iReap POS Lite Membantu Manajemen Toko Kelontong

Kamis, 26 Oktober 2023

Manajemen Toko Kelontong


Saat ini banyak jenis usaha yang memungkinkan untuk dilakukan, lo Sobat Dy. Yuk, kita lihat di sekitar kita ada yang membuka usaha laundry, jual frozen food, permak dan jahit baju, bakery, warung makan, hingga toko kelontong.

Jujurly, tanpa saya sadari beberapa toko kelontong baru bermunculan di daerah sekitar saya. Konsep yang mereka usung mulai meniru mini market yang menjamur dimana-mana. Namun, ada pula yang tetap mengusung konsep lama, tetapi pemilik toko kelontong menambahkan beberapa bahan jualan sehingga lebih banyak variasinya. 

Tak mau kalah dengan mini market yang membuka layanan selama 24 jam, beberapa warung kelontong juga mengikuti langkah yang diambil mini market tersebut, yaitu membuka layanan selama 24 jam. Apalagi jalan di depan sebelum masuk ke perumahan saya tinggal adalah jalan provinsi yang tidak ada matinya.


Toko Kelontong

Toko kelontong banyak dijumpai di perumahan maupun di perkampungan padat penduduk. Dalam radius satu kilometer di sekitar rumah saya terdapat sekitar tujuh toko kelontong, salah satunya adalah toko kelontong yang buka 24 jam.

Toko kelontong atau warung kelontong adalah gambaran pasar dalam skala kecil. Barang yang dijual pun variatif, diantaranya tabung gas, air mineral mulai kemasan kecil hingga galon, aneka jenis mie instan, aneka minuman dalam kemasan, deterjen, dan masih banyak lainnya.

Secara sederhana warung kelontong merupakan toko yang menyediakan aneka ragam kebutuhan sehari-hari. Selain kebutuhan sehari-hari, beberapa toko kelontong juga menjual peralatan tulis, obat-obatan. Ada pula yang berkerja sama dengan ekspedisi pengiriman barang.

Apakah Sobat Dy ingat dengan slogan 'Belanja di Tetangga', slogan yang sempat naik daun beberapa waktu lalu?  Daripada kita berbelanja jauh di hipermarket atau supermarket lebih baik belanja di warung tetangga. Hal ini bertujuan untuk menjaga hubungan dekat dengan pemilik warung kelontong dan minimal dapat membantu tetangga dalam hal perekonomiannya.

Tahukah Sobat Dy bahwa warung kelontong termasuk dalam usaha mikro kecil menengah atau biasa dikenal dengan UMKM. Dilansir dari situs ekon.go.id, UMKM mempunyai peran yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM berkontribusi sebesar 60,5% pada Produk Domestik Bruto dan menyerap 96,9% tenaga kerja dari total penyerapan tenaga kerja Indonesia.  

Selain itu, masyarakat di desa ataupun perkotaan yang tinggal di daerah padat penduduk lebih memilih untuk berbelanja di toko kelontong dibandingkan berbelanja di mini market atau hiper market. Wajar bukan jika memiliki usaha toko kelontong merupakan pilihan yang menarik.


Manajemen Toko Kelontong

Walaupun memiliki toko kelontong atau warung kelontong adalah pilihan usaha yang menarik, tetapi tetap membutuhkan pengelolaan yang baik dan inovatif agar warung kelontong untung terus dan sukses. Apakah adanya toko online yang mulai marak akan mengancam keberadaan toko kelontong? Jawabannya bisa ya bisa juga tidak. Jika adanya toko online, maka ada kemungkinan lain untuk menangani ekspedisinya, bukan?

Persaingan usaha semakin ketat sehingga usaha apapun sebaiknya diimbangi dengan inovasi. Jika tidak ada inovasi maupun pencatatan keuangan serta manajemen toko kelontong yang baik, bisa saja usahanya hanya seumur jagung. Sayang bukan jika hanya seumur jagung, karena modal warung kelontong pun bukan nominal yang sedikit.

Berikut manajemen toko kelontong agar sukses dan menguntungkan:

Menyediakan produk yang bervariasi

Umumnya pembeli suka jika diberikan beberapa alternatif barang, misalnya untuk beras, ada beras pulen, beras mentik atau jenis beras yang lain. Jika dilihat dari segi ukuran, pembeli dapat memilih membeli dalam jumlah satu kilogram atau kemasan 3 kilogram atau kemasan 5 kilogram. 

Sediakan secara bertahap, tidak perlu dalam jumlah banyak. Kemudian lakukan pengamatan produk mana atau kemasan ukuran kemasan berapa yang lebih laris. Berdasarkan hal tersebut, maka selanjutnya dapat ditentukan produk apa yang akan dijual berikutnya.

Terlampir adalah foto warung kelontong yang menyediakan berbagai macam produk. Penataannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas warung.

Foto warung kelontong


Saat ini beberapa toko kelontong juga menyediakan bahan bakar menggunakan alat seperti di POM, lo. Selain itu ada juga yang bekerja sama dengan ekspedisi. Layanan ini memfasilitasi pelanggan yang memiliki toko online untuk mengirimkan produknya ke pembelinya. 

Tempat grosir yang murah

Tidak ada salahnya lo untuk mencari tempat grosir yang murah, karena jika Sobat Dy mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah, maka dapat juga menjualnya dengan harga yang lebih murah. 

Hal penting lainnya adalah kualitas barang. Produk yang lebih mahal belum tentu lebih baik kualitasnya pun sebaliknya. Sehingga pembeli  senang berbelanja di warung Sobat Dy. karena mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga lebih murah.


FIFO atau FEFO

Istilah FIFO atau FEFO adalah istilah yang jamak digunakan untuk stok barang. FIFO (First In First Out) adalah barang yang pertama masuk dikeluarkan pertama kali. FEFO (First Expired First Out) adalah barang yang pertama ekspired dikeluarkan pertama kali. Kedua hal ini penting untuk dilakukan.

Sistem tersebut bertujuan untuk mencegah kerugian karena barang yang rusak atau ekspired akibat disimpan terlalu lama. Hal ini penting untuk produk sembako, makanan dan minuman yang mempunyai batas waktu aman untuk dikonsumsi. 

Manajemen Warung Kelontong


Pelayanan terbaik

Salah satu keistimewaan warung kelontong adalah adanya interaksi yang akrab antara pemilik usaha dan pembeli. Entah hanya sekedar menanyakan kabar atau kegiatan sehari-hari, karena umumnya pemilik usaha dan pembeli adalah tetangga.

Selain itu, pelayanan lain yang dapat diberika adalah kejujuran, kecepatan pelayanan, bahkan bisa juga dengan memberikan diskon untuk pembelian produk tertentu atau produk bundling. SIapa sih yang tidak suka diskon?


Catat transaksi dan pantau stok

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa pencatatan transaksi yang terjadi sangat penting. Pencatatan atau pembukuan dan laporan keuangan akan membantu pemilik usaha mengetahui arus kas, laba rugi, posisi ketersediaan barang dan stok barang.

Saat ini untuk melakukan pembukuan tidak perlu repot lagi karena pemilik usaha dapat menggunakan aplikasi kasir android yang dapat diunduh di Playstore. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tetapi ada juga yang berbayar tergantung kebutuhan pemilik usaha.


Aplikasi Kasir iReap

iReap merupakan aplikasi kasir android terbaik yang dapat digunakan pemilik usaha untuk mengetahui dan memahami aktivitas apa saja yang terjadi di toko miliknya. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pemilik usaha mencatat penjualan atau Point of Sales/sistem kasir dan sistem mengelola stok barang.

Pemilik usaha dapat mengendalikannya dalam genggaman jari. Genggaman jari? Iya, dalam genggaman jari. Aplikasi iReap yang telah diunduh di Playstore ini dapat digunakan melalui telpon pintar dan mudah dioperasikan. Aplikasi kasir android ini dapat digunakan dalam usaha:

  • Warung makan, cafe, restoran
  • Ritel warung, kelontong
  • Fashion, butik pakaian, sepatu, kacamata
  • Profesional services
  • Distribusi
  • Salon, barbershop, bengkel
  • Klinik dan spa

Saat mengunduh aplikasi iReap POS, Sobat Dy akan menemukan tampilan sebagai berikut pada menu utamanya

iReap aplikasi kasir


Aplikasi POS iReap merupakan akronim dari Integrated Retail Application yang mempunyai dua versi yaitu iReap Lite dan iReap Pro. iReap Lite dirancang untuk usaha mikro, tidak berbayar, dan dapat digunakan tanpa koneksi internet. Sedangkan iReap Pro dirancang untuk usaha menengah ke atas dan memiliki banyak cabang atau pengguna, berbayar, dan dapat digunakan secara offline maupun online.


Penutup

Bagi Sobat Dy yang tertarik untuk memiliki toko kelontong atau mungkin sudah memiliki toko kelontong dan ingin mengelolanya lebih baik lagi, maka aplikasi POS iReap dapat membantu Sobat Dy mengelola toko kelontong agar untung terus dan sukses

iReaps sebuah aplikasi stok barang untuk warung kelontong yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja ini sesuai dengan kebutuhan Sobat Dy.


Referensi

https://www.ireappos.com

https://www.ireappos.com/news/id/

https://www.youtube.com/user/STEMIndonesia

https://www.facebook.com/stem.indonesia

https://twitter.com/stem_indonesia

https://www.linkedin.com/company/pt-sterling-tulus-cemerlang-stem-/

https://www.instagram.com/stem.indonesia

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran%20UMKM%20sangat%20besar%20untuk,total%20penyerapan%20tenaga%20kerja%20nasional.

71 komentar

  1. Saya jadi ingat suatu pengalaman waktu kecil. Om saya beli jajanan di toko tetangga. Terus anaknya dan adik saya konsumsi. Nggak lama, kok pada mual sampai muntah. Ternyata susu botolan yg dibeli sudah expired.

    Kejadiannya udah lama banget. Mungkin penjualnya tidak rutin ngecek barang dagangannya. Kalau sekarang, dengan aplikasi iReap, hal kayak gini pastinya udah otomatis bisa dicegah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan kan kalau begini, pembeli jadi trauma juga mau beli di toko tersebut, memang butuh kejelian penjual, untuk cek ekspired

      Hapus
  2. iReap Pos bisa dipakai untuk banyak jenis usaha, ya, termasuk toko kelontong. Saya pengen banget punya toko kelontong di rumah dan saya tahu kalau aplikasi seperti ini sangat membantu dalam mengembangkan usaha.

    BalasHapus
  3. Dengan adanya aplikasi ini jadi gak perlu ngitung penjualan secara manual lagi yang kadang ada kesalahan dalam proses mencatatnya kalau gak hati-hati dan teliti. Tapi kalau pakai aplikasi semua transaksi terdata dengan jelas dan rapi. Jadi makin mudah deh buat mantau perkembangan usaha.

    BalasHapus
  4. Pas banget ya mbak, IReap Pos ini bisa membantu para pedagang kecil untuk mengatur stok gudang. Dengan adanya app ini pekerjaan stok opname dan manage keuangan jadi lebih mudah ,❤️❤️

    BalasHapus
  5. Meski namanya masih tradisional tapi penggunaan aplikasi memang disarankan agar manajemen lebih tertata ya

    BalasHapus
  6. Toko kelontong itu memang nggak ada matinya. Meskipun sekarang zaman serba digital dan belanja secara online, tetap saja kalau butuh barang untuk kebutuhan sehari-hari dalam jumlah sedikit atau mendadak, kita akan segera menyambangi warung terdekat.

    BalasHapus
  7. wah, toko kelontong jika dikelola dengan aplikasi iReap ternyata cocok ya mbak. Pencatan pembukuan bisa dilakukan secara modern, pas sesuai jamannya.

    BalasHapus
  8. Toko kelontong menjamur banget ya mbak Dy banyak yang berjualan. Di sekitar rumah juga banyak. Namun banyak juga yang harus gulung tikar karena pengelolaannya yang kurang baik.

    Adanya aplikasi kasir iREAP ini jadi solusi banget ya untuk usaha warung, fashion dan yang membutuhkan pengelolaan managemen yang baik. Perlu aku rekomendasikan nih ke tetangga yang punya warung, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagai jamur di musim penghujan, ya, Neng. He-he. Sama di sini juga tiap jarak berapa ratus meter pasti ada warung. Banyaknya yang buka warung menandakan usaha ini cukup menjanjikan. Mungkin butuh sosialisasi untuk pengelolaan keuangannya, ya. Misalnya pakai aplikasi Ireap ini.

      Hapus
    2. Iya sekarang di sekitar rumahku juga menjamur mba. Kebanyakan yang mengelola orang Madura. Adanya aplikasi kasir iReap ini bisa jadi cara untuk manajemen produk ya

      Hapus
  9. dengan aplikasi iReap pantau stok barang jadi lebih mudah, ini sangat berguna bagi penjual agar lebih aware pada barang-barang yang dijual.

    BalasHapus
  10. Biasanya toko kelontong itu dibangun di depan rumah pemiliknya. Jadi, karena kesibukkan mengurus rumah dan toko sering lupa stok barang apa yang masih dan kosong. Dengan aplikasi ini pemilik toko dapat segera mengetahui kondisi stok barang tokonya.

    BalasHapus
  11. Wah baru tau ada aplikasi brand ini. Aplikasi untuk stok barang spt ini penting banget utk toko kelontong

    BalasHapus
  12. Dulu ada warung kelontong langganan tetang ujung jalan. Sayang kalah bersaing dengan mini market pas deket kompleks. Coba udah ada ireap yah, kan jadi lebih bisa menata toko kelontongnya. Konsumen pastinya ingin barang berkualitas dan bersih.

    BalasHapus
  13. Toko kelontong juga harus berkembang sih seiring era digitalisasi kek gini. Salah satunya dengan pengelolaan yang lebih baik dan inovatif dan manajemen yang baik. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi kasir iReap untuk pengelolaan stok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, zaman sudah berkembang, pengelolaan toko kelontong juga mesti upgrade dengan aplikasi kasir iReap sangat membantu usaha sekali yaa..

      Hapus
    2. Iya setuju mba. Jadi biar manajemen keuangan, serta barang yang dijual bisa lebih rapi.

      Hapus
  14. Zaman skrg enak banget ya banyak aplikasi yang membantu menunjang pekerjaan. Bahkan pemilik toko kelontong pun bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi asal senantiasa semangat mengupgrade diri biar ga ketinggalan.

    BalasHapus
  15. Zaman sudah makin canggih, jadi harus dimanfaatkan aneka aplikasi yang bisa membuat hidup lebih mudah ini. iReap juga bisa untuk professional services tuh maksudnya untuk penyedia jasa kah Mba? Jasa apa saja yang tercantum ya? Untuk tutor apa app ini bisa membantu juga?

    BalasHapus
  16. Salah satu kelemahan toko kelontong dibandingkan waralaba yang sistem franchise itu biasanya di manajemen barang. Seringkali menemukan yang kurang menerapkan Fifo dan Fefo. Sehingga tak jarang barang expired masih terpajang di etalase. Ini juga yang membuat konsumen kadang ragu berbelanja. Seandainya semua mau disiplin lalu ditambah dengan sistem kasir yang modern dab berbasis teknologi, rasanya toko-toko kelontong pasti siap bersaing dengan waralaba yang sudah punya nama itu

    BalasHapus
  17. Wahh iReap makin makin aja nih, udah bisa menjangkau pedagang kecil kayak toko kelontong sekalipun. Asyik banget. Jadi lebih mudah memanage bisnis ngga sihhh

    BalasHapus
  18. Saya pernah bantu2 di toko kelontong yg sistemnya masih tradisional. Daftar harga ditulis manual, stok produk kadang keselip krn mengandalkan ingatan. Asli capek bgt. Apalagi dg item sebanyak itu huhu.. Seneng karena saat ini udah ada aplikasi buat menejemen toko kelontong. Rekomen bgt buat yg punya usaha pokoknya.

    BalasHapus
  19. Saya pernah coba aplikasi iReap Pos yang versi lite untuk jualan online. Fiturnya lengkap dan cara menggunakannya juga mudah. Kalau yang Pro ini belum coba, tentu saja lebih lengkap lagi ya fiturnya. Ideal banget nih untuk manajemen keuangan dalam penjualan produk.

    BalasHapus
  20. Wah, terima kasih banyak untuk infonya, Kak. Kayaknya bisa dipertimbangkan untuk dipakai di tempat usaha ortu di rumah. <3

    BalasHapus
  21. Saya sudah download Ireap dan mencoba penggunaannya. Ternyata cukup mudah dan sangat membantu sekali ya dalam pembukuan, apalagi untuk teman-teman yang terjun di dunia UMKM seperti yang mempunyai usaha toko kelontong. Recommended banget

    BalasHapus
  22. Nggak mudah lho mengelola toko kelontog, karena banyak banget printilannya, kalau sekarang ada aplikasi untuk mengatur manajemennya bakal membantu banget sih menurutku.

    BalasHapus
  23. Paling seneng belanja di warung tetangga soalnya tinggal wa dianterin deh barangnya. Mageran kaya saya emang the best deh toko kelontong punya tetangga

    BalasHapus
  24. Sepakat banget, mba. Dengan menggunakan iReap POS sangat membantu nih untuk management pelaku usaha toko kelontong dalam hal administrasi toko agar usaha cepat tumbuh dan berkembang mencapai profit.

    BalasHapus
  25. Memang kalo ingin berkembang dan menghasilkan laba yang lumayan perlu managemen yang bagus untuk toko kelontong, apalagi dengan bantuan teknologi adanya aplikasi stok barang dan kasir sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikatakan manajemennya itu bagian dari kunci biar keseluruhan bisnis yg dijalankan bagus ya mbak

      Hapus
  26. Manajemen Toko Kelontong ini yang kemungkinan besar belum banyak diketahui oleh pengusaha UMKM di sekitar tempat tinggal saya nih. Senang saya akhirnya mendapatkan ilmunya ini. Bisa saya share juga ke saudara yang punya usaha toko kelontong di kampung ini.
    Terimakasih ya

    BalasHapus
  27. Aplikasi iReap ini memang ngebantu banget buat pengelolaan usaha ya Mbak, seperti untuk toko kelontong. Pastinya management keuangan lebih rapi dan kontrol stok aman. Jadi lebih nyaman mengelola usaha.

    BalasHapus
  28. Sekarang ada banyak sekali ya aplikasi kasir online. Mirip-mirip tapi punya keunggulan tersendiri

    BalasHapus
  29. Beberapa waktu lalu saat ke toko kelontong dekat rumah, mereka udah pakai aplikasi kasir dengan android gitu lho. Dih canggih juga ya sekarang, nah ini aku baru tahu kalau ada aplikasi android dari ireap juga. Bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  30. Recommended banget nih bagi yang punya usaha kelontong.. yuk install

    BalasHapus
  31. Wah iya, emang harus mulai digitalisasi ya toko kelontong
    Dengan menggunakan iReap post lite ini, bisa makin berkembang pastinya

    BalasHapus
  32. Wah kalau toko kelontong deket rumah pakai IReap, manajemen barangnya bakalan lebih bagus ya. Soalnya kalau belanja di toko kelonting suka khawatir beli barang stok lama

    BalasHapus
  33. UMKM memang sepertinya sudah perlu aplikasi seperti iReap POS ini sih. Manajemen stok, laba rugi, semua bisa dipantau dengan aplikasi ini. Pemilik usaha seperti toko kelontong pun bisa lebih baik dalam mengatur usaha dan merencanakan pengembangan bisnis.

    BalasHapus
  34. Toko kelontong ini bagai jamur juga di daerah saya Mbak. Btw, aplikasi kasir online ini sangat membantu ya? agar pencatatan rapi dan terpantau.

    BalasHapus
  35. Aku lama g punya tetangga yang jualan kelontong. Udah langsung ke pasar. Nah menariknya aku libat ada toko yg udah pakai teknologi untuk ngatur keuangannya sepetrti iReap Pos gini.

    BalasHapus
  36. jadi ingat di sekitar komplek tempatku tinggal juga ada 5 toko kelontong mbak mana jaraknya juga berdekatan gitu tapi kayaknya ada aja pembelinya. bahkan ada 1 toko kelontong yang tiap sore penuh orang belanja. memang sih toko kelontong gini diperlukan banget di perumahan gitu soalnya kadang kan ada aja tuh kebutuhan dapur yang habis pasti perlu ke toko kelontong

    BalasHapus
  37. Sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai aplikasi kasir
    Toko kelontong jadi selangkah lebih maju
    Sudah saya share ke rekan UMKM

    BalasHapus
  38. Yang namanya memiliki usaha tuh kudu banget menggunakan aplikasi POS iReap.
    Karena senyaman itu dari sisi pencatatan stok barang hingga keuangan.

    BalasHapus
  39. Menarik banget kalau udah ada aplikasi kasir untuk toko kelontong. Soalnya gak semua toko kelontong punya. Padahal, soal menghitung pendapatan ya gak selalu akurat kalau manual

    BalasHapus
  40. Sebenernya yaa.. kalau usaha tuh selain takut banyak hal (salah satunya merugi), perhitungan yang ribet macam ketersediaan barang, harga jual dan keuntungan ini yang bikin jiper yaa.. Jadi dengan pengelolaan yang tepat menggunakan aplikasi POS iReap, maka memulai usaha bisa lebih nyaman dan pembukuannya pun terjamin.

    BalasHapus
  41. Toko kelontong pun butuh aplikasi kasir, ya. Pake iReap praktis dan menolong banget, sih

    BalasHapus
  42. Waah, aplikasinya menarik nih. Bisa buat memantau stok barang bahkan kalau punya beberapa cabang juga bisa terkoneksi juga ya?

    BalasHapus
  43. Meski bukan toko tapi saya di rumah belanjanya ada yang mingguan ada yang bulanan. Pakai FEFO juga. Nah, paling kesal kalau ke toko dan dapat produk lama yg hampir expired. Andai semua toko kelontong pakai iReap, trust pembeli pasti terjaga.

    BalasHapus
  44. Toko Kelontong jaman sekarang pun harus upgrade ya. Biar makin bagus manajemennya, pelanggan banyak yang senang, dan keuntungannya pun jelas.

    BalasHapus
  45. Wah ada pasokan barang grosir yang murah juga ya? super keren sih ini iReap, cocok buat tetangga2ku yaang lg pada buka toko klontong ini mah

    BalasHapus
  46. Sugianto - Menggunakan aplikasi IReap dalam menjalankan dan mengelola usaha menjadikan kita makin mudah ya, Kak. Bisa melihat catatan transaksi dengan mudah. Laporan juga bisa disusun dengan cepat

    BalasHapus
  47. Memang boleh toko kelontong jadi secanggih ini? iReap POS bener² ngebantu banget yah buat lebih satset penjualan.

    BalasHapus
  48. Wah bener banget nih, saya sempat juga sih kepikiran kalau iReap ini bakalan cocok banget buat pengelola toko kelontong. Secara kan mereka selama ini kebanyaka tidak menulis transaksi mereka.

    BalasHapus
  49. Aplikasi kasir iReap ini sgt membantu pencatatan keuangan, bahkan di toko kelontong sekalipun ya kak. Krn pencatatan keuangan ini emg hrs dilakukan sejak usaha msh kecil. Jd alur keuangan bs lbh gertata. Ga salah manajemen shg bs menambah keuntungan pemilik.

    BalasHapus
  50. sekarang bisnis warung kelontong bisa lebih efisien ya dengan menggunakan aplikasi iReap ini. manajemennya pun bisa lebih terstruktur

    BalasHapus
  51. aku jadi keingetan sistem FIFP atau FEFO deh ketika kerja di perusahaan waralaba tahunan yang lalu. itu habit yang mendarah daging akhirnya sampai sekarang. Bukan meletakan barang sesuai tgl expired tapi, melainkan meletakan produk bneran facing out dimana merknya kudu keliatan paling depan.kalo nyengsol atau merknya bagian belakang,aku benerin lagi, hahahaha. Btw, jaman aku kerja dulu sistem kasir masih pake software dan itu ribetnya minta ampun apalagi kalo ada gangguan server....duuhh. gak jarang aku harus konsul dengan tim IT atau bahkan tim IT nya yang dateng ke cabang. sekarang sih udah lebih mudah dengan adanya aplikasi kasir seperti iReap ya.

    BalasHapus
  52. Toko kelontong bisa makin sukses kalau kasirnya pakai iReap. Udah modern dan canggih lagi.

    BalasHapus
  53. wah jangan salah lho, toko kelontong aja sudah pakai apps sekarang, mantab! apps biasanya agar bermanfaat dalam pengecekan dan reporting. terutama jika ada selisih, alirannya masih bisa ditrace.

    BalasHapus
  54. Pernah ngerasain keselnya pas abis beli dr toko kelontong ternyata barangnya sudah exp, krn sistemnya msh tradisional dan kita ga bisa milih mau yang mana, semua dipilih dan dikemas sama penjual. Kalau ada aplikasi ireap, semua jd serba digital dan terpantau kualitasnya biar pelanggan kita ga kecewa dan terus menerus beli di kita

    BalasHapus
  55. Toko kelontong klo dikelola dengan bantuan teknologi digital seperti ini, bisa lebih menguntungkan y mbak

    BalasHapus
  56. Wah bangun niat dulu sambil ngumpulin uang buat buka toko kelontong kemudian buka Ireap untuk kelancaran usaha

    BalasHapus
  57. Oh iya aku juga sudah beberapa kali nemuin toko kelontong atau warung makan yang pakai aplikasi kasir, tapi nggak tahu apa itu dari ireap apa bukan. Menurutku itu sangat membantu meminimalisir kesalahan hitung pesanan pelanggan. Jadi sama-sama transparan antara penjual dan pembeli.

    BalasHapus
  58. wah, adanya aplikasi Ireap jadi makin terbantu khususnya bagi yang punya toko kelontong, mulai dari stok produk sampai pengeluaran produkpun bisa terlihat. Bahkan yang produk exp dapat terdeteksi sehingga tidak berisiko merugikan para pembeli,

    BalasHapus
  59. Toko kelontong tuh kuncinya barang lengkap, apa yang dicari orang, ada. Nah karena barang banyak, musti ada aplikasi yang bisa me-manage stok barang dan keuangan kaya iReap ini.

    BalasHapus
  60. Semoga dengan adanya aplikasi ini semakin banyak toko kelontong yang terbantu dan makin rapi manajemen tokonya. Karena usaha-usaha seperti ini yang memang perlu banyak didukung biar nggak kalah dengan minimarket-minimarket modern. Suka kalo ada aplikasi yang konkret manfaatnya begini..

    BalasHapus
  61. Keren nih, sekarang sudah ada aplikasi kasir seperti iReap yang dapat dimanfaatkan untuk membantu manajemen toko kelontong ya. Daripada apa-apa serba manual kan ribet, mending gunakan aplikasi yang canggih ini biar kerjaan terutama untuk mengatur keuangan jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  62. Keren ini, bisa membantu toko kelontong dalam beradaptasi di era transformasi teknologi digital. Pastinya bakal memudahkan banget bagi pemilik toko.

    BalasHapus
  63. Toko kelontong pun tetap bisa profesional ya dengan aplikasi ireap ini. Jadi nggak worry lagi terkait pencatatan penjualan, sistem kasir serta sistem mengelola stok barang :) helpful.

    BalasHapus
  64. aku nerusin toko kelontong yang ditinggalkan mertua, tapi banyak saingan juga nih kak semoga ada rejeki biar bisa tambah gede dan bisa make aplikasi kasir iReap ini

    BalasHapus
  65. wah saya pun terpikirkan ingin membuka toko kelontong mba hihi, dan benar sekarang makin banyak yang membuka toko kelontong. iReap sepertinya dapat memudahkan toko kelontong mengorganisir pencatatan keuangan dan keluar masuknya barang

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih