Ensiklopedia Masalah Pubertas dan Seksualitas Remaja dalam EnSexclopedia

Sabtu, 30 April 2022

 

ensexclopedia

Anak jaman sekarang sepertinya lebih cepat "besar" ya. Entah hanya kekhawatiran saya atau memang seperti itu. Buku ini sudah saya miliki sejak lama, lebih tepatnya sejak sulung saya masih batita dengan kata lain sebelum dia berusia tiga tahun. Mengapa? Sebagai persiapan saat si sulung mulai mengalami masa puber, kami bisa berdiskusi dengan bahasa yang dapat dia pahami tanpa rasa canggung. Selain itu agar kami menjadi rujukan pertamanya untuk berdiskusi tentang masalah pubertas dan seksualitas, bukan dengan teman-temannya atau dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Dan saat ini sulung saya berusia sembilan tahun.

Sama-sama belajar, belajar sama-sama. Prinsip yang saya gunakan, walaupun dengan anak-anak saya, karena sejatinya mereka adalah guru saya. Saya menjadi pribadi pembelajar dan belajar hal-hal baru sejak dikaruniai putri. Apalagi setelah beberapa tahun menikah kami baru dikaruniai anak.

Buku karya Elly RIsman ini menarik bagi saya karena beliau adalah salah seorang pakar parenting rujukan saya di saat gundah gulana melanda. Selain itu saat membeli buku ini, saya mendapat potongan harga. Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba segeralah saya membeli buku ini, hehehe, dasar-dasar emak-emak irit. Cung, yang sama dengan saya.


Spesifikasi Buku

Judul          : Ensexclopedia Tanya Jawab Masalah Pubertas & Seksualitas Remaja

Penulis       : Elly Risman, Hilman Al Madani, Yuhyina Maisura

Penerbit      : Yayasan Kita dan Buah Hati

Cetakan      : kesembilan, Oktober 2015

ISBN          : 978-602-96925-0-1

Tebal buku :119 halaman

 

Hal Unik 

ensiklopedia pubertas


Buku ini menggunakan kertas  jenis kertas artpaper bukan kertas untuk buku pada umumnya, sehingga tidak mudah sobek dan cukup berat dibandingkan buku lain dengan tebal yang sama. 

Hal unik lainnya adalah penggunaan bahasa yang santai seperti bahasa remaja, karena buku ini memang diperuntukkan untuk remaja dan orangtua. Di bagian belakang buku yang biasa digunakan untuk blurb memaparkan hal tersebut. Selain itu buku ini disusun dengan model tanya jawab, dengan pertanyaan yang mungkin ada di benak remaja.


Insight Yang Diperoleh

Saat awal membaca daftar isi cukup kaget dengan bahasan yang ditampilkan tetapi sepertinya pertanyaan tersebut juga akan muncul dari anak-anak. Pertanyaan, yang 'enggak mungkin' menurut orangtua, tetapi mungkin untuk remaja.

Buku ini berisi sepuluh bab, yaitu :

  1. Akhirnya puber juga
  2. Yang namanya organ reproduksi
  3. Buat anak laki-laki : Yuk kita ngomongin mimpi basah!
  4. Buat anak perempuan : Yuk kita ngomongin menstruasi!
  5. Yang perlu kamu ketahui seputar proses reproduksi
  6. Tentang kesehatan dan kebersihan tubuhmu
  7. Pasti mau tahu soal pacaran kan?
  8. Ngomongin seks, seksualitas & perilaku seksual
  9. Cari tahu soal kondom
  10. Penyakit menular seksual (akibat gaul kelewat batas)

Di bab akhirnya puber juga dibahas ciri-ciri masa puber untuk anak perempuan maupun anak-anak laki-laki, baik dari sisi fisik maupun non fisik. Di bab selanjutnya dijelaskan tentang alat reproduksi baik anak laki-laki maupun anak perempuan. 

Selanjutnya tanya jawab tentang anak laki-laki yang mengalami mimpi basah dan anak perempuan yang mengalami menstruasi, hingga bagaimana cara mensucikan diri jika telah bermimpi basah dan telah selesai menstruasi. Dijelaskan juga cara membedakan air mani dan madzi termasuk cara mensucikannya.


Dalam agama Islam, mimpi basah dan menstruasi/haid merupakan tanda bahwa seseorang sudah baligh. Artinya orang tersebut sudah harus bertanggung jawab pada diri masing-masing atas setiap niat & perbuatan yang dilakukannya. Makanya kita harus pintar jaga diri dan juga menjaga pergaulan. Karena anak laki-laki yang sudah baligh, berarti sudah bisa menghamili orang, dan anakperempuan yang sudah mens juga sudah bisa hamil. Makanya, penting buat kamu untuk jaga diri sebaik-baiknya :)


Di atas adalah contoh bahasa yang digunakan dalam buku. Penulis berusaha menjelaskan pertanyaan yang ada dengan jawaban yang lugas dan dikunci dengan penjelasan secara agama, tentu saja penjelasan secara agama menggunakan agama Islam, tetapi juga ditekankan bahwa menurut agama apapun juga tidak diperkenankan, seperti hubungan yang terlewat batas.

Tips untuk menghindari kekerasan seksual dan perkosaan juga diberikan, diantaranya tidak berpakaian minim, tidak pulang terlalu malam, bersikap tegas kepada orang yang belum dikenal, hindari bersikap bingung di tempat umum, bekali diri dengan bela diri praktis dan jangan ragu untuk berteriak dan meminta tolong.


Penutup

Buku ini memang sesuai untuk menjadi rujukan bahan diskusi antar remaja dan orangtuanya. Selain bahasa yang digunakan lugas, topik yang dibahas pun lengkap sebagai bahan diskusi dengan ananda. Walaupun penjelasannya menggunakan pendekatan bahasa remaja tetap membutuhkan pendampingan orangtua. Selamat berdiskusi dengan ananda

20 komentar

  1. Cukup menarik yaa bukunya. Emang penting sekali untuk membekali anak tentang pendidikan seks sejak dini, agar bisa mengerti bagaimana menghadapinya kelak. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, bukunya menarik sih, bahasanya gaul

      Hapus
  2. Orang tua yang anaknya mulai beranjak dewasa kayaknya wajib baca buku ini untuk jadi referensi cara mengajarkan tentang sexualitas. Hal macam itu memang wajib banget dibahas antar anak dan orangtua. Paling nggak supaya anak nggak taboo banget gitu pikirannya tentang sexulitas. semakin mereka tahu dan memahami hal-hal begini, kemungkinan mereka bisa membuat batasan untuk diri sendiri ketika berhadapan dengan masalah yang berhubungan dengan sexualitas

    BalasHapus
  3. Buku yang sangat menarik. Sepertinya wajib punya nih untuk anak perempuan dan laki-laki

    BalasHapus
  4. lagi-lagi buku yang rekomended, untuk referensi mendidik anak usia remaja.

    BalasHapus
  5. wah, keren ada artikel yang mengulas tentang isi buku dan beragam keuntungannya.. mungkin kedepannya bisa saling kolaborasi bareng dengan blog saya tegaraya.com

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
  6. Anak zaman sekarang cepat sekali dewasanya ya, lah bagaimana anak sekarang sumber belajarnya ada dimana. Terutama smartphone sangat mendukung anak anam terjun bebas di dunia maya apalagi joget jedah jedug ala tik tok astaghfirullah

    BalasHapus
  7. Dapat ilmu banget buat saya yang anaknya mau beranjak dewasa. Recommended informasi

    BalasHapus
  8. Buku bagus nih. Biasanya masalah pubertas sangat tabu dibicarakan. Sekarang tak ada lagi istilah itu dengan adanya buku ini ya

    BalasHapus
  9. Bukunya cocok untuk dijadikan referensi. Pendidikan seks untuk anak remaja seharusnya tidak menjadi hal tabu agar pendidik bisa memberikan arahan yang benar kepada para remaja yang sedang berada di persimpangan jalan agar lebih terarah.

    BalasHapus
  10. Bukunya bagus nih. Saya suka penjelasn Ibu Elly Risman, tepat sasaran pas banget kalau menurut saya. Penting memang menyampaikan terkait seksualitas ke anak sejak kecil, saya menyadari betapa kosong ilmu saya dulu soal ini karena orangtua menganggap ini tabu dulu jd pertama kali haid sayabtudak sadar dan tidak mengerti.

    BalasHapus
  11. saya kurang suka baca buku yang nonlnfiksi. buku saya fiksi semua hahahahahaa membawa saya terbang tinggi ke alam fantasi. tp thanks ya kak buat review bukunya. bisa menambah insight saya

    BalasHapus
  12. Saya pernah baca, namun belum tuntas. Buka yang bagus dan wajib orangtua punya dan juga anak² remaja untuk jadi panduan mereka melewati masa pubertas nya. Dengan bimbingan yang tepat dari buku ini para remaja kita bisa lebih bahagia dan terhindar dari berbagai persoalan pubertasnya.

    BalasHapus
  13. Wah bukunya bagus ya mbak. Jadi pengen punya juga. Soalnya sebentar lagi anak sulungku masuk masa pubertas

    BalasHapus
  14. Ini buku penunjang ketiga yang kupunya untuk lebih mengenal edukasi seksualitas. Bagus dan ringan bahasanya.

    BalasHapus
  15. Wah ternyata karya Bu Elly Risman ya Mbak. Saya jadi tertarik beli dan baca, persiapan anak-anak menuju masa remaja. Makasi banyak Mbak referensinya.

    BalasHapus
  16. Buku wajib nih untuk para orangtua yang anaknya sudah ataupun hendak memasuki masa remaja. Ada banyak keingintahuan anak yang bakalan muncul di usia2 segini. Orangtua harus punya bekal ilmu untuk bisa memberikan jawaban yang tepat bagi anaknya.

    BalasHapus
  17. Buku yang menarik mba. Sepertinya wajib dimiliki ortu jaman now. Agar dapat mendampingi anak bicara tentang seksualitas dengan tepat.

    BalasHapus
  18. Bukunya bagus dan menarik jadi ingin punya juga deh

    BalasHapus
  19. Perjalanan menjadi orangtua sudah memasuki fase ini ya, kak..
    Mendampingi anak-anak tumbuh tetap sesuai fitrahnya dalam kebaikan dan semoga buku Ensexclopedia bisa menjadi media diskusi bagi orangtua yang kesulitan menjelaskan fase baligh ini kepada putra dan putrinya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih