Ini Lo, Skincare Alami Untuk Kulit Kusam

Kamis, 02 Maret 2023

skincare alami

Memiliki kulit wajah yang cerah tentunya dambaan setiap wanita, bukan? Termasuk saya dan Sobat Dy tentunya. Tak heran beberapa wanita rela menghabiskan sejumlah rupiah yang tidak sedikit untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah untuk menjaga penampilan.

Namun, apakah harus merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan wajah yang cerah? Tentu saja tidak, ada kok cara alaminya. Yuk kita cari tahu bersama skincare alami untuk kulit kusam. 


Kulit Kusam

Kulit kusam merupakan salah satu permasalahan kulit yang mungkin dialami beberapa wanita. Wajah yang kusam cukup mengganggu karena dapat menurunkan kepercayaan diri. Kulit kusam ditandai dengan wajah kurang bercahaya, tidak sehat, tidak bersemangat, dan kulit terasa kering..

Banyak hal yang mempengaruhi seseorang mengalami kulit kusam, diantaranya penumpukan sel kulit mati, tanda-tanda penuaan, sinar matahari, dan stress.


Penumpukan sel kulit mati

Umumnya sel kulit mati menyebabkan kulit menjadi kusam. Umumnya secara alami kulit akan mengalami pengelupasan secara alami setiap 28 hari dan beregenerasi menjadi sel kulit yang baru. 

Namun, terkadang proses pengelupasan ini tidak dapat terjadi secara alami, sehingga sel yang tidak mengelupas akan membuat kulit terasa kering.


Proses penuaan

Suatu hal yang tak dapat dihindari oleh makhluk hidup adalah proses menjadi tua. Seiring usia yang bertambah, maka proses regenerasi kulit juga akan melambat, sehingga kulit akan kehilangan elastisitasnya.

Selain itu, kulit juga memproduksi minyak alami yang lebih sedikit karena proses penuaan. Dampak selanjutnya adalah kulit tampak kusam, muncul keriput dan tidak bercahaya.

kulit kusam


Sinar Matahari

Beraktivitas langsung di bawah teriknya sinar matahari tanpa menggunakan pelindung akan menyebabkan kulit menjadi kusam. Sinar Ultra Violet (UV) dapat memecah protein penting dalam tubuh sehingga dapat merusak lapisan kulit.


Stress

Faktor psikologis juga dapat mempengaruhi keadaan kulit wajah. Kulit berjerawat dan kusam adalah beberapa masalah kulit yang ditimbulkan oleh stress. Tekanan atau permasalahan hidup yang terjadi dapat membuat seseorang mengalami stress.


Skincare Alami Untuk Kulit Kusam

Sebetulnya sudah banyak produk yang beredar di pasaran untuk mencerahkan wajah kusam. Produk tersebut diformulasikan secara khusus dan mengandung bahan kimia yang diklaim dapat mencerahkan wajah. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. 

Namun, tidak semua wanita cocok dengan bahan kimia tersebut. Beberapa bahan kimia yang digunakan tersebut mungkin memiliki efek samping yang bervariasi. Apakah ada bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kusam? 

Ternyata ada, lo bahan alami yang dapat digunakan sebagai skincare untuk mengatasi kulit kusam. Bahan alami tersebut mungkin sudah ada di rumah sehingga tidak perlu lagi membelinya. Skincare dengan bahan alami ini tentunya ramah di kantong, bukan?

Lemon

Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C atau asam askorbat dalam jumlah besar. Kandungan vitamin C nya mempunyai kandungan anti pigmentasi sehingga dapat mencerahkan warna kulit.

Walaupun lemon berasal dari bahan alami, perlu dicoba dulu kecocokannya dengan kulit dengan menempelkannya pada kulit sebelum dipakai, karena jus lemon dapat menyebabkan rasa perih pada kulit.

Cara pemakaiannya :

  1. Peras satu atau dua jeruk lemon ke dalam mangkok.
  2. Oleskan perasan lemon pada wajah menggunakan kapas yang bersih dan steril.
  3. Biarkan selama 15-20 menit
  4. Bilas dengan air hingga bersih 
  5. Lakukan dua kali dalam seminggu.


Madu

Fruktosa, glukosa, dan asam alpha-hydroxy yang terkandung dalam madu dapat membantu menurunkan pigmentasi yang berlebihan, sehingga kulit tampak lebih cerah dan lebih kenyal

Cara pemakaiannya:

  1. Peras satu jeruk nipis
  2. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata
  3. Oleskan pada wajah 
  4. Biarkan selama 15-20 menit
  5. Bilas dengan air hingga bersih
  6. Lakukan dua kali dalam seminggu

Gula

Gula mempunyai tekstur sedikit abrasif sehingga dapat membantu menghilangkan kulit kering dan kulit mati. Sehingga dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah.

Cara pemakaiannya :

  1. Campur dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu dalam wadah yang bisa ditutup rapat.
  2. Tambahkan setengah cangkir gula merah dan aduk rata.
  3. Gosok campuran minyak zaitun, madu, dan gula pada wajah dalam gerakan melingkar.
  4. Biarkan selama 4-5 menit.
  5. Bilas dengan air hingga bersih.
  6. Lakukan dua kali dalam seminggu

Lidah buaya

Kandungan aloin pada lidah buaya dapat berfungsi sebagai inhibitor tirosinase dan membantu mengembalikan efek hiperpigmentasi sehingga dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Namun, beberapa orang ada yang alergi terhadap kulit buaya

Cara pemakaiannya :

  1. Potong-potong daun lidah buaya untuk mengekstrak gelnya.
  2. Campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh gula merah dan aduk rata.
  3. Gosok campuran gula merah dan lidah buaya ke wajah dan leher.
  4. Biarkan selama 15-20 menit
  5. Bilas dengan air hingga bersih
  6. Lakukan dua kali dalam seminggu


Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai sifat antiradang, antioksidan sehingga dapat berfungsi sebagai pelembab. Namun, minyak kelapa tidak dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Minyak kelapa juga bersifat alergen, bagi Sobat Dy yang alergi terhadap minyak kelapa, sebaiknya tidak menggunakannya.

Cara pemakaiannya :

  1. Oleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan wajah dan pijat secara perlahan
  2. Biarkan selama beberapa saat
  3. Cuci dengan pembersih wajah yang biasa digunakan

Walaupun minyak kelapa berasal dari alam perlu dicoba dulu kecocokannya dengan kulit dengan menempelkannya pada kulit sebelum dipakai selama 24 jam, karena lidah dapat menyebabkan rasa perih pada kulit.


Mentimun

Mentimun mengandung vitamin C dan senyawa lain yang dapat membantu mencerahkan wajah dan mendinginkan wajah.

Cara pemakaiannya:

  1. Hancurkan mentimun dengan blender.
  2. Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya
  3. Aduk sampai rata
  4. Oleskan campuran madu dan mentimun
  5. Biarkan selama 10-20 menit
  6. Bilas dengan air bersih


Yoghurt

Yoghurt mengandung L-cysteine yang dapat mencerahkan warna kulit, mengurangi tampilan noda bekas jerawat dan hiperpigmentasi.

Cara pemakaiannya :

  1. Oleskan yoghurt pada wajah
  2. Biarkan selama beebrapa waktu
  3. Bilas dengan air bersih

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mencerahkan wajah.

Cara pemakaiannya :

  1. Haluskan seperempat cangkir pepaya yang masih muda
  2. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan
  3. Biarkan selama 10 menit atau hingga masker pepaya mengering
  4. Bilas dengan air hangat hingga bersih


Penutup

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bercahaya tidak harus menggunakan skincare yang mahal. Sobat Dy juga dapat menggunakan skincare alami untuk kulit kusam yang menggunakan bahan-bahan yang mungkin telah ada di rumah.

Skincare alami dengan bahan alami tentu saja ramah di kantong karena bahannya mudah diperoleh dan berada di sekitar kita. Apakah Sobat Dy ingin mencoba skincare alami tersebut atau bahkan sudah menggunakannya? Cerita yuk di kolom komentar.

30 komentar

  1. Menarik ulasan tentang skincare alami. Orang dulu percaya maskeran menggunakan putih telur dan madu yang dioleskan ke wajah lalu diamkan 10 menit ampuh untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Tapi zamdn sekarang orang inginnya serba cepat dan praktis hehe..

    BalasHapus
  2. Jadi ingat waktu usia remaja dan skincare belum banyak pilihan seperti sekarang apalagi belum ada skincare untuk usia remaja, aku lebih sering pakai bahan-bahan alami ini, bahkan sampai menanam sendiri lidah buaya,

    BalasHapus
  3. Faktor stress gak bisa dipungkiri bisa menjadi penyebab wajah kusam ya. Jadi daripada merogoh kocek mahal2 lebih baik pakai yang alami dahulu seperti penggunaan skincare alami di atas ya kan :)

    BalasHapus
  4. Wah ini nih yang perlu dicoba. Simpel cara buatnya ternyata ya. Jadi kepikiran buat nanem lidah buaya.

    BalasHapus
  5. Paling suka dengan Pepaya, selain ampuh untuk atasi kulit kusam juga ampuh untuk membantu pencernaan jadi lebih sehat. Btw, bener banget stres itu bikin kulit jadi kusam, bukan hanya kusam tapi juga bisa bikin mudah berkerut ya..,CMIIW

    BalasHapus
  6. Ternyata menggunakan bahan-bahan alami pun bisa dijadikan ikhtiar untuk mencerahkan wajah. Yang mentimun itu dicampur lidah buaya atau madu mbak yang benar? Pengin nyobain nih. Kan gampang didapat kalau mentimun, di bibi belanjaan selalu ada.

    BalasHapus
  7. Kalau saya baru mencoba yang lidah buaya. Karena dikomporin salah satu teman saya yang emang wajahnya jadi lebih sehat padahal ga pernah pakai skincare, dia cuman pakai lidah buaya, pakai sunscreen, dan emang beneran jaga makanan sih :)
    Alhasil bahkan dulunya dia prone acne, eh hilang dong jerawatnya

    BalasHapus
  8. Dulu saya suka keluyuran di bawah sinar matahari tanpa pelindung, termasuk payung dan sun block. Akibatnya, sekarang kulit kusam ... sam ... sam. Ternyata banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa membantu mencerahkan wajah. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  9. Madu sama mentimun ini pernah diaajarin jg sama ibuku dulu, emang skincare alami terbaik sihh yaa dari alam sudah ada, tinggal kitanya aja kadang maless huhu

    BalasHapus
  10. Wah, senang sekali dapat resep skincare alami seperti ini. Makasih banyak, Kak. Ntar mau coba, ah. Hehe.

    BalasHapus
  11. Kayaknya memang wajib coba salah satu bahan alami ini untuk membantu mencerahkan kulit wajah, bahannya juga mudah dicari dan tapi harus rutin ya biar keliatan hasilnya lebih cepat

    BalasHapus
  12. Bikin masker dari kopi, madu n jeruk nipis or lemon enak lho mbak. Mencerahkan dan kulit rasanya ternutrisi kenyal gitu

    BalasHapus
  13. Sering kali saya lupa kalau bahan-bahan alami di atas bisa untuk skincare, jadi ingat lagi baca tulisan ini ...makasih ya Mbak Dyah.

    BalasHapus
  14. Di antara bahan2 di atas yang pernah aku cobain itu gula, tapi bukan gula murni sih, kaya produk exfoliasi bibir berbahan gula gitu dan ternyata beneran ampuh mengangkat sel kulit mati. Kereen.

    BalasHapus
  15. Saya masih tim yang suka pakai perawatan alami dibandingkan kimia. Kalau saya langganan madu

    BalasHapus
  16. makasiiii mba Dyah

    aku jg lagi mau ngurangin bahan pabrikan

    BalasHapus
  17. Dulu lidah buaya jadi andalan untuk rutinitas perawatan kulit. Tapi semakin bertambahnya usia kadang sudah semakin malas untuk rajin begini hahaha. Baca referensi Mbak, jadi semangat lagi rasanya untuk kembali ke bahan-bahan alami di atas.

    BalasHapus
  18. Iya nih mba, nggak cuma bahan kimia tapi alami pun bisa dijadikan skincare. Meskipun mngkin prosesny berbeda dan lumyan lama tp kalau konsisten mngkin akan membuahkan hasil yang worth it

    BalasHapus
  19. Wah ini beneran mudah ditemukan, kita dapat menggunakan skincare alami untuk kulit kusam yang menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Seperti lemon..tetanggaku distributor lemon jadi nyari segar dan murah gampang.. coba ah tipsnya

    BalasHapus
  20. Pernah coba maskeran pakai madu. Emang enak banget, solusi langsung dari Al-Qur'an juga buat segala penyakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaa Allah bisa ya lemon dan madu jadi skincare? Aku mau coba deh soalnya kulitku kusam efek tiap hari motoran antar jemput anak.

      Hapus
  21. Skincare alami ini andalanku banget dulu saat usia remaja, dan belum banyak produk skincare seperti sekarang, selain mudah juga murah kayak pepaya tinggal ambil di samping rumah, kadang ngak dimakan dan busuk. Dulu sampai nanam lidah buaya lho, karena banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

    BalasHapus
  22. Ternyata semua bahan ada di sekitar kita dan bisa kita maksimalkan untuk perawatan kulit ya. Kandungan bahan alami, pastinya juga aman di kulit dan yang pasti harganya terjangkau hehehe... Lidah buaya saya malah nanam juga lho...

    BalasHapus
  23. Efektif dan efisien jika dikerjakan secara rutin menggunakan skin care alami ini. Disesuaikna dengan kebutuhan

    BalasHapus
  24. Wah, super excited baca artikel kak Dy karena memberikan tips yang aku butuhin banget.
    Skincare alami memang hasilnya gak akan tampak seketika, namun terbukti aman dan bisa menjaga kesehatan kulit sampai lamaaa..

    BalasHapus
  25. Aku sering pakai yang mentimun
    Bikin mata jadi segar plus kantung mata jadi berkurang. Sayangnya enggak bisa sering sering karena langka dapatnya di mlijo sekitar sini

    BalasHapus
  26. wah aku gak kebayang kalo pepaya ini aromanya melekat gak ya hahaha,,,jujur sih aku belum pernah coba

    BalasHapus
  27. Dulu saya pernah pake mentimun yang diparut, kemudian didinginkan sebentar ke lemari es sebelum diaplikasikan ke wajah.
    Rasanya adem banget dan hasilnya lumayan ngurangin kulit kusamnya

    BalasHapus
  28. Wah, baru tahu ternyata gula juga bisa digunakan untuk atasi kulit kusam ya. Caranya gampang pula. Patut dicoba nih dan ya ternyata ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan buat merawat kulit ya

    BalasHapus
  29. Mbak, aku baru tahu lo kalo ternyata gula merah bisa jadi skincare alami hehe. Iya ya, kenapa aku gak kepikiran pake lidah buaya atau mentimun atau lemon, padahal di rumahku banyak! Kemarin tuh aku sempat galau banget mau beli skincare apa, kenapa aku gak coba yg alami dulu hiks.. Makasih sharingnya mbk Dy, aku mau coba deh.. Cuss.. bismillah demi kulit glowing seperti ayang rowoon hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih