Apa Itu Sertifikat Elektronik, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Rabu, 17 April 2024

 Sertifikat Elektronik, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Beberapa tahun terakhir dunia digital berkembang begitu pesatnya. Seiring perubahan di berbagai bidang yang secara tidak langsung menuntut digitalisasi membuat pihak-pihak yang terkait berpikir kreatif dan menciptakan inovasi yang nantinya memudahkan manusia menjalankan perannya.

Aplikasi yang memudahkan kehidupan manusia pun bermunculan, seperti ojek online, layanan penyediaan makanan, market place, bidang kesehatan, hingga bidang perbankan. Jika masyarakat ingin menggunakan layanan tersebut maka diminta untuk mengunduh aplikasi. Kemudian memasukkan data pribadi. Selanjutnya layanan pun dapat dinikmati.

Namun, apakah semudah itu memperoleh layanan dari aplikasi yang diinginkan? Beberapa layanan membutuhkan verifikasi data yang cukup rumit. Pertanyaan selanjutnya, apakah data yang diberikan saat mendaftar menjadi pengguna aplikasi aman? Karena data yang diberikan merupakan data yang penting dan fatal akibatnya jika disalahgunakan.

Beberapa aplikasi membutuhkan verifikasi data yang dapat diwakili dengan terbitnya sertifikat elektronik. Simak artikel ini hingga akhir ya untuk mengetahui apa itu sertifikat elektronik, fungsi, dan cara mendapatkannya. 


Sertifikat Elektronik

Mungkin beberapa dari Sobat Dy awam dengan dengan istilah sertifikat elektronik. Tidak perlu merasa minder, Anda tidak sendiri. Saya pun baru saja mengetahui tentang sertifikat elektronik. Beberapa kasus terkait urusan kantor mengharuskan saya untuk memahami tentang sertifikat elektronik.

Sertifikat elektronik merupakan sebuah sertifikat dalam bentuk elektronik. Jika selama ini yang kita ketahui sertifikat umumnya berupa selembar karton tipis yang berisi keterangan penting, tetapi beda halnya dengan sertifikat elektronik yang berupa data pemilik sertifikat dalam bentuk digital.

Berikut data yang tercantum dalam sertifikat elektronik:

1. Informasi pemilik sertifikat, seperti nama lengkap pemilik, alamat surel.

2. Masa berlaku atau durasi validitas sertifikat.

3. Informasi tentang penerbit sertifikat elektronik.

4. Tanda tangan digital sebagai bukti legalitas dan validitas sertifikat elektronik.

5. Nilai kunci dari publik pengguna sertifikat elektronik.

Apakah sertifikat elektronik diakui legalitasnya? Tentu saja hal ini diakui secara legal dan diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 11 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik.


Keunggulan Sertifikat Elektronik

Dengan adanya perkembangan dunia digital di hampir semua lini, sertifikat elektronik menjadi pilihan bagi perusahaan, lembaga, intansi pemerintah, perbankan maupun perorangan karena memiliki beberapa keunggulan. Berikut keunggulan sertifikat elektronik:

Ramah lingkungan

Sobat Dy dapat menghemat kertas atau karton tipis yang biasa digunakan untuk mencetak sertifikat. Cukup menggunakan sertifikat elektronik, Sobat Dy dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Hal ini dapat mengurangi pemakaian kertas dan lebih ramah lingkungan.


Praktis

Hemat waktu dan hemat tempat. Sobat Dy tidak memerlukan tempat penyimpanan untuk menyimpan sertifikat. Selain itu lebih cepat saat membutuhkan sertifikat, tidak perlu mencarinya dalam tumpukan berkas atau di laci atau tempat penyimpanan lainnya.


Aman

Sertifikat elektronik juga mempunyai fungsi untuk melindungi transaksi elektronik yang dilakukan. Transaksi elektronik tersebut akan memiliki perlindungan hukum karena dilengkapi dengan kriptografi asimetris nir-sangkal dan melekat dengan unik ke identitas yang telah terverifikasi.


Manfaat Sertifikat Elektronik

Setelah mengetahui keunggulan sertifikat elektronik, berikut manfaat lain yang dapat diperoleh :

Nilai otentifikasi yang kuat

Proses verifikasi identitas pengguna merupakan hal yang penting untuk mengetahui validitas dan proses memenuhi persyaratan tertentu.


Jaminan keamanan

Penyalahgunaan identitas dapat diminimalkan karena hanya pengguna saja yang dapat mengakses dokumen digital tersebut.


Memiliki enkripsi unik untuk menyamarkan informasi

Enkripsi unik merupakan salah satu cara untuk mencegah orang lain mengakses dan mengetahui data digital. 


Tanda tangan digital

Adanya tanda tangan digital dapat membuat pengguna merasa lebih aman, karena dapat mencegah terjadinya pemalsuan identitas dan tanda tangan.

Fungsi Sertifikat Elektronik


Fungsi Sertifikat Elektronik

Integritas transaksi bisnis dan keamanan dalam era digital sangatlah penting. Sertifikat elektronik memiliki peran untuk mendukung kedua hal tersebut. Berikut beberapa fungsi sertifikat digital untuk bisnis :

Verifikasi identitas

Verifikasi identitas pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis merupakan proses utama dalam sertifikasi elektronik. Sehingga pelaku usaha dapat memastikan bahwa identitas yang diberikan mitra bisnis terverifikasi dengan benar.


Pengamanan transaksi

Keamanan transaksi bisnis dari bahaya ancaman kecurangan dan manipulasi data dapat dilakukan dengan adanya sertifikat digital.


Menjamin keaslian

Sertifikat elektronik menjamin validitas keaslian dokumen elektronik dan tanda tangan digital yang digunakan dalam transaksi.


Kepatuhan hukum

Pemerintah telah mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008, hal ini yang menjadi pondasi sertifikat elektronik.


Efisiensi operasional

Operasional bisnis akan lebih efisien karena proses transaksi lebih cepat dan mengurangi biaya administrasi dibandingkan dengan transaksi konvensional.


Meningkatkan kepercayaan

Data digital yang valid dapat meningkatkan kepercayaan mitra bisnis terhadap keamanan dan keandalan sistem bisnis online yang dilakukan.


Mengelola risiko

Validitas data digital yang ditransfer saat melakukan transaksi elektronik dapat mengurangi risiko penipuan dan pencurian identitas. 


Internasionalisasi bisnis

Sertifikat digital diakui secara internasional, sehingga pemilik usaha dapat meluaskan jangkauan operasionalnya hingga ke pasar internasional.


Privy

Privy merupakan produk PT. Privy Identitas Digital sebuah penyelenggara sertifikat elektronik Indonesia yang dapat menerbitkan sertifikat elektronik. Selain itu Privy merupakan market leader penyedia identitas digital dan tanda tangan digital di Indonesia. Privy memberikan solusi otomatisasi identitas yang Sobat Dy perlukan. 

Hal ini diwujudkan dengan menerbitkan sertifikat elektronik, tanda tangan digital, dan solusi digital lainnya. Privy telah merevolusi cara mengidentifikasi seseorang di dunia maya dan cara bertransaksi online sehingga nantinya identitas digital dan tanda tangan digital menjadi pondasi sebuah ekosistem transaksi online yang sehat.


Cara Mendapatkan Sertifikat Elektronik


Cara Mendapatkan Sertifikat Elektronik

Setelah mengetahui tentang sertifikat elektronik, keunggulan, manfaat, dan fungsinya, tentunya Sobat Dy tertarik untuk mendapatkan sertifikat elektronik, bukan. Berikut cara mendapatkan sertifikat elektronik :

1. Pengguna memasukkan data nomor telepon, alamat surel, foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan hasil foto selfie.

2. Privy melakukan verifikasi KTP dan dokumen identitas dengan teknologi Optical Character Recognition (OCR) yang dapat mengekstrak teks dalam gambar dengan akurat.

3. Pencocokkan data yang dimasukkan pengguna dengan data yang tercantum dalam KTP atau database Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

4. Privy membandingkan foto selfie dengan database Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan sistem deteksi liveness sehingga dapat mencegah penipuan online dan pencurian identitas.

5. Pengguna menyetujui syarat, ketentuan, dan user consent.

6. Jika semua data telah terverifikasi dan sesuai, Privy akan menerbitkan sertifikat elektronik.


Cukup mudah bukan tahapan untuk mendapatkan sertifikat elektronik. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba membuat sertifikat elektronik.


Referensi

1. Begini Caranya Mendapatkan Sertifikat Elektronik! - https://blog.privy.id/cara-mendapatkan-sertifikat-elektronik/

2. Penyelenggara Sertifikasi Elektronik: Definisi, Hingga Fungsinya Dalam Bisnis - https://blog.privy.id/penyelenggara-sertifikasi-elektronik/

71 komentar

  1. Nah yang paling menonjol dari adanya penerapan sertifikat elektronik ini adalah ramah lingkungan. Selain itu data yang disertifikat emang aman banget dan minim untuk dilakukan pemalsuan. Sekarang jadi serba mudah dan simpel.

    BalasHapus
  2. Apakah secara personal kita perlu membuat sertifikat elektronik ini, Mbak? Sertifikat ini akan melindungi setiap data kita di dunia mayakah?

    BalasHapus
  3. Sertifikat elektronik ini saya belum begitu paham kegunaannya mbak. Artikel ini memberikan pencerahan tentang hal tersebut. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  4. Soal keamanan ini yang menarik selain memudahkan untuk proses transaksi yang harus menggunakan sertifikat elektronik. Jadi, kita bisa tenang dan nggak panik saat akan bertransaksi.

    BalasHapus
  5. Saya beberapa kali ttd virtual pakai Privy. Mudah dan nilai legalitasnya diakui.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah...aku udah punya akun di PrivyId dan udah sering pakai fasilitasnya buat ttd digital. Bagusnya ada QR codenya jadi dijamin aman deh...

    BalasHapus
  7. Selama ini masih familiar denga sertifikat fisik, ternyata era digital sudah membawa kita pada sertifikat elektronik yaa. Emang lebih praktis dan sangat ramah lingkungan tentunya. Jaminan keamanannya juga lebih tinggi pastinya. Keren nih Privy bisa bantu menerbitkan sertifikat elektronik.

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu ada sertifikat elektronik, Mbak. Dan ini jadi kabar bagus ya, karena sertifikat elektronik pastinya mempunyai banyaka keunggulan. Termasuk lebih aman. Kalau meninggalkan rumah dalam waktu lama, tidak perlu bawa-bawa sertifikat fisik.

    BalasHapus
  9. penting nih memiliki sertifikat elektronik apalagi untuk menunjang kebutuhan dokemen yang relasinya nggak hanya dari dalam negeri saja, tapi klien luar negeri yang butuh legalitas dokumennya

    BalasHapus
  10. praktis dan lebih ramah lingkungan ya dengan kehadiran sertifikat elektronik ini, sehingga bisa dimanfaatkan, khususnya dalam urusan dokumen/administrasi

    BalasHapus
  11. Kemarin pas beberes ruang kerja, sempat bingung mau naruh di mana. Jadinya kutumpuk aja dan simpan di lemari. Coba kalau sertifikat elektronik, ya. Pasti nggak pake bingung begitu.

    BalasHapus
  12. Sertifikat elektronik atau sertifikat digital ini memang memudahkan segala urusan kelengkapan dokumen. Jaman serba digital ini bikin kita semakin efektif dalam verifikasi identitas

    BalasHapus
  13. Digitalisasi memungkinkan semua aspek menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk urusan sertifikat pun sekarang bisa lebih cepat dan ramah lingkungan karena gak perlu dicetak.

    BalasHapus
  14. Makin gampang ya bikin sertifikat elektronik. Kita ga perlu repot2 lagi ngeprint. Ntr hrs nyimpan di tempat khusus. Kan kalo model digital gini bs disimpan di ponsel/email. Jadi saat dibutuhkan, bs diunduh lagi. Atau pake akun Privy, langsung tersimpan semua deh dokumen elektronik kita.

    BalasHapus
  15. Wah membuat sertifikat elektronik caranya begitu mudah ya, Kak. Di era digital memiliki sertifikat elektronik memang sangat penting karena untuk memudahkan saat dibutuhkan sewaktu-waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak bikin praktis dalam urusan dokumen jadinya. Apalagi buat yang semisal lokasinya jauh kan, gak perlu bolak-balik

      Hapus
  16. Kehadiran Privy dengan memberikan berbagai layanan kebutuhan legal pada berbagai dokumen termasuk sertifikat digital begini, bikin semangat ramah lingkungan dengan cara paperless makin bergerak maju nih.

    BalasHapus
  17. Apakah sertifikat digital itu layaknya CV atau kartu nama? Atau malah jadi pengganti KTP fisik nantinya mbak?

    BalasHapus
  18. Lebih praktis ya dengan adanya sertifikat elektronik ini.
    Keamanan juga lebih terjaga
    Kita emang ga bisa tertinggal ya dari kecanggihan teknologi. Yg bisa kita lakukan ya menjaga keamanan data data kita semaksimal mungkin

    BalasHapus
  19. Praktis ya lewat Privy bisa bikin sertifikat digital yang legal secara hukum dan keabsahannya bisa dipertanggungjawabkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sukanya bikin akun di PrivyID tuh, ttd kita ada QR codenya. Jadi bisa discan kalau ttd kita asli. Kalau pdf biasa kan cuma tempet jpg tandatangan. Rawan pemalsuan sih kalau kayak gini.

      Hapus
  20. Dengan adanya sertifikat elektronik ini menurutku jg lebih menguntungkan drpd yg manual. Lebih praktis dan efisiensi. Ga perlu ribet musti kirim2 dokumen secara manual atau hrs scan2 dokumen untuk dikirim secara online.

    BalasHapus
  21. Sertifikat Elektronik adalah alat yang penting untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi di era digital. Dengan menggunakan Sertel, Anda dapat melindungi diri dari risiko pencurian data, pemalsuan identitas, dan transaksi bodong.

    BalasHapus
  22. Betul, bagusnya sertifikat elektronik itu karena praktis. Lebih mudah disimpan, gak kececer ke mana-mana. Dan yang terpenting terhindar dari serangan rayap saat lupa tempat naruhnya.

    BalasHapus
  23. Wahh keren banget Privy juga ada settifikat elektroniknyaaa!! kyaaa. kebetulan pas butuh banget ini lagi bikin sertifikat maunya online juga huhu, tungguin yah

    BalasHapus
  24. sekarang semua serba digital ya termasuk legalitas dokumen atau tanda tangan dokumen. termasuk juga e meterai. memudahkan sih ya dan gak pake ribet. prosesnya juga bisa lebih cepat

    BalasHapus
  25. Saya pun sudah lama menggunakan Privy untuk tandatangan banyak dokumen elektronik karena sudah aman dan diatur dalam hukum pemerintah, yang pastinya tandatangan kita juga dapat ditelusuri waktunya sehingga sangat aman saat digunakan

    BalasHapus
  26. Di era serba digital ini kehadiran tanda tangan digital dari Privy dapat membantu mempermudah urusan pekerjaan ya, apalagi untuk teman-teman yang bekerja dari rumah, lebih simple dan praktis untuk legalisir dokumen.

    BalasHapus
  27. Privy ini komplit ya bisa bikin identitas digital, tanda tangan digital dan ini bisa juga bikin sertifikat digital. Iya saya lebih senang menerima sertifikat digital, karena ya itu gak bingung untuk menyimpannya jadi gak numpuk di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, lengkap banget jadinya mempermudah proses legalitas dokumen ya. gak perlu ke foto copian lagi apalagi nunggu kiriman dokumen tiba dari kang paket

      Hapus
  28. Wah, ternyata cara mendapatkan identitas digital ini cukup mudah, ya. Semoga ke depannya lebih banyak lagi orang yang bisa memanfaatkan identitas digital ini.

    BalasHapus
  29. Waaah takjub banget sama Privy, Privy bisa membandingkan foto selfie di Privy dengan databasenya di Dukcapil. Dah gitu punya sistem deteksi yang dapat mencegah penipuan online dan pencurian identitas digital

    BalasHapus
  30. Kebayang kemudahan zaman sekarang yang serba digital.
    Selain gak takut bakalan hilang atau rusak karena terkena bencana, misalnya.. sertifikat elektronik bikin mudah digunakan untuk melamar pekerjaan juga yaa.. gak perlu fotocopy bolak-balik.

    BalasHapus
  31. Waah jadi teringat kalau aku juga punya beberapa sertifokat elektronik yang masih tersimpan di email. Sepertinya sudah saatnya dikumpulkan jaadi satu dokumen..

    BalasHapus
  32. Nah, kalau mau punya tanda tangan digital, wajib ada juga sertifikat elektronik kan ya. Jadi verifikasi dan keamanan ketika melakukan ttd digital lebih terjamin.

    BalasHapus
  33. Wah, keren banget ya konsepnya! Jadi gampang buat dapetin sertifikat elektronik dengan Privy, tinggal masukin data dan proses verifikasinya otomatis. Selain itu, teknologi yang dipake juga canggih banget, bisa ngelindungin dari penipuan online. Pokoknya solusi yang nyaman dan aman buat transaksi online nih! 👍🔒

    BalasHapus
  34. Mudah sekali ya mendapatkan sertifikat elektronik menggunakan Privvy, manfaatnya jg banyak

    BalasHapus
  35. Waah benar sekali, mudah ya mendapatkan sertifikat elektronik, nggak ada alasan lagi buat pemilik bisnis untuk nggak menggunakan aplikasi ini

    BalasHapus
  36. Mba Dy, mohon maaf saya masih gagal paham tentang sertifikat elektronik ini. Contohnya bagaimana, ya, Mba? Digunakan dalam apakah sertifikat elektronik ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat elektronik bisa untuk pembukaan akun bank atau aplikasi lain yang membutuhkan verifikasi KTP atau foto, karena langsung terhubung ke dispendukcapil
      saat ini beberapa aplikasi membutuhkan sertifikasi seperti iin mbak

      Hapus
  37. Sekarang ini banyak sekali webinar atau pelatihan online yang memberikan sertifikat digital pada pesertanya. Sayangnya, sebagian besar tidak ada cara otentifikasinya. Jadi bisa saja diduplikat dan diedit oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Alangkah baiknya kalau webinar atau pelatihan online selalu menggunakan sertifikat elektronik seperti yang ditawarkan Privy.

    BalasHapus
  38. Kemarin aku pakai e materai dari privi. Eh ternyata bisa juga privi menyediakan Sertifikat Elektronik. Wah, lain kali aku coba..sebab banyak keuntungan..salah satunya hemat kertas..(padil)

    BalasHapus
  39. Kira-kira bisa dicontohkan dalam bentuk apa sajas sertifikat elektronik digunakan, dan apa semua sertifikat elektronik punya legalitas? Misal kalau kita dapat sertifikat dari webinar apa termasuk?

    BalasHapus
  40. Cara pakai privy mudah juga ya. Bisa nih dicoba agar urusan digital lebih lancar

    BalasHapus
  41. Lebih canggih dan tentunya ramah lingkungan ya menggunakan sertifikat elektronik

    BalasHapus
  42. lebih efisien dan untuk pengarsipan jadi makin mudah ya mbak. Sertifikat elektronik ini, aku baru tahu, kalau ada masa berlakunya. Dan baru tahu juga jika ada aturan yang telah menetapkan kalau sertifikat elektronik tetap diakui dan sah

    BalasHapus
  43. Aku lebih suka sih dengan adanya sertifikat elektronik ini, setidaknya hal ini bisa menghindari pemalsuan dan bentuk kejahatan digital lainnya. Apalagi sekarang kan teknologi makin canggih, kejahatan digital makin meningkat.

    BalasHapus
  44. Sertifikat jadi mudah didapat dengan seperti ini. Dan tergantung kebutuhan kalau butuh baru download ya

    BalasHapus
  45. Di zaman yang serba digital saat ini kita memang harus bisa beradaptasi secepat mungkin dengan pesatnya perkembangan teknologi di setiap bidang, termasuk dalam hal surat menyurat dan pembuatan sertifikat, semuanya sudah ada versi digital atau elektroniknya.
    Harus dipahami benar ya setiap alurnya dalam pembuatan sertifikat elektronik ini, biar nanti ketika membutuhkannya kita tidak kaget lagi dengan apa-apa dan bagaimana proses pembuatannya

    BalasHapus
  46. Sertifikat elektronik menjadi jawaban atas tuntutan zaman serbadigital. Semoga keamanannya juga selalu terjamin.

    BalasHapus
  47. Privy ini kelihatannya juga penyedia tanda tangan digital tersertifikat ya mba? Aku pernah tanda tangan deposito online menggunakan privy

    BalasHapus
  48. Sertifikat elektronik memang solusi tepat untuk sat set dalam pekerjaan pasca semunar dll. Jadi lebih cepat selesai urusan seerifikat. Lebih praktis lagi membagikannya tinggal kirim by email selesai.

    BalasHapus
  49. Sekarang arahnya udah paperless semua sih ya Mbak. Berharap untuk sertifikat tanah juga sudah elektronik hehehe

    BalasHapus
  50. Di dunia digital saat ini memang butuh keamanan yang menguntungkan kita dan tidak memberi peluang dan celah untuk kecurangan, salah satunya ya sertifikat elektronik ini.

    BalasHapus
  51. Saya sempat khawatir dengan keamanan data yang kita miliki jika menggunakan sertifikat elektronik. Ternyata, keamanannya begitu terjamin ya!

    BalasHapus
  52. Saat pemerintah menggalakkan aksi hemat energi dan lingkungan adanya sertifikat elektronik ini jelas sangat mendukung ya. Kan jadi minim menggunakan kertas. Praktis dan makin hemat itu pastinya

    BalasHapus
  53. Sertifikat elektronik ini memang semakin lazim dan luas digunakan ya. Bahkan dengar-dengar ke depannya surat tanah pun akan menggunakan sertifikat digital semacam ini. Yang terpenting memang verifikasi identitas penerbit dan pemiliknya harus ketat otorisasinya agar tak disalah gunakan.

    BalasHapus
  54. Aku baru 'ngeh' tentang sertifikat elektronik ini. Selama ini yang berdedar itu kan manual ya, meski sudah paperless tapi sertifikatnya manual dan bisa diduplikasi dengan mudah. Yang ditakutkat tanda tangan disalahgunakan pula ya. Jadi sepenting itu pakai sertif elektronik Privy ini.

    BalasHapus
  55. sertifikat elektronik ini bukan sertifikat kalau kita ikut pelatihan atau seminar online gitu ya, mbak? hehe. saya malah tahunya privy ini buat tanda tangan digital ternyata bisa buat sertifikat elektronik juga

    BalasHapus
  56. Setifikat elektronik bikin kita makin mudah mengelola identitas dan mengasksesnya sewaktu-waktu ya, Kak. Pastinya lebih aman juga, ga perlu khawatir keselip atau ketinggalan

    BalasHapus
  57. Sertifikat elektronik menjadi solusi modern dengan keunggulan praktis, keamanan, dan ramah lingkungan. Proses verifikasi yang efisien dan langkah-langkah penerbitan yang jelas menambah nilai tambahnya.

    BalasHapus
  58. semoga kemudahan ini tidak menjadi sarana penipuan maupun kriminal cyber lainnya. Baru tahu juga ternyata sertifikat elektronik ada masa berlakunya, bagus juga sih setiap beberapa waktu diperbaharui, agar lebih aman terhindar dari sasaran penipuan online

    BalasHapus
  59. Masih teringat deh waktu pandemi dulu Mba, semua aktivitas seperti pelatihan dan seminar dilakukan secara online.. Maka dari situ masyarakat sudah familiar dengan sertifikat online ini yaa, apalagi mengurangi penggunaan kertas jga..

    BalasHapus
  60. saat ini tidak hanya sertifikat, ktp dan kk pun kini juga ada versi digitalnya, semoga walaupun berbentuk digital tetap bisa terjaga keamanan datanya

    BalasHapus
  61. Aku juga kemarin tuh sempet pake ini, untuk tanda tangan digital sih.. untuk meterai keknya mau nyoba dalam waktu dekat hehehe

    BalasHapus
  62. Keunggulan sertifikat elektronik ada rekam jejaknya kalau sewaktu waktu kehilangan cuma minusnya sewaktu waktu bisa kebobol

    BalasHapus
  63. Ini informasi menarik ya...untuk bikin sertifikat elektronik Gini. Jadi kita nggak perlu worry lagi untuk punya sertifikat elektronik. Btw, ini harus bikin akun dulu ya mbak?

    BalasHapus
  64. setelah baca ini, saya merasa punya trusted dengan sertifikat elektronik. Jadi, disimpan beneran. Dan secara hukum, diakui ya mbak.

    BalasHapus
  65. Jadi mungkin ini seperti KTP kali ya, tapi versi elektronik. Ada ada saja sekarang.

    BalasHapus
  66. Terus terang saya belum begitu faham tentang sertifikat elektronik ini. Tapi, berdasarkan artikel ini, kalau boleh saya bilang ini seperti kontrak kerja dalam bentuk digital begitu ya.
    Tapi, aman nggak data-data nya nanti dari penyalahgunaan?

    BalasHapus
  67. Mbak Dy, aku dari tadi baca ini tuh ngangguk2 ohh begini, ohh begitu. Tapi jujurly aku masih belum punya bayangan mbak, contohnya sertifikat elektronik ini seperti apa? Kalo ttd elektronik atau materai elektronik aku sudah pernah lihat. Tapi kalo sertifikat elektronik contohnya gimana aku belum bisa membayangkan, wkwk.. Maap gaptek amat yak. Kalo baca uraiannya di sini sih banyak sekali manfaatnya ya. Baru kali ini dengar tentang Privy ini..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih