9 Makanan Tinggi Asam Folat untuk Dukung Keberhasilan Program Hamil

Rabu, 24 April 2024

9 Makanan Tinggi Asam Folat untuk Dukung Keberhasilan Program Hamil


Program hamil adalah serangkaian langkah dan tindakan yang diambil oleh pasangan yang berencana untuk hamil. Selama program ini terdapat banyak hal yang harus diperiksa dan dipantau terutama dalam segi kesehatan. Hal ini karena tubuh seorang calon ibu yang dalam kondisi sehat bisa meningkatkan keberhasilan program hamil.

Untuk meningkatkan kesehatan calon ibu terdapat banyak hal yang bisa dilakukan, tapi yang paling penting adalah menjaga pola makan dan memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu kandungan gizi yang penting selama program hamil adalah asam folat.

Hal ini karena asam folat adalah nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan sel. Di sisi lain, asam folat juga diperlukan untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin selama masa awal kehamilan.

Untuk Anda yang sedang atau berencana menjalani program hamil berikut ini 9 rekomendasi makanan tinggi asam folat untuk dukung keberhasilan promil. Simak selengkapnya.


Bayam

Bayam adalah salah satu sumber terbaik asam folat yang alami. Sebagai tambahan, bayam juga mengandung zat besi dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tambahkan bayam ke dalam salad, sup, atau sajian tumis untuk meningkatkan asupan asam folat Anda.


Brokoli

Brokoli adalah sayuran lain yang kaya akan asam folat. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan serat, membuatnya menjadi tambahan yang sempurna untuk diet sehat Anda selama program hamil.


Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, kacang almond, dan kacang hazelnut merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati, serat, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Makan segenggam kacang-kacangan sebagai camilan sehat atau tambahkan ke dalam sajian salad atau yogurt untuk meningkatkan asupan asam folat Anda.


Alpukat

Alpukat adalah buah lezat yang mengandung sejumlah besar asam folat. Alpukat juga kaya akan lemak sehat, serat, dan potassium, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil.


Jeruk

Jeruk dan jus jeruk adalah sumber asam folat yang kaya, serta mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Konsumsi jeruk atau minum jus jeruk sebagai camilan sehat atau tambahan dalam sarapan Anda.


Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, dan biji chia mengandung asam folat dan nutrisi penting lainnya. Taburkan biji-bijian ini ke dalam oatmeal, yogurt, atau salad untuk menambahkan asam folat ke dalam diet Anda.


Telur

Telur adalah sumber asam folat yang mudah didapat dan murah. Selain itu, telur juga mengandung protein berkualitas tinggi dan nutrisi lainnya seperti vitamin D dan kolin, yang penting untuk perkembangan otak janin.


Hati Ayam

Hati ayam adalah salah satu sumber asam folat yang paling konsentrasi. Meskipun mungkin tidak umum dalam diet sehari-hari, memasukkan hati ayam ke dalam menu sesekali dapat memberikan tambahan asam folat yang signifikan.


Asparagus

Asparagus adalah sayuran lain yang kaya akan asam folat. Selain itu, asparagus juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tambahkan asparagus ke dalam berbagai masakan seperti sup, tumis, atau panggangan untuk meningkatkan asupan asam folat Anda.

Makanan Tinggi Asam Folat


Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, penting juga untuk mengonsumsi suplemen asam folat sesuai dengan rekomendasi dokter Anda, terutama selama masa persiapan kehamilan dan trimester pertama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk mendapatkan saran yang spesifik tentang kebutuhan asam folat Anda selama program hamil.

Konsultasi tersebut baiknya dilakukan dengan dokter atau ahli yang ada di klinik terpercaya seperti Klinik Morula IVF Indonesia. Segera kunjungi situs resmi Morula IVF Indonesia ataupun Klinik Morula IVF Indonesia untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan terkait program hamil.

14 komentar

  1. Setuju banget ibu hamil harus sangat memperhatikan asupan gizinya. Kalau di dokter juga biasanya selalu diresepkan asam folat ya sepanjang kehamilan, tapi rasanya lebih aman lagi kalau ibu hamilnya juga mengkonsumsi asam folat dari makanan-makanan yang bergizi. Hati ayam ternyata tinggi asam folat juga ya, saya pas hamil rutin dan suka banget makan hati ayam, tapi karena HBnya rendah juga, sih, jadi buat ngebantu boost HB juga. Hehe..

    BalasHapus
  2. Ibu hamil memang harus memperhatikan asupan makanannya. Karena bukan hanya dia yang menyerap sari makanan yang dimakan, tetapi juga bayi yang dikandungnya. Tetapi, terkadang di trisemester pertama itu bagi sebagian ibu sulit makan makanan yang lengkap karena baru mencium bau makanan saja sudah mual.
    Tetapi, tetap harus dipaksa makan dengan cara memilih makanan yang tetap mengandung gizi untuk bayi.

    BalasHapus
  3. Asam folat ini bagus banget ya mbak untuk ibu hamil dan bahkan yang sedang merencanakan kehamilan. Ga sulit juga beli bahan makanan tersebu

    BalasHapus
  4. Asam folat, atau vitamin B9, merupakan nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan otak dan saraf bayi yang sehat sejak dalam kandungan. Kekurangan asam folat pada awal kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada janin. Oleh karena itu, penting bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk memenuhi kebutuhan asam folat merek

    BalasHapus
  5. pernah dengar buat yang akan menikah bagus juga ya katanya kak buat mempersiapkan diri dengan konsumsi asam folat sejak dini. apalagi ini banyak juga pilihan yang mengandung asam folat

    BalasHapus
  6. Asam folat memang punya banyak manfaat untuk ibu hamil, terutama untuk pembentukan sel darah merah. Dari pengalaman dua kali mengandung, resep obat dari dokter pasti Asam Folat. Tentu dengan konsumsi buah dan sayur juga.

    BalasHapus
  7. Penting nih untuk bumil atau yg sedang merencanakan kehamilan. Sumber asam folat banyak dan makanan yang biasa kita konsumsi ya

    BalasHapus
  8. Ibu hamil kudu banyak makan dan konsumsi vitamin, makannya juga jangan sembarangan, tapi dengan makanan yang mengandung asam folat tinggi. Bahkan suplemen vitamin juga diberikan oleh dokter biasanya. Bagaimanapun ibu ingin memberikan nutrisi yang cukup untuk adek bayinya

    BalasHapus
  9. Asam folat emang bagus buat ibu hamil yah, untuk mencegah anak yang lahir stunting. Penting juga untuk ibu hamil agar lebih aware mengenai apa yang dimakan.

    BalasHapus
  10. Penting banget emang konsumsi asam folat buat persiapan kehamilan spya calon debay sehat ya mbak

    BalasHapus
  11. Setiap hamil, tri semester pertama selalu teler parah. Sampai-sampai gak bisa minum suplemen yang diberikan bidan/dokter karena bikin makin mual. Tapi ternyata tetap bisa dipenuhi dengan mengkonsumi buah dan sayuran ya. Selama masih bisa masuk makanan, aman pastinya.

    BalasHapus
  12. asam folat itu penting banget sih ya dalam masa promil, apalagi bahan-bahan ini sebenarnya dekat dengan keseharian kita jadi kalau mau promil ya dibanyakin aja konsumsi bahan-bahan ini :)

    BalasHapus
  13. Kondisi ibu hamil memang wajib dijaga. Asupan gizi sangat dipertimbangkan. Asam folat jadi kebutuhan penting ibu hamil. Untungnya ada sayuran misalnya brokoli yang bisa memberikan kebutuhan itu. (Padil)

    BalasHapus
  14. Makanan dengan kandungan asam folat tinggi memang kudu buat ibu hamil. Kalau kiranya kurang, sama dokter dikasih obat asam folat. Konsumsi yang alami tetep diutamakan.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih