14 Tahun?

Minggu, 21 April 2024

Perlukah Skincare Untuk Umur 14 Tahun?


Beberapa waktu yang lalu saudara sepupu saya minta tolong dibelikan skincare untuk umur 14 tahun di toserba atau Toko Serba Ada yang lokasinya tak jauh dari kantor saya. Skincare tersebut untuk keponakan saya yang telah beranjak dewasa.

Toserba langganan saya ini cukup lengkap dan harganya pun cenderung di bawah supermarket maupun minimarket lainnya. Toserba tersebut menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga, alat tulis, aksesoris, susu bayi dan dewasa hingga skincare. Wajar bukan jika saya kerap belanja di sini, karena produk yang dijual cukup lengkap dengan harga terjangkau.

Skincare yang ditawarkan di sini pun cukup lengkap. Tidak hanya menyediakan skincare untuk dewasa, tetapi juga skincare untuk anak dan remaja. Beberapa beauty advisor pun siap membantu konsumen menemukan produk yang sesuai kebutuhan kulitnya.

Gegara dititipin belanja skincare untuk umur 14 tahun saya jadi penasaran skincare apa saja yang diperlukan remaja dan merk skincare untuk remaja. Hal ini menarik perhatian saya karena saya juga memiliki putri yang berusia hampir remaja. Sobat DY penasaran juga? Simak hingga akhir artikel ya.


Mengapa Remaja Membutuhkan Skincare?

Anak remaja akan mengalami beberapa perubahan dalam tubuhnya. Hal ini wajar terjadi karena adanya beberapa perubahan hormon yang dialaminya, seperti yang disampaikan dalam buku Ensexclopedia

Selain itu, banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar ruangan juga memicu berbagai masalah kulit sehingga remaja membutuhkan skincare yang sesuai untuk mengatasinya. Sayangnya pemilihan skincare yang kurang tepat justru akan menimbulkan permasalahan baru atau justru memperparah keadaan kulitnya.

Beberapa permasalahan kulit yang mungkin muncul di antaranya keringat berlebihan, jerawat, komedo, kulit berminyak, hingga tumbuhnya rambut pada bagian tubuh tertentu yang kadang berlebihan. Pemilihan dan penggunaan produk perawatan yang sesuai dapat mengatasi beberapa permasalahan kulit tersebut.


Perawatan Wajah Untuk Remaja

Perawatan Wajah Untuk Remaja

Sebelum memilih produk skincare yang sesuai, simak dulu perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit sebagai beriikut :

Mencuci muka

Mencuci wajah dua kali sehari dengan sabun wajah berbahan ringan khusus remaja atau sabun bayi sebagai alternatif. Saat ini sudah tersedia di pasaran sabun wajah untuk remaja.

 

Menggunakan tabir surya

Gunakan tabir surya 30 menit sebelum berakivitas di luar ruangan. Pilih produk dengan SPF minimal 30. Pemakaian tabir surya dapat diulang setiap 2 hingga 3 jam jika masih beraktivitas di luar ruangan.


Scrub

Scrub wajah dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori, melindungi kulit wajah dari jerawat serta mengangkat sel kulit mati. Scrub atau produk eksfoliasi dapat digunakan dua kali seminggu. Namun, sebaiknya tidak menggunakan scrub jika kulitnya berminyak disertai jerawat.


Pemakaian bedak

Pemilihan bedak yang kurang tepat juga dapat menimbulkan jerawat. Jika memiliki kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak yang tidak mengandung minyak seperti bedak tabur.


Pemakaian masker wajah

Penggunaan masker wajah dengan bahan alami dapat dilakukan sebulan sekali. Penggunaan masker wajah secara teratur dapat menjaga kehalusan kulit. Bahan alami yang dapat digunakan untuk masker adalah putih telur yang diberi tetesan lemon, tomat, mentimun dan masih banyak lagi lainnya.


Penggunaan pelembab

Penggunaan pelembab dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tetap lembut. Pelembab dengan bahan bebas minyak dapat menjadi piilihan. Selain itu pelembab dapat digunakan dua kali sehari.


Skincare Untuk Umur 14 Tahun

Produk skincare untuk umur 14 tahun saat ini semakin banyak di pasaran. Saat membelinya selalu perhatikan logo BPOM yang tercantum di kemasan. Hal ini untuk mencegah kerusakan kulit karena kesalahan pemilihan produk. BPOM merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang bertugas untuk mengawasi obat dan makanan yang beredar di Indonesia.

Saat pembelian perlu dipastikan produk menggunakan bahan alami atau bahan yang aman dan telah lolos sertifkasi BPOM. Sebaiknya hindari untuk membeli produk yang tidak mencantumkan logo BPOM. 

Ada serangkaian tahapan yang harus dilalui oleh produsen kosmetik saat pengajuan izin ke BPOM. Hal ini bertujuan agar produk tersebut aman digunakan oleh masyarakat. Berikut beberapa produk skincare untuk umur 14 tahun yang dapat dijadikan rujukan:

Emina

Emina merupakan salah satu produk skincare andalan remaja karena Emina sengaja dibuat khusus untuk remaja. Kemasannya menyesuaikan karakter remaja yang energik. Varian produknya pun cukup banyak 


Pigeon Teens

Pigeon Teens adalah produk khusus remaja yang diluncurkan oleh merk Pigeon. Variannya cukup lengkap mulai dari bedak wajah, facial foam, sunscreen, moisturizer hingga makeup. 


Viva

Viva merupakan salah satu produk kosmetik asli Indonesia yang sejak lama menemani wanita Indonesia. Bahan penyusunnya ringan dan sesuai dengan kulit tropis khas wanita Indonesia.

Selain itu, harganya pun terjangkau. Varian produknya tidak hanya cocok untuk wanita dewasa, ada juga produk yang sesuai untuk remaja.


La Tulipe

La Tulipe tidak hanya menyediakan produk untuk wanita dewasa, tetapi juga produk untuk remaja yang baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Produk yang diluncurkan tersebut di antaranya mister 


Penutup

Pemilihan skincare untuk umur 14 tahun yang tepat dapat membantu mengatasi permasalahan kulit yang umumnya terjadi pada remaja. Selain itu juga menjaga kesehatan kulitnya.

Apakah Sobat Dy juga mempunyai pengalaman terkait pemilihan skincare ini? Cerita di kolom komentar yuk. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Referensi

1. https://www.gramedia.com /best-seller/skincare-remaja-glowing/

2.https://hellosehat.com/parenting/remaja/kesehatan-remaja/rekomendasi-skincare-yang-bagus-untuk-remaja/

3. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/skincare-yang-aman-dan-boleh-digunakan-pada-anak-umur-14

4. https://www.merdeka.com/jatim/perawatan-wajah-untuk-anak-usia-14-tahun-tak-perlu-gunakan-banyak-produk-kln.html

5. https://hellosehat.com/community/parenting/skincare-untuk-umur-14-tahun-apa/

6 komentar

  1. Remaja kulitnya masih bagus justru kudu dirawat sejak dini dengan tepat ya
    Jangan seperti saya dari remaja sampai tua gak pernah concern dengan perawatan akhirnya ya kulit wajah seperti kulit jeruk begini

    BalasHapus
  2. butuh dooong
    kan kulit wajah juga perlu dirawat seperti kulit badan

    tapi jangan sampai terlalu sibuk memikirkan wajah, karena anak remaja harusnya lebih memperhatikan pelajaran dan sosialisasinya...

    BalasHapus
  3. Anakku remaja cowok juga udah concern bgt dengan kesehatan kulit.

    ia selalu pakai sunscreen , utamanya klo mau kluar rumah.

    BalasHapus
  4. Perluuu! Aku jadi ingat banget dulu pas remaja mukaku kusam dan jerawatan. Dulu itu produk yang lagi hit La Tulipe, sampai2 ada satu periode di mana La Tulipe kasih fasilitas facial setiap beli produknya. Kalau diingat-ingat lagi, betapa pentingnya merawat kulit sedini mungkin ya Mba, tentunya dengan produk berbahan aman untuk kulit remaja.

    BalasHapus
  5. Seingetku waktu masa remaja ngga terlalu memperhatikan skincare, tapi klo untuk anakku nanti klo udah 14 tahunan maybe lebih milih nggak pake skincare yg macem-macrm sich, mungkin toner mawar itu atau cuci muka saja.

    BalasHapus
  6. Wah...La Tulipe...itu skin care aku zaman kuliah, krn cocok pas jerawatan...hehe...Kulit remaja perlu perawatan yg hati-hati ya, krn berminyak tetapi juga sensitif.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih